Pilihan Mobil untuk Keluarga

 Pilihan Mobil untuk Keluarga

Semangat hari Rabu teman-teman,

Beberapa waktu lalu menyimak  berita, ada kabar jika pemerintah, seperti yang disampaikan menteri koordinator perekonomian, pajak PPnBM baru akan dihapus, kebijakan yang tak lain dan tak bukan agar industri otomotif kembali ramai  setelah sempat lesu karena pandemi.

Mungkin teman-teman ada yang bertanya, apa sih pajak PPnBM? PPnBM adalah singkatan dari Pajak Penjualan atas Barang Mewah, pajak tambahan di samping pajak pertambahan nilai (PPN) dan berlaku untuk pembelian barang yang dikatagorikan mewah seperti kendaraan bermotor dalam hal ini mobil.

Jadi ini kesempatan baik buat teman-teman yang ingin membeli kendaraan baru atau mengganti kendaraan lama dengan kendaraan baru, karena bebas pajak PPnBM.

Apa sih kendaraan impian teman-teman? City Car yang mungil jadi aman lewat perkampungan  untuk menghindari macet? Mobil sport? Atau mobil keluarga?

Kalau teman-teman sedang mencari kendaraan keluarga, saya ada beberapa tips memilih kendaraan keluarga berdasarkan pengalaman,  semoga bermanfaat;

Menentukan besar/kecil kendaraan

Sebagai pasangan muda, usia anak masih balita, saat memutuskan membeli kendaraan tertumpu pada pilihan; empat penumpang atau tujuh penumpang? 4 penumpang lebih dari cukup karena anak-anak masih kecil tapi gimana kalau mudik dan ngajak jalan-jalan orangtua, saudara atau keponakan?

Di Indonesia istilah mobil keluarga biasanya merujuk pada kendaraan dengan 7 penumpang, ini karena rasa kekeluargaan orang Indonesia tinggi jadi  yang dimaksud dengan keluarga termasuk orangtua/mertua/saudara yang kemungkinan akan ikut serta/diajak jika jalan-jalan atau mudik. Kalau pulang kampung dan jalan-jalan rasanya pengen banget ngajak rangtua atau saudara dekat ikut serta untuk berbagi kebahagiaan, benar gak? 

Itu juga yang saya rasakan, pertama kali memiliki mobil  4 penumpang, karena  COP (car ownership program) dari kantor suami budgetnya untuk  kendaraan 4 penumpang. Terasa tidak  cukup begitu pulang kampung, tidak bisa membawa ini itu. Belum lagi  orangtua saya suka membekali anaknya ini macam-macam, dari masakan, tanaman sampai perabot.  Memang ya, cinta orangtua itu sepanjang masa, anaknya udah mandiri saja tetap  inginnya memberi.

Alhamdulillah COP berikutnya bisa dapat kendaraan tujuh penumpang, pulang kampung lebih nyaman bisa mengajak orangtua jalan-jalan.

Pilih yang hemat bahan bakar

Sekilas pilihan kendaraan hemat BBM itu sepele ya, tapi pada kenyataannya terasa banget lho bisa menghemat pengeluaran jika kendaraan yang kita miliki hemat BBM. Kendaraan dikatakan hemat jika 1L bisa menempuh jarak kurang lebih  14 km.

Kendaraan yang diklaim hemat bahan bakar sudah berteknologi modern jadi selain hemat bahan bakar, emisi yang dikeluarkan sedikit dan lebih ramah lingkungan.

Kendaraan hemat bahan bakar dan emisi ramah lingkungan,  kendaraan yang kondisi mesinnya masih bagus atau kendaraan baru. Jadi jika teman-teman berencana membeli kendaraan bekas, sebaiknya usia kendaraan tidak lebih dari 5 tahun.

Boleh baca Oli Motor Terbaik Pilihan Ibu Masa Kini 

Matik lebih baik

Pilih kendaraan matik atau manual? Untuk teman-teman yang suka traveling, pulang kampung jarak jauh  membawa kendaraan sendiri, saya rekomendasikan memilih kendaraan matik, karena sangat mengurangi beban tenaga terutama saat macet. Memang harga lebih mahal tapi efisien.

Pilih mobil yang harganya sesuai kemampuan

Menentukan budget untuk membeli kendaraan adalah point penting. Dan sebaiknya budget disesuaikan dengan kemampuan/penghasilan. Jangan sampai untuk mengejar mobil impian, pengeluaran jadi lebih besar dari pemasukan.

Kendaraan 4 atau 7 penumpang banyak macamnya dengan harga bervariasi, jadi pilihlah yang sesuai dengan kemampuan.  Kalau kemampuan menyicil hanya 5 juta jangan maksa yang cicilannya 10 juta hehehe. Atau untuk meringankan cicilan sebaiknya sebelum membeli kendaraan teman-teman menabung terlebih dahulu.

Harga after sales kendaraan kompetitif

Harga after sales maksudnya harga kendaraan tersebut saat dijual kembali (bekas). Kita tidak pernah tahu yang terjadi ke depan, siapa tahu mau ganti kendaraan atau dijual karena BU. Jadi sebaiknya beli kendaraan yang harga jual kembalinya pun masih tinggi di pasaran, jadi tidak merasa rugi ketika harus menjualnya.

Bengkel resmi tersedia di mana-mana

Pilih kendaraan yang memiliki layanan service center resmi tersebar banyak di daerah  di Indonesia selain untuk memudahkan merawat kendaraan secara berkala, juga agar saat ada masalah diperjalanan, cepat dapat diselesaikan.

Oh ya jangan menunggu kendaraan rusak untuk ke bengkel, perawatan secara rutin sebaiknya dilakukan tanpa menunggu mobil ada masalah. Saat akan bepergian jauh sebaiknya kendaraan dibawa ke bengkel resmi untuk dicek semua mesinnya agar aman dan nyaman diperjalanan.

Salah satu mobil keluarga yang memenuhi kriteria di atas adalah  Toyota Sienta, hadir  dengan desain  mewah dan sporty.  Toyota memiliki jaringan bengkel resmi yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, layanan purna jual mobil Toyota juga baik.

Kini pembelian kendaraan Toyota dapat dilakukan secara  online lho, terlebih di tengah situasi pandemi yang membuat kita berpikir berkali-kali untuk bertemu orang. Teman-teman bisa mengunjungi website Auto2000.co.id



Toyota Sienta dengan harga jual, spesifikasi, promo kredit, interior dan eksterior dalam mobil bisa teman-teman lihat juga di sana.


Auto2000

Auto2000 Digiroom merupakan transformasi baru dari website Auto2000.co.id yang kini menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia. Awalnya Auto2000 merupakan jaringan jasa penjualan, perawatan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak 1975 dengan nama Astra Motor Sales dan baru pada tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk.


Selain pembelian kendaraan baru juga ada layanan purna jual, pembelian suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust).



Wah ada pilihan mobil seken juga nih, makin banyak pilihan.

Semua bisa diakses melalui layar handphone karena Auto2000 menggunakan konsep ‘seamless end-to-end customer experience’. Pelanggan akan merasakan pengalaman layanan di platform digital yang sama baiknya dengan layanan di cabang Auto2000.

Teman-teman bisa unduh aplikasi Auto2000 Mobile untuk memudahkan. Tersedia juga layanan THS – Auto2000 Home Service, simulasi pembiayaan jika akan membeli kendaraan.



Makin praktis dan mudah ya, tidak perlu jauh-jauh ke showroom tinggal klik melalui smartphone.

Ada yang mau menambahkan tips memilih kendaraan untuk keluarga? Boleh donk tulis di kolom komentar.

Teman-teman yang berencana memiliki kendaraan semoga segera terwujud ya. 

Tidak ada komentar