Pilihan Mobil untuk Keluarga

 Pilihan Mobil untuk Keluarga

Semangat hari Rabu teman-teman,

Beberapa waktu lalu menyimak  berita, ada kabar jika pemerintah, seperti yang disampaikan menteri koordinator perekonomian, pajak PPnBM baru akan dihapus, kebijakan yang tak lain dan tak bukan agar industri otomotif kembali ramai  setelah sempat lesu karena pandemi.

Mungkin teman-teman ada yang bertanya, apa sih pajak PPnBM? PPnBM adalah singkatan dari Pajak Penjualan atas Barang Mewah, pajak tambahan di samping pajak pertambahan nilai (PPN) dan berlaku untuk pembelian barang yang dikatagorikan mewah seperti kendaraan bermotor dalam hal ini mobil.

Jadi ini kesempatan baik buat teman-teman yang ingin membeli kendaraan baru atau mengganti kendaraan lama dengan kendaraan baru, karena bebas pajak PPnBM.

Apa sih kendaraan impian teman-teman? City Car yang mungil jadi aman lewat perkampungan  untuk menghindari macet? Mobil sport? Atau mobil keluarga?

Kalau teman-teman sedang mencari kendaraan keluarga, saya ada beberapa tips memilih kendaraan keluarga berdasarkan pengalaman,  semoga bermanfaat;

Menentukan besar/kecil kendaraan

Sebagai pasangan muda, usia anak masih balita, saat memutuskan membeli kendaraan tertumpu pada pilihan; empat penumpang atau tujuh penumpang? 4 penumpang lebih dari cukup karena anak-anak masih kecil tapi gimana kalau mudik dan ngajak jalan-jalan orangtua, saudara atau keponakan?

Di Indonesia istilah mobil keluarga biasanya merujuk pada kendaraan dengan 7 penumpang, ini karena rasa kekeluargaan orang Indonesia tinggi jadi  yang dimaksud dengan keluarga termasuk orangtua/mertua/saudara yang kemungkinan akan ikut serta/diajak jika jalan-jalan atau mudik. Kalau pulang kampung dan jalan-jalan rasanya pengen banget ngajak rangtua atau saudara dekat ikut serta untuk berbagi kebahagiaan, benar gak? 

Itu juga yang saya rasakan, pertama kali memiliki mobil  4 penumpang, karena  COP (car ownership program) dari kantor suami budgetnya untuk  kendaraan 4 penumpang. Terasa tidak  cukup begitu pulang kampung, tidak bisa membawa ini itu. Belum lagi  orangtua saya suka membekali anaknya ini macam-macam, dari masakan, tanaman sampai perabot.  Memang ya, cinta orangtua itu sepanjang masa, anaknya udah mandiri saja tetap  inginnya memberi.

Alhamdulillah COP berikutnya bisa dapat kendaraan tujuh penumpang, pulang kampung lebih nyaman bisa mengajak orangtua jalan-jalan.

Pilih yang hemat bahan bakar

Sekilas pilihan kendaraan hemat BBM itu sepele ya, tapi pada kenyataannya terasa banget lho bisa menghemat pengeluaran jika kendaraan yang kita miliki hemat BBM. Kendaraan dikatakan hemat jika 1L bisa menempuh jarak kurang lebih  14 km.

Kendaraan yang diklaim hemat bahan bakar sudah berteknologi modern jadi selain hemat bahan bakar, emisi yang dikeluarkan sedikit dan lebih ramah lingkungan.

Kendaraan hemat bahan bakar dan emisi ramah lingkungan,  kendaraan yang kondisi mesinnya masih bagus atau kendaraan baru. Jadi jika teman-teman berencana membeli kendaraan bekas, sebaiknya usia kendaraan tidak lebih dari 5 tahun.

Boleh baca Oli Motor Terbaik Pilihan Ibu Masa Kini 

Matik lebih baik

Pilih kendaraan matik atau manual? Untuk teman-teman yang suka traveling, pulang kampung jarak jauh  membawa kendaraan sendiri, saya rekomendasikan memilih kendaraan matik, karena sangat mengurangi beban tenaga terutama saat macet. Memang harga lebih mahal tapi efisien.

Pilih mobil yang harganya sesuai kemampuan

Menentukan budget untuk membeli kendaraan adalah point penting. Dan sebaiknya budget disesuaikan dengan kemampuan/penghasilan. Jangan sampai untuk mengejar mobil impian, pengeluaran jadi lebih besar dari pemasukan.

Kendaraan 4 atau 7 penumpang banyak macamnya dengan harga bervariasi, jadi pilihlah yang sesuai dengan kemampuan.  Kalau kemampuan menyicil hanya 5 juta jangan maksa yang cicilannya 10 juta hehehe. Atau untuk meringankan cicilan sebaiknya sebelum membeli kendaraan teman-teman menabung terlebih dahulu.

Harga after sales kendaraan kompetitif

Harga after sales maksudnya harga kendaraan tersebut saat dijual kembali (bekas). Kita tidak pernah tahu yang terjadi ke depan, siapa tahu mau ganti kendaraan atau dijual karena BU. Jadi sebaiknya beli kendaraan yang harga jual kembalinya pun masih tinggi di pasaran, jadi tidak merasa rugi ketika harus menjualnya.

Bengkel resmi tersedia di mana-mana

Pilih kendaraan yang memiliki layanan service center resmi tersebar banyak di daerah  di Indonesia selain untuk memudahkan merawat kendaraan secara berkala, juga agar saat ada masalah diperjalanan, cepat dapat diselesaikan.

Oh ya jangan menunggu kendaraan rusak untuk ke bengkel, perawatan secara rutin sebaiknya dilakukan tanpa menunggu mobil ada masalah. Saat akan bepergian jauh sebaiknya kendaraan dibawa ke bengkel resmi untuk dicek semua mesinnya agar aman dan nyaman diperjalanan.

Salah satu mobil keluarga yang memenuhi kriteria di atas adalah  Toyota Sienta, hadir  dengan desain  mewah dan sporty.  Toyota memiliki jaringan bengkel resmi yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, layanan purna jual mobil Toyota juga baik.

Kini pembelian kendaraan Toyota dapat dilakukan secara  online lho, terlebih di tengah situasi pandemi yang membuat kita berpikir berkali-kali untuk bertemu orang. Teman-teman bisa mengunjungi website Auto2000.co.id



Toyota Sienta dengan harga jual, spesifikasi, promo kredit, interior dan eksterior dalam mobil bisa teman-teman lihat juga di sana.


Auto2000

Auto2000 Digiroom merupakan transformasi baru dari website Auto2000.co.id yang kini menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia. Awalnya Auto2000 merupakan jaringan jasa penjualan, perawatan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak 1975 dengan nama Astra Motor Sales dan baru pada tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk.


Selain pembelian kendaraan baru juga ada layanan purna jual, pembelian suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust).



Wah ada pilihan mobil seken juga nih, makin banyak pilihan.

Semua bisa diakses melalui layar handphone karena Auto2000 menggunakan konsep ‘seamless end-to-end customer experience’. Pelanggan akan merasakan pengalaman layanan di platform digital yang sama baiknya dengan layanan di cabang Auto2000.

Teman-teman bisa unduh aplikasi Auto2000 Mobile untuk memudahkan. Tersedia juga layanan THS – Auto2000 Home Service, simulasi pembiayaan jika akan membeli kendaraan.



Makin praktis dan mudah ya, tidak perlu jauh-jauh ke showroom tinggal klik melalui smartphone.

Ada yang mau menambahkan tips memilih kendaraan untuk keluarga? Boleh donk tulis di kolom komentar.

Teman-teman yang berencana memiliki kendaraan semoga segera terwujud ya. 

15 komentar

  1. Setuju, meski banyak pertimbangan saat memilih mobil keluarga. Suami dan saya juga pilih matic karena di Jakarta macetnyaaa, kalau pakai transmisi manual lebih capek. Dan matic enak dibawa pergi jauh, jadi kalau kami mudik atau roadtrip lebih santai nyetir gantian.

    BalasHapus
  2. Aku baru tau varian Sienta ini. Kayaknya cocok buat keluarga kecil, ya

    BalasHapus
  3. Duuuh beli mobil online?
    Rinaaa! Aku orang dulu banget kali ya, ga kepikiran buat beli barang mahal dan mevvaaah (buatku itu luxurious things) dengan online

    Perhaps I just try for services first hihi

    BalasHapus
  4. Saya kalau disuruh milih, pengen mobil keluarga aja deh mbak biar bisa muat banyak. Hoho.. Mobil yang kecil2 emang lebih cantik dan lucu aja tapi kurang fungsional heheh

    BalasHapus
  5. Nah, ini satu hal yang cukup penting. Sebelum membeli kendaraan banyak hak yang harus dipertimbangkan salah satunya soal after sales. Upayakan yang setidaknya memiliki layanan service center resmi yang tersebar dibeberapa area

    BalasHapus
  6. Toyota ini memang bengkel resminya bertebaran di mana2 yah mbaaak
    Jadi kalau ada masalah gak terlalu ribet tinggal mampir ke bengkel resmi terdekat aja yaaah

    BalasHapus
  7. Auto2000 ini udah lama banget yah dan terpercaya juga. Soalnya aku pernah liat dulu di mobil papaku, waktu beli tuh ada stikernya. Kondisi mobilnya masih bagus banget meski second hand.

    BalasHapus
  8. Iya Toyota Sienta ini cantik tampilannya sekaligus mesinnya tangguh ya untuk bepergian bersama keluarga, family car banget karena muat banyak penumpang..

    BalasHapus
  9. mobil keluarga menjadi salah satu kebutuhan penting keluarga masa kini ya mbak
    dan klo mau cari mobil, memang auto 2000 itu tempat yg terbaik

    BalasHapus
  10. Toyota ini sudah jadi pilihan banyak keluarga di Indonesia yaa.. kalo menurutku mobil mobil keluaran toyota udah paling kece mak.. ngga rewel dan suku cadang banyak hehe

    BalasHapus
  11. Pastinya kalau beli mobil pertama fungsional dan beli yang harganya sesuai kemampuan ya mbak. Jangan sampai beli mobil hanya krn gengsi trsu maksain beli mobil dengan budget yg gak sesuai kantong, malah bingung nanti mikirin cicilan dan pajak hehe
    Baru tau Auto 2000 jg melayani pembelian mobil second TFS

    BalasHapus
  12. pandemi ini lumayan juga lho membuat brand mobil besar ada yang cabut dari Indonesia. Kalau begini bingung juga kan mau servis ke mana. Mendingan pilih yang bengkel resminya tersebar di banyak tempat supaya perawatan mobil lebih mudah.

    BalasHapus
  13. Permintaan mobil baru pasti akan meningkat nih!
    Belum lagi sebentar lagi banyak yang dapet THR jadi sekarang pilihan yang tepat beli mobil baru.

    Selisihnya lumayan banget lho, daripada sebelumnha.

    BalasHapus
  14. Saya juga kadang kepikiran tuh mbak pengen city car atau mobil keluarga soalnya kalau city car buat mudik nanti tidak bisa bawa barang-barang yang agak banyak. Sebelum memilih mobil impian ternyata banyak banget yang harus dipertimbangkan ya, termasuk harga jual mobil after salesnya juga.

    BalasHapus
  15. Happy banget ketika keluarga udah mau ambil mobil untuk kemudahan mobilitas, Toyota yaaa pilihannya plus bisa dengan klik by smartphone aja tanpa repot k showrooms

    BalasHapus