Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 18 Mei 2020

Tips Menjaga Kesehatan Anak-Anak di Masa Pandemi

Assalamualaikum teman – teman masih #dirumahaja kan? Bosan sudah pasti hahaha. Sabar ya *ini mah lebih pada diri sendiri, sungguh kaki ini ingin melangkah kesana-kemari*. Tapi apa daya ya, demi memutus rantai penyebaran virus, harus di rumah aja.

Foto tahun lalu, waktu mudik ke Bandung


Bagaimana kabar anak-anak di rumah? Kalau kedua anak saya udah bosan. Kemarin si Kaka nyeletuk,”Karena  corona ga bisa main sama temen, ga bisa berenang, ga bisa ketemu Uti (mudik), ga bisa sekolah."


Mereka berdua sudah paham betul kenapa kita harus #dirumahaja karena kerap dijelaskan atau saat kita menonton berita bareng. Tapi tetap terus diingatkan  untuk  selalu cuci tangan setelah beraktivitas, mencuci paket yang datang sebelum dibuka (efek corona kami lebih sering belanja online), harus mau makan sayuran dan buah untuk menjaga daya tahan tubuh, berjemur dan olahraga. Anak-anak suka main bulu tanggis menjelang berbuka sambil ngabuburit.

Sehat fisik harus dibarengi sehat mental. Anak-anak juga bisa stress lho dengan keadaan ini karena di rumah terus, tapi mereka tidak paham dengan istilah stress. Mereka hanya bisa mengeluh, bosan dan sampai kapan di rumah. Manusiawi kok. Untuk menjaga kesehatan mental anak-anak, saya melibatkan mereka dalam kegiatan sehari-hari, agar waktu #dirumahaja tidak terasa membosakan dan kegiatan bervariasi.

Beribadah bersama

Selama ramadhan ini kami full tarawih bareng di rumah, kalau Mamanya lagi halangan tetap memastikan anak-anak melakukan tarawih.  Sesi kultumnya saya bacain buku dengan tema keislaman. Selain menanamkan soal tauhid, juga menekankan untuk lebih sering berdoa agar pandemi ini selesai dan hanya memohon pertolongan padaNya. sebenarnya ini juga salah satu cara saya untuk mengatasi rasa khawatir terhadap pandemi ini, yang entah kapan berakhir. Biar ga stress, pasrahkan pada yang Maha Kuasa, iya kan.


Main Games

Ini jam paling ditunggu anak-anak, main games. Idenya dari Pak suami, efek WFH jadi suka main games, alasannya biar ga stress dan suntuk. Lihat Bapaknya main games anak-anak auto nuntut hal yang sama. Jadilah ada kesepakatan  main games siang dan sore hari masing-masing 1 jam. Tapi kalau sudah main game ga boleh nonton tv, abis main main games harus baca buku.

Bantu Mama Berkebun

Saya suka nanam-nanam, dari bunga sampai bumbu dapur. Biar rumah adem dan kalau butuh bumbu dapur ga perlu rempong, bumbu dapur yang jarang ada di warung seperti daun kunyit, daun jeruk, daun kencur dsb. Biasanya pagi atau sore hari, tugas anak-anak menyiram tanaman. Anak –anak semangat kalau buah jeruk yang kami tanam mulai berbuah walaupun mereka tidak bisa memakannya karena jeruk purut dan nipis hehehe. 


Dari hobi jadi usaha. Iya saya ada usaha kecil-kecilan jualan anggrek tanaman hias dan tanaman dapur. Karena saya punya usaha tanaman kegiatan ngebon jadi keharusan walaupun di masa pandemi penjualan menurun tapi kami tetap berkebun hanya fokusnya pada perbanyakan tanaman.


Bantu Mama di Dapur



Tidak setiap mereka mau turun ke dapur, hanya kalau masak yang mereka request atau sukai. Kapan hari mereka request donat kentang, lemper dan dimsum.   

Alhamdulillah donat kentangnya enak empuk, pake resep donat kentang NCC ini bisa dibilang anti gagal karena saya beberapa kali bikin hasilnya selalu empuk. Tapi kalau teman-teman praktik resep ini dan gagal coba dicek lagi pernipan atau pengembangnya, jika kemasan sudah kebuka lama biasanya kurang bagus, tidak mengembang.  Resep ini bisa search di google dengan kata kunci resep donat kentang NCC.


Membuat dimsum




Resep Dimsum Ayam

Kulit dimsum diameter 8 atau 10 cm (saya pake yang 10)
500 gram ayam pilet, haluskan dengan blender atau copper
1 buah labu ukuran sedang (bukan labu yang kecil-kecil itu ya) parut halus (saya pake parutan keju)
1 buah wortel parut halus
100 gram tepung tapioka (merk pak TANI gunung – biasanya dijual di pasar, minimarket atau warung sembako)
1 tangkai daun bawang, iris halus
1 sdm kecap asin
2 sdm minyak wijen (kalau tidak punya bisa diskip tapi nanti dimsumnya kurang lembut dan kulitnya cepat mengering – praktik kedua bikin dimsum ga pake minyak wijen karena lupa)
1 telur ayam
Bumbu dihaluskan
5 bawang putih
1 sdt merica
2 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk ayam (optional)

bahan saus
saos sambal
air hangat
jeruk nipis
gula dan garam

Cara membuat
Campur ayam, labu, wortel (sisakan sedikit untuk toping), daun bawang, bumbu halus, sagu, telur, garam dan kaldu bubuk, kecap asin, minyak wijen, aduk rata. letakkan adonan pada kulit dimsum, lipat, beri toping wortel. Lakukan sampai habis. Adonan ini  jadinya sekitar 30 buah dimsum.

Siapkan kukusan, saya pake dandang yang buat menanak nasi. Olesi kukusan dengan minyak agar tidak lengket. Kukus dimsum selama kurang lebih 30 menit.
Cara membuat saos, campur semua bahan, koreksi rasa. Untuk takaran saya kira-kira disesuaikan dengan selera.

Resep–resep ini saya dapat dari media sosial seperti instagram atau nonton di youtube. Ada kuota bikin ga mati gaya walaupun #dirumahaja.


Kuota Anti Was –Was dari Smartfren



Pada bulan April lalu Smartfren meluncurkan kartu perdana Ion Plus (10N+), produk yang diluncurkan  sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat yang dihimbau untuk #DiRumahAja karena mewabahnya Virus Corona (Covid-19). Dengan harganya yang ramah dikantung Smarfren Ion Plus (10N+) ini menyasar para pelajar dan pekerja.

Berikut beberapa keunggulan smarfren ion plus
Harga kartu perdana terjangkau, 10 ribu mendapat kuota 1.5 GB

Mendapatkan bonus kuota  sebesar 0.5 GB setiap bulannya selama 6 bulan dengan total kuota 3 GB.

Untuk pembelian voucher data pelanggan mendapat bonus kuota total hingga 13 GB selama setahun.

Masa aktif kartu 365 hari, jadi tak perlu khawatir nomor hangus ya teman
Kuota yang di dapat adalah kuota utama jadi bisa digunakan di semua aplikasi media sosial, chatting dan video streaming.

Jadi selama #dirumahaja ga usah khawatir kehabisan kuota. Kuota cukup  tetap produktif.
#AntiPuasaKuota #KuotaAntiWasWas #StaySafeAntiWaswasXKEB


Kalau teman-teman resep apa nih yang dipraktikan bareng anak-anak selama #dirumahaja? 


23 komentar:

  1. Aaakkk, makasii resep dimsum-nyaaaa
    Mupeng buat coba juga nih
    kayaknya gampil ya Mak.
    Asik asiiikk

    BalasHapus
  2. Kirain tadi Ion Plus itu nama provider baru ternyata anaknya smartfren to hehe. Iya ya kita kudu bisa bikin anak betah di rumah, ya gadget salah satu yg bikin betah, meski kudu diselengin yg gak pakai gadget :D
    Di rumah anak2 jg belajar bantuin emaknya, lumayan udah bisa disuruh nyapu ngepel, sama bantuin motong sayur pas masak haha

    BalasHapus
  3. Donat kentang sama dimsumnya boleh juga nih dicoba. Bahannya gampang dan ga ribet. Sebelum puasa kemarin aku coba bikin donat tapi gagal huhuhu...

    BalasHapus
  4. Puasa kmrn aku bikin dimsum rasanya enak cm agka keras dan ga lembut.. Kayaknya bener nih mba krn ga pake minyak wijen. Bs diganti apa ya minyak wijennya mba?

    BalasHapus
  5. Sepertinya Smartfren ini jago ya dalam urusan kuota murah mba. Dulu aku pernah make..tp trnyata sinyalnya ga gitu bagus di area rumahku. Tapi udah lama...

    Sekarang lagi pengen nyoba lagi..semoga udah bagus. Soalnya butuh banget kuota yang ramah di dompet..

    BalasHapus
  6. Kami seringnya bikin pie susu teflon, martabak dan pizza hehe.. belum pernah bikin dimsum deh.. asikk banget dapet resep dan cara bikinnya..semoga nanti bisa buat dimsum juga bersama anak anak dirumah ya.. semoga juga rasanya ngga mengecewakan dan anak anak suka

    BalasHapus
  7. Wah anakku susah dilarang main game huhu jadwal sering bablas, itu dimsumnya menggoda sekali Mbaak..pengen bisa bikin juga deh..

    BalasHapus
  8. Wah, anak2 seru ya bantuin mamahnya bikin dimsum di dapur. memang deh semua orang jadi makin kreatif melakukan aktivitas di rumah. Rajin cuci tangan, pakai masker, dan olahraga yang cukup serta asupan bergizi itu harus ya mbak.

    BalasHapus
  9. boleh nih dicoba kartu ion plusnya. anaknya smartfren pasti kece. bonusnya juga asik jadi bikin betah internetan

    BalasHapus
  10. Menu dimsum ini salah satu andalan banget karena disukai seiisi rumah, tapi saya belum pernah bikin sendiri. Anak mbarep sdh berinisiatif (angan-angan) ngajakin bikin dimsum sendiri, tapi realisasinya delay mulu.

    BalasHapus
  11. Waduh mbak, dimsumnya bikin ngiler... Jadi pengen coba bikin juga, soalnya biasanya beli, hihihi... Pasti seru ya kalau bikinnya sama anak-anak...

    BalasHapus
  12. Kalau di rumah saya, anak anak lebih suka masak yang manis manis mbak, masih belum move on dari kue lebaran hihi jadi saya bikin kastangel dan lidah kucing terus nih :-)

    BalasHapus
  13. Selama di rumah pemakaian internet jadi nambah banget ya mba.. apalagi saya suami kerjanya emang online full.. hmm untung ada kuota anti waswas ini ya.. aniwei resep dinsum ayamnya menggoda mba.. ingin nyoba aja...

    BalasHapus
  14. Aku juga pake smartfren lho buat wifi rumah. Sejauh ini emang paling bisa diandalkan. Dan yang pasti sih paling murah. Jadi lancar nonton drama korea dan buat bocah bisa lancar belajar pake ruang guru. hehehe

    BalasHapus
  15. Untung sekarang kuota terjangkau ya ada smartfren yeeeeeyyy
    Aku mau pake smartfren juga boncos ini berasa kuota

    BalasHapus
  16. Uda was-was sama Corona, jangan ditambahin was-was sama kuota yaa, kak...
    Semoga pandemi ini segera berlalu dan anak-anak happy kembali bersama teman-teman bermain bersama.

    BalasHapus
  17. aku baruuu aja buat mbaaa si dimsum ayam. DIbantu anak - anak karena memang buatnya gampaang dan semua sukaa

    BalasHapus
  18. Ada kuota anti mati gaya gini bisa bebas ya mba mau gugling apa aja di inet dan bisa buka medsos kapan aja untuk berburu resep ataupun informasi bermanfaat.

    BalasHapus
  19. waaa resep dimsum, ijin save resepnya, ntar mau praktek juga bareng anak, sukaaa dimsum, look yummy

    BalasHapus
  20. Masa-masa kita #dirumahaja saat pandemi ini memang butuh banget paket internet/kuota yang mumpuni ya.
    Karena enggak ke mana-mana, jadi banyak waktu buat menyelusuri dunia maya, plus anak-anak juga belajar online.

    BalasHapus
  21. wow resepnya mau nyoba deh, senang kalau kegiatan dimasa pandemi ini menjadi lebih bersemangat ya dengan kuota yang anti was-was.

    BalasHapus
  22. Menjaga kesehatan anak saat pandemi penting banget mba. Aku sedia suplemen selain, asupan makan dan minum sehat. Btw resepnya mau ah coba niru

    BalasHapus
  23. Waah harga kartu perdananya murah banget. 10 ribu dapat 1.5 Giga? Asyiiik banget nih smartfren mbak.

    BalasHapus

find me