Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 06 Mei 2020

Empat Camilan Berbuka Puasa Favorit

Empat Camilan Berbuka Puasa Favorit

Bakwan

Duh makan gorengan? Boleh skip kalau teman-teman sedang diet makan gorengan hehehe. Baca beberapa status teman yang udah tobat makan gorengan, kalau saya belum bisa euy. Tapi ga tiap hari makan gorengan juga sih yang pasti kalau camilan berupa gorengan saya hampir tidak pernah beli, selalu bikin, alasannya minyak goreng yang digunakan terjamin juga rasanya pas di lidah saya. Secara dulu ibu saya jualan gorengan seperti rosiles, bakwan, donat dsb, jadi lidah saya untuk gorengan udah terstandar masakan ibu, jadi susah makan gorengan kalau bukan buatan sendiri atau ibu hehehe.

Resep bakwan udang bisa intip di sini


Bakwan jagung, bakwan udang, bakwan mie, bakwan sayuran aja…pokoknya segala jenis perbakwaan jadi favorit di rumah. Bakwan yang orang Bandung mah nyebutnya bala-bala. Jadi inget pas awal – awal nikah kita suka ga nyambung kalau ngobrolin gorengan ini hahaha. Akhirnya saya kebiasaan jadi nyebut bakwan sama si bala-bala.

Bakwan udang ini resep ibu saya, jadi bertahun – tahun Ibu saya jualan bakwan udang, donat, risoles dan teman – temannya, bertahun – tahun bantuin ibu, auto hapal di luar kepala, tapi untuk risoles dan donat saya belum bisa membuatnya dengan rasa yang sama dengan rasa bikinan ibu.

Ibu saya orang Jawa, tahu istilah bala-bala ya setelah nikah dan tinggal di Bandung, jadi menurut ibu saya ini bakwan, kalau bala-bala tanpa udang dan sayurannya kol dan diiris tipis bukan dipotong kotak.

Kok bisa rapih sih bikinnya bulat – bulat? ini nyontek dari ibu juga bikinnya pake cetakan sayur. Nah biar cetakan sayur ini anti lengket,  centong sayur yang dipake buat goreng bakwan harus khusus ga boleh dipake buat apapun.

Puding



Ini favorit anak – anak terutama yang rasa coklat. Kalau foto di atas puding jagung keju. 

Boleh intip resepnya di SINI

Awal – awal bikin puding coklat ngikutin resepnya ibu agar – agar pake skm atau santan dan gula, rasanya standar. Terus nyobain resep agar-agar pake susu UHT dan coklatnya pake DCC (sejak follow Ignya the Ayudiahrespatih sekitar 3 tahun lalu), masyallah nikmatnya, jadi ini toh resep-resep puding yang pernah saya cicipi kalau nginep di hotel hahaha baru tahu. Sejak itu.

Resep puding coklat di SINI 

Talem


Resep diSINI

Duh jajanan pasar itu ga ada duanya ya . ada yang merasa sama? Buat generasi 80 dan 90 yang belum terlalu akrab dengan jajanan instan macam ciki atau biscuit, pasti suka jajanan pasar satu ini.  

Anak jaman now harus dilatih untuk suka jajanan pasar , pengalaman di rumah. Kalau bebikinan yang tradisonal harus penyesuaian dulu.

Ini kedua kalinya bikin talam yang pertama sekitar 5 tahun lalu, merasa gagal karena tekstur ga lembut dan merasa ribet karena plek ngikuti resep jadi talemnya dua lapis. Ssekarang diakali jadi selapis saja dan dengan takaran sendok. Simple tapi hasil tetap enak

 Es buah/Minuman segar

Ini mah favorit banget ya hehehe. Kalau saya bikin sendiri biasanya versi simple, kelapa muda tambah syrup marjan dan timun suri.  

Kalau favorit camilan berbuka puasa teman – teman apa nih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

find me