Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, 25 April 2020

Tips Meningkatkan Penjualan Online Shop

Assalamualaikum
Tips Meningkatkan Penjualan Online Shop
Apa kabarnya teman hari ini? Semoga sehat dan tetap optimis di masa pandemi ini. Dan tentu saja tetap produktif. Alhamdulillah di tengah masa pandemi ini rejeki saya dari jualan bunga secara online, ada saja.


Boleh intip jualan saya di SINI 




Padahal awalnya sempat pesimis, ternyata banyak orang yang melakukan kegiatan berkebun untuk mengisi waktu selama #dirumahaja. Rejekinya tukang gojek juga ini karena banyak pesanan yang minta diantar kurir gojek. Saya jualan via online di marketplace dan instagram. Kalau dihitung alhamdulillah sudah jalan hampir 4 tahun.

Boleh Baca Tips Merawat dan Menanam Anggrek untuk Pemula 

Ada yang memiliki toko online juga di instagram? Pernah merasakan betapa sulitnya melakukan penjualan di Instagram, padahal kita sering dengar cerita banyak orang sukses jualan via instagram.

Berikut ini ada 6 cara meningkatkan penjualan untuk online shop baru, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.  Yuk disimak

Referensi
Jika tidak punya follower sebelumnya, cara paling gampang adalah meminta teman teman untuk merekomendasikan. Untuk online shop baru, kemungkinan besar pembeli awal memang orang orang terdekat seperti teman, keluarga dan rekan kerja.


Jadi jangan sungkan menawarkan produk kepada  teman dan meminta mereka untuk melakukan promosi di sosial media mereka. Mulai dari teman ke teman.

Content Marketing
Cara selanjutnya adalah membuat konten yang menarik, orang menggunakan instagram tidak hanya untuk bersosial media akan tetapi juga untuk mengonsumsi konten.

Buatlah konten yang sesuai dengan target audiecenya. Jika menjual hijab maka buatlah konten tentang inspirasi hijab atau sejenisnya. Hal ini bisa menjangkau orang orang yang tertarik dengan konten serupa dan membeli hijab.

Promo
Cara paling nyata adalah dengan  promo. Orang yang akan menjadi calon customer akan mendapatkan manfaat secara langsung dari promomu. Misalkan kita menggunakan promo free ongkir, hijab tidak hanya lebih bagus namun juga lebih mudah dijangkau karena tanpa ada tambahan biaya ongkir.

Selain free ongkir kita juga bisa membuat promo bonus, dimana setiap pembelian 3 hijab akan mendapatkan 1 hijab gratis. Kita bisa mencoba berbagai macam kata kata promosi.

Paid promote
Jika ingin menjangkau lebih banyak orang, bisa menggunakan paid promote. Paid promote ini sifatnya akun influencer atau akun dengan follower besar mempromosikan akun atau produk kita.

Hanya pilih influencer yang akunnya relevan dengan produk jualan kita, jangan jualan hijab di influencer review laptop. Nggak nyambung sama sekali kan pasti audiencenya.

Endorse
Sama tapi beda jika dibandingkan dengan paid promote. Pada endorse kita bisa meminta influencer untuk mengulas produk. 

Dengan adanya review, membuat orang jadi lebih tahu produk kita secara mendalam dibanding paid promote. Biasanya biayanya lebih besar dari paid promote.

Facebook Ads
Cara terakhir adalah facebook atau instagram ads, bisa menjangkau hingga 140.000.000 Juta pengguna facebook dan instagram di Indonesia.

Berbeda dengan paid promote dan endorse yang bayarnya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. 

Coba kamu lihat saja harga endorse dari awkarin ini.
Facebook ads bisa dimulai hanya dengan Rp 20.000 saja perhari, dengan Rp 20.000 bisa menjangkau calon konsumen dan mendapatkan penjualan.

Kalau masih  bingung tentang facebook ads ? Yuk kunjungi website ihsansantoso.com, disana ada facebook ads tutorial yang sangat lengkap beserta contoh beriklan di instagram stories + hasilnya.

Pembahasannya jelas karena setiap langkahnya ada contoh gambar dan kasus.

Kesimpulannya, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan. Mulai dari cara yang gratis hingga cara yang canggih seperti facebook ads.


Kamu sendiri sudah pernah melakukan cara apa saja ? yuk share pengalamanmu.

24 komentar:

  1. Di masa pandemi ini, kakakku termasuk yang kena PHK Mbaaa.
    Untungnya beliau juga berjualan online melalui instagram.

    Tips ini jadi insight sekali dan akan ku informasikan ke beliau. Supaya dagangannya tetep laris dan bisa menghidupi keluarga.
    Terimakasih banyak, yaaa :)

    BalasHapus
  2. Keren banget ini. Jadi jualan anggrek online gitu? Udah ga repot masalah ekspedisi, ya?

    BalasHapus
  3. Aku sering melihat2 iklan makanan di FB Ads. Macam2 terutama makanan misalnya ayam ungkeb dll. Ternyata pasang iklan di sana bisa meningkatkan penjualan. Temanku jualan online makanan soalnya.

    BalasHapus
  4. Saya baru sampai endorse nih, belum coba pakai Facebook ads. Banyak temen yang bilang ngaruh banget kalau pakai facebook ads. mau coba ah nanti. Ma Kasih infonya, Mba

    BalasHapus
  5. Facebook Ads pernah saya gunakan untuk promote konten blog hehe. Lumayan sih ya yang baca.

    BalasHapus
  6. Memang di masa seperti ini kita harus lebih gesit untuk mencari penghasilan tambahan di antaranya jualan online yah.

    Jualan online efektif banget karena saat ini sepertinya semua orang menghabiskan banyak waktunya di media sosial. Harus pintar2 memilih cara promosi yang tepat untuk produk kita yah

    BalasHapus
  7. Biasanya kalau teman-teman di komunitasku, kita saling support penjualan online teman-teman. Misal habis belanja kita juga bantu promosi lewat media sosial dan juga kita foto yang bagus dulu.

    BalasHapus
  8. Iyaps setuju nih sama tips2nya. Untuk meningkatkan omset penjualan toko online, ga cukup hanya dengan update produk tapi Mempromosikan dengan berbagai cara pun mesti dilakukan agar produk jualan nya lebih dikenal secara luas

    BalasHapus
  9. Aku belum jualan onlen, padahal sekarang lagi naik daun ya jualan onlen. Aku juga apa-apa beli onlen sekarang, males jalan karena corona hehe.. Tinggal buka hp, pilih barang trus pesan selesai.

    BalasHapus
  10. Mak Rina, gimana sih, supaya bisa berhasil gardening? Jujur deh, aku tuh suka banget sama tanaman2, tapi selalu aja mati itu tanaman lama2. Hiks

    BalasHapus
  11. Zaman sekarang orang beralih banyak yang jualan online juga ya mbak, bahkan penjual sayur di paar, yang biasa jualan makanan di tempat aja dll,pokoknya pinter2nya aja deh cari jalan supaya enggak gulung tikar. Yg online shop apalagi, krn udah terlatih jualan tinggal ngeboost aja ngiklannya ya :D

    BalasHapus
  12. Dari dulu aku pengen banget jualan online. Tapi baru niat hiks :( Masih bingung mau jualan apa. Padahal kalau ditelateni ya lumayan. Apalagi saat ini promosi bisa melalui facebook ads yang makin mudah.

    BalasHapus
  13. Sekarang semakin banyak orang jualan online ya mak. Banyak orang beralih car mencari nafkah. Memang harus menyesuaikan kondisi

    BalasHapus
  14. semangaat selalu yaaa mba...memang tidak mudah tapi bisaa bangeet ditingkatkan terus yaa penjualannya

    BalasHapus
  15. Aku yang belum paham-paham itu, facebook ads, kalau pas butuh, jadinya minta bantuan teman yang paham.

    BalasHapus
  16. Wah ada tutorial facebook ads ya... Selama ini enggak ngerti, tapi penasaran...

    BalasHapus
  17. Jualan zaman sekarang, yang penting selain kejujuran dan amanah juga menariknya mengemas dalam bahasa Marketing. Karena berdasarkan testimoni pembeli yang bisa bikin menarik perhatian.

    BalasHapus
  18. Aku belum begitu menguasai nih mba soal ads gini, apalagi yang di facebook. mau juga ah intip tipsnya dari Ihsan Santoso. Thanks lho mba informasinya.

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah coba jualan onlen sih mba next ada kefikiran pengeb usaha onlen nanti aku pelajari ah facebook ads heheh

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah suamiku semenjak resign udah jualan online dan penghasilannya alhamdulillah banget. Dan kerjasama dengan adiknya juga online tupperware dan alhamdulillah jualan tupperware di online ternyata banyak peminatnya

    BalasHapus
  21. aku belum mulai jualan online semoga suatu hari kelak bisa memulai bisnis yang aku sukai

    BalasHapus
  22. Wah ini pas banget buat yang baru mulai terjun ke dunia digital marketing mak. Banyak banget yg bisa di-explore ��❤️

    BalasHapus
  23. Aku nggak pernah make paid promote maupun fb ads mbak
    kalo make itu katanya emang bisa bikin laku banget ya.
    Semangat jualan online, sementara aku karena baru membangun netral ngepost aja

    BalasHapus
  24. Selain dari yg sudah dituliskan, sikap sebagai oenjual kepada pembeli jg menentukan repeat order.

    BalasHapus

find me