Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 09 Maret 2020

Treats by Traveloka Eats di Pasar Modern BSD

Berwisata ke Pasar 

Jalan – jalan kok ke pasar? Apa indahnya? Jalan – jalan tak melulu soal melihat keindahan tapi melihat (lalu belajar) bagaimana orang berinteraksi,  bagaimana budaya dan kebiasaan sebuah daerah. Jalan – jalan juga menikmati cita rasa masakan, di mana setiap daerah, kota atau negara memiliki kekhasan. Ya kan?



Ada beberapa pasar di Indonesia memang menjadi tujuan wisata, sebut saja misalnya Pasar Terapung Muara Kuin di Kalimantan Selatan, pasar Seni Sukawati Bali, Pasar Ikan Modern Muara baru Jakarta, pasar barang antik Cikapundung Bandung, pasar Beringharjo Jogyakartan dll. Pasar – pasar yang memiliki keunikan tersendiri, dari caranya bertransaksi (pasar Apung transaksi di atas perahu karena pasarnya di sungai), barang yang dijual hingga jajanan atau kulinernya.

Boleh baca Kuliner Legendaris Kota Bogor


Boleh baca Pasar Barang Antik Cikapundung Bandung 

Mengajak anak – anak jalan – jalan ke pasar juga tak kalah seru lho karena mereka bisa belajar banyak hal. Ehm, apa ga takut anak – anak jadi konsumtif mengajak jalan – jalan ke pasar. Kalau dari pengalaman justru dari seringnya mereka diajak ke pasar jadi bisa menahan diri mana yang perlu di beli dan mana yang hanya keinginan. Tapi ya bukan tanpa proses hehehe.

Boleh baca Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta

Sekarang anak –anak sudah SD, lebih asik ngajak mereka jalan – jalan ke pasar, ga ada godaan mau beli mainan tapi mereka jadi banyak belajar, melihat bagaimana orang berinteraksi.

Kalau teman – teman berencana wisata kulineran di sekitar Tangerang Selatan, harus banget nyoba ke pasar Modern BSD City. Oh ya saya mau berbagi tips nih agar wisata kuliner zero waste alias tidak ada makanan yang terbuang dengan alasan kekenyangan atau menu tidak cocok dengan lidah. 

Tips Wisata Kuliner di Pasar agar  Zero Waste

Pernah ga saat wisata kuliner ternyata menu makanannya, kurang sreg di lidah (karena tidak biasa) terus makanan bersisa atau karena lapar mata, pesan beberapa menu dan bersisa karena kenyang.

Dari artikel yang pernah saya baca,  salah satu sampah terbesar dihasilkan dari makanan sisa (baik olahan maupun mentah). Padahal saat yang sama di tempat lain, ada orang yang kesulitan makanan. Jadi masalah menjaga bumi ini bukan hanya bebas sampah plastik lho tapi bagaimana agar sampah makanan diminimalisir.

Di beberapa restoran di luar negeri, ada yang mulai menerapkan denda untuk makanan yang tidak dihabiskan pembelinya lho.

Belajar dari pengalaman, kini saya sekeluarga, menerapkan tips ini agar jalan – jalan plus kulineran tak menghasilkan sampah makanan, makanan habis dimakan.

Tentukan tujuan
Untuk menghemat waktu, tenaga dan bensin, tentukan tempat yang akan dikunjungi. Jadi ga muter – muter di jalan, terus bingung, mau kemana enaknyaaa……hehehe

Membuat list tempat kuliner yang akan dikunjungi
Setelah memastikan mau kulineran di pasar A, tentukan tempat makan mana saja yang mau dicoba.

Ajak teman
Mengajak keluarga, teman, atau sahabat  penting lho, agar seru, bisa berbagi pendapat soal rasa, dan hemat (kan bisa patungan hahaha) juga untuk menerapkan zero waste.  Saat menikmati kulineran di suatu daerah yang baru dikunjungi, makanan yang unik tapi belum tentu citarasanya kita suka, sebaiknya pesan setengah porsi atau satu porsi untuk rame – rame. Satu porsi di makan rame – rame bukan berarti satu sendok gantian ya, karena itu jorok. Jadi jangan sungkan pinjam piring dan sendok tambahan  pada pelayan.

Kalau ternyata cocok dan masih kurang tinggal pesan lagi. Kalau terjadi sebaliknya,  setelah pesan ternyata tidak cocok dilidah tetap harus dihabiskan lho, tapi karena belinya hanya satu kan bisa dihabiskan rame – rame.

Ini belajar dari pengalaman, kapasitas perut anak – anak belum sampai 1 porsi tapi setengah porsi kurang, jadi biasanya kami pesen makanan tiga porsi untuk dimakan empat orang. Ga gengsi? Awalnya malu pinjem piring tambahan tapi daripada mubajir? Anak – anak juga belajar banyak hal dari pengalaman ini, salah satunya membiasakan menghabiskan makanan dan zero waste.

Tentukan budget
Ini penting banget, jangan sampai pulang wisata kuliner  kepala puyeng karena uang habis sementara gajian masih lama, tabungan nol. Kemanapun jalan – jalannya tentukan budget. Penyimpangan kurang lebih 10% dari budget masih okelah ya.

Pilih menu tengah atau pilih makanan berbeda
Menu tengah istilah untuk satu porsi makanan yang bisa dimakan rame – rame ditambah makanan lain. Ini belajar dari pengalaman juga, kalau saya dan keluarga makan di suatu tempat, agar hemat dan tak bersisa, kami pesan menu tengah, misal sate goreng pesan 1 porsi, sup kambing satu porsi,  nasi empat, cah kangkung satu dst.

Atau bisa pilih makanan berbeda agar bisa saling mencicipi.

Makan dengan jeda waktu 1 hingga 2 jam
Jika berencana mengunjungi beberapa tempat makan sekaligus dalam satu hari, pastikan ada jeda, agar tidak kekenyangan atau makanan yang kita pesan bersisa.

Jangan malu bawa  wadah bekal makanan
Pengalaman mengajak makan anak – anak diluar kadang suka bersisa, akhirnya selalu bekal wadah makanan jadi jika bersisa bisa dibawa pulang. Jika tak sempat membawa wadah bekal makanan jangan sungkan sisa makanan yang sudah kita pesan minta dibungkus. 

Jalan – jalan ke pasar modern BSD

Pasar modern BSD terletak di jalan letnan Sutopo Bumi Serpong Damai City, Tangerang Selatan. Seperti namanya, pasar ini dikemas dengan modern, pasar basahnya bersih, terang dan lapang. Selain pasar basah, di sini juga berderet puluhan ruko yang menjual beragam kebutuhan rumah tangga dan kuliner.  Pasar basahnya berdampingan dengan deretan kios kuliner, penjual pakaian, hijab, bahkan ada penjual buku bekas.  




Sebagai ibu rumah tangga, terasa banget godaan untuk beli ini itu. Lihat ruko pecah belah  tak kuasa menahan diri untuk tidak mampir, tak lupa mampir ke toko bahan kue – ini sih masuk dalam list tempat yang akan dikunjungi hahaha.


Setelah berkeliling pasar perut mulai terasa lapar. Ehm, makan  di mana ya, kalau bisa yang ada diskonnya hehehe.  

Treats by Traveloka Eats

Untungnya sekarang ada fitur baru di Traveloka yaitu Traveloka Eats. Difitur ini kita bisa menemukan tempat makan terdekat dengan berbagai penawaran menarik.  Traveloka Eats juga menghadirkan fitur berbaru yaitu Treats by Traveloka Eats yang memberikan kesempatan bagi pengguna untuk menemukan promo dan diskon terbaru di lokasi – lokasi makan minum yang terdaftar di Traveloka Eats.





Minggu lalu saat kami ke pasar Modern BSD, dan membuka Traveloka Eats ternyata ada beberapa tempat makan di sini yang memberikan promo dengan Treats by Traveloka Eats. Cara menggunakan promo di Treats by Traveloka Eats ini mudah banget, lakukan bookmark atau save lokasi, lalu tunjukkan deal yang diinginkan pada staff restoran. Nikmati hidangan sesuai deal, scan QR code lalu bayar dengan debit, Paylater, atau kartu kredit. 




Menemukan Hidden Gems di Pasar Modern BSD 

Pilihan kami jatuh ke RM Wonogiri karena pilihan makanannya lengkap, dari beragam soto khas Jawa seperti soto ayam Klaten, soto Kudus,  sampai beragam olahan mie dan ayam.


Hidden Gems di Pasar Modern BSD


Sekalian pula kami mau mencoba kuliner dengan citarasa Jawa, kuliner yang jarang saya jelajahi karena lidah saya terbiasa dengan masakan sunda hehehe. 

Namanya soto ga terlalu jauh beda ya secara penampakan hehehe, tapi memang citarasanya ada yang beda mungkin karena bumbu yang digunakan berbeda. 


soto kudus

soto 






Teh tarik 
Teman - teman sudah mencoba Treats by Traveloka Eats di lokasi terdekat, yuk di share. 



20 komentar:

  1. Emang kalau dah ke pasar tuh kadang suka lupa cari tempat makan ya. Saking senengnya belanja. Sekarang pakai traveloka eats jadi mudah nemuin tempat makan enak deket lokasi kita ya, Mba?

    BalasHapus
  2. Treats ini idaman para penghobi wisata kuliner.
    Jadi tahu mana spot yg cocok buat kulineran bareng kluarga ataupun sahabat.
    Aaaakk, makasiii Traveloka Eats!

    BalasHapus
  3. kalau pesanan nggak habis, biasanya saya juga minta pada karyawan warungnya buat mbungkus, terus di bawa pulang. Sayang lah udah di bayar kok nggak di makan. Kami juga membiasakan anak-anak untuk tidak bilang "makanannya nggak enak" kalau nggak cocok di lidah ya udah makannya pelan-pelan aja, sedikit sedikit di selingi dengan makanan yang cocok di lidah

    BalasHapus
  4. aku bukan malu sih bawa wadah bekal suka lupa eh jadi aja masih ngebungkus hehe. Aku udah nyobain kopi dekat rumah dealsnya buy 1 get 1 asyiik dan menyenangkan

    BalasHapus
  5. Suka sama satu pesan dalam tulisan ini : bahwa kalau makan jangan bersisa. Seringnya kalo makanan mudah, kita suka lupa diri ya Mbak perlu mengingat zero waste terkait makanan dan juga bahwa itu tidak mubazir.

    BalasHapus
  6. Itu dimsumnya meni menggoda, mau atulah Maaak.
    Udah jalan2 ke Pasar laper juga niih, langsung deh berburuuu kulineran bareng keluarga itu asiik .

    BalasHapus
  7. Kalau mau makan enak dan terjangkau, harus menelusuri Traveloka Eats ya Mbak.

    BalasHapus
  8. Aku nyoba buat beli di kedai kopi deket rumah dan lumayan banget dapat free-nya. Pokoknya seneng bangetnpakek Treats.

    BalasHapus
  9. Waaah Traveloka emang selalu tau kebutuhan kita ya, salah satunya kuliner. Aku jadi pengen nyobain fitur treats ini deh mbak, kayaknya cocok tuh buat besok kalau kulineran sama keluarga

    BalasHapus
  10. Setuju agar gak sampai zero waste, belanja kudu disiapkan dulu dari rumah. Itu napa siomay nya bikin ngiler yak. Aku selain menu nusantara, suka juga chinese food asal halal. Kalo belin dengan saran fitur Treats dari Traveloka jelas ya yang halal pasti ada keterangannya

    BalasHapus
  11. Aku sering pesen menu berbeda biar bisa saling icip. Dan suka bawa wadah kosong juga jaga2 kalo ga habis biar ga kebuang.

    BalasHapus
  12. Ooo ada lagi mb yang deket rm wonogiri ini jualan rawon enak banget dah cobain

    BalasHapus
  13. Makin asik nih kulineran pakai Traveloka Eats, jadi ingin hunting diskon dan promonya lagi deh hehe

    BalasHapus
  14. Pasar itu menyenangkan.
    Aku bisa kalap kalau lagi di pasar. Karena semuanya yang diliat kok jadi berasa butuh yaa... Yah, paling engga, nanti dibutuhin laah...gak sekarangpun.
    Niat banget aku mah...nimbun barang unik dari pasar.

    Dan bonusnya gini yaa..
    Makan asik pakai Traveloka Eats bareng yang nemenin belanja.

    BalasHapus
  15. wah baru tahu ternyata treats ini sampe ke pasar modern BSD juga ada ya ngegandang semua resto ya mba mantap ini

    BalasHapus
  16. Aku belum bisa nyobain mbaaa... di Semarang belum bisa. Padahal kan mupeng juga ya pengin nyobain Treats. Kalik aja dapet hidden gems yang tak terduga-duga kan.

    BalasHapus
  17. traveloka eat ini memang nyenengin apalagi kalau ketemu promo diskon, btw aku juga bungkus kalau makanan yg udah terlanjur dipesan tersisa banyak nggak sanggup habisin

    BalasHapus
  18. Aku belum pernah kihat aktivitas belanja di pasar apung. Itu para pembelinya naik kapal juga kah?

    BalasHapus
  19. wahh pengen coba soto kudus, keliatan enak :D

    BalasHapus
  20. Asik banget!! Bisa cek tempat makan di suatu tempat. Ini ngebantu banget kalo pas lagi ngebolang terus pengen kulineran. Tinggal buka traveloka eats yaa

    BalasHapus

find me