Risiko Anyang - anyangan bagi Kesehatan Wanita

Bisa dibilang perempuan  familiar dengan Anyang –anyangan sehingga kadang mengabaikan gejala anyang – anyangan. “Akh itu mah biasa nanti juga sembuh sendiri, minum air putih banyak saja.” Memang ada yang sembuh dengan hanya minum banyak air putih, itu biasanya karena anyang – anyangannya masih tahap gejala. Atau,”Basuh saja vaginanya dengan rebusan daun sirih setelah pipis pasti sembuh.”

Membasuh vagina dengan daun sirih untuk menyembuhkan anyangan – anyangan pernah saya lakukan tapi setelah berhari – hari tidak sembuh malah makin terasa pedih tiap buang air kecil sampai akhirnya memutuskan ke dokter.

Dokter tertawa waktu saya bilang sudah berhari – hari membasuh vagina dengan air rebusan daun sirih,”Daun sirih memang mengandung senyawa kimia yang bersifat antiseptik tapi anyang-anyangan adalah  infeksi  saluran kemih bukan di permukaan vagina.“

Pantas saja tidak berpengaruh pikir saya.

“Hati-hati lho sering membasuh daerah V dengan air daun sirih, karena bersifat antiseptik bisa mematikan bakteri baik yang memang harus ada di daerah V.”

Wanita lebih rentan Anyang – anyangan,  kenapa?
Berdasarkan survey 5 dari 10 perempuan beresiko dan pernah mengalaminya anyang - anyangan, termasuk saya. Namun bukan berarti anyang-anyangan tidak terjadi pada kaum pria, hanya perempuan lebih rentan karena saluran kencingnya lebih pendek dibanding pria, efek penggunaan kontrasepsi dan saat menopause karena berkurangnya kadar estrogen.

Anyang-anyangan atau orang sunda bilang jeung-jeuriheun adalah infeksi saluran kemih (ISK), gejalanya perasaan tidak tuntas saat buang air kecil,  sakit saat buang air kecil. Jika sudah parah buang air kecil disertai darah dan badan menjadi demam. 60 -80 % penyebab anyang – anyangan karena adanya infeksi bakteri E. Coli, bakteri yang hidup di saluran cerna dan tempat kotor seperti tinja dan toilet. Mungkin teman – teman bertanya kok bisa bakteri E. Coli masuk dan menginfeksi saluran kemih kita?


Empat hal berikut yang menyebabkan bakteri E.Coli masuk ke saluran kemih, menginfeksi dan menyebabkan Anyang – anyangan;

  1.   Cara  membilas daerah V yang salah setelah buang air kecil/besar
Cara membilas daerah V yang salah biasanya terjadi pada anak kecil. Gerakan membasuhnya bukan dari depan ke belakang tapi sebaliknya, akibatnya ada kemungkinan bakteri E.Coli sisa buat air besar dari anus masuk ke saluran kemih melalui vagina. Menurut dokter, biasanya ini menyebab anyang-anyangan pada anak kecil yang baru belajar membilas sendiri setelah pup. Ehm, catatan penting untuk para orangtua dan calon orangtua nih.
  1.   Menahan pipis
Sekali dua menahan pipis tidak masalah, kalau sering dan ditahan cukup lama, maka air dari kandung kemih yang harusnya keluar akan naik kembali ke saluran kemih, karena urine mengandung bakteri, otomatis bakteri akan terbawa ke saluran kemih, terjadilah infeksi di saluran kemih dan ini yang menyebabkan anyang-anyangan.  

Sejak itu saya mengusahan tidak menahan pipis, jika di perjalanan tidak ada pom bensin, saya tidak segan mampir ke mini market numpang pipis tapi harus sambil sekalian beli sesuatu, kan malu kalau cuma numpang pipis hehehe.
  1.   Air yang digunakan untuk membilas daerah V tidak bersih
Air yang digunakan untuk membilas daerah V mengandung bakteri, biasanya air di toilet umum yang tidak terawat. Disarankan selalu sedia tisu kering dan tisu antiseptik dalam tas. Jika pipis di  toilet umum dan tetap ingin membilas daerah V dengan air sebaiknya gunakan air kran bukan air dari bak.
  1.   Toilet yang digunakan kotor
Toilet duduk yang nampang bersih di toilet mall atau perkantoran, belum tentu bersih dari bakteri lho.  Jadi sebaiknya sebelum digunakan lap dengan tisu basah antiseptik atau alasi bagian toilet yang akan kita  duduki dengan tisu.

Awalnya memang ribet ya, mau pipis dilap dulu pake tisu antiseptik atau dialasi tapi kalau sudah dibiasakan ringan kok. Saya pun membiasakan itu pada putri saya. Jika mau pipis saat di mall saya selalu memberi tisu untuk melap toilet atau mengalasi toilet  dengan tisu kering. Kalau saya lupa dia yang mengingatkan,”Ma, mana tisunya?”

Jangan remehkan Anyang - anyangan

Yang pasti, jangan anggap remeh anyang – anyangan atau bisa mengalami kejadian yang dialami keponakan saya baru – baru ini.

Minggu lalu Ibu berkunjung ke rumah (Ibu tinggal di Bandung saya tinggal sekitaran Tangsel), dia  bercerita salah satu keponakan saya (cucunya tante saya) yang duduk di kelas 1 smp, dirawat di rumah sakit selama seminggu karena sering nahan pipis.
“Hah kok bisa?”
“Iya sampai dipasangin kateter segala.”

Ibu cerita, beberapa hari sebelumnya,  keponakan saya yang biasa kami panggil Neng, tidak bisa  pipis dan buang air besar. Pengen pipis tapi tidak bisa  keluar tapi Neng tidak cerita ke Mamanya sampai akhirnya dia demam dan Mamanya membawanya ke dokter. Pada dokter  barulah Neng cerita kalau dia sudah beberapa hari tidak pipis dan buang air besar. Cek urin, positif infeksi kandung kemih dan infeksi hampir menjalar ke ginjal. Ibu saya kurang paham apa yang akhirnya dilakukan dokter sampai akhirnya Neng mengeluarkan air pipis yang banyaknya hamper setengah ember – efek berhari – hari tidak pipis. Ibu saya yang waktu itu melihat sampai merasa ngilu sendiri.  Selama dirawat Neng buang air kecil melalui kateker. Terlihat sepele ya teman, hanya karena mengabaikan keluhan anyang – anyangan.

Tapi sebagai anak yang baru masuk fase remaja sangat mungkin Neng tidak tahu kalau menahan pipis akan separah itu akibatnya. Neng mungkin belum tahu apa itu anyang – anyangan dan seperti apa gejalanya.

Mengenalkan  gejala Anyangan – anyangan pada anak – anak dan risikonya.

Saya jadi ingat si sulung saya yang saat ini usianya 10 tahun, kadang suka tergopoh –gopoh berlari ke kamar mandi begitu turun dari mobil jemputan sepulang sekolah.

“Jangan suka nahan pipis. Pipis dulu di sekolah sebelum pulang.”
“Tadi di sekolah tidak ingin pipis Mah.”
“Kaka harus mulai mengira – ngira waktu, kalau terakhir pipis jam istirahat sebelum pulang pipis walaupun tidak ingin pipis, toh nanti keluar. Jalanan kan kadang macet, saat macet belum tentu deket pom bensin atau minimarket yang bisa numpang pipis.”


kualiti time dengan obrolan 'berkualitas'
Saya jelaskan juga jika menahan pipis bisa menyebabkan anyang – anyangan.

“Anyang – anyangan itu sakit atau perih kalau mau buang air kecil, rasanya ingin mengeluarkan air pipis banyak tapi yang keluarnya sedikit, ingin pipis lagi tapi keluarnya sedikit, begitu seterusnya. Perut bagian bawah sakit. Kalau sudah parah pipisnya disertai darah dan badan demam.”

“Tapi kenapa menahan pipis bisa sampai anyangan – anyangan? Kan cuma ditahan nanti dikeluarin?”
“Saat kita merasa ingin buang air kecil tandanya kandung kemih, tepat penampungan air pipis dalam tubuh, penuh. Kalau air pipisnya tidak dikeluarkan bakteri di air pipis bukannya keluar tapi masuk ke saluran kemih jadilah menyebabkan sakit.”

“Tapi anyang – anyangan bukan hanya disebabkan suka menahan buang air kecil juga kalau kita buang air kecil di toilet yang kotor, habis buang air besar cara membasuhnya salah, atau air untuk membasuh kotor.” Saya menjelaskan bakteri E. Coli penyebab sakit saat buang air kecil, bakteri ini  suka bersarang di toilet kotor, air kotor dan tinja yang bisa masuk ke kandung kemih melalui vagina.  

“Jadi sebelum pipis kalau toilet duduk dilap tissue dulu. Cek air kran atau ember untuk  membasuhnya.”
"Banyak minum air putih juga dapat mencegah Anyang - anyangan."
"Tapi kan kalau banyak minum air putih jadi ingin pipis melulu Mah."

"Iya jadi kandung kemih kita bersih, ginjal sehat, badan juga sehat."

Lalu saya mengulang cerita Ibu mengenai Neng yang sakit parah karena Anyang - anyangan ke si sulung. 

Ya, jika tidak segera disembuhkan ISK dapat  menjalar ke ginjal, dengan gejala nyeri pinggang, demam, mual dan muntah.

Atasi dan Cegah Anyang – anyangan

Cara mencegah anyang – anyangan adalah banyak mengkonsumsi air putih,  menghindari masuknya bakteri E. Coli ke dalam saluran kemih yaitu karena toilet umum yang digunakan kotor, salah gerakan membasuh setelah BAB, air untuk membasuh kotor dan kurang minum air putih.  

Jika buang air kecil/ besar  di toilet umum bersihkan sebelum digunakan dengan tisu jika toilet duduk, menyiram dengan air jika toilet jongkok. Untuk itu selalu sediakan tisu basah antiseptik dalam tas jika bepergian. Banyak gunanya selain
Banyak minum air putih

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Daerah V. Beberapa tip menjaga kesehatan dari luar seperti ;

Tidak menggunakan celana dalam ketat
Memastikan daerah V selalu kering dengan cara melap setiap kali habis membilas setelah pipis atau pup.

Jika haid sedang banyak-banyaknya ganti pembalut sesering mungkin.
Gunakan pantyliner hanya jika perlu karena sering menggunakan akan membuat arena V lembab karena tidak ada sirkulasi udara. Lebih baik sering ganti celana dalam (jika basah atau keputihan) daripada menggunakan pantyliner sepanjang hari.

Lima cara mencegah Anyang - anyangan 


Konsumsi Prive Uri-cran

Salah satu cara mencegah anyang - anyangan adalah dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran. “Kok rasanya  kayak juice?” komentar si sulung saat mencoba minum Prive Uri-cran. Oh ya Prive Uri-cran aman dikonsumsi anak - anak dan Ibu hamil. 

Si sulung memasuki usia praremaja obrolan kami lebih intens
dan mulai menyerempet hal hal sensitif tentang perempuan

Yap, rasanya  seperti juice karena Prive Uri-cran terbuat dari ekstak buah buah Cranberry. Apa hubungannya sama blueberry, blackberry kok namanya mirip? Iya buah Cranberry memang sejenis buah berry, satu family kali ya kalau dalam ilmu taksonomi.

Buah Cranberry berwarna merah dan konon sejak zaman Indian kuno buah ini dipercaya banyak khasiatnya. Hasil penelitian ilmu pengetahuan modern menemukan buah ini kaya vitamin C, mengandung mineral, serat makanan dan senyawa flavonoid dan anti oksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mencegah kanker.



Selain itu salah satu antioksidan dari buah Cranberry yang di sebut proanthocyanidis terbukti secara klinis efektif dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada saluran kemih dan memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak menempel pada saluran kemih sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

Prive Uri-cran di produksi oleh PT Combiphar, sebuah perusahaan obat yang terpercaya. Prive Uri-cran  juga tersedia dalam bentuk kapsul yang lebih praktis untuk dikonsumsi  kapan dan di manapun, cukup 2x sehari, terbukti mengatasi susah buang air kecil.


Apa sih keunggulan Prive Uri-cran plus Vitamin C dan Probiotic?


Prive Uri-Cran mengatasi susah buang air kecil

Seperti kita ketahui salah satu fungsi dari vitamin C adalah memperkuat daya tahan tubuh, dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran plus, otomatis daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit bertambah.

Lalu probiotiknya? Bukankah probiotik untuk kesehatan saluran cerna? Selama ini kita mengenal dan tahu probiotik untuk kesehatan saluran cerna tapi ternyata manfaat probiotik bukan hanya itu juga berperan dalam sintesis vitamin, meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat kesembuhan dari infeksi jamur dan infeksi saluran kemih. 

jalan -jalan berbekal Prive Uri-cran
untuk mencegah Anyang -anyangan 
Jadi jangan heran jika sudah mengkonsumsi Prive Uri-cran secara rutin 1-2kapsul/sachet seharu, badan terasa lebih segar selain dapat  menghindari dan mengobati Anyang-anyangan. 

Berikut komposisi Prive Uri-cran plus vitamin C dan probiotic;
Ekstrak cranberry 375 mg
Vitamin C               60 mg
Bifiodobacterium bifidium 0.1 mg
Lactobacillus acidophhilus 0.1 mg
Fructo Oligo Saccharides 0.1 mg
Calcium lactate glukonate 1 mg

Dari komposisi terlihat ada empat macam probiotic dalam Prive Uri-cran yang tentunya setiap probiotic memiliki peran dan fungsi baik untuk tubuh.

Teman - teman pernah mengalami Anyang - anyangan juga? Jangan biarkan Anyang - anyangan datang kembali karena rasanya tak nyaman. 

4 komentar

  1. Anak perempuan saya pernah mengalami hal serupa, Mbak. Waktu itu karena belum tahu Prive Uri-cran ya saya bawa ke dokter saja. Sekarang jadi lebih tenang, karena prive uricran ini kan nggak kayak obat

    BalasHapus
  2. Meski anak2 ttp rentan kena anyang2an ya mba, apalagi anak cewe... kl ngga jaga kebersihan bisa lebih gampang terkena anyang2an 😊

    BalasHapus