Jumat, 01 Februari 2019

[DIY] Membuat Cover Kulkas dan Cover Galon

Assalamualaikum teman - teman, 
Ceritanya lagi belajar jahit menjahit nih, buat nambah kesibukan hehehe. Jahitnya yang lurus - lurus aja, gampil. Dengan niat membuat rapih dapur, nyoba - nyoba bikin cover galon dan cover kulkas, sebelumnya survey harga cover galon dan kulkas dari kain kanvas di online shop IG dan harganya lumayan. Jadi ceritanya biar hemat cobain bikin. Bahannya dari kain kanvas, tebal dan agak kaku  jadi tidak perlu lapisan busa dan lapisan semacamnya.


Cover galon dari kain kanvas 


Cover kulkas 
Membuatnya sangat mudah, untuk teman – teman yang tidak bisa menjahit pun bisa, caranya potong bahan sesuai pola lalu minta jahitkan pada tukang jahit permak keliling hehehe. Jahitnya hanya lurus – lurus jadi mudah diintruksikan pada tukang permak.

Modalnya hanya perlu satu meter kain kanvas (lebar 1.5m). Harga kain kanvas biasa sekitar 45 – 55 rb. Satu meter cukup untuk  satu cover galon dan satu cover kulkas.

Bahan yang dibutuhkan;
Gunting
Kain kanvas
Benang yang warnanya senada dengan motif dan warna kain
Mesin jahit.

Cara membuat;
Pola dan cara membuat cover kulkas


Pola dan ukuran cover kulkas 

Potong kain dengan ukuran 120 cm x 42 cm. Tiap sisi potongan diobras atau lipat jahit, agar serat benang kain tidak lepas, untuk itu lebihkan ukuran 1 cm setiap sisi.

Untuk kantung/saku cover kulkas potong kain dengan ukuran 20 cm x 38 cm sebanyak 2 buah, untuk saku kanan dan kiri. Tiap sisi potongan diobras atau lipat jahit, agar serat benang kain tidak lepas, untuk itu lebihkan ukuran 1 cm setiap sisi.

Jahitkan kantung/saku pada ujung kanan dan kiri kain ukuran besar, jahit seperti membuat kantung, lalu kantung itu jahit tengahnya hingga tiap sisi saku jadi dua sampai  tiga saku - lihat pola. 

Pola dan cara membuat cover galon


Pola dan ukuran cover galon

Untuk bagian atas potong kain dengan bentuk bulat dengan diameter 27 cm. untuk sisinya potong kain dengan ukuran 86 cm x 26 cm. Tiap sisi potongan diobras atau lipat jahit, agar serat benang kain tidak lepas, untuk itu lebihkan ukuran 1 cm setiap sisi.

Jahitkan bagian atas dan sisi.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat video tutorialnya







14 komentar:

  1. waaa keren banget jadinya mak :)
    aku kapan yaa mau belajar jahit masih maju mundur hihi. nanti aku mampir lagi ke sini buat bikin cover kulkas n cover galon kalo udah kursus jahit :D

    BalasHapus
  2. Jadi ingat zaman sekolah SMP. Lumayan ada pelajaran soal jahit2 gini. Kalau dulu bikinnya sarung bantal. Yg buat galon boleh juga biar kelihatan kece

    BalasHapus
  3. Rajin banget Mbak, bikin cover galon sendiri. Jadi puas ya memandangnya tiap hari karena itu karya sendiri :)

    BalasHapus
  4. wah mbak, rajin banget bisa buat sendiri gitu. Kalau aku sampai sekarang masih berfikir lebih baik beli daripada buatnya kelamaan >.<

    BalasHapus
  5. Bagus banget mak. Sayangnya aku ndak bisa jahit hehe. Dan ga ada mesin jahit juga dirumah. Palingan yah beli onlen deh. Kreatif mak

    BalasHapus
  6. Wah, keren banget mbak, cantik hasilnya. Setelah lihat videonya jadi pengen coba bikin juga.

    BalasHapus
  7. Jadi teringat beberapa tahun yang lalu, saat masih aktif di usaha handicraft dari batik. Meskioun sekarang udah tidak di bidang itu lagi, tapi DIY seperti ini bikin kangen euy...

    BalasHapus
  8. Nah kalo yang DIY DIY ini suamiku sih jagonya, ya terbilang kreatif lah. Kayak kamu mak, cakep banget itu cover kulkas dan cover galonnya

    BalasHapus
  9. wah kreatif banget kknya, btw aku lihat gak rumit amat-amat bahan-bahannya Pengen deh nyoba nanti, kebetulan galonnya polos banget. Thanks tutorialnya kak

    BalasHapus
  10. Mbaaaak, saya naksir sama cover kulkasnya. Gemasss banget ihhh.

    Saya give up deh klo urusan jahit-menjahit. Udah paling bener jait celana bolong aja. Di luar itu angkat bendera putih hihihi

    Btw, ada rencana buka usaha custom cover kulkas ?

    BalasHapus
  11. Apik ya jadinya mbak Rina, suka motifnya ala etnik begitu..kreatif deh..

    BalasHapus
  12. Waaahh keduanya bikin mupeng utk dicoba. Serasa mengganti keduanya udah membuat suasana jadi berubah.

    BalasHapus
  13. wah mursida aku kalau beli jadi mayan mba :) boleh nih modal bahan aja yah 1 meter patut dicoba udah lama aku ga jahit :)

    BalasHapus
  14. wow, kece juga ya buat cover kulkas bisa dikasih saku di bagian samping, buat simpan catatan atau nota belanja. Thank you idenya, Mbak!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...