Lima Alasan Menggunakan Sunscreen Sedini Mungkin

Lima Alasan Menggunakan Sunscreen Sedini Mungkin

Beberapa waktu lalu sebuah akun media online memberitakan razia di sekolah dengan penemuan banyak beragam skincare dan kosmetik, lalu barang itu-itu dihancurkan pihak sekolah.

Kabar yang menuai pro dan kontra pada  kolom komentarnya. Saya termasuk yang kontra karena saat ini skincare terutama sunscreen bukan hanya kebutuhan orang dewasa juga  anak-anak  dan remaja. Tentu kadar sunscreen yang digunakan anak/remaja dan dewasa berbeda. 

Akh dulu kan anak-anak sekolah nggak  pakai skincare nggak apa-apa.  Sebagai remaja angkatan  90-an  saya melalui masa-masa itu. Jangankan sunscreen bedakan aja sering lupa kalau nggak diingetin. Orang tua jaman itu juga sangat sedikit yang kenal skincare, cukup pelembab, bedak dan lipstik.

Lalu kenapa saat ini merasa penting untuk si anak remaja menggunakan skincare terutama sunscreen? Ini tidak lepas dari  keadaan alam yang berubah.   Lapisan ozon yang melindungi bumi dari paparan radiasi sinar UV matahari, menipis seiring waktu.  Penipisan ini disebabkan penggunaan bahan kimia (yang berpotensi merusak ozon) oleh  industri dan beberapa peralatan rumah tangga. Efek rumah kaca pun menyebabkan lapisan ozon berlubang.  Akibatnya  radiasi sinar UV dari matahari masuk ke bumi  intensitasnya lebih tinggi.

Radiasi sinar UV matahari menyebabkan berbagai akibat negatif diantaranya   membuat kulit belang, menurunkan kekebalan tubuh, penuaan dini, merusak sel kulit hingga menyebabkan kanker kulit dan peradangan. 



Saya termasuk yang terlambat kenal sunscreen akibatnya muncul noda hitam di wajah di usia yang belum genap 40 berbeda dengan adik perempuan saya (usia kami terpaut 2 tahun), sampai usianya 40+ masih kinclong. Saya nggak mau donk anak gadis saya mengalami penuaan dini seperti saya,  jadilah sejak akhir masa sekolah menengah pertama (SMP) mulai dibiasakan menggunakan sunscreen, karena pulang sekolahnya sore, saya sarankan juga membaca sunscreen ke sekolah, jadi setelah sholat dzuhur, sunscreen digunakan lagi. 

Berikut alasan lengkap kenapa harus menggunakan sunscreen sedini mungkin


1. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini adalah menua sebelum waktunya. Jadi saat seharusnya kulit kita masih muda dan segar tapi malah terlihat tua. Ada banyak faktor yang menyebabkan penuaan dini, tidak menggunakan sunscreen hanya salah satunya. Penyebab lain adalah konsumsi makan tidak sehat dan gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minum minuman keras. 

Penuaan dini pada kulit dapat dicegah dengan penggunaan sunscreen secara teratur dan sejak dini karena produksi kolagen dalam tubuh berkurang saat usia 25 tahun. Perbanyak konsumsi air putih dan makanan makanan bernutrisi. 

2. Mengurangi dan memperlambat munculnya noda hitam di wajah

Muncul noda hitam di kulit wajah atau flek atau kalau orang sunda bilang kokoloteun . Secara alami noda hitam ini memang akan muncul di usia paruh baya karena terjadi hiperpegmentasi.  Tapi munculnya noda hitam ini  dapat diperlambat dan dikurangi dengan penggunaan sunscreen secara teratur karena sunscreen mencegah kerusakan skin barrier atau pelindung kulit dari paparan radiasi sinar UV matahari.

Aplikasikan sunscreen setiap dua jam sekali. Untuk kepraktisan bisa  gunakan sunscreen dalam bentuk semprot.

3. Agar warna kulit merata 

Paparan matahari menyebabkan warna kulit berubah gelap dan perubahan ini tidak akan merata tergantung intensitas paparannya. Penggunaan sunscreen membantu mencegah perubahan warna kulit karena paparan sinar matahari dan mengurangi noda hitam pada kulit wajah.

4. Mengurangi peradangan dan mencegah kanker kulit 

Beberapa orang memiliki kulit sensitif yang ditandai dengan kulit kemerahan seperti terbakar jika terkena sinar matahari. Pada kondisi parah menjadi radang. Resiko ini dapat dikurangi dengan menggunakan sunscreen tapi untuk jenis kulit sensitif sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika akan menggunakan sunscreen yang dijual bebas untuk memastikan aman dan sesuai dengan kondisi kulit.

Pada kondisi ekstrim paparan sinar UV matahari dapat menyebabkan kanker kulit, penggunaan sunscreen dapat mencegah resiko kanker kulit. 

5. Gunakan sunscreen bukan hanya saat berlibur ke pantai 

Selama ini liburan yang diidentikan dengan keharusan membawa sunscreen adalah liburan ke pantai dengan pertimbangan, sinar matahari menyengat. Padahal radiasi sinar UV dari matahari tetap ada walaupun dalam kondisi sinar matahari tidak menyengat, biasa atau mendung. Jadi sebaiknya liburan kemanapun terutama dengan aktivitas outdoor gunakan sunscreen. 

Beberapa rekomendasi  sunscreen 

Sunscreen The Originote

Saya kenal sunscreen ini karena direkomendasikan adik. Sunscreen The Originote teksturnya soft, tidak lengket, tidak terasa tebal saat digunakan dan tidak membuat berkeringat. Ini yang saya suka dari sunscreen The Originote. Karena teksturnya soft sunscreen the originate super nyaman untuk pemakaian ulang per 2 jam, menurut pengalaman saya karena nggak bikin gerah dan berkeringat. 

Teksturnya soft. Foto pribadi 


Sunscreen Facetology

Kalau Sunscreen Facetology saya belum mencobanya tapi sudah baca beberapa ulasannya salah satunya ulasan beauty selebgram Tasya Farasya menurutnya sunscreen ini teksturnya ringan seperti air jadi cepat diserap kulit. Sunscreen ini cocok nih buat yang suka ga betah pake sunscreen karena lengket dan bikin berkeringat. 

Sumber foto Tokopedia 


Sunscreen SKINTIFIC

Urusan per skincare an saya selalu bertanya pada adik perempuan saya, dia mah udah segala merk di coba termasuk merk SKINTIFIC. Jadi saya pun kenal SKINTIFIC  dari dia. Sayangnya saya belum mencoba sunscreen SKINTIFIC. Dari  review di halaman Female Daily sunscreen SKINTIFIC ringan di kulit dan tidak membuat kusam.  

Sumber foto Tokopedia 

Yang harus diingat jenis dan sensitifitas kulit setiap orang berbeda jadi yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita, kadang perlu trial and error untuk menemukan produk yang cocok dengan kita. Bener kan? Saya termasuk yang suka trial and error untuk menemukan skincare yang cocok. 

Lebih praktis beli sunscreen secara  online di Tokopedia

Merk – merk sunscreen di atas bisa teman-teman dapatkan beli online di Tokopedia. Ada banyak keuntungan membeli secara online karena semua merk ada di sana, lebih hemat waktu dan tenaga daripada keliling toko. Suka ada diskon dan gratis ongkir. 

Punya rekomendasi sunscreen lain? Boleh tulis di kolom komentar ya 

 

 

14 komentar

  1. Benar mbak, kondisi zaman memang sudah berubah, salah satu lingkungan. Suhu panas dulu dan sekarang itu beda banget. Saat ini kalau musim kemarau panasnya 35 derajat berasa panas sekali.
    Sehingga mau tidak mau kita juga perlu menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Salah satunya memakai sunscreen sedini mungkin untuk melindungi kulit wajah.

    BalasHapus
  2. Saya juga baru mulai rutin sunscreen-an di usia 20an otw 30. Heu.. Sebelumnya pakai sunscreen kalau ada aktivitas outdoor aja. Sekarang paham kalau di rumah pun, sekadar jemur-jemur baju itu paparan mataharinya juga bisa kuat banget, jadi tiap hari mulai rutin pakai sunscreen..

    BalasHapus
  3. Penggunaan sunscreen itu sangat penting. Aku pernah ke dokter kecantikan, malah diomelin karena tidak pakai sunscreen. Efeknya muncul flek hitam, gitu. jadi, sekarang lebih rajin pakai sunscreen.

    BalasHapus
  4. Sunscreen atau tabir surya sering kali dianggap sebagai produk perawatan kulit yang hanya perlu digunakan saat beraktivitas di luar ruangan. Padahal, faktanya, sunscreen adalah produk yang wajib digunakan setiap hari, bahkan saat cuaca mendung.
    Wajib digunakan kapanpun dan dimanapun

    BalasHapus
  5. memang kak kalau nggak pakai sunscreen belang deh wajah.
    maka dengan pemakaian ss secara rutin, bisa bantu warna kulit wajah lebih merata

    BalasHapus
  6. sekarang bukan hanya orang dewasa saja yang wajib pakai sunscreen apalagi saat berkegiatan di luar rumah atau ruangan, remaja bahkan anak kecil pun juga udah ada produk sunscreennya, khusus tuk anak gitu.
    saking betapa pentingnya penggunaan sunscreen untuk kulit kita.

    BalasHapus
  7. aku termasuk telat make sunscreen, aku dulu mikir ga perlu-perlu banget. Dann sepertinya di wajahku muncul kayak noda gitu. Kata mbak beauty advisor, aku jarang make sunscreen. Sedih juga dibilang gini
    sekarang aku usahakan make sunscreen rutin,kadang dirumah juga make soalnya

    BalasHapus
  8. Ternyata emang bener sih, sunscreen itu skincare wajib yang harus dipake meskipun di dalam rumah. Aku juga telat sih taunya ternyata meski di dalam rumah sinar uv masih bisa masuk.

    BalasHapus
  9. Anakku juga sudha mulai saya kenalkan sunscreen secara Sidoarjo itu hot hot pop lo, sinar mataharinya wow dan mereka banyak berada di luar ruangan, ya paling ga melindungi kulit mereka sejak dini

    BalasHapus
  10. Setuju pakai ss nih emang harus sejak dini apalagi iklim kita tropis ya dan kalau musim kemarau terik mataharinya aduhai obral UV deh wkwkw jadi bikin kulit wajah terpapar UV bisa terbakar kan

    BalasHapus
  11. Saya juga mulai khawatir dengan si sulung saya. Meski baru kelas 5 SD, saya sudah mulai berfikir untuk membelikannya sunscreen. Mengingat cuaca siang hari saat ini panas luar biasa. Beberapa waktu lalu malah pulang jam 12.30 saat matahari sedang panas-panasnya.

    BalasHapus
  12. Sunscreen adalah bentuk pertahanan kulit yang paling minimal kata istriku. Apalagi dengan kondisi cuaca yang terik banget kayak sekarang, udah harus banget pake sunscreen kalau keluar rumah.

    BalasHapus
  13. Biasanya sih aku pakai sun screen kalau mau renang atau gowes. Penting sih pakai buat kesehatan.
    Boleh nih pertimbangkan Sunscreen The Originote yang teksturnya soft. Sehat buat kulit.

    BalasHapus
  14. ehh ada sunscreen favoritku nyempil skintific. Bener kak. apalagi cuaca lagi panas-panasnya, wajib banget pakai sunscreen, sebagai bentuk pertahanan untuk wajah. Jangan sampai dehh gosong akibat panasnya yang luarbiasaaaaa

    BalasHapus