Selasa, 07 Agustus 2018

Faber - Castell Colour to Life, Colour Your Creativity

"Aku bosan di rumah aja," celetuk si sulung.
"Lha pagi tadi kan kita udah olahraga sekalian jajan di taman kota."
"Maksudnya aku bingung mau ngapain."
Jarang - jarang ngeluh bingung mau ngapain, biasanya kalau sabtu minggu seperti ini, nagih - nagih jatah main games.
"Tumben gak main games."
"Bosan makanya pengen download yang baru. Boleh kan, Ma. Yang lama dihapus."
Anak - anak memang saya beri handphone tapi tanpa nomor apalagi pulsa karena memang handphonenya rusak tidak bisa dipasangi kartu. Hanya bisa untuk foto dan main games yang didownload via handphone saya atau Papanya lalu di share it.

"Kalau bosan main games ngerjain yang lain kek, baca buku, gambar."
"Udah gambar, udah baca buku. Nih buku gambar aku udah penuh," katanya sambil menyodorkan buku gambar isinya penuh gambar doodle.

Saya termasuk yang selektif memilih games untuk anak - anak selain dibatasi jumlah games yang boleh diunduh, kalau mau nambah harus ada yang dihapus. Main games itu memang melenakan, memicu adrenalin sehingga dibuat penasaran jika kalah, ingin terus main lagi dan lagi. Tak heran anak – anak pun jika sudah main games lupa waktu jika tidak dibatasi.

Jujur saja, kadang itu membuat saya khawatir anak – anak terlena, sehingga kurang kreatif dan pasif untuk melakukan sesuatu.  Untuk menghindari itu, saya selektif memilih games yang boleh diunduh dan  dimainkan, begitu pun dengan tontonan di  youtube. Untuk  games anak – anak, saya mengusahakan mengunduh games yang tidak sekedar menghibur tapi ada unsur edukatif,  memicu imajinasi dan kreativitas mereka.

Sebenarnya saya juga lagi bosan, bawaan kalau weekend di rumah hahaha. Yap, pengennya jalan - jalan tapi ga mungkin kan tiap weekend jalan - jalan, bisa  - bisa uang bulan habis sebelum waktunya. Oh iya saya kan punya Faber - Castell Colour to Life yang sengaja mau dikasihkan ke anak - anak weekend ini biar sekalian main bareng dengan saya dan papanya.

Colour to Life, Inovasi dari Faber – Castell


Faber - Castell Colour to Life


Berawal dari memberi kebebasan pada anak – anak untuk mencorat –coret kertas dan tembok rumah saat mereka balita, kedua si kecil saya memiliki keluwesan saat menuangkan ide dalam bentuk gambar, suka mewarnai dan  menggambar ulang  gambar yang mereka sukai, terutama si sulung.
Tak heran keduanya antusias begitu saya hadiahi Faber – Castell Colour to Life.    Awalnya mereka mengira saya membelikan Connector Pens baru dengan bonus buku mewarnai.

“Connector pens baru ya, Ma. Asik – asik, yang lama buat Adik semua aja ya Ma, ini buat aku.”
“Dipake bareng – bareng donk. Eh ini bukan buku mewarnai biasa lho tapi bisa jadi games.”

Yap, mereka seperti kebanyakan anak – anak suka main games di handphone jadi tak heran keduanya antusias dengan Faber – Castell Colour to Life karena memadukan tiga hal yang disukai mereka, bermain warna, gambar dan games.

Colour to life adalah inovasi terbaru dari Faber-Castell yang memadukan menggambar secara konvensional dengan menggunakan teknologi Augemented Reality, membuat gambar yang diwarnai hidup dalam bentuk 3D setelah discan dengan aplikasi colour to life yang bisa diunduh di Google Play  atau App Store.

Colour to Life terdiri dari 15 halaman – augmented reality colouring book dan 20 connector pens dengan beragam warna. 15 halaman gambar dengan lima tema dan games berbeda yaitu; Giddy –Up, Pogo Boy yang suka melompat, Dress – Up challenge, Balance Your Brain, Safe flight.

Cara bermain Faber - Castell Colour to life bisa dilihat di akun youtube Faber - Castell di sini 

                                                      
Bermain seru dengan colour to life
Bagaimana cara bermain colour to life? Cara memainkan games colour to life ini gampang banget, petunjuknya pun sudah tercantum jelas di boxnya.
1. Unduh aplikasi ‘colour to life’ dari smartphone di Google Play atau App store


unduh aplikasinya di app store

2. Warnai gambar yang terdapat dibukunya. Oh ya mewarnai dengan connector pens ini tidak sama dengan mewarnai menggunakan cat air atau crayon. Agar hasilnya mewarnai bagus dan artistik, ada beberapa tekniknya yaitu dengan cara mengarsir atau  membuat pola tertentu, untuk detailnya bisa baca di Kreativitas Tanpa Batas dengan Faber - Castell .

3. Scan gambar yang sudah diwarnai dengan aplikasi yang sudah kita unduh. Saat men-scan pastikan semua bagian gambar termasuk framenya tertangkap  layar smartphone dan terscan, caranya posisikan smartphone tepat di atas gambar yang sudah diwarnai.


klik aplikasi 

pilih gambar

ikuti petunjuknya 

petunjuknya 

Scan
4. Setelah gambar ter-scan karakter gambar akan muncul dalam bentuk tiga dimensi.


gambar menjadi hidup

5. Klik photo mode untuk selfie dengan karakter gambar yang kita warnai. 


ada peri bunga

awas pesawat lewat 

andai aku punya kuda

6. Jika ingin melanjutkan dengan bermain games klik play game.


serunya bermain games

Video keseruan kami bermain Faber - Castell Colour to life bisa dilihat di sini




Colour to life, colour your creativity
Yang membuat colour to life berbeda dengan games lain adalah karena sifatnya interaktif, memadukan unsur imajinasi dan kreatifitas, selain gamesnya sendiri mestimulasi kemampuan anak.

Interaktif
Weekend di rumah tetap asik dan seru bareng anak – anak, bisa coba bermain colour to life. Kita sebagai orangtua tidak sekedar melihat, tapi bisa ikut mewarnai, main games dan selfie bersama. Seperti yang kami lakukan, Papanya anak - anak ikut antusias dan selfie bareng adik. Mama bagian dokumentasi saja heheh.

Serunya main colour to life 

Gaya adik yg ga pernah serius
Kalau difoto

Menstimulasi
Games pada colour to life di desain untuk mendukung stimulasi anak – anak.
Giddy Up, games ksatria berkuda, hati – hati jangan sampai menambrak
Stimulasi; Koordinasi tangan dan mata, latihan motorik halus, melatih perhatian dan konsentrasi serta melatih reflek.

Pogo Boy, games anak meloncat tapi jangan sampai jatuh ke dalam air ya.
Stimulasi; Melatih koordinasi tangan dan mata, latihan motorik halus, melatih perhatian dan konsentrasi, dan melatih reflek.

Dress – up challenge, games  memakaikan baju sang putri, jangan sampai salah.
Stimulasi; melatih ingatan, melatih konsentrasi dan perhatian.


ayo pasangkan pakaiannya dan jangan sampai salah ya 

Balance your brain, games menebak warna,  dengan jebakan gambar warna dan tulisan berbeda.
Stimulasi; melatih koordinasi otak kanan dan kiri, melatih konsentrasi dan perhatian, melatih kecepatan berpikir.

Safe Flight, games menerbangkan pesawat, hati – hati jangan sampai menabrak awan.
Stimulasi; Melatih koordinasi tangan dan mata, latihan motorik halus, melatih perhatian dan konsentrasi, melatih reflek.


hati - hati menabrak 

Rasa bosa hilang begitu kami main Colour to Life, saya mulai ketagihan main games dan mewarnainya hahaha. 

Mungkin teman - teman mulai bertanya - tanya, di mana beli Faber - Castell Colour to Life? Bisa di gramedia atau toko buku terdekat, jika mager, bisa beli online di Tokopedia, klik  link ini.

Mengasah imajinasi
Teknologi Augemented Reality memancing imajinasi anak bagaimana gambar bisa bergerak sehingga dia bisa membayangkan bagaimana sebuah film kartun dibuat.

Mengasah kreativitas
Selain untuk mewarnai buku Colour to Life Connector pensnya bisa digunakan  untuk menggambar/doodle atau mewarnai untuk relaksasi. Agar seru tentu medianya tak harus kertas lho, seperti kreasi si sulung saya ini, membuat hiasan dinding untuk kamarnya dari kayu talenan dan menggambarnya menggunakan connector pens.


Asah kreativitas 

Pentingnya mengasah imajinasi dan kreativitas 

Imajinasi membuat kita memiliki banyak ide dan tak kehabisan akal. Kreatif adalah cara berpikir out of the box. Dengan kemampuannya berpikir berbeda dengan orang pada umumnya, si kreatif menemukan, menciptakan atau mengkolaborasikan sesuatu menjadi hal baru. Orang kreatif umumnya berpikir lebih fleksibel dan tidak pernah kehilangan akal untuk mencari cara keluar dari masalah, tak heran mereka berhasil dalam kehidupannya. 

Kreatif perlu diasah setiap saat karena kreativitas membuat semangat menjalani hidup, mood baik dan selalu ada ide baru.

Biasanya saya dan anak - anak melakukan ini untuk mengasah kreativitas;

  1. Melatih anak menuangkan ide dan gagasan, baik dalam bentuk tulisan, lisan maupun gambar. Untuk itu saya menyediakan waktu mereka untuk menggambar, membiasakan menulis buku harian (untuk si Kaka karena sudah kelas 5 sd, sudah lancar menulis dan baca)
  2. Mencoba melakukan hal baru, seperti bermain dengan Faber -Castell Colour to Life bareng anak - anak. Bermain bersama anak membuat rileks dan memompa semangat.
  3. Mengikuti jaman salah satunya dengan dengan teknologi memanfaatkan teknologi yang dekat dengan keseharian seperti internet dan smartphone.
  4. Meluangkan waktu  membaca karena bacaan adalah sumber 
Mewarnai dan menggambar adalah salah satu cara mendorong kreatifitas dan imajinasi anak. menggambar dan mewarnai adalah salah satu cara menuangkan ide dan gagasan. Jadi saya mendorong anak - anak menghabiskan waktu luangnya salah satunya dengan menggambar dan tentunya melengkapinya dengan produk - produk faber - castell.

mengasah kreatifitas 


14 komentar:

  1. Waah kreatif banget ya Mbak Faber Castle. Bisa bikin gambar jadi 3 dimensi gini. Anak anak pasti suka dan jadi berimajinasi ya seolah olah gambarnya hidup. Sukaaa deeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya asik nih buat Fardan nanti pas balita

      Hapus
  2. Bagus 😍
    Aku aja ketagihan, hihi

    BalasHapus
  3. Ini hiburan banget buat kami sekeluarga. Bikin jadi rebutan mewarnai. Dan lalu jejingkrakan saat scan. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg seru juga ngepas pasin pas selfie biar gambarnya cocok

      Hapus
  4. Serunya asah kreativitas mewarnai colour to life ini mba, aku aja ketagihan apalagi pas bagian selfie nya hahaha

    BalasHapus
  5. mewarnai memang mengasyikan ya apalagi dilakukan bareng2

    BalasHapus
  6. Imajinasi anak tuh langsung tersalurkan kalau gini, dipake orang dewasa pun seru

    BalasHapus
  7. Pakai ini jadi seneng ngegambarr

    BalasHapus
  8. Seru ya mba pake paket colour to life, mewarnainya jadi pada semangat anak2

    BalasHapus
  9. kenapa namanya conector pen ya Mba? hihihi penasaran.....aku juga jadi penasaran koq bisa muncul 3D nya......seru kayaya.

    BalasHapus
  10. Wah boleh dicoba buat si kakak di rumah. Suka bosen dan bingung

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...