Rabu, 10 Agustus 2016

Nge-Blog Kreatif; Kreativitas Tanpa Batas Bersama Faber-Castell



Merasa beruntung itu terpilih ikut workshop Nge-Blog Kreatif bareng Faber-Castell hari minggu tanggal 7 Agustus 2016 di Main Atrium – Lippo Mall Kemang. Acaranya membuat kreasi dan menghias benda dengan Connector Pen Craft  & Creative Maker Faber-Castell. Merasa beruntung bukan karena saya jago gambar, sebaliknya saya kurang percaya diri jika disuruh menggambar, saya lebih suka mewarnai.  Jadi ikut event ini kesempatan belajar dan mengembangkan percaya diri  soal menggambar sekaligus mau menularkan apa yang didapat  pada kedua si kecil saya yang memang suka banget menggambar dan mewarnai.

Event workshop Nge-Blog Kreatif ini merupakan rangkaian dari pameran Kreativitas Tanpa Batas yang diadakan oleh  Faber-Castell. Bukan pameran pertama yang diadakan Faber-Castell dan bukan hanya di kota Jakarta, untuk tahu lebih lanjut event ini bisa intip di IG nya @FaberCastell_ID.



Teman-teman pasti sudah familiar dengan produk-produk Faber-Castell terutama pensil, oil pastels (crayon) dan pensil warna, karena ketiga produk ini yang sangat dikenal masyarakat umum dan sudah digunakan sejak kita masih kecil. Tapi tahukan teman, kalau Faber-Castell sudah ada sejak tahun 1761 –berarti sudah sekitar 250 tahun produknya ada dan digunakan. Pembuatnya adalah Kaspar Faber dari Jerman. Dan Faber-Castell terus berinovasi mengembangkan produknya untuk menunjang kreativitas.

Pameran Seni Kreativitas Tanpa Batas 
Saya datang saat  banyak peserta lain yaitu teman-teman dari Komunitas Emak-Emak Blogger, dimana saya bergabung, belum datang. Sambil menunggu acara dimulai saya menemani anak-anak mewarnai  dan melihat pameran karya seni Faber – Castell. Wah inspiratif banget lho, si sulung saya tak kalah antusias. Saya senang melihatnya karena wawasan dia menjadi lebih terbuka soal gambar menggambar, selama ini medianya hanya kertas, oil pastels dan  colouring water pens, salah satu pensil warna produk Faber-Castell yang jika dicelupkan dalam air menghasilkan warna seperti cat air.

Untuk saya sendiri, jadi punya banyak ide untuk mengisi waktu me time saat anak-anak sekolah dan Papanya kerja, sekaligus melepas penat. Mau menghias-hias mug dan kain kanvas hehehe. Oh ya mewarnai dan berkreasi berdasarkan penelitian bisa menghilangkan stress lho.

Beberapa karya seni Faber-Castell yang fenomenal adalah gaun pesta dari ribuan batang pensil, Kapal Pinisi dari ratusan Connector Pens dan benda-benda yang dihias dengan Creative Maker. Ada juga lukisan dan gambar hasil guratan PITT Artist Pen, colouring water pens dan oil pastels.


dari ribuan batang pensil Faber-Castell

kreasi connector pens

media yang dihias dengan creative maker Faber-Castell

hasil karya lukisan

Pengunjung juga diajak berinteraktif, untuk anak-anak tersedia tempat untuk berkreasi dengan connector pens, pengunjung lain bisa juga mencoba colouring di gambar yang sudah disediakan.

pengunjung mencoba produk Faber-Castell
area anak-anak untuk mencoba berkreasi dengan connector pens

Nge-Blog Kreatif ; Workshop Connector Pen Craft & Creative Maker Faber - Castell 
Berkreasi dengan Creative Maker Faber-Castell 
Workshop pertama adalah membuat kreasi dengan Creative Maker Faber –Castell dengan mentor mba Rahayu.  Ada tiga media yang bisa di pilih peserta   yaitu cangkir, piring dan topeng. Oh ya setiap peserta mendapat 4 pen Creative Maker, gunting dan satu set Connector Pens.

Warna lengkap Creative Maker Faber-Castell ada 10, dan dijual satuan seharga 12.000. Worted banget ya, karena merasa 4 warna kurang, saya pun membeli 2 pen lagi.

Sebelum memulai, mba Rahayu memberikan teknik  mewarnai dengan Creative Maker Faber - Castell.
menjelaskan teknik mewarnai
Teknik mewarnai yaitu teknik pointillism, menggunakan titik-titik untuk mewarnai bidang gambar. Teknik shading, menimpa warna yang lebih terang ke warna yang lebih gelap. Teknik contouring, mengisi bidang gambar dengan mengikuti bentuk terluar. Dan teknik patterning, menggunakan pola/motif berulang.

teknik mewarnai dengan creative maker Faber-Castell
Adapun media untuk menghias dengan Creative Maker Faber-Castell ini adalah benda yang terbuat dari bahan keramik, kain (kain kaos, kanvas atau katun), plastik dan kaca. Karena sifatnya permanen tak perlu khawatir hasil gambar akan luntur.

belum selesai 
Connector Pens Craft
Selesai berkreasi dengan Creative Maker, kami diajari berkreasi dengan Connector Pens dengan mentor mas Rizal. Masing-masing peserta diberi gambar untuk diwarnai. Teknik mewarnainya hampir sama dengan creative maker, dengan tambahan teknik squiggling dan mozaik.



contoh teknik squiggling, melingkar 

contoh teknik mozaik


Saya baru tahu lho teknik mewarnai dengan connector pens. Selama ini mengira connector pens yang mirip spidol ini,  ya untuk mewarnai dengan teknik seperti memakai crayon atau pensil warna. Jadi walaupun sering lihat produknya di toko buku yang setiap bulan kami kunjungi tidak tertarik membeli (walaupun si kecil pernah merengek minta dibelikan) karena saya pikir bakal boros mewarnai dengan connector pens. Ternyata ada teknik khusus mewarnainya sehingga  tidak boros dan media kertas tidak mudah sobek, hasilnya  bagus. Dan ini hasil karya workshop kemarin.

Kelebihan Connector Pens; 
1. Multi fungsi karena tutup dan  bisa dikreasikan untuk membuat bermacam-macam craft.
2. Pewarna yang digunakan adalah pewarna makanan jadi tak usah khawatir jika anak-anak main spidol ini dan terjilat warnanya (anak balita karena rasa ingin tahunya...) 
3. Non alkohol jadi saat dibuka dan digunakan tidak tercium aroma kimia yang menyengat.
4. Washable artinya mudah di bersihkan jika terkena badan atau pakaian, tinggal di cuci dengan air.
5. Tidak mudah kering. Jadi jangan khawatir jika tutup connector pen digunakan untuk berkreasi selama beberapa jam bahkan seharian, connector pen tidak akan kering.

Wah cocok banget nih buat anak-anak yang suka bereksplorasi dengan gambar dan warna.

Ini dia hasil karya workshop kemarin:

ini hasilnya; kupu-kupu :)
Berikut foto antusiasme dan keseruan para peserta;

wajah-wajah serius tapi happy :)

Tak terasa workshop selesai, sebelum berpisah kami foto bersama dengan memamerkan hasil karya. Wajah-wajah ceria dan senang karena mendapat ilmu baru, hasil karya dan peralatan membuat craft boleh dibawa pulang. Asikk, bisa melanjutkan kreasi di rumah.

senangnya dapat ilmu baru
Teman-teman yang ingin mencoba connector pens untuk si kecil di rumah, tak usah khawatir tidak bisa mengajari karena setiap membeli satu set Connector Pens (isi 20) dilengkapi CD  creative ideas dan buku panduan yang mudah diikuti oleh anak-anak.



 Di rumah, Kakak dan Adik langsung coba-coba  dan ini hasilnya;

piring dan cangkir Mama jadi bahan percobaan Kaka

craft sederhana bisa langsung dipraktikkan Adik yang masih TK

Berani mencoba membuat craft dengan Connector Pens dan Creative Maker Faber-Castell? 

16 komentar:

  1. Kayaknya harus beli nih mak, lumayan buat melukis cangkir dan gelas hehehhe aduhh aku nyesel ngak ikut acara ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya buat mengasah kreativitas dan me time

      Hapus
  2. waah aku suka dress yang terbuat dari pensil itu maak

    BalasHapus
  3. asik ya mba, anak2 juga bisa ikut berkspresi :)

    BalasHapus
  4. jadii pengen teruusss gambarrr setelah ikut workshop inii.. hihihi

    BalasHapus
  5. wah serunya, kayaknya jadi ingin juga , penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. hahahaaaa.. jangan-jangan nanti semua piring digambarin yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini reguest dibeliin cangkir polos hahaha

      Hapus
  7. Jadi pengen beli, pengen belajar juga neh. Asyik banget ya mba acaranya.

    BalasHapus
  8. Waah seru banget ya anak-anak bisa berkreasi dengan connector pens. Emaknya juga bisa berkreasi dengan piring dan mug. Sayang acaranya jauh dari rumah. Jadi kemarin gak ikutan daftar.

    BalasHapus
  9. Saya punya tuh yang connector pen nya FC. Komplit hehehe. Memang bagus hasilnya :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...