Rabu, 18 Mei 2016

uPang, Sterilizer Peralatan Bayi yang Aman, Hemat dan Efisien

Rasanya waktu cepat berlalu, tanggal 12 Mei lalu si sulung tepat berusia 8 tahun dan saya masih mengingat dengan jelas  perasaan  saat menimangnya pertama kali sesaat setelah melahirkannya. Lalu hari-hari di mana saya mengasuhnya berikut nasehat ini itu dari Ibu soal pengasuhan. Salah satunya nasehat yang saya ingat adalah; “Hati-hati, jangan lengah walaupun anak anteng, anak umur segitu suka memasukkan apa yang dipegangnya ke mulut. Jangan kasih mainan yang bentuknya kecil, khawatir tertelan.”

Kebiasaan bayi memasukkan benda ke mulut 
Iya  awalnya saya heran dengan kebiasaan bayi yang memasukkan apa yang dipegangnya ke mulut sampai kemudian saya mendapat penjelasan dari sebuah buku dan  majalah, bahwa ada fase oral yaitu saat bayi berusia 5-7 bulan. Di usianya ini koordinasi tangan dan mata bayi meningkat, ia memasukkan semua benda yang dipegang ke mulut sebagai cara untuk mengenalinya.

Di fase ini si kecil  rentan terkena sakit karena kuman dengan mudah dapat berpindah dari benda yang di jilat/gigitnya  ke dalam tubuh dan menyerangnya, karena sistem pertahanan tubuh bayi belum sempurna.

Ehm, saya jadi teringat kejadian saat si kecil mencret berhari-hari, rewel dan demam. Dan kesimpulan dokter dari hasil pemeriksaannya, kemungkinan si kecil terkena kuman. Bukan tidak mungkin kumannya dari mainan yang masukkan kemulut. Atau mungkin dari botol susu yang saya bawa ke kantor untuk memerah yang kurang steril.

Sayangnya tidak semua mainan dapat direbus untuk mensterilkannya. Dan saya termasuk yang ragu mensterilkan botol susu dengan cara di rebus. Kuliah di jurusan kimia membuat saya sedikit banyak mengerti soal bahan plastik atau polimer yang umumnya tidak terlalu tahan di suhu 100 derajat celsius,  sehingga sebagian larut lalu bisa secara tidak sengaja tertelan kecil. Ini yang kadang membuat saya galau soal rebus merebus botol susu.

Adakah mama yang mengalami hal sama? Ragu menstrerilkan botol susu dengan cara direbus?

Di acara Fun Blogging yang saya ikuti hari sabtu lalu (liputan menyusul), Blibli.com sebagai satu dari lima perusahaan e-commerse terbesar di Indonesia, sedang promo uPang sterilizer sebuah produk perlengkapan bayi terbaru dan inovatif. uPang adalah alat sterilizer terbaik dengan teknologi waterless, mensterilkan dengan sinar UV. Dapat  mensterilisasikan botol susu dan peralatan bayi, mainan, buku, boneka dan gadget, agar aman saat dimainkan si kecil.

penjelasan alat uPang di kantor Blibli.com 
Selain uPang tentunya banyak produk perlengkapan bayi lain yang dijual di Blibli.com, bahkan lebih lengkap jika ke toko baby. Selain itu penawaran yang diberikan Blibli.com sangat menguntungkan, bisa dicicil melalui 17 bank tanpa bunga, promo di hari-hari khusus dan bebas biaya ongkos kirim. Untuk lengkapnya bisa langsung membuka situsnya www.Blibli.com.

Pasti para mama bertanya – tanya kok bisa mensterilkan buku, boneka, beragam mainan bahkan gadget?




Ini keunikan sekaligus inovasi dari uPang. uPang adalah sterilizer dengan sinar UV, jadi sinar UV ini yang membunuh kuman. Dengan suhu 40C sehingga aman untuk segala macam benda termasuk gadget. Sterilizer buatan Korea ini merupakan pioneer sekaligus innovator pertama produk UV sterilizer. Dengan kapasitas yang bisa memuat 12 botol susu dan rak dua susun yang bisa di buka, uPang bisa muat untuk mensterilkan boneka dengan ukuran sedang.

Di negara asalnya uPang telah empat  tahun berturut-turut  meraih gelar Korean Customer Preference 1st Brand Award (KCPBA) yaitu tahun 2013, 2014, 2015 dan 2016.

Apa yang membuat uPang istimewa sehingga berkali-kali terpilih sebagai  Korean Customer Preference 1st Brand Award dan juga cukup diminati dibanyak negara termasuk Indonesia, dan beberapa rumah sakit mulai menggunakannya?



1. Sertifikasi Internasional
uPang adalah medical – grade equipment yang telah melalui proses uji coba dan tes yang ketat. Sudah mendapat sertifikasi dari Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat dan 6 badan kesehatan dunia lainnya termasuk dari Jepang yang terkenal ketat untuk mendapat sertifikasinya.



2. Dapat Membunuh kuman dan bakteri hingga 99,9%
Berdasarkan uji klinis uPang efektif membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit berbahaya seperti E. Coli, bakteri penyebab diare, muntah dan gangguan pencernaan. S.Aureus, sumber infeksi staph dan Salmonella Typhi penyebab tifus.

3. Aman 
Bicara soal keamanan mensterilkan botol bayi, saya punya dua  pengalaman buruk yaitu dua kali lupa sedang merebus botol susu hingga panci dan botol  gosong.  Waktu itu saya keasikan main dengan si kecil jadi lupa bahwa saya tengah merebus botol. Ini jadi alasan kedua saya, was-was mensterilkan botol susu dengan direbus.

Suhu pengeringan  uPang 40 derajat celsius, dengan begitu jika mengeringkan botol susu plastik atau mainan dari plastik aman. Dengan begitu kita tidak khawatir botol susu meleleh. seperti kita tahu bahan plastik yang meleleh dan secara tidak sengaja masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan komplikasi kesehatan serius di jangka panjang.

4. Hemat Listrik 
Dengan uPang, tidak perlu khawatir ada insiden gosong atau mungkin terbakar karena lupa mematikan alat stelizer . uPang akan mensterilkan selama 10 menit setelah itu otomatis, akan 
Dan mati. Andaipun setelah itu Mama lupa mencabut kabel uPang dari steker tak usah khawatir listrik akan boros karena dalam kondisi standby seperti ini.


5. Efisien
Tidak hanya dapat mensterilkan botol susu juga perlengkapan si kecil lain. Dengan kapasitas 12 botol sekali sterilisasi sangat menghemat waktu dan energi.



6. Mudah dioperasikan
Walaupun canggih, cara mengoperasikan uPang sangat sederhana lho, hanya sekali tekan,  jadi tidak perlu khawatir rusak atau error hanya karena salah mengoperasikan.

Ada tiga tombol di bagian atas permukaan uPang.
Tombol ‘automatic’ paling kiri berwarna merah
Gunanya untuk mengeringkan selama 30 menit. Jadi jika botol susu yang akan di sterilkan basah, pijit tombol ini untuk mengeringkan.
Yang perlu diperhatikan, jangan memasukkan botol susu/mainan basah kuyup kedalam uPang. Tiriskan terlebih dahulu hingga air di permukaan benda berupa titik-titik air.
Tombol tengah ‘sterilisasi’  berwarna ungu
Setelah proses pengeringan selesai selama 30 menit, uPang akan otomatis mensterilkan ini ditandai dengan menyalanya lampu tengah – lampu kiri yang menandai pengeringan otomatis mati.
Sterilisasi akan berlangsung selama 10 menit.
Tombol kanan ‘ventilasi’
Setelah proses sterilisasi selesai (10 menit) uPang akan otomatis pindah kemode ventilasi. Lampu sterilisasi mati dan lampu ventilasi menyala.

Jika barang yang akan di sterilisasi tidak perlu dikeringkan langsung saja tekan tombol tengah

7. Perawatan mudah dan murah 
Tidak ada perawatan khusus untuk uPang, cukup di lap jika kotor. 1 set lampu uPang (satu lampu infrared dan dua lampu Philips) umunya diganti setahun sekali jika sering digunakan dengan harga lampu berkisar Rp 100.000,-

Toothbrush Holder Aksesories uPang 
Toothbrush holder merupakan aksesories uPang yang ditempel pada pintu uPang bagian dalam, fungsinya untuk mensterilkan sikat gigi si kecil atau barang lain yang bentuknya panjang dan dapat di gantung seperti sedotan, sendok dan garpu. Aksesories ini seharga Rp150.000,-

Berapa harga uPang? Bisa di lihat di Blibli.com. Oh ya uPang tahan lama hingga bertahun-tahun, jadi sesuai lah ya dengan harga jualnya.

Oh ya di akhir acara Fun Blogging kami diajak keliling kantor Blibli.com di dampingi mba Dewi selaku PR Blibli.com. kantor yang berdesain warna cerah dan terkesan santai, bikin betah kerja. Salah satu ruang di Blibli.com yang eye catching dan jadi latar foto bareng :)




Alhamdulillah tulisan ini menang juara 3 :) dapat voucher blibli 500 ribu , lumayan heheh

6 komentar:

  1. ahhh uPang itu emang kerennn.., cocok banget buat yang masih punya baby :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba....cucok buat hadiah kalau saudara melahirkan

      Hapus
  2. Woow, it's a wonderful item. We can stelized toothbrush, that's very important. Ok, I'll go and see the price on Blibli.com Thanks a lot for info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank bunda Yati read my blog post

      Hapus
  3. baru tahu nih. Steril botolku biasanya cuma bisa steril botol sama alat makan. Tapi btw klo suhu cuma 40C apa gak kurang panas ya bwt membunuh kuman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang membunuh kumannya bukan panas Mba tapi sinar UV dari lampu Uv yang ada di alatnya

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...