Sabtu, 22 Agustus 2015

Me and my family fruit days diary

fun and healt
Kedua si kecil saya gampang alergi efeknya gatal dan ruam di kulit. Berkali-kali bolak balik dokter spesialis kulit berbeda *walaupun kesehatan di tanggung asuransi kantor tetap aja sakit itu tidak enak*, hasilnya sama, cepat sembuh cepat kambuh. Sampai suatu kali seorang dokter kulit kulit merekomedasikan agar konsumsi buah-buahan anak di tambah.

Beruntung tinggal di negara tropis yang kaya  beragam buah dengan harga terjangkau pula. Bahkan bisa beli sepotong. Iya saya selalu membeli semangka yang ukurannya besar sepotong karena walaupun di simpan di kulkas cepat basi dan anak-anak biasanya gak mau makan buah yang sama berhari-hari.

Hasilnya terasa setelah saya praktikkan selama beberapa minggu, si bungsu kini jarang gatal dan sampai saat ini *semoga seterusnya* tidak ada lagi keluhan di kulit yang mengharuskan periksa ke dokter kulit. Sejak itu saya terbiasa menyediakan buah-buahan di rumah setiap hari.

Jadi inilah cerita saya selama 7 hari mengkonsumsi buah bersama keluarga. Yap, bersama keluarga karena rasanya tidak mungkin ya saya makan buah-buahan sendiri terus anak-anak dan bapaknya enggak, kalaupun mereka tidak mau, saya harus berusaha agar mereka mau mencoba makan dong, demi kesehatan.


Hari pertama untuk tulang kuat


Acara makan buah tidak selalu mulus, apalagi jika buahnya kurang mereka minati atau kurang familiar alias jarang saya beli. Kenapa sih harus makan buah ini? Aku gak suka! Aku suka buah A! Pastinya  bukan hanya saya, Mama yang mengalami pertanyaan dan penolakan itu dari anak-anak.  Hal yang sangat wajar karena rasa ingin tahu dan egonya sedang tumbuh.  Saya menyiasati dengan cara memberi penjelasan singkat dan sederhana manfaat setiap buah yang akan di konsumsi dan menyajikannya dengan menarik agar tak bosan.

Pisang cavendish keju susu
Resep untuk satu porsi : satu pisang cavendish di potong – potong, taburi keju parut sesuai selera dan sedikit susu kental manis.

cavendish keju susu
Pisang mengandung zat prebiotik yaitu fructooligosaccharide. Prebiotik ini mempermudah tubuh menyerap nutrisi. Artinya pisang membantu tubuh menyerap kalsium sehingga menjadikan tulang kuat. Kandungan potasium dalam pisang juga mencegah hilangnya potasium, artinya memperkecil resiko osteoporosis.

“Kalau ingin larinya atau gowes sepedanya kencang, harus makan pisang dong.”
“Jadi kalau makan pisang, Dede bisa juara  lari, Ma?”
“Iya kalau di tambah latihan lari.”
“Osteoporosis apa sih, Ma?”  Tanya Kaka.
“Osteoporesis itu tulangnya keropos jadi mudah patah, rasanya sakit.”
Tak terasa di sambi ngobrol habis masing-masing satu pisang.





Hari kedua untuk  kulit sehat dan lembab
“Masih inget kata dokter kan, biar gatalnya sembuh harus banyak makan buah semangka dan pepaya.”
“Kenapa semangka dan pepaya?”
“Karena banyak mengandung air jadi kulit kita tidak kering. Kulit kering membuat mudah gatal.”
Selain di potong lalu di makan, penyajian semangka dijadikan sup. Caranya potong semangka kecil-kecil, tambahkan air kelapa muda dan sedikit susu kental manis. Jika tidak ada air kelapa muda cukup air biasa.

sup semangka
Hari ketiga, Vitamin C  untuk daya tahan tubuh
Cuaca mulai menunjukkan gelagat tidak konstan, siang panas sore mendung. Mendung belum tentu hujan. Tapi cuaca cerah malamnya bisa hujan dengan deras.  Hari-hari berikutnya kembali panas. Itu yang saya rasakan di ciputat seminggu terakhir ini. Semoga tanda musim hujan segera datang.

Perubahan cuaca dari panas ke dingin atau sebaliknya, biasanya membuat daya tahan tubuh  melemah. Penyakit yang biasanya timbul flu, batuk pilek. Salah satu fungsi vitamin C adalah untuk daya tahan tubuh. Buah yang mengandung vitamin C identik dengan rasa asam (walaupun tidak semuanya) karena rasa dari Vitamin C itu sendiri memang asam, nama ilmiahnya sendiri asam ascorbat.

Anak-anak sama seperti Abinya kurang suka buah-buahan berasa asam manis. Menurut saya mereka sebaiknya suka beragam rasa buah, agar kebutuhan mineral dan vitamin mineral terpenuhi dengan baik.

Untuk strawberry mereka lebih suka di jus di campur susu, tapi kali ini mencoba membuat buah potong dengan taburan susu kental manis.

“Kenapa harus makan buah ini, kan asem.”
“Buah-buahan ini mengandung vitamin C yang membuat tubuh tidak gampang tertulari penyakit infeksi, dari kuman. Kuman pilek, kuman batuk.”

buah potong

Hari keempat, penyegar di siang hari
Idenya dari anak-anak setelah nonton film upin dan ipin. Hari-hari sebelumnya merengek minta di belikan cetakan es kayak di film itu. Beruntung toko kelontong yang tak jauh dari rumah jual, langsunglah mereka sendiri yang mengeksekusi.

Potong buah nenas, semangga, dan pisang  kecil-kecil. Susu kental manis di tambah air masukkan ke dalam cetakan diikuti buah-buahan, masukkan stik es krim. Masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 5 jam.
Cucok di makan saat siang hari.

es buah nenas semangga dan pisang 

Buah nenas tidak hanya segar saat di buat es, di makan begitu saja pun memberi efek segar, karena kandungan air dan vitamin C nya tinggi.


Hari kelima, untuk kesehatan saluran cerna
Pepaya adalah salah satu buah kesukaan keluarga saya, dengan catatan harus matang dan manis. Karena ada juga lho yang suka pepaya mengkel. Anak saya yang terkecil, sSatu kali makan bisa separuh pepaya.

Awalnya si sulung tak suka pepaya karena baunya tak enak kemudian saya mendapat tips dari seorang teman, katanya agar pepaya harum, beri sedikit perasan jeruk lemon. Tapi yang mendorong Kaka akhirnya mau mengkonsumsi pepaya adalah karena dia pernah mengalami sembelit dan dia merasakan manfaat pepaya yang membuat pup nya lancar.
“Kenapa pepaya bikin pup lancar?” tanya Kaka.

“Karena mengandung  serat dan air tinggi. Sisa makan dalam  di ikat serat sehingga mudah melalui usus sampai akhirnya tiba di anus, airnya membuat pup lembek.”
“Pepaya juga membuat usus bersih dari kotoran karena semua sisa makan diikatnya untuk dikeluarkan.”
“Kalau ususnya kotor kenapa?”
“Ya, bisa sakit.”

pepaya 

Hari keenam, sumber vitamin B komplek
Komentar si kecil waktu pertama kali makan guava kristal,”Lho kok jambu batu gini sih Ma, biji sedikit banget. Emang ini matang kok ga lembek. Kok warna putih. Aneh.”
“Coba deh, enaknya ga kalah sama apel.”

Setelah dicicipi, dia mengangguk-angguk dan berkata,”Iya, enak manis. Jadi kayak makan apel ya, Ma.”

guava kristal

“Kok beda sama jambu yang merah itu.”
“Karena jenisnya beda. Jambu ini sumber banyak vitamin B dan mineral, ada vitamin B12, B6, E dan K, mineralnya magnesium, tembaga dan mangan. Vitamin dan mineral penting untuk tubuh agar sehat."
“Kok nama vitamin ada angka 12 sama 6 nya,”

“Mama juga lupa, kenapa nama vitaminnya ada angka 12 dan 6 nya, nanti ya kita cari alasannya,” Mama beneran lupa, perasaan waktu kuliah biokimia pernah di jelaskan kenapa pake angka 12 dan 6.
Bahagia itu sederhana, melihat anak  senang dan antusias  makan makanan sehat.

Hari ketujuh, untuk mulut dan gigi  sehat
Anak-anak kurang familiar dengan apel berwarna hijau. Untuk mengenalkan beragam buah kali ini saya membeli apel hijau  dari sunpride. Anak-anak suka mengkonsumsi apel dengan cara di parut karena mudah mengunyahnya. 

Tapi kali ini saya menyajikan dalam potongan kecil-kecil setelah membaca di webnya sunpride, menggigit dan mengunyal apel mampu menstimulasi produksi air liur di dalam mulut, mengurangi kerusakan gigi dan menurunkan tingkat bakteri di dalam mulut. Rasa berwarna hujau ini dari sunpride ini berasa agak asam, saya tidak memiliki masalah jika buah-buahan berasa asam karena suka, sebaliknya untuk anak-anak, saya  meminimalisasi rasa asam dengan menaburi susu kental manis.




“Ternyata makan apel dengan digigit dan di kunyah lebih sehat lho karena bakteri dalam mulut jadi sedikit. Kalau bakteri dalam mulut sedikit, mulut ga bau.”
“Coba cium nih mulut Dede, hah!” Khalif membuka mulut dan menghembuskan nafasnya ke arah saya sambil tertawa.
Hadeuh....

Satu buah banyak manfaat

Tentunya satu jenis buah tidak hanya memiliki satu atau dua manfaat seperti penjelasan saya di atas, saya hanya memaparkan yang kira-kiranya paling mudah di pahami anak-anak. Satu jenis buah mengandung macam-macam vitamin dan mineral dan saling melengkapi antara satu buah-buahan dengan buah-buahan lainnya. Buah-buahan juga umumnya mengandung serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain mengandung  prebiotik  fructooligosaccharide, pisang cavendish juga mengandung senyawa yang dapat memicu produksi hormon serotonin, yaitu hormon yang membuat perasaan tenang dan senang.

Jambu batu dapat menyembuhkan diare atau disentri karena memiliki kandungan desinfektan dan antibakteri. Wah, pantesan ya waktu kecil suka dengar orang tua kalau ada anak mencret-mencret di suruh makan jambu batu.

Pepaya selain memiliki kandungan serat tinggi juga bagus untuk kesehatan kulit,menjadikan kulit kencang dan mencegah menuaan dini.

Kelebihan nanas Honi dari sunpride adalah kandungan kalsium oksalatnya rendah sehingga tidak memicu gatal dan tidak perlu direndam dengan air garam.

Manfaat lainnya dari beragam buah-buahan bisa di baca di webnya sunpride.co.id

Pernah galau makan buah-buahan karena khawatir dengan isu pestisida? Salah satu kelebihan buah-buahan dari sunpride adalah aman dari pestisida dan sudah teruji keamanannya. Dan banyak dari sunpride adalah produk buah lokal dari petani lokal. Mengkonsumsinya berarti memperdayakan petani lokal.

Tulisan ini di ikutsertakan dalam My 7 Days Fruits Diary


23 komentar:

  1. jadi tau lebih banyak manfaat buah,biasanya kalo beli langsung ludes gitu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengetahuan buat bekel merayu anak mba...anak2 biasanya kritis nanya ini itu hehe

      Hapus
  2. setiap hari dgn buah, menjadikan tubuh segar dan sehat. Kalau anak2 saya, paling gak mau makan buah pir dan apel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak2 saya jg kurang suka buah pir tp apel paling doyan tp berhubung mihil jadi belinya sebulan paling 2x hahah

      Hapus
  3. Wah saya jg ikutn ni mb, sukses y, btw jambu kristalku blum kumakan buat foto2 dulu haha

    BalasHapus
  4. Wiiih... buaaah, emang kalo udah makan buah, badan suka kerasa lebih segar ;)

    BalasHapus
  5. Wiiih... buaaah, emang kalo udah makan buah, badan suka kerasa lebih segar ;)

    BalasHapus
  6. Cara memotivasi Anak agar suka buah bisa dicontoh nih. Keren ih, mbak Rina :)

    BalasHapus
  7. Cara memotivasi Anak agar suka buah bisa dicontoh nih. Keren ih, mbak Rina :)

    BalasHapus
  8. Cara memotivasi Anak agar suka buah bisa dicontoh nih. Keren ih, mbak Rina :)

    BalasHapus
  9. popsiclenya menggoda sekaliii, tapi pisangnya lebih menggoda. duh aku ngebiasain 1 day 1 kiwi aja susah bgt huhu berakhir pada makan buah tiap hari sabtu doang -_-

    BalasHapus
  10. mauuuu es buahnya, ngilerrr deh mak, apalagi bener di makan siang hari yang lagi panas ini

    BalasHapus
  11. good luck mak.. aq juga ikutan.. hihi :)

    BalasHapus
  12. good luck mak.. aq juga ikutan.. hihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita ke undang ke fruit summit mba jadi bisa kopdar hahah

      Hapus
  13. semangat Mbak, semoga sukses ya:)
    diriku terlewatkan lomba yg ini. Pdhl pengen banget ikutan, berhubung gak tahu jika di DL perpanjang...gini deh kalau kudet.

    BalasHapus
  14. Wah, jadi ibu harus kreatif dengan cara yang fun gitu ya supaya anak-anaknya doyan buah dan sehat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak-anak lebih kreatif ngelesnya mak hahaha

      Hapus
  15. idenya keren keren, makasih ya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...