Inspirasi Hari Ibu dari Rice Cooker Miyako Nanoal dan Nikita Willy

Inspirasi  Hari Ibu dari  Rice Cooker Miyako Nanoal dan Nikita Willy  

Bahasa Cinta Ibu ala Nikita Willy

Siapa tak kenal Nikita Willy, artis papan atas Indonesia. Jika  dulu wara-wiri di layar kaca sebagai bintang film/sinetron, kini sebagai seorang ibu yang gaya pengasuhannya    jadi panutan para ibu muda. Salah satu gaya pengasuhannya yang jadi panutan adalah bagaimana Nikita Willy memberikan  makanan yang bervariasi dan olahan rumah untuk putranya  Issa Xander Djokosoetono.  Dan tahukah teman-teman jika tempe adalah salah satu makanan favorit Issa. Nikita Willy kerap berbagi tips gaya pengasuhan dan hidup sehat di instagram Miyako. 

Tempe makanan yang harganya terjangkau namun kaya nutrisi dan sangat mudah diolah/dimasak, dikukus atau digoreng (atau menggunakan air pryer), dengan sedikit bumbu jadi deh makanan enak.

Bahasa cinta ibu ala Nikita Willy 


Ternyata saya dan Nikita Willy punya kesamaan lho 😊,  yaitu sama sama seorang ibu yang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak salah satunya melalui makanan. Jujur, saya salut dengan Nikita Willy, di tengah kesibukannya menjadi public figure, bintang iklan, selebritis, brand ambassador, tapi  meluangkan waktu khusus untuk mendampingi tumbuh kembang anaknya, termasuk memasak makanan untuk Issa .

Bukan berarti jadi ibu harus jago masak lho, yang lebih penting paham nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Saya baru mulai mencoba macam-macam masakan dan resep setelah beberapa tahun menikah dan tidak pernah memaksakan memasak jika lelah atau sibuk, cukup masak nasi, sayur dan lauknya beli. Apapun lauknya kalau nasinya  pulen, pasti enak.

Saya selalu terkenang-kenang masakan ibu,  terlebih setelah tinggal berbeda kota, masakan ibu yang asalnya biasa jadi luar biasa dan dikangenin. Makanan bukan sekedar penyambung rasa di lidah namun cerita keluarga dimana makanan dibuat, makanan juga menjadi menyambung budaya dan value sebuah keluarga.

Banyak cara mengekspresikan rasa/bahasa cinta ibu, menyediakan makanan terbaik  salah satunya.

Rasanya Jadi Ibu

Satu kata yang mendeskripsikan rasanya jadi ibu (menurut saya) adalah  luar biasa. Luar biasa untuk semua rasa yang dihadirkan; bahagia, haru, sedih, marah, galau dan bingung. Rasa yang pada beberapa keadaan bisa memporak-porandakan fisik dan mental ibu. Alhamdulillah dengan support system yang baik saya bisa melalui rasa yang luar biasa itu dengan baik - tentunya bukan tanpa drama 😊.

Tantangan menjadi ibu selama mendampingi anak-anak berubah seiring usia anak. Saat anak balita tantangannya menghadapi gerakan tutup mulut, tantrum, mengajarkan toilet training dsb. Memasuki usia pra remaja dan remaja, tantangannya beda lagi dan rasanya lebih nano-nano tapi berusaha  dibawa enjoy, sama-sama berproses, saya belajar menjadi ibu yang baik, anak memahami yang kita lakukan untuk kebaikannya.

Saat menghadapi anak-anak saya suka teringat masa kecil, sering membuat ibu kesal karena susah bangun pagi, pernah nangis di pasar karena tidak dibelikan mainan. Kelakuan kedua anak saya tidak jauh dari emaknya ternyata heuheu.

Perjuangan hamil, melahirkan dan menjadi madrasah pertama untuk anak-anak itu tidak mudah. Tak heran dalam  ajaran agama saya yaitu Islam,  ibu mendapat tempat lebih istimewa; ibumu, bumu, ibumu, kemudian ayahmu. Atau istilah; Surga di bawah telapak kaki ibu.  Dan doa ibu untuk anaknya mustajab (diterima Allah swt).

Alhamdulillah Ibu saya masih sehat walafiat dan saya berusaha memanfaatkan  kesempatan ini untuk berbakti. Saya dan ibu saya jarang merayakan hari ibu secara khusus, bahkan kadang tidak ingat kalau misalnya hari ini hari Ibu. Namun itu tidak melunturkan rasa saling sayang diantara kami. Hari Ibu hanya momen untuk mengingatkan betapa besar pengorbanan seorang ibu.

Nikita Willy Pakai Miyako, Saya Juga Pakai Miyako

Nikita Willy pakai Miyako


Kesamaan lain saya dan  Nikita Willy adalah, Nikita Willy pakai Miyako, saya juga pakai Miyako (duh jadi geer sendiri 😀). Rice Cooker Miyako yang saya gunakan seri lama karena dibeli beberapa tahun lalu, sekitar tahun 2018, wish listnya bisa punya rice cooker seperti yang digunakan Nikita Willy yaitu Rice Cooker Miyako Nanoal.  Memang apa sih keunggulan Rice Cooker Miyako Nanoal ?  Ini dia keunggulan Rice Cooker Miyako Nanoal ;

  • Menggunakan panci NANOAL, dengan lapisan anti lengket yang tidak mudah rontok dan 10X lebih tahan lama.
  • Panci Nanoal   tidak mudah tergores,  dan tidak membuat nasi cepat kering.
  • Bebas PFOA*  sehingga lebih awet, tahan lama dan aman untuk kesehatan.
  • Dilengkapi thermostat sehingga nasi tetap hangat, tidak kering dan tidak mudah basi
  • Selain untuk memasak nasi bisa juga digunakan untuk mengukus dan menghangatkan.
  • Garansi 5 tahun untuk elemen pemanas dan 1 tahun untuk spare part lain.
Keunggulan rice cooker  Miyako Nanoal 


Yang pasti Rice Cooker  Miyako Nanoal bebas  kerak dan nasi pulen maksimal.

Makan dengan lauk apapun kalau nasinya pulen pasti enak, iya gak? Kalau istilah orang sunda nasi pulen mah dicocol sambal, lalap, dan tahu/tempe goreng juga enak, jangan ditanya tingkat keenakannya jika ditambah ayam goreng hehehe.


Dan untuk menghasilkan nasi pulen selain memilih beras yang baik, juga cara memasaknya harus tepat, cuci bersih beras, takaran air disesuaikan. Gunakan  rice cooker yang tidak lengket dan mudah kering (yang membuat nasi berkerak di dinding panci rice cooker).

Kejutan di Hari Ibu

Di Hari Ibu 22 Desember 2023, beberapa hari lalu,  saya mendapatkan kejutan dari anak-anak, tiba-tiba saja ada sekotak martabak hangat di meja, katanya ini hadiah hari ibu buat mama. Rupanya mereka berdua patungan membeli martabak dengan aplikasi online. Padahal hari itu saya ga nyinggung-nyinggung hari ibu atau memasang status hari ibu. 

Hadiah martabak dari anak-anak

Terharu, walaupun yang paling banyak makan si anak nomor dua karena kayak Mamanya doyan martabak.

Nah untuk membalas kejutan mereka saya juga mau memasak masakan istimewa untuk mereka, nasi liwet dan ayam goreng. Masak nasi liwet tidak perlu repot karena bisa pakai rice cooker Miyako, lebih bagus lagi jika pake rice cooker Miyako Nanoal lapisan anti lengketnya menjamin nasi tidak lengket dan berkerak. 

Resep nasi liwet:

Bahan

3 cangkir beras, cuci bersih. 

Bumbu

5 bawang merah

3 bawang putih

Cabe rawit

Garam

Penyedap (optional) 

Daun salam

Serai

1/2 ons teri medan

Cara membuat

Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe. 

Goreng teri. 

Masukkan bumbu tumis dan teri ke dalam panci rice cooker yang sudah berisi beras, tambahkan daun salam, serai, garam, dan air secukupnya. Masak nasi. 

Jika ingin lebih gurih air yang digunakan untuk memasak beras diganti santan. 

Nasi liwet rice cooker Miyako 

Nasi liwet adalah masakan khas sunda, biasanya disajikan untuk dinikmati bersama-sama dengan pelengkap sambal, lalap, goreng ikan asin, tahu tempe. 

Cerita hari ibu kami 

Semoga masakan istimewa berikutnya sudah pakai Rice Cooker Miyako Nanoal  (Aamin). 


Apa nih cerita Hari Ibu teman-teman? Boleh donk share di kolom komentar


Keterangan:

*PFOA adalah asam perfluorooktanoat -C8- yang diproduksi dan digunakan di industri pada proses pengolahan bahan mentah material dan senyawa ini berbahaya untuk kesehatan. 

10 komentar

  1. Sebagai penggemar nasi liwet garis keras - kayaknya kudu coba kalau dimasak pake rice cooker Miyako ini

    BalasHapus
  2. Pasti seneng banget deh dimasakin nasi liwet. Berasa spesial karena pakai rice cooker kece

    BalasHapus
  3. Tapi memang Nikita Willy ini keren banget sih, dia pun pantas dijadikan inspirasi para ibu masa kini. Terutama dalam memberikan yang terbaik untuk keluarga dalam bentuk makanan ya mak. Ih aku jadi ngiler itu lihat nasi liwetnya deh, simpan dulu resepnya masak kemudian.

    BalasHapus
  4. Sama dong mbak, saya juga pakai Miyako, berarti kita sama-sama punya kesamaan dengan Nikita Willy. Eh satu lagi, anak saya juga suka makanan berbahan tempe.

    Saya pun dulu juga punya prinsip, yang penting di rumah ada nasi, kalau malas masak tinggal goreng telur atau belu sayur dan lauknya di warung saja

    BalasHapus
  5. Ih aku juga pake miyako di rumah, berasa samaan nih kaya Nikita Willy. Hihihihi. Bikin nasi liwet pake ricecooker emang praktis banget ya maaak

    BalasHapus
  6. Aku dari dulu pengen masak nasi liwet entah kenapa belum terwujud. Malah sampai minta tolong suami. Rencana sih mau bikin karena penasaran. Makasih tipsnya dan resepnya ya mbaa

    BalasHapus
  7. Hari libur begini, anak-anak banyak makan. Gak mungkin beli melulu. Jadi harus masak. Pake rice cooker, masak nasi jadi lebih cepat yah.

    BalasHapus
  8. Masak nasi pakai Miyako Rice cooker pasti bikin seneng keluarga. Karena hasilnya nasinya pulen.

    Jadi pengen bikin nasi liwet nih. Biar makin lqhap makan.

    BalasHapus
  9. Wah di rumah kami juga sering liwetan tapi yang masak suamiku kalau spesialis nasi liwet. Apa aku kadoin rice cooker ini aja supaya makin semangat masaknya xixixi. tahun baru jadi pengen punya rice cooker baru deh.
    Alhamdulillah ya seneng banget pastinya nih hari ibu dapat hadiah dari anak2, sungguh mengharukan.

    BalasHapus
  10. NIkmat banget masakan Sunda-nya, ka Rinaa..
    Rasanya bisa menjadi Ibu yang sehat dan dilimpahkan kebahagiaan sempurna dengan adanya suami dan anak-anak, kudu dijaga dengan sungguh-sungguh.

    Menggunakan Rice Cooker Nanoal Miyako bisa menyediakan menu rumahan yang yummii~
    Anak-anak bakalan inget teruuss sama bahasa cinta Ibu yang seperti ini.

    BalasHapus