(Resep) Lemon Cake

(Resep) Lemon Cake

Lemon cake, salah satu cake yang saya sukai, sayangnya orang-orang rumah kurang suka, lebih suka cake tape keju atau brownies kukus atau panggang.

Lemon cheese cake 

Kalau buka pinterest dengan keywoard food photograpy, cake ini banyak muncul dengan macam-macam style yang menggugah selera. Intip reels video masak  atau food photographynya horang bule, cake ini sering muncul juga, dari style klasik sampai modern.     

Lemon cake ini sepertinya cake yang umum di Eropa, seumum kita mengenal  cake tape. Di sana ga ada cake tape kali ya? Heuheu

Dihitung-hitung baru dua kali bikin cake ini, didorong rasa penasaran dengan rasanya dan kalau  nonton video masaknya di akun instagram teh Ayudiah Respati,  Momylicious, cara membuatnya mudah, seperti membuat cake biasa, hanya ditambah parutan kulit lemon dan air perasan lemon. Di atasnya diberi  gula yang sudah dicampur air perasan lemon, apa ya istilah gula ini, ada yang tahu?

Rasanya manis asem dengan aroma lemon yang menyegarkan. Pokoknya enak kalau menurut lidah saya yang memang suka cita rasa makanan agak asem.

Dan seperti biasa  kalau saya praktik kue sekalian untuk  objek belajar motret.

Foto pertama kali bikin lemon cake tahun 2020, sekalian nyoba belajar motret dengan mode  darkmood. 



Ini paling atas,  foto lemon cake hasil praktikum kedua kalinya,  minggu lalu. Kali ini divariasikan dengan keju karena terpaksa. Ceritanya saat lemon cake ini sudah jadi dan siap di foto, tiba-tiba kucing loncat ke atas meja, kue jatuh ke lantai dengan posisi terbalik. Dengan berat hati lapisan atas yang ada gulanya dipotong dan dibuang. Biar tetap cantik saat  difoto, ditaburi keju parut.  Tetap ya targetnya harus cantik difoto karena setiap praktik bikin kue niatnya sekalian buat belajar moto.

Bahan

125 g campuran mentega dan butter

110 g gula pasir

3 kuning telur (pisahkan putihnya)

140 g tepung terigu

1 sdt baking powder

1 sdm kulit lemon parut (kulit bagian luarnya yang berwarna kuning)

75 g air perasan lemon

Lapisan gula

150 g gula halus

4 sdm air perasan jeruk lemon

Cara membuat

Kocok campuran butter dan margarin hingga lembut tambahkan kulit jeruk, gula pasir dan kuning telur, kocok hingga mengembang.

Tambahkan air perasan lemon, terigu (yang sudah dicampur baking powder dan diayak), aduk rata.

Kocok putih telur pada wadah terpisah, masukkan pada adonan cake. Masukkan ke dalam loyang loap ukuran 22 x 10 atau bulat dengan diameter 15 cm.

Panggang di oven pada suhu 170 derajat selama kurang lebih 25 menit. Biarkan cake dingin, lalu kucuri dengan lapisan gula.



BTS

1 komentar

  1. Wah, jadi pingin nyoba...belum kebayang rasanya tapi kayaknya cocok buat teman ngeteh ya mbak

    BalasHapus