(Resep) Lemon Cake

(Resep) Lemon Cake

Lemon cake, salah satu cake yang saya sukai, sayangnya orang-orang rumah kurang suka, lebih suka cake tape keju atau brownies kukus atau panggang.



Kalau buka pinterest dengan keywoard food photograpy, cake ini banyak muncul dengan macam-macam style yang menggugah selera. Intip reels video masak  atau food photographynya horang bule, cake ini sering muncul juga, dari style klasik sampai modern.     

Lemon cake ini sepertinya cake yang umum di Eropa, seumum kita mengenal  cake tape. Di sana ga ada cake tape kali ya? Heuheu

Dihitung-hitung baru dua kali bikin cake ini, didorong rasa penasaran dengan rasanya dan kalau  nonton video masaknya di akun instagram teh Ayudiah Respati,  Momylicious, cara membuatnya mudah, seperti membuat cake biasa, hanya ditambah parutan kulit lemon dan air perasan lemon. Di atasnya diberi  gula yang sudah dicampur air perasan lemon, apa ya istilah gula ini, ada yang tahu?

Rasanya manis asem dengan aroma lemon yang menyegarkan. Pokoknya enak kalau menurut lidah saya yang memang suka cita rasa makanan agak asem.

Dan seperti biasa  kalau saya praktik kue sekalian untuk  objek belajar motret.

Foto pertama kali bikin lemon cake tahun 2020, sekalian nyoba belajar motret dengan mode  darkmood. 



Ini paling atas,  foto lemon cake hasil praktikum kedua kalinya,  minggu lalu. Kali ini divariasikan dengan keju karena terpaksa. Ceritanya saat lemon cake ini sudah jadi dan siap di foto, tiba-tiba kucing loncat ke atas meja, kue jatuh ke lantai dengan posisi terbalik. Dengan berat hati lapisan atas yang ada gulanya dipotong dan dibuang. Biar tetap cantik saat  difoto, ditaburi keju parut.  Tetap ya targetnya harus cantik difoto karena setiap praktik bikin kue niatnya sekalian buat belajar moto.

Bahan

125 g campuran mentega dan butter

110 g gula pasir

3 kuning telur (pisahkan putihnya)

140 g tepung terigu

1 sdt baking powder

1 sdm kulit lemon parut (kulit bagian luarnya yang berwarna kuning)

75 g air perasan lemon

Lapisan gula

150 g gula halus

4 sdm air perasan jeruk lemon

Cara membuat

Kocok campuran butter dan margarin hingga lembut tambahkan kulit jeruk, gula pasir dan kuning telur, kocok hingga mengembang.

Tambahkan air perasan lemon, terigu (yang sudah dicampur baking powder dan diayak), aduk rata.

Kocok putih telur pada wadah terpisah, masukkan pada adonan cake. Masukkan ke dalam loyang loap ukuran 22 x 10 atau bulat dengan diameter 15 cm.

Panggang di oven pada suhu 170 derajat selama kurang lebih 25 menit. Biarkan cake dingin, lalu kucuri dengan lapisan gula.



BTS

14 komentar

  1. Wah, jadi pingin nyoba...belum kebayang rasanya tapi kayaknya cocok buat teman ngeteh ya mbak

    BalasHapus
  2. lemon cake sepertinya sedap ini ya, walau belum pernah cobain tapi kebayang rasanya seperti biskuit yang khongguan asem asem manis!

    terus makannya sambil minum teh panas manis, uaaah....

    BalasHapus
  3. Lemon cake kayanya enak juga nig Mba. Saya biasanya beli sih kalau cake, belum pernah bikin sendiri. Kadang kalau menu kesukaan Kita aja tapi anak or suami engga suka rasanya sayang aja udah dibikin tapi engga kemakan. Btw trims resepnya Mba

    BalasHapus
  4. Betul banget mbak, tiap buka Pinterest dengan keyword itu, suka muncul nih lemon cake. Asli penasaran dari dulu cara membuatnya, tapi asli mager beraat wkwkwk ini izin save ya mbak resepnya, insya Allah mau praktikkan.

    BalasHapus
  5. aku rada takut yg bikin pake parutan kulit lemon nih mba, malah suami yg suka trial :))
    simple tapi kok aku nggak gerak2 bikin hheuuuu.Ntar coba beranikan diriii ah
    lemon cake lebih suka dibanding cake tape klo aku

    BalasHapus
  6. Lemon cake ini emang favorit banget
    Pas buat teman ngeteh di sore hari
    Btw kalau bikin lemon cake bisa f mbak kalau dikukus?

    BalasHapus
  7. Baru tahu ada lemon cake, belum pernah coba. Ini rasanya agak tajam nggak lemonnya? Anak-anakku juga suka sama cake, tapi baru cake pisang dan pondan yang favorit. Mungkin bisa coba lemon cake kapan-kapan suka nggak ya anak-anak

    BalasHapus
  8. Lemon cake salah satu cake yang sayaa suka selain cheese cake. Karena segerrr ada asem asem lemon ternyata resepnya mudah yaa.

    Aku sukanya terima jadi maak beli 👌

    BalasHapus
  9. Siap ekskusi deh
    Soalnya lagi di rumah mertua dan mertua punya berbagai macam alat tempur buat masak dan baking. Resepnya aku coba setengah resep dulu kali yaM

    BalasHapus
  10. Pasti enak banget ini mak, aku jadi pengen nyobain juga kuenya. Soalnya aku belum nyobain bikin lemon cake, paling suka dikasih temen.

    BalasHapus
  11. Lemon Cake salah satu kue favorit aku, padahal anak-anak dan suami kurang suka karenanya aku lebih suka beli, soalnya yang makan aku sendiri padahal pingin juga nyobain sendiri. Makasih mak resepnya, save dulu mudah-mudahan bisa bikin sendiri dan bikin anak-anak suka.

    BalasHapus
  12. Bicara lemon cake dan tape keju, saya cukup yakin kalau yg pertama itu roti aslinya sedangkan yang kedua adalah modifikasiannya. Karena banyak makanan yang kita anggap lokal sebenarnya dari Belanda.

    BalasHapus
  13. Lemon cake ini salah satu kue fave anak2. Aku dulu belajarnya lumayan lama sih, krn walau terlihat simple tp sering gagalnya , hihihi.. skrg udah bisa bikin dan anak2 seneng makan ini buat camilan

    BalasHapus
  14. Baru belajar foto aja cakeeepp banget hasilnya, kak Rina..
    Tapi kalau orang-orang tau gimana perjuangannya, sungguh luar biasa yaa..mendapatkan satu foto kue yang cantik.
    Lemon Cake bisa ditiru buat bikin cemilan di rumah.

    BalasHapus