Rabu, 07 Maret 2018

[Home Living] DIY Membuat Gorden Kolong Dapur


Walaupun bisa dibilang ga hobi masak, masak ya karena kebutuhan hahaha. Tapi impiannya punya dapur kece. Tapi ya tapi, survey ke beberapa jasa pasang kitchen set ternyata harganya mihil  sampai belasan jeti (tergantung ukuran dapur). Harus nabung. Tapi sebagai irt dengan penghasilan tambahan yang receh dibanding penghasilan suami, nabung buat punya kitchen set tanpa bantuan beliau ya susah hahaha. Ya, Pak Suami belum tergerak beliin istrinya kitchen set karena katanya uang segitu mending buat nabung, mending buat modal usaha, mending buat jalan – jalan, mending…trus piye dapurnya?

“Ya, segitu juga udah cukup rapih kan?”
Ya, ya daripada dongkol apalagi ribut gara – gara istrinya banyak nuntut hahaha lebih baik kreatif sedikit biar dapur tetap rapih dan bersih.


Tapi kan pake gorden dapur itu berdebu, serangga bisa beranak pinak, belum lagi ada tikus dsb. 

Ada tipsnya nih  walaupun menggunakan gorden dapur tetap bersih bebas serangga dan tikus.


      1. Bersihkan kolong dapur tiap hari, disapu dan dipel.
    2. Untuk menaruh barang di bagian bawah kolong dapur, saya gunakan kontainer plastik. Ini untuk      menyimpan barang yang tidak setiap hari digunakan seperti loyang kue, cetakan kue, satu set cangkir (dipake kalau ada tamu hahaha), mangkuk besar dan property food foto yang tak seberapa jumlahnya.

    3.  Untuk glosery yang kering – kering dan mentahan saya simpan juga dalam kontainer plastik di kolong dapur bagian bawah.

  4. Peralatan masak seperti panci dan penggorengan saya letakkan dengan cara digantung di kolong dapur. Gunakan gantungan rel lengkap dengan kaitannya. Saya beli di ikea hanya 30 ribuan. 
.
   5. Untuk menghindari tikus bisa memelihara kucing. Tapi kan saya ga suka memelihara kucing? Samaaa, saya juga ga suka memelihara kucing. Tapi anak – anak suka kucing akhirnya kita rutin memberi makan tiga kucing yang suka berkeliaran dekat rumah, mereka dilarang masuk rumah jika masuk rumah ditakut-takuti dengan sapu lidi . Kucing – kucing jadi senang berkeliaran di sekitar rumah. Alhamdulillah tikus ga berani deket-deket rumah apalagi masuk. Tetangga sebelah yang tadinya sering kemasukan tikus sejak ada kucing jadi bebas tikus juga lho.

Ga bisa jahit?
Membuat gorden dapur ini simple yang tidak bisa jahit pun bisa membuat, tinggal gunting sesuai ukuran kolong dapur, minta deh abang – abang vermak jins yang suka lewat depan rumah jahit, ga sampai satu jam selesai.

Kawat gordennya bisa beli secara online di tokped. Cari dengan kata kunci kawat gorden, harganya murah. Kainnya juga bisa beli di tokped, banyak pilihan. Ini bukan postingan iklan tokped ya hahaha, tapi karena pengalaman saya membeli semua bahannya di tokped,. Maklumlah rumah di pinggiran kota kalau tidak beli online jatuhnya mahal diongkos.

Kelebihan memakai gorden kolong dapur dibanding kitchen set, selain murah bisa ganti – ganti gorden. Bisa membuat satu dua gorden dan jatuhnya tetap murah.

DIY Membuat gorden kolong dapur
Bahan
Kain, meteran, kapur kain dan  gunting.
Cara membuat.
Potong kain dengan lebar 1,5 kali ukuran lebar kolong dapur. Dilebihkan agar saat di pasang modelnya berkerut seperti ini;



Untuk panjang/tinggi kolong dapur dilebihkan 150cm untuk lipatan kawat dan rempel. Jadi misal tinggi kolong dapur 75 cm kainnya yang kita potong jadi 85 cm. Oh ya sebaiknya gorden tidak menyentuh lantai agar tidak mudah kotor dan terlihat lebih rapi jadi saat pengukuran panjang gorden untuk menutupi kolong dikurangi 2 cm. Misal tinggi kolong dapur 75 cm kita hitung 73 cm.


Ukur lebar dan tinggi kolong dapur

Matikan guntingan setiap sisi kain dengan cara melipat lalu dijahit atau dengan cara diobras atau dineci. Di toko peralatan menjahit biasanya menyediakan jasa meneci/obras kain. Harga meneci atau mengobras satu meter kain biasanya 1000 rupiah. Tapi untuk yang tidak bisa jahit bisa lebih praktis jika dimatikan dengan cara dilipat jahit ke tukang vermak jins sekalian setelah memotong semua pola gorden kolong dapur.

Buat tiga garis, garis pertama 6 cm dari ujung tas kain, garis kedua 1.5 cm dari garis pertama, garis ketiga 2 cm dari garis kedua. Lipat kebelakang garis pertama, jahit garis kedua dan ketiga. Hasilnya seperti ini.


Buat tiga garis 

Lipat kebelakang garis paling atas, jahit garis
kedua dan ketiga

Masukkan kawat dapur ke celah jahitan yang kedua agar memberi efek berkerut saat di pasang. 

Mudah kan?
Hasilnya cukup rapih lah untuk dapur saya heheheh.




Tutorial bisa juga dilihat di sini https://youtu.be/SHaGv_99T-k






7 komentar:

  1. Cakep banget Mbak. Pengeeen niru deh

    BalasHapus
  2. simpel tapi bagus banget mba inspirasinya :) ternyata nggak susah buatnya, mau praktek juga.

    BalasHapus
  3. akupun udsh niat mau bikin gorden kolong dapur begini mba, tapi velum terrealisasi hihi

    BalasHapus
  4. Wuah dapurnya rapiii, tambah cantik dengan dipasang gorden kolong dapurnya. Suka banget! Jangan tanya dapurku berantakaaan :D

    BalasHapus
  5. wah abgus sekali, kreatif, aku malah nyuruh bikin dari kayu bekas

    BalasHapus
  6. Beli kawat kolong dapur dmn ya mbk ?

    BalasHapus
  7. Beli kawat kolong dapur dmn ya mbk ?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...