Rabu, 28 Maret 2018

Experience with Goldfaber Faber-Castel

Faber-Castell merk alat tulis dan gambar yang lebih dikenal dengan produk pensil warnanya ini sudah tidak asing lagi. Teman – teman di rumah coba intip pensil, pensil warna, oil pastels (krayon) atau spidol warna si kecil, ada yang merk Faber-Castell kan?

Di rumah anak – anak pengguna watercolour pencils dan connector pens Faber-Castell. Yap, kedua anak saya memang suka menggambar, waktu luangnya selain bermain digunakan untuk menggambar. Karena mereka, saya mulai coba –coba  menggambar dan ternyata  tidak sesukar yang dibayangkan selama ini terlebih setelah nganter anak – anak ikut workshop Doodlenya Mba Tanti Amelia beberapa waktu lalu. Niatnya nganter eh diajarin jadilah mulai ketagihan corat – coret.

Boleh baca Mengisi Liburan Sekolah dengan Ikut Workshop Doodle

Hari sabtu lalu saya dan teman - teman blogger dari komunitas Emak - Emak Blogger (KEB) berkesempatan mengikuti Workshop bersama Faber-Castell dengan thema  Get a Deeper Experience with Goldfaber Aqua. Mungkin teman – teman ada yang bertanya seperti apa produk Faber-Castell Goldfaber? Jujur saya pun asing dengan produk ini sampai ikut workshopnya.

Acara dibuka oleh mas Andri Kurniawan selaku PR manager Faber - Castell Indonesia. Mba Fransiska Remila selaku Brand Manager PT Faber-Castell Internasional Indonesia, mengenalkan beberapa produk Faber-Castell yang kurang dkenal masyarakat luas karena memang peruntukan produk – produk ini untuk para seniman hobbies dan profesional. 


Fransiska Ramila Brand Manager
Faber-Castell Indonesia

Dengan kata lain peruntukannya untuk orang dewasa. Apa tidak boleh digunakan anak – anak? Tentu saja bisa hanya saja sayang jika sekedar untuk corat – corat, kecuali si anak memang terlihat berbakat menggambar atau mengikuti kursus menggambar, karena seri Goldfaber harganya lebih mahal dari pencil warna Faber-Castell dengan wadah yang berwarna merah.


Goldfaber
Seri goldfaber terdiri dari dua jenis yaitu Goldfaber dan Goldfaber Aqua, keduanya didesain dengan kualitas jauh lebih bagus karena diperutukan untuk para seniman hobbies dan profesioanal. Keduanya memiliki kelebihan yaitu;

Pigmen warna yang tinggi, lead 3.3 mm.
Daya tahan warna memuaskan
Lembut, tapi warnanya kuat menempel.
Tidak mudah patah
Tersedia dalam 48 warna
Dibuat di Jerman dengan teknologi yang inovatif.


Pilihan warna Goldfaber dan Goldfaber Aqua

Sedangkan perbedaan antara Goldfaber dan Goldfaber Aqua, Golfaber Aqua larut dalam air, cara pemakaiannya agar larut dalam air seperti penggunaan water colour pencil Faber – Castell yang biasa dipakai anak – anak. Jadi objek yang sudah diwarnai/arsir dengan Goldfaber Aqua diusap dengan kuas basah.


Perbandingan warna, terlihat pigmen warna
Faber-Castell memberikan hasil yang baik

Harga tentu sebanding dengan kualitas.  Bagi para passionate self-expressionist gambar, sebagai tipe orang yang suka mengeksplorasi kreatifitasnya, tipe pembelajar yang selalu ingin meningkatkan kemampuan dirinya (dalam hal ini menggambar). Adapun untuk tipe contemplative escapist, menggambar merupakan cara bersantai, menikmati keindahan dan harmoni. Bagi tipe ini menggambar merupakan hal penting dan menikmati setiap teknik menggambar yang dilakukan. Tak heran mereka memang memerlukan peralatan gambar yang berkualitas.

Selain seri Goldfaber mba Fransiska Remila juga memperkenalkan produk dari Faber-Castell yang lebih khusus untuk digunakan para seniman yaitu Colour Pencils Polyhromos dan WaterColour Pencils Albrecht Durer. Perbedaan keduanya terletak pada kelarutannya dalam air. WaterColour Pencils Albrecht Durer larut dalam air,  teknik melarutkannya dengan air sama dengan Goldfaber Aqua, jadi gambar/arsiran bisa ditimpa kuas basah sehingga hasil mirip cat air.


Produk untuk seniman profesional

Perbedaannya dengan seri Goldfaber, pigmen warna lebih tinggi dan tahan lama. Ketahanan warnanya bisa sampai 100 tahun lho. Karena bagi para seniman professional haasil karya bisa diperjualbelikan dan tentunya diharapkan  hasil karya memiliki ketahanan terhadap waktu yang cukup lama. Seperti seri Goldfaber, dibuat di Jerman dengan teknologi inovatif.

Workshop with Goldfaber
Sesi workshop dibawakan oleh Kak Rizal dari Tim Kreatif Faber-Castell.


Kak Rizal mengenalkan tiga teknik dasar mengarsir yaitu blending, hatching dan cross hatching. Blending teknik yang meratakan/mencampurkan arsiran, hatching arsiran biasa yaitu menggaris tipis kesatu sisi dan crosshatching, menyatukan dua arsiran dengan arah berbeda. Paduan ketiga arsiran ini dalam sebuah gambar akan menghasilkan efek berbeda. Ini terlihat pada arsiran yang dicontohkan Kak Aldi, bagaimana arsiran memberikan efek bayangan dan gelap.

Teknik mengarsir

Lalu kami sebagai peserta diminta mempraktikkan terhadap sebuah gambar yang sudah disediakan dengan menggunakan Goldfaber.


Peserta workshop

With Goldfaber 

Hasilnya



Faber-Castell Store, Toko dengan Konsep Butik
Oh ya acara ini berlangsung  di store Faber-Castell yang terletak di Plaza Senayan. Toko dengan konsep butik, sehingga memanjakan konsumen untuk melihat, mencoba dan bertanya mengenai produk-produk Faber-Castell. 
Toko dengan konsep butik

Diajari teknik mewarnai

Yap, pramuniaga di sini ramah dan memiliki pengetahuan cukup mengenai menggambar sehingga saat si kecil saya bertanya mengenai beragam pencil dan penggunaanya (karena dia suka menggamabar), mbanya menjelaskan dengan detail dan mempraktikkannya. Termasuk mempraktikkan beberapa trik mewarnai yang selama ini belum diketahui si sulung.

Tak terasa 2 jam sudah berlalu, gambar yang kami arsir sudah selesai. Acara ditutup dengan sesi foto bareng berikut hasil karya.


Emak - Emak Blogger dan hasil karyanya 

Dan senangnya semua peserta mendapat Goldfaber untuk di bawa ke rumah, eh selain itu ada juga nih hadiah untuk si kecil dan alat tulis lengkap.








13 komentar:

  1. Bagus dan sesuai banget ya mbak. Hingga puluhan tahun bertahan. Aku sudah pakai dari sd mbak... Tapi yang warna merah hehe

    BalasHapus
  2. suka deh sama gudibeknya hehe, alhamdulillah bs ikutan workshop jd senang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya goodiebagnya lengkap untuk anak2 dan mamanya hehe

      Hapus
  3. pramuniaganya sigap ya menerangkan pada customer... jd kita jg senang dpt informasi dan tentunya gak segan rogoh kocek utk beli

    BalasHapus
  4. Kemarin nyobain pensilnya lembut banget,seru lagi bisa mewarnai bareng-bareng

    BalasHapus
  5. Kualitas Faber-Castell oke banget ya. Yang kotak hijau bisa tahan sampai 100 tahun.

    BalasHapus
  6. mewarnai memang banyak manfaatnya agar fokus dan konsentrasi ya

    BalasHapus
  7. Wah.. ini hobi saya yang terputus sejak menikah.. melihat gambar dan tulisan Mbak, jadi pengen beli alat-alat gambar lagi.. 😊

    BalasHapus
  8. Waktu ada event di Jogja, aku dikasih banyak. Seneng banget deh sama faber castle.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...