Selasa, 27 Maret 2018

Tips Merencanakan Liburan Ulang Tahun Pernikahan

Bulan Agustus mendatang usia pernikahan saya tepat 12 tahun, kalau melihat angka rasanya tak terasa tapi kalau flask back, mengingat – ngingat kejadian masa lalu, kerasa manis pahitnya 12 tahun. Salah satu hal paling manis adalah kehadiran anak – anak melengkapi kebahagian. Salah satu masa pahitnya adalah saat cicilan KPR naik hampir 1 juta hehehe.

Kalau dibikin list bakal panjang tapi yang pahit tidak perlulah diingat – ingat cukup jadi pelajaran. Yang pasti rentang waktu 12 tahun membuat saya makin bersyukur pada banyak nikmat yang dianugrahkan Sang Pencipta.

Yang pasti seiring bertambahnya usia pernikahan, di mana anak – anak masih perlu didampingi,  waktu berduaan dengan suami sudah makin jarang. Kadang ingin bisa dua – duaan sekedar nonton ke bioskop. Kalau baca  artikel - artikel tentang   relationship after marriage memang disarankan membuat waktu berkualitas dengan suami/istri, tujuan tentu bukan sekedar nostalgia tapi mempererat komitmen, rasa saling sayang, kekompakan dan waktunya komptemplasi diri, saat waktu untuk berdua berkurang karena kesibukan pekerjaan dan mendampingi anak – anak, godaan akan mudah menyusup. Yang sudah menikah you know lah ya hehehe. Beragam godaan.

Terus kalau liburan berdua, anak – anak gimana donk? Disinilah pentingnya perencanaan.


Berikut tips liburan ulang tahun pernikahan ala saya
Memastikan orang yang terpercaya untuk menitipkan anak – anak.
Kalau saya memilih menitipkan anak – anak di Bandung tempat keluarga besar saya tinggal. Bukan kebetulan anak – anak setiap liburan pasti merengek minta liburan di rumah Kakek – Neneknya di Bandung. Keluarga di Bandung juga kalau long weekend atau liburan sekolah pasti bertanya kapan anak – anak ke Bandung. Anak – anak melepas kangen dengan nenek kakek, sepupu dan om - tantenya, saya dan suami liburan hehehe.

Menyusun initiary liburan sesuai budget
Jangan sampai habis liburan berduaan sampai rumah kantong kosong. Jadi kalau budget yang sudah kita kumpulkan cukupnya untuk liburan di dalam negeri dalam negeri saja. Jangan maksain dengan pinjam sana – sini.

Menyusun initiary liburan penting agar waktu liburan padat dan jelas kemana saja  kita saat di tempat wisata. Penting juga nih menari tahu jadwal acara/kegiatan yang ditawarkan tempat kita berlibur. Misal kalau mau snorkling biasanya mulai jam berapa, di mana areanya dsb.

Lamanya liburan
Maksimal seminggulah ya liburan tanpa anak – anak. Eh emang seminggu kuat? Biasanya 3 hari juga udah ga nahan pengen meluk anak – anak. Kalau saya mungkin akan memilih 2 malam jadi total 3 hari dengan perjalanan.

Buah tangan untuk anak – anak dan keluarga
Biar anak – anak senang belikan mereka buah tangan khas tempat wisata yang kita kunjungi.


Honeymoon ke Karimunjawa
Salah satu destinasi impian saya untuk berbulan madu adalah ke Karimunjawa karena suasananya sepi dan romantic. Pemandangannya indah dan banyak piihan aktivitas petualangan alam bebas.

Karimunjawa adalah area kepulauan serta taman nasional di Jawa Tengah dengan kekayaan alam yang indah terutama terumbu karangnya yang relatif masih utuh. Dari 27 pulau di kawasan ini hanya 5 yang berpenghuni.

Transportasi menuju Karimunjawa jika dari Jakarta dengan pesawat sampai Semarang. Dari Semarang melalui Pelabuhan Tanjung Emas untuk sampai ke Karimunjawa memakan 3 jam dengan harga tiket antara 60 – 80 ribu, tergantung kelasnya. Di Karimunjawa tidak tersedia angkutan umum jadi jika ingin berkeliling bisa memanfaatkan jasa motor sewaan yang tarifnya sekitar 50 ribu per 12 jam.

Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Karimunjawa?
  1. Berkeliling pulau
  2. Bersantai di pantai
  3. Menanti dan menikmati sunset dan sunrise
  4. Menjelajahi hutan bakau yang terletak di Pulau Kemujan.
  5. Snorkling untuk menikmati keindahan laut Karimunjawa. Tempat yang direkomendasikan tebing karang bawah air di pulau Sintok, reruntuhan kapal karam di Indonor dan pulau menyawakan.
  6. Wisata kuliner
  7. Menonton lumba – lumba, di rute antara pulau Cemara Kecil dan Pulau Menjangan Kecil.

Merencanakan liburan ulang tahun pernikahan dengan Traveloka

Liburan jaman now makin mudah dengan adanya aplikasi seperti Traveloka. Sudah saya rasakan kemudahannya saat liburan bareng keluarga. Bahkan untuk pesat tiket masuk area wisatapun saya biasanya pesan via traveloka. Bisa pilih hotel sesuai budget dan menghemat waktu karena tinggal buka aplikasi, pilih hotel dan booking.
Tapi kini ada paket pemesanan tiket + hotel, selain lebih mudah dan menghemat waktu, satu kali klik bisa pesan tiket dan hotel, juga lebih murah sebesar 20% jika tanpa kode promo. Jadi kalau memiliki kode promo potongan bisa lebih dari 20%. Wow banget ya, 20% selisihnya bisa buat kulineran atau oleh – oleh untuk anak – anak.


Pilihan hotel
Teman – teman bisa coba nih paket honeymoon atau perayaan ulang tahun pernikahan paket honeymoon Traveloka ke Karimunjawa. Selain ke Karimunjawa ada pilihan paket honeymoon ke Bali dan sebagainya. Bisa dicek di www.traveloka.com

2 komentar:

  1. ultah pernikahan saya ga pernah rayain, padahal perlu ya buat refresh hubungan :)

    BalasHapus
  2. Wah, serunya kalau merayakan ulang tahun pernikanahan ya. Jadi ingat pas berbulan madu. Sekarang mah kalau mau traveling ckup via aplikasi Traveloka aja :) Eh, boleh juga nih ada paket ke Karimunjawa. Bisa lebih terjangkau harganya kalo ambil paketan ya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...