Rabu, 22 November 2017

Basmi Nyamuk Bandel dengan HIT EXPERT

Nyamuk mudah hidup dan berkembang biak di daerah beriklim hangat seperti Indonesia, tak heran  gangguan nyamuk menjadi hal yang setiap hari dihadapi banyak keluarga di Indonesia, termasuk saya. Ditambah musim hujan yang bisa membuat genangan air untuk nyamuk berkembangbiak.  Saya kerap kali terganggu dengan rengekan si kecil saat tengah malam karena nyamuk? Saya sering. “Mama gatal! Mama gatal!“ Dia merengek dengan mata terpejam sementara kedua kedua tangannya menggaruk kaki dan tangan bergantian. “Gatal banget,” rengekannya berubah jadi tangisan kesal. Saya mengambil kayu putih dan mengoleskannya pada bekas gigitan nyamuk lalu mengusap – mengusap punggungnya supaya dia kembali tertidur.

Duh kenapa ada nyamuk lagi, bandel banget nih nyamuk,  padahal sebelum anak – anak tidur ruangan sudah disemprot dengan obat nyamuk lalu menutup rapat pintunya. Berharap nyamuk mati jadi kami bisa tidur dengan tenang dan lelap hingga pagi.

Kenyataannya, kejadian yang sama terulang, bangun malam karena gigitan atau dengungan suara nyamuk, mengusir nyamuk lalu tidur lagi, kadang tidak bisa tidur lagi karena rasa kantuk sudah hilang, akhirnya begadang, menjelang subuh ngantuk berat tapi harus menyiapkan sarapan anak – anak sekolah dan Ayahnya yang akan bekerja.  Alhasil pagi – pagi sakit kepala karena kurang tidur.  Pernah punya pengalaman sama? Kenapa ya, apa obat nyamuknya kurang ampuh atau terlalu sedikit nyemprotnya?

Alhamdulillah akhirnya saya menemukan jawaban dari kebingungan itu setelah mengikuti talkshow yang diadakan HIT bersama blogger minggu lalu.

HIT EXPERT

Jika malam terganggu karena nyamuk padahal sebelumnya ruangan sudah di semprot bukan berarti obat nyamuknya yang tidak ampuh, beberapa hal dibawah ini mungkin jadi menyebabnya;  

Pemakaian tidak tepat
Obat nyamuk disemprotkan pada ruangan tertutup dan kosong, tanpa kipas angin atau AC yang menyala,  jendela tertutup. Semprotkan ke seluruh ruangan, tinggalkan ruangan dan tutup pintu. Biarkan satu hingga dua jam, baru ruangan bisa digunakan. Diperkirakan setelah 1 hingga 2 jam, uap dari obat nyamuk sudah tidak memenuhi udara dalam ruangan sehingga aman dihirup.

Nah, kalau saat disemprot jendela terbuka dan pintu kemudian dibiarkan terbuka, nyamuk terbang ke luar, uap dari obat nyamuk pun akan keluar terbawa angin. Jadi pastikan saat menyemprot ruangan dengan obat nyamuk, ruangan tertutup agar obat nyamuk bekerja efektif.   

Nyamuk yang bersembunyi
Menurut Dr. Lula Kamal yang menjadi narasumber acara talkshow, nyamuk punya tempat – tempat favorit lho, tempat dia bersembunyi dengan aman  yaitu tempat gelap dan tidak terjangkau - nyamuk semacam bersembunyi kali ya hehehe - seperti  kolong tempat tidur, gorden, rak buku, pajangan  atau baju yang digantung.

ini dia tempat - tempat favorit nyamuk (sumber dari HIT)

Jadi sebelum  menyemprot kamar/ruangan dengan obat nyamuk, sebaiknya gorden dikibas –kibaskan dulu, tempat tidur di sapu dengan sapu lidi kasur, gantungan baju dikibaskan juga, kolong tempat tidur, setelah itu baru semprot ruangan.

Nah ini dia yang sering tidak saya lakukan, akibatnya nyamuk yang bersembunyi tidak kena semprotan obat nyamuk jadi begitu malam tiba mereka keluar dan menggigit kami yang tengah tidur.  
Waktu yang tepat menyemprot nyamuk
Saya biasanya menyemprot kamar dengan obat nyamuk sehabis magrib, karena setelah sholat magrib kami melakukan aktivitas (belajar dan mengaji atau sekedar ) di ruang tengah.

Menurut dr.Lula Kamal sebaiknya penyemprotan dilakukan juga saat menjelang siang karena ada jenis nyamuk yang justru aktif menggigit dan menularkan penyakit di siang hari yaitu nyamuk penyebab demam berdarah.

Pakai obat nyamuk yang expert, HIT EXPERT
Nyamuk bandel pake HIT EXPERT karena HIT EXPERT adalah produk revolusi dari HIT dengan 4 kelebihan yang tidak ditemukan pada obat nyamuk lain, yaitu;

Nyamuk bandel pake HIT EXPERT

  1. Formula baru dengan partikel lebih kecil yang disebut microparticle, sehingga dapat bertahan lebih lama di udara dan dapat membasmi nyamuk bandel dengan lebih baik.
  2. Teknologi double Nozzle, jangkauan semprotan lebih jauh, merata ke seluruh ruangan sehingga cukup menyemprot secukupnya  dan tidak boros.
  3. Kemasan baru yang premium dengan desain cap yang ergonomis, sehingga lebih nyaman ketika digenggam. Semprotan yang dihasilkan pun lebih halus.
  4. Tersedia dua pilihan wangi baru yang premium, yaitu sweet flower dan fresh citrus yang disukai keluarga.
HIT EXPERT

HIT EXPERT aman untuk kesehatan
Ada pertanyaan menarik yang dilontarkan salah satu peserta talkshow yaitu kenapa setelah disemprot nyamuk tidak semua mati, sebagian  hanya seperti pingsan,  terjatuh ke lantai tapi masih bergerak jadi perlu kita tepuk atau injak untuk mematikannya? Nyamuk yang seperti pingsan setelah ruangan disemprot mungkin nyamuk yang  bersembunyi.

Jika jangkauan obat nyamuk bisa mematikan hingga tempat nyamuk tersembunyi sangat mungkin zat aktif pada obat nyamuk tersebut sangat tinggi jadi  tidak aman untuk kesehatan.

Ini juga menjawab pertanyaan salah satu penanya, kenapa obat nyamuk tidak membuat kecoak mati padahal dilabelnya ada gambar kecoa. Ukuran kecoa sekian ribu ukuran nyamuk jadi tentu perlu dosis besar jika ingin mematikannya sekaligus. Yap, kecoa tidak mati disemprot obat nyamuk hanya mabuk  lalu terbalik. Karena terbalik lama akhirnya dia mati.

Selain itu, menurut Lula Kamal,  zat aktif pada HIT EXPERT adalah transflutrin, pestisida yang disebut golongan U yaitu unlikely to present acute hazard in normal use artinya tidak beracun selama digunakan dalam batas normal.

sesi tanya jawab

HIT EXPERT aman untuk kesehatan tapi bukan berarti boleh dihirup secara langsung dengan sengaja. Jika tertelan atau sengaja dihirup beracun jadi perhatikan hal berikut saat akan menyemprotkannya;

Tidak menyemprotnya saat ada orang dalam ruangan.
Tinggalkan ruangan setelah disemprot.
Tidak menyemprot dekat dengan minuman atau makanan.
Semprot secukupnya jangan berlebihan.

Fakta dan mitos seputar nyamuk
Nyamuk adalah serangga mematikan, fakta atau mitos?
Banyak yang tidak menyadari jika nyamuk adalah serangga mematikan.  Data dari World Health Organization 2016, menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia, penyakit yang ditularkan melalui nyamuk mencakup lebih dari 17% dari semua penyakit menular dan menyebabkan sekitar 725.000 orang meninggal dunia setiap tahunnya. Ini menunjukkan bahwa nyamuk adalah masalah kesehatan yag serius. Data dari kementrian kesehatan Inonesia, Incidence Rate (IR) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sebagai salah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk jumlah kasusnya meningkat. Tahun 2016 tercatat sebanyak 201885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.585 orang meninggal akibat penyakit yang dibawa nyamuk tersebut.

Seiring berubahan iklim, ukuran berevolusi, fakta atau mitos?
Faktanya, evolusi atau penyesuaian diri terhadap lingkungan dilakukan nyamuk seiring perubahan iklim. Nyamuk menjadi lebih sering berkembang biak (kawin) dan ukurannya menjadi semakin kecil. Ukuran lebih kecil bukan berarti daya gigit /menghisap darahnya berkurang, justru sebaliknya, dia mengisap darah lebih banyak agar ukurannya memenuhi syarat untuk bisa berkembang biak.

Setelah mengikuti talkshow ini saya makin paham menggunaan obat nyamuk yang tepat dan aman. Saya pun mulai menyemprot nyamuk di siang hari, agar tidak ada nyamuk penyebab DBD di rumah. Dan saya memilih HIT EXPERT selain karena 4 kelebihannya yang sudah dijelaskan di atas juga karena HIT EXPERT diproduksi PT. Godrej Indonesia, perusahan yang sudah memiliki pengalaman selama 18 tahun yang dilengkapi fasilitas Research & Development di Indonesia dan India. Fasilitas yang memberikan solusi terbaik untuk nyamuk bandel.

Cegah Perkembangbiakan nyamuk
Musim hujan, dimana nyamuk berkembang biak, karena nyamuk membutuhkan genangan air untuk menetaskan telurnya. Oh ya 1 ml air cukup lho untuk menetaskan telur nyamuk tak heran nyamuk mudah berkembang biak. Yuk cegah perkembangbiakan nyamuk dengan melakukan 3M  berikut ini;

Menguras dan menyikat penampungan air.
Menutup penampungan air.
Mengubur  barang bekas yang berpotensi membuat genangan air.

Pengalaman menggunakan HIT EXPERT 


Saya menggunakan HIT EXPERT yang aromanya sweet flower, sesuai saran dr. Lula Kamal saya menyemprotkannya juga siang hari, mengibas-ngibaskan gorden, kolong kasur dan gantungan bayu, sebelum menyemprotkan ke seluruh ruangan. 

siap - siap menyemprot kamar dengan HIT EXPERT

Akhirnya bisa tidur tanpa terganggu, bangun pagi dengan bugar.

Teman - teman sudah mencoba HIT EXPERT?


6 komentar:

  1. jadi makin paham tentang si kecil bandel ini deh. Fakta-faktanya mengejutkan yaa

    BalasHapus
  2. Mbak pas ketemu kupikir dirimu mbak Inna Riana mirip2 hehe.

    Iya ya kalau abis semprot ruangan baiknya ditutup dulu biar nyamuknya mati dulu yg di dalam TFS :D

    BalasHapus
  3. aku juga selalu pake HIT expert..

    BalasHapus
  4. Kebetulan banget mau belanja bulanan, pasti stock obat nyamuk musim hujan gini. Mau coba pakai hit expert ah :D

    BalasHapus
  5. Di kampung pakis banyak nyamuk teh, di rumah aku lebih tepatnya mah, mamah sama bapak aku saranin pake hit sekarang

    BalasHapus
  6. Aku sudah mencoba HIT Expert yang citrua mbak. Biasanya di rumah juga pakai HIT. Sekarang malah lebih enak ada HIT Expert ya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...