Rabu, 14 Juni 2017

Ayam Panggang Madu So Good

Puasa tinggal beberapa hari lagi, untuk menu sahur tetap saya pilih menu yang praktis-praktis tapi menggugah selera, salah satunya olahan ayam. Siapa yang tidak suka dengan olahan ayam walaupun kadang saya suka dibuat galau saat akan memasaknya. Di opor, Pak suami menolak karena bersantan. Di buat soto,  si kecil KAE  tidak suka. Di buat sayur sop, saya kurang suka. Diungkep bumbu kuning lalu di goreng, paling sering karena olahan ini jadi favorit kami sekeluarga tapi masalahnya Pak suami sedang mengurangi makan makanan yang digoreng sekalian diet. Pilihannya jatuh dengan mencoba ayam panggang.

Ayam Panggung Madu tabur rosemary


Modifikasi Ayam Panggang Madu
Beberapa resep ayam panggang sudah saya coba. Nah di resep kali ini saya mencoba Ayam panggang madu. Ada yang pernah nyoba? Tapi saya bikin dengan sedikit modifikasi, pake perasan lemon biar agak asem segar dan taburan daun rosemary (beberapa orang menyebutnya rosmarin), membuatnya lebih wangi. Tapi pemakaian rosemary ini optional, jika tidak ada tidak menggunakan juga tidak apa-apa.


Bukan kebetulan saya menanam beberapa bumbu dapur di halaman belakang. Bumbu dapur yang sedikit dibutuhkan tapi jarang dijual di warung, seperti daun kunyit, daun kencur, rosemary, daun jeruk dan jeruk purut. Kalau saya baca-baca di tips resep, jika memakai taburan rosemary pakenya harus dikit  karena sedikitpun sudah memberi wangi yang tajam. Kalau tidak ada rosemary bisa diganti daun oregano kering yang banyak di jual di hypermarket. 

Kenapa Memilih Ayam Potong So Good?
Ayam panggang madu ini saya buat dari ayam potong So Good karena sangat praktis, tinggal olah, tak perlu dipotong dan dicuci. Dan yang pasti ayam potong So Good dipotong secara halal. Dibekukan dengan sempurna dengan teknologi IQF (individual quick frozen) dengan mengunci 4 kualitas ayam segar yaitu SEGAR, GIZI, RASA dan BERSIH.

Ayam potong So Good berasal dari bibit ayam pilihan yang dipelihara dengan baik di peternakan modern. Ayam So Good tumbuh sehat tanpa suntikan hormon.

Tips mengolah ayam potong So Good yang beku
Ayam potong So Good kita peroleh dalam bentuk beku maka sebelum diolah harus dikembalikan dalam suhu ruang di mana keadaan ayam tidak beku. Ada 3 cara untuk mendefrost ayam potong So Good;

  1. Simpan dalam chiller selama 6-4 jam, jika cara ini terlalu lama coba cari kedua.
  2. Bungkus rapat ayam potong So Good dengan plastic (jangan buka kemasan), rendam dalam air selama kurang lebih 1 jam.
  3. Simpan dalam suhu ruang selama kurang lebih 4 jam, lalu defrost dengan microwave.
Sebelum diolah,  untuk menghilangkan lemak dan darah ayam yang membeku, saya kukus dulu selama 15 menit.  Untuk pemanggangan bisa dioven atau di  wajan anti lengket. Jika di wajan anti lengket, permukaan wajan di olesi mentega dulu.

Saya memanggang menggunakan oven di mangkuk tahan panas.

Oh ya ayam panggang ini mudah cara membuatnya bahkan yang mengaku tidak bisa masak pun, bisa membuat olahan ayam ini.

Untuk kepraktisan biasanya saya maserasi ayam ini malam sebelum tidur jadi begitu sahur tinggal dipanggang.

Berikut resep dan cara membuatnya;

Bahan
Ayam potong So Good 450 gram (5 potong)
2 siung bawang putih, parut
satu ruas jari jahe, parut
satu sendok makam saos tiram
½ sdt merica
½ sdt garam
1 sdm saos tiram
3 sdm kecap manis
1 sdm madu
1 sdm perasan jeruk lemon
rosemary cincing sedikit
1 siung bawang Bombay ukuran kecil, iris tipis
Air 100 ml

Bahan yang dibutuhkan

Cara Membuat
Buat bumbu maserasi; campurkan  saos tiram, kecap, parutan jahe dan bawang putih, merica dan garam. Aduk rata.

Lumuri ayam yang sudah dikukus dengan bumbu maserasi. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama satu jam. Lebih baik jika didiamkan selama semalam jadi bumbu meresap. Jadi ayam dimaserasi malam, sahur tinggal dipanggang.

ayam potong So Good siang panggang

Keluarkan ayam yang sudah dimaserasi masukkan ke dalam wajan, tambahkan air, ungkep sampai air habis dengan api kecil. Koreksi rasa dengan cara mencicipinya. Untuk yang suka merica banyak, bisa ditambah merica. Tempatkan ayam dalam mangkuk tahan panas, lumuri dengan madu dan air jeruk lemon. Taburkan bawang Bombay dan daun rosemary cincang. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit dengan suhu 150. Bisa juga di panggang di atas wajan anti lengket, jangan lupa olesi wajan dengan mentega. 

Hidangkan selagi hangat dengan pelengkap sambal, sayur atau lalapan.

Dinikmati dengan sambal dan lalap


Punya resep kreasi So Good juga? Yuk di share



6 komentar:

  1. Keliatannya enak bener nih Mak Rina. Aku juga baru mau dimasak ayamnya tapi masih bingung masak apa hehehe..

    BalasHapus
  2. wuih... sedapnya ayam bakarnya :) dicocol sambel tambah nikmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanpa sambal kurang lengkap hehehe

      Hapus
  3. Wuah enak aku jg suka ayam panggang

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...