Sabtu, 04 Maret 2017

Wisata dan Belanja bersama Honestbee dan Kriya Indonesia di Museum Tekstil Jakarta

Menghabiskan akhir pekan di mall bagi sebagian besar masyarakat urban  dinilai pilihan ‘wisata’ paling efektif dan efisien  karena bisa dilakukan sambil berbelanja dan kuliner. Tak heran jika mall selalu penuh terutama pada tanggal – tanggal setelah gajian.  Walaupun adakalanya bosan ngemall terlebih seiring usia anak-anak, play ground sudah tidak lagi menarik minat mereka, acara ke mall tetap menjadi agenda rutin keluarga muda masyarakat urban setiap bulan  dengan alasan belanja bulanan.

Padahal  bisa lho tetap belanja bulanan tanpa ke mall, jadi waktu ke mall bisa diganti dengan berwisata ke tempat lain, jadi setiap bulan bisa mengunjungi tempat wisata dalam kota berbeda. Wisata yang tentunya   membuka wawasan baru untuk kita dan anak-anak. Seperti misalnya mengajak anak-anak menjelajah museum.  Mengunjungi museum secara tidak langsung membuat kita belajar sejarah dan budaya bangsa.




Tapi bagaimana caranya wisata sambil berbelanja bulanan? Belanja melalui  Honestbee saja. Honestbee merupakan layanan belanja dan pengiriman on demand untuk kebutuhan sehari hari berbasis online. Minggu lalu saya dan beberapa teman blogger mencoba berbelanja sambil wisata  ke Museum Tekstil. Mau tahu cerita lengkapnya? Yuk lanjutkan membaca.

Ini kunjungan pertama saya ke Museum Tekstil. Saya langsung terpesona begitu melihat gedungnya yang klasik dan tua (namun terawat). Dan memang ternyata gedung ini dibangun pada akhir abad 19. Jadi bisa ditebak berapa umur gedung ini. Nilai sejarahnya tidak perlu diragukan lagi. 


Setelah registrasi kami dipersilahkan duduk dan mulai berbelanja di aplikasi Honestbee yang sudah diunduh di smartphone. Baru datang sudah diminta belanja dengan voucher yang dibagikan? Gimana tidak membuat hati senang. Belanjaan yang kita pesan akan dikirim siang nanti ke museum. Enaknya belanja via honestbee, pesanan dapat diantar pada tempat dan jam yang kita tentukan. Sebagian teman-teman ada yang memilih menunda belanja hingga sampai rumah. Selesai bertransaksi online, Mba Astri Damayanti sebagai founder dan penggagas komunitas Kriya Indonesia. membuka acara, dilanjutkan dengan sambutan dari pihak museum tekstil yang diwakili miss Ari yang memaparkan sejarah singkat mengenai Museum Tekstil dan koleksinya.



Museum Tekstil didirikan dengan visi sebagai salah satu tujuan wisata edukasi pertekstilan bagi masyarakat umum adapun misinya pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan budaya tekstil tradisional dan mengangkat citra apresiasi warisan budaya kain tradisional Indonesia. Melakukan pameran, penyuluhan, pelatihan, workhop dan edukasi kultural.

Sejarah Singkat dan Koleksi Museum Tekstil
Museum tekstil memiliki 2350 koleksi yang terdiri dari 886 kain batik, 819 kain tenun, 425 campuran, 70 koleksi peralatan, 150 koleksi busana dan tekstil kontemporer.

Museum Tekstil Jakarta memiliki 2 gedung pameran utama yaitu gedung pameran tetap dan gedung pameran tidak tetap atau komtemporer. Gedung pameran kontemporer menempati gedung utama. Gedung Museum Tekstil awalnya merupakan rumah tinggal warga berkebangsaan Perancis yang dibangun pada akhir abda 19. Lalu dibeli oleh konsul Turki bernama Abdul Aziz Al Mussawi Al Katiri. Tahun 1942 dibeli oleh warga Belanda Dr. Karel Christian Cruq. Lalu pada masa kemerdekaan tahun 1945, digunakan sebagai Markas Pemuda Barisan Pelopor dan Barisan Keamanan Rakyat (BKR). Pada tahun 1947 dibeli oleh warga Cina Lie Sion Pin dan tahun 1952 dibeli oleh Departemen Sosial RI dan diserahkan pada Pemda DKI sebagai Museum Tekstil Jakarta dan diresmikan pada tanggal 28 Juni 1976 oleh Ibu Tien Soeharto.

Saat ini museum Tekstil dikelola dibawah pengelolaan UP. Museum Seni Rupa Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Ruang pameran tetap terdapat di gedung sebelahnya yang merupakan Galeri Batik. Galeri batik diresmikan pada 2 Oktober 2010 dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kain batik. Galeri ini dikelola oleh Yayasan Batik Indonesia dan berisi bebagai macam koleksi batik yang terdapat di Indonesia  seperti batik Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Selain kain batik, dipamerkan juga bereagam peralatan membatik, pewarna alami batik dan interior bermotif batik seperti furniture.



Fasilitas yang ada di Museum  Tekstil meliputi; gedung pameran, galeri batik, pendopo batik, ruang pengenalan wastra, ruang perawatan kain, perpustakaan, mushola, gazebo, mini theater, shouvenir shop, galeri shop, taman pewarnaan alam dan taman serat.

Jam Buka & Harga Tiket 

Museum ini Buka dari hari Selasa sampai Minggu dari jam 09.00-15.00. untuk hari Senin & hari libur besar museum ini tutup. 
Harga tiket: Dewasa: Rp. 5.000 Mahasiswa: Rp. 3.000 Anak-Anak: Rp. 2.000 
Untuk rombongan Min. 20 orang : Dewasa: Rp. 3.750 Mahasiswa: Rp. 2.250  Anak-Anak: Rp. 1.500 
Untuk kursus Batik: Turis Lokal: Rp. 40.000 Turis Asing: Rp. 75.000

Pameran Batik Pesisir

Saat ini hingga pertengahan Maret 2017 di Museum Tekstil sedang berlangsung pameran Batik Pesisir. Ada puluhan batik pesisir dari berbagai daerah yang dipamerkan. Batik Pesisir adalah batik yang berasal dari daerah pesisir pantai Indonesia. Batik pesisir memilik kekhasan dalam hal warna cerah dan motif yang terinspirasi dari laut. Awalnya batik pesisir dibuat para istri nelayan sambil menunggu para suami dari laut.



Kami berkeliling museum dan menikmati    dipandu Fanni, mahasiswi yang tengah magang di Museum Tekstil, kemampuan bahasa Indonesianya yang cukup fasih dan pengetahuan seputar batiknya yang luas membuka wawasan kami mengenai keanekaragaman batik Nusantara. Sebagai orang Indonesia saya sedikit malu karena pengetahuan saya mengenai budaya dan seni batik sangat minim.
Oh ya batik sudah resmi dijadikan warisan budaya tak benda asli Indonesia oleh UNESCO .







Demo masak bersama Resep Dapur Ayah
Mas Junjun dari ResepDapurAyah berbagi resep, trik dan tip memasak resep Ayam rica-rica dan puding sarikaya. Semua peserta mencicipi hasil masakannya lho karena mas Junjun memasak dalam jumlah besar. ehm, yummy banget. Nah yang mau coba resep lain dari mas Junjun bisa follow IGnya @resepdapurayah. Resep ini pun bisa dilihat di IG nya.

Mas Junjun dari ResepDapurAyah

Ayam rica-rica

Puding Sarikaya 


Berbelanja melalui Honestbee
Honestbee merupakan layanan belanja dan pengiriman on demand untuk kebutuhan sehari hari berbasis online terkemuka asal Singapura. Diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 25 Januari 2017 di Jakarta. Saat ini Honestbee bermitra dengan Transmart Carefour yang merupakan ritel terbesar di Indonesia. Selanjutnya Honestbee akan bekerjasama dengan beberapa ritel besar lainnya di Indonesia.

Honestbee mulai beroperasi di kota kota besar di seluruh negara Asia sejak 2015. Saat ini layanan Honestbee telah dinikmati di Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang, Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Honestbee menghadirkan asisten belanja profesional untuk setiap pesanan konsumen. Setiap asisten belanja Honestbee telah dilatih secara profesional bersama dengan staf Transmart Carrefour untuk memilih bahan makanan dengan kualitas terbaik dari segi kesegaran dan mutu produk. Jadi jika ada pesanan yang tidak tersedia maka asisten belanja akan langsung menelpon dan sms untuk memberitahukan juga memberikan saran barang pengganti.

Honestbee akan menerima order konsumen dan berbelanja di 17 outlate Transmart Carrefour terdekat dengan pengiriman. Sehingga waktu kirim tercepat bisa hanya 1 jam saja dari waktu order. Konsumen juga bisa memesan untuk pengiriman hingga tujuh hari kemudian. Dalam aplikasi Honestbee kita bisa memiliki waktu pengiriman yang diinginkan.

Honestbee berkomitmen untuk membantu toko offline seperti Transmart Carrefour dan toko khusus lainnya di Jakarta untuk dapat diakses secara online melalui situs dan aplikasi. Dengan demikian waktu belanja pelanggan bisa dihemat.

Semua produk yang ada di Transmart Carrefour tersedia juga di Honestbee dengan harga yang sama. Konsumen bisa memilih berdasarkan kelompok barang. Untuk memudahkan belanja, Honestbee juga menyediakan sarana riwayat belanja. Jadi konsumen bisa mengulang jenis belanjaan yang mereka beli sebelumnya.

Jadi dengan berbelanja melalui Honestbee kita  tidak perlu lagi membuang waktu berjam jam di perjalanan dari rumah menuju tempat belanja. Waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk wisata atau berkumpul bersama keluarga dan shopper Honestbee akan mengantarkan barang yang dipesan hingga ke depan pintu rumah.

Bagaimana cara berbelanja dengan Honestbee? download aplikasinya di smartphone, daftar lalu mulai belanja. setelah cek out masukan alamat pengiriman dan nomor telepon, jam pengiriman lalu lakukan pembayaran. semudah itu!


4 langkah mudah berbelanja dengan Honestbee


Keseruan acaranya bisa juga dilihat di sini https://youtu.be/5aXRMb5PQwg





4 komentar:

  1. Cocok bgt nih buat yg males ngemall ky saya :D

    BalasHapus
  2. Asik tu jalan-jalan ke museum sambil wisata belanja

    BalasHapus
  3. saya juga udah belanja lewat honestbeee :)

    BalasHapus
  4. Wah tiketnya masuknya murah ya. Sekarang museum2 kreatif membuat kegiatan.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...