Kamis, 23 Maret 2017

Manfaat Menggunakan Bantal Menyusui

Momen menyenangkan dari seorang Mama itu adalah saat menyusui si kecil. Pasti semua Mama memiliki kesan mendalam. Saat mata kita beradu dengan mata si kecil, rasanya nyess….bahagia banget. Tidak heran jika banyak Ibu stress dan feeling quilty saat ASI nya keluar sedikit (walaupun tahu teorinya kalau ASI yang keluar disesuaikan dengan kebutahan anak – tetap saja ya kayaknya yang ASI nya melimpah yang bagus – mungkin karena anak pertama, masih takut ini itu). Saya mengalami masa-masa itu, masa merasa jadi mama tidak berguna. Untunglah bisa melaluinya tanpa stress berkepanjangan, semua berkat dukungan keluarga terutama Suami dan Ibu saya.

Salah satu hal yang bisa mengurangi rasa stress karena ASI tidak keluar banyak (padahal cukup untuk si kecil) atau kelelahan karena begadang harus menyusui terus, adalah dengan membuat posisi nyaman saat menyusui dan rileks.

Rasa nyaman saat menyusui ini penting lho, karena berpengaruh pada kenyamanan si kecil. Kadang posisi nyaman ini sukar di dapat jika menyusui di kendaraan, atau kursi tanpa sandaran, jadi agar bisa nyaman saat menyusui di mana saja, bisa menggunakan bantal menyusui sebagai pengganjal.

foto dari www.bukalapak.com


Berikut manfaat menggunakan bantal ibu menyusui;

Membantu menemukan posisi nyaman saat menyusui,
Dengan menggunakan bantal untuk menyusui ini membantu mencari posisi ternyaman   saat menyusui untuk Mama dan si kecil. Posisi nyaman dalam menyusui membuat Ibu dan si kecil, bisa lebih banyak menikmati momen menyusui, dan tentunya bonding yang terbentuk lebih kuat.

Penopang tubuh dan mengurangi rasa pegal,
Rasa nyaman membuat tubuh tidak pegal saat penopang tubuh si kecil, begitupun punggung dan pundak Mama.  

Rasa nyaman membuat rileks dan ASI bisa keluar lancar,
Jika merasa nyaman saat menyusui maka ASI yang dihasilkan pun akan lebih lancar keluar dan berkualitas .

Bisa dibawa kemana saja,
Batal menyusui karena ukurannya kecil dan ringan, praktis dibawa kemana saja. Terutama jika bepergiannya, sebaiknya selalu dibawa karena kita tidak selalu menemukan tempat nyaman untuk menyusui.

Sandaran baik untuk bayi,
Menggunakan bantal ibu menyusui tidak hanya akan memberikan kenyamanan untuk diri Mama tetapi akan tetapi juga membuat si kecil nyaman karena berfungsi sebagai sandarannya.  

Tips memilih bantal bayi
Pilih yang bahannya nyaman, tidak panas. Lembut dan memiliki daya lentur bagus, hingga saat saat ditiduri kepala si kecil tidak mblesek, tidak juga terlalu keras.

Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepala si kecil dan pas saat disangga Mama.

untuk warna sesuaikan dengan selera, bagusnya warna dan gambar cerah karena katanya warna cerah menimbulkan aura positif.  

2 komentar:

  1. saya baru tahu ada bantal menyusui. Maklum udah lama banget gak menyusui hehe... dulu kalo menyusui palingan pake bantal tidur biasa :)

    BalasHapus
  2. dulu ga kepikiran beli bantal menyusui :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...