Kamis, 29 Desember 2016

Gunung Panjang Ciseeng Bogor

Kunjungan pertama kami ke pemandian air panas di Ciseeng Bogor sekitar 2 tahun lalu. Begitu sampai di sana sempat bingung karena ternyata ada dua tempat pemandian air panas yang letaknya berhadapan. Satu nampak besar dan dikelola dengan baik, tertulis dengan apik Tirta Sanita, satunya nampak tidak jelas karena hanya bertuliskan spanduk lusuh dengan pintu masuk ala kadarnya, tapi saya lihat banyak juga orang berduyun-duyun ke sana.

Lalu saya bertanya ke tukang parkir. Dia merekomendasikan kolam air panas Tirta Sanita    katanya cocok anak-anak, ada kolam khusus anak dan banyak permainan. Jadilah kami memilih yang direkomendasikan tukang parkir, Tirta Sanita.

saat ke Ciseeng dua tahun lalu 
Namun tetap penyimpan rasa penasaran dengan kolam pemandian di depannya. Rasa penasaran kami terbayar tuntas saat minggu lalu, akhirnya kami ke kolam air panas itu, tertulis di spanduk namanya Kolam Air Panas Gunung Panjang Ciseeng Bogor. Walaupun masuk daerah administarsi Bogor tapi jauh dari Bogor, patokannya Parung. 


Sebelum masuk kami search dulu di google seperti apa sih dalamnya.
“Wah bagus nih kayaknya,” kata saya.

Terletak di atas bukit kapur, jalan untuk mencapainya agak terjal, terlihat tinggi tapi ternyata tidak terlalu tinggi. Kami sampai di sana saat hari masih pagi jadi pengunjung belum ramai. Dan taraaaa…memang ada spot sebagus yang saya lihat fotonya di Google - instagramable bangetlah pokoknya - tapi secara keseluruhan bagi saya kurang memuskan karena kurang terawat dengan fasilitas seadanya. Sangat disayangkan potensi alam sebagus ini belum dikelola secara baik.

Tapi karena sudah membayar tiket masuk dan bayar, mari berendam, abaikan ceceran sampah (walaupun sebenarnya membuat tidak nyaman).




Dan ini lho spot paling ngehits di Gunung Panjang ;

KAE main pasir belerang 


kekinian :)
Air belerang
Kolam-kolam air panas disini terbentuk secara alami oleh alam. Sumber air panas yang keluar membentuk ceruk, kolam dan celah untuk mengalir meninggalkan jejak sulfur yang mengeras.  Secara keseluruhan tempatnya tidak terlalu luas. Jadi jika kemari, sebaiknya sangat pagi saat pengunjung masih sedikit jadi bisa nyaman dan leluasa berendam.

Kebanyakan orang yang kemari bukan sekedar jalan-jalan berendam air panas tapi merasakan manfaat dari air sulfurnya. Yap, air di sini yang berasal langsung dari mataairnya mengandung belerang. dan seperti umum diketahui air belerang alami sangat baik untuk kesehatan kulit. Bisa menyembuhkan keluhan gatal dan penyakit kulit lainnya, hal tersebut karena air belerang bersifat antiseptik.

Tujuan kami kemaripun salah satunya karena keluhan bintik-bintik gatal di kaki si sulung. Kaka memang memiliki riwayat alergi debu yang menyebabkan gatal di kulit berupa ruam atau bintik merah (saat balita sempat tes alergi) namun sudah lama tidak kambuh,  baru-baru ini kambuh lagi.
Oh ya selain untuk kesehatan kulit berendam di air panas yang mengandung belerang dapat memperlancar peredaran darah dan mengurangi keluhan nyeri seputar tulang dan sendi.   

father and daughter

Fasilitas seadanya
Tidak seperti Tirta Sanita yang sudah dikelola dengan baik (namun banyak pengunjung yang masih banyak sampah sembarangan) di Gunung Panjang ini serba alakadarnya begitu pun tempat membilasnya. Saya memilih membilas di toilet umum bawah, samping gerbang masuk.

jajan sehabis berendam


Oh ya masuk ke sini bayar 10 ribu rupiah perorang sampai di kolam renang atas ternyata diminta bayar lagi sebesar lima ribu. Heran juga kenapa tidak sekalian? Tapi mungkin beginilah kalau dikelola alakadarnya. Semoga ke depannya potensi wisata alam ini dikelola secara professional agar nyaman untuk pengunjung dan makin banyak pengunjung yang datang.

10 komentar:

  1. Jadi pengen ke sana nih Mbak Rina aku.

    BalasHapus
  2. Habis mandi biasanya pakaian bau belerang ya, mbak?
    Apakah setelah dicuci, baunya pergi?

    Foto pertamanya, keren banget, sukaaaa...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah bilas ga bau belerang lagi mba

      Hapus
  3. bagus..buat kesehatan kulit ya mba... kalo ada alergi ..gatel2.. bisa mandi senang-senang disini terus sembuh..he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau untuk menyembuhkan sakit kulit harus rutin mba

      Hapus
  4. Dulu kakak pernah tinggal di Ciseeng, tp ngga pernah mampir ke sini. Diajaknya malah ke pasar parung hahaa.

    Kolamnya asik bgt ya, kayak ala2 kolam renang infinity ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kolamnya unik karena terbentuk secara alami

      Hapus
  5. aku belum menjelajah ke arah parung bogor. udah males sama macetnya duluan hihi.
    kapan2 mau ke sana ah. mudah2an sudah dikelola dgn baik

    BalasHapus
  6. Wah sayang ya, padahalnya tempatnya bagus. Semoga nantinya ada pengelolaan yang lebih baik.

    BalasHapus
  7. Kolam belerangnya kekinian banget ya mba hehe..dan pemandangan dari atasnya cakep memang

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...