Jumat, 22 Juli 2016

Cara Menanam dan Merawat Anggrek Tanah

Anggrek Gimstory salah satu jenis anggrek tanah
“Menanam dan merawat anggrek itu susah. Harus telaten.” Sering dengar ungkapan itu? Nah saya baru tahu ilmunya kemarin setelah ngobrol sama mantan petani anggrek dendrodium. Kata dia bukan susah tapi harus tahu ilmunya. seperti anggrek itu tidak boleh terkena cahaya matahari sepanjang hari. Lebih aman anggrek di simpan di tempat teduh di bawah pohon atau diatapi paranet. Karena media tanam anggrek cenderung lembab, maka mudah ditumbuhi jamur dna fungi. Jadi harus di kasih anti jamur dan fungi. Harus juga diberi pupuk jika ingin cepat tumbuh dan berbunga. Kalau tanpa pupuk anggrek bisa setengah tahun baru berbunga. Saya manggut-manggut.

Kalau mau serius lagi, pemupukan harus tiga macam, masa pertumbuhan, mempercepat bunga dan bertunas. Jadi setiap usia anggrek beda pupuknya. Biasanya begitu Bu, kalau para kolektor anggrek. Ehm, saya jadi inget pepatah, ada kualitas ada harga. Makanya bunga anggrek cenderung agak mahal ya. dan kalau mau menikmatinya bunganya yang indah (bunga anggrek cenderung awet di pohonnya dan tidak layu), harus dirawat.

Anggrek Tanah

Tapi ternyata tidak semua jenis anggrek perlu cahaya adem. bahkan sebaliknya anggrek ini harus terpapar sinar matahari sepanjang hari. Tidak mudah kena jamur dan fungi. Tidak mudah busuk dan tahan hingga dua minggu dalam keadaan tanpa media. Ini jenis anggrek tanah.


anggrek hemastory
Dinamai anggrek tanah karena anggrek ini bisa ditanam dipermukaan tanah, berkebalikan dengan anggrek lain yang harus dengan media tanam sabut, agar pakis atau kailandra (potongan ranting-bisa di beli di toko tanaman).

Karena perawatannya mudah, anggrek tanah adalah jenis anggrek yang paling banyak dibudidayakan dan dijadikan bunga potong untuk beragam keperluan, sebagai dekorasi rumah atau pesta pernikahan. Salah satunya anggrek vanda douglas. Kalau teman-teman follow media sosial saya pasti sudah tahu *malah bosan* liat foto anggrek vanda douglas  karena sering di posting hehehe.

anggrek vanda douglas 
Eit, tapi anggrek tanah ini banyak jenisnya lho diantaranya  keluarga anggrek Renanthera yang terdiri dari beberapa jenis yaitu yang dikenal nama dagang;  anggrek emastory, anggrek gimstory dan anggrek magiwi. Anggrek magiwi atau anggrek kepiting.
                                                                                   
Cara menanam dan merawat
Cara menanam dan merawat anggrek tanah – apapun jenisnya, sebagai berikut;

Anggrek jenis ini tumbuh meninggi dan akar akan tumbuh pada batangnya. Batang yang berakar inilah yang dijadikan bibit.  Dimana bisa beli bibitnya? Bisa cek di sini  *promosi* . Mau gratisan? Bisa banget, jika teman-teman main ke rumah saya hehehe *serius*.

1. Letakkan secara vertikal anggrek bibit di atas permukaan tanah atau permukaan seperti ini;


Yap, anggrek ini bisa tetap tumbuh ditanam di atas permukaan bukan tanah asal  ada sabut kelapa. Sabut kepala diletakkan diatas  menempel dipermukaan bawah batang anggrek. Sabut kelapa akan habis dalam waktu enam bulan atau setahun, tergantung banyaknya anggrek.




Posisi menanam harus berdiri jadi sangga- ikat bibit anggrek dengan kawat atau bambu. Khusus untuk anggrek vanda douglas, jika  posisi tidak berdiri akan mati.


2. Jika anggrek akan ditanam dalam pot media tanam yang digunakan cukup sabut kelapa (tanpa tanah). Karena anggrek tanah tumbuh meninggi sebaiknya gunakan pot ukuran besar, dengan jumlah bibit yang ditanam disesuaikan.




3. Tanam atau tempatkan pot ditempat yang terkena matahari sepanjang hari.
Siram sehari dua kali, jika musim hujan tidak perlu di siram atau siram sehari sekali.
Anggrek bibit yang baru ditanam akan mengalami stres, berupa batang dan daun yang memerah (pada anggrek vanda douglas), sedangkan pada keluarga anggrek Renantera stress ditandai dengan menguningnya daun.  Tetap lakukan penyiraman seperti biasa agar tidak mati. Stres ini akan berlangsung selama kurang lebih 5 bulan.


Pada masa stress apa akan berbunga?
Iya anggrek akan tetap berbunga pada masa ini karena bibit dari steak, anggrek membawa bakal bunga dari induknya. setelah berbunga sekali atau dua kali, anggrek akan berhenti berbunga selama masa stress. setelah masa stress dilalui baru dia akan berbungan kembali.

Kiat agar sering berbunga
Jika anggrek sudah berbunga dan semua bunga ditangkainya layu segera petik tangkainya dari ujung tangkai agar terpancing tumbuh tunas bunga baru.

4. Jika sudah tumbuh akar baru, beri bubuk kandang ayam (pupuk bisa dibeli di toko pertanian atau tanaman hias). Pemupukan dilakukan tiga atau enam bulan sekali. Jangan lakukan pemupukan (penambahan bubuk kandang ayam) pada bibit yang baru ditanam karena bibit malah akan mati.
Setelah anggrek dipupuk lakukan penyiraman seperti biasa. Jika tidak disiram anggrek akan mati karena proses pemupukan membuat anggrek 'panas'. Begitu istilah petani di sini.


Dengan perawatan yang baik (disiram, kena sinar matahari dan diberi pupuk) anggrek akan rajin berbunga - umumnya perdua minggu berbunga. Bunganya cukup tanah lama di pohon.

Catatan untuk penanaman dipot.
Batang akan meninggi dan keluar akar, lakukan regenerasi jika batang sudah tinggi sekali dan akar banyak. Regenerasi dilakukan dengan cara potong batang yang bagian atas, tanam di pot baru.

Jika dijadikan bunga potong.
Anggrek ditempatkan dalam vas berisi air, tapi air jangan terlalu banyak cukup setinggi 2 cm.

Selamat mencoba menanam anggrek tanah, temans...


*semua foto, koleksi pribadi

5 komentar:

  1. Hihi...saya belum bisa nanam anggrek Mbak..iya kata orang susah. Tapi mungkin tergantung tangan juga kali Mbak..harus penuh kelembutan dan kasih sayang..xixixi

    BalasHapus
  2. Wahhhh..... aku mau.. mba.
    Beli bibitnya mahal gak si, Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terjangkau bu, coba klik disini
      https://www.tokopedia.com/diawan

      Hapus
  3. ooh pakai sabut kelapa ya , ada yg bilang pake arang mba

    BalasHapus
  4. Menanam anggrek ini sulit-sulit mudah, perawatannya bener-bener harus telaten bahasa jawanya... alias teliti

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...