Kamis, 07 April 2016

Alasan Saya Datang ke Acara Blogger

Bagi saya acara atau event blogger itu seperti memiliki magnet tersendiri, membuat  ingin datang.  Alasannya ya  pengen tahu aja acaranya seperti apa dan pengen tahu Jakarta. Iya kadang alasan datang ke event karena pengen tahu tempat dan jalan yang dilalui. Maklumlah ya wong ndeso yang merantau di Ibukota, walaupun ber-ktp Jakarta hampir 10 tahun, tidak tahu jalan-jalan di Jakarta apalagi jurusan metromini karena   saya tidak pernah benar-benar tinggal di Jakarta, cuma nebeng alamat rumah mertua (entah kenapa suami keukeuh tetap berktp Jakarta).

Tapi karena kondisi tidak selalu memungkinkan untuk datang ke acara blogger, jadi  pilih-pilih dan disesuaikan dengan kondisi. Kondisi mood, keuangan alias ongkos, rute transportasi massal (busway atau kereta) untuk ke tempat acara mudah – jaga-jaga kalau tidak dianter pak suami.

Narsis seusai acara blogger  ;p

Saya jarang (sangat) datang ke acara blogger yang di adakan  di hari kerja karena tidak ada yang menjaga anak-anak. Weekend pun tidak selalu, menunggu ijin dan kesepakatan dengan pak suami, mau nganter atau dititipi anak-anak, tidak? 

Bulan lalu datang ke acara blogger yang diadakan di AEON Mall. Pengumumannya saya dapat dari IG. Langsung deh reservasi dengan pertimbangan acara hari sabtu dan Mallnya deket, bisa naik gojek. Gak deket-deket amat sih tapi sekota dengan tempat saya tinggal, Tangsel. Niat yang tertersit waktu reservasi, hanya pengen ngeMall ke AEON hahaha karena terakhir ke sana tahun lalu, waktu awal-awal buka. Tidak niat belanja-belanji cuma pengen cuci mata dan cari inspirasi *gayanya*.

Eh, kebetulan lihat di fb, teman saya yang urang Bandung lagi di Tangsel, langsunglah di kontak untuk ikutan acara ini, biar sekalian ketemuan.  Siapa sangka, saat acara dapat hadiah kuis berupa voucher rambut anak di Kiddy Cut. Lumayan si kecil jadi nyobain ‘salon’, secara gitu ya kalau uang sendiri mah lebar potong rambut sampai  90 ribu. Eh, dapat juga voucher nonton XXI satu. Jadi niatnya  ngMall dan  reuni – an eh dapat rejeki plus-plus.

Pernah datang ke acara blogger, yang jelas-jelas tidak ada goodie bagnya karena acara ini bukan acara brand tertentu atau disponsori brand . Hanya berbagi ilmu antar anggota komunitas. Yang ada kita diminta bawa cemilan untuk di makan bareng. Jauh-jauh hari saya daftar (karena quota terbatas) dan bilang sama pak suami, kalau nanti saya ada acara blogger jadi titip anak-anak ya – biasanya di bawa main ke rumah neneknya.

Materi di acara itu sebenarnya udah saya dapat  workshop blogger berbayar yang saya ikuti, jadi tidak mengejar materi juga.  Kalau dilihat dari daftar peserta tidak ada satu pun blogger yang saya kenal akrab, beberapa blogger pernah ketemu di acara blogger yang entah kapan dan saya tidak yakin mereka masih ingat saya *saya bukan blogger yang mudah di ingat karena penampilan maupun konten blognya – blogger biasa-biasa saja*.  Niat datang lebih karena  ingin bertemu blogger-blogger yang selama ini hanya ‘ketemu’ di medsos atau komen-komen di blog.  Silaturahmi, pengen punya teman baru dan ilmu baru. Bagi saya, ilmu tidak melulu berupa hal  teoritis  bertemu orang baru pun bisa belajar banyak hal.

Datang ke acara blogger karena goodie bagnya? Pernah juga donk.  Jadi waktu itu undangannya hari kerja dan malam hari. Jelas secara situasi dan kondisi tidak bisa datang tapi  isi goodie bagnya begitu menggoda Bo! Smartphone seharga kurang lebih 3 juta gitu lho  buat di review. Gimana tidak menggoda iman. Nitip anak sama suami jelas tidak mungkin. Gak mungkin doi cuti kerja. Cuti kerja di kantor suami itu harganya mahal bukan di potong gaji maksudnya tapi susaahh. Tiap hari kerjanya maraton meeting jadi susah cuti.  

Akhirnya menemukan orang yang saya percayai untuk menitipkan  anak-anak, jadilah saya datang ke acara itu. Ngorbanin anak-anak? Ya anggap aja kerja, tapi ini cuma 5 jam (sudah termasuk perjalanan pulang pergi).

Ikut acara  blogger karena ingin dapat sesuatu yang baru.  Dua acara blogger yang saya ikuti dengan antusias karena acaranya lebih untuk anak-anak. Tidak ada uang ganti transport, hanya makan siang. Yang satu malah tidak dapat apa-apa secara materi. Tapi kedua acara itu sesuatu banget untuk anak-anak saya.  Di satu acara si sulung belajar inline skate gratisan, di acara satunya belajar jadi chef.

Belum lama ini saya datang ke acara  blogger sebagai syarat lomba blog, peserta lomba tidak di wajibkan datang tapi jika datang dapat nilai tambahan.  Selain untuk mendapat nilai tambahan, materi di acara blogger ini pun bagi saya sangat menarik, soal pengasuhan. Ya itung-itung ngecash ilmu pengasuhan supaya konsisten di praktikkan.

Datang ke acara blogger karena diminta meliput dan di beri honor. Sekian tahun lalu saat pertama kalinya saya mendapat tawaran nulis karena ngeblog. Dag – dig rasanya, percaya gak percaya. Dan pake bingung karena mall tempat acaranya jauh, mall Taman Anggrek, waktu itu saya masih tinggal di Bogor.

Honornya lumayan tapi kalau dihitung-hitung, bensin ke sananya plus bayar tol, makan siang, saya, suami dan anak-anak, nilai honor jadi kecil. Tapi namanya juga pengalaman pertama, enjoy dan antusias. Itung-itung ngMall dibayarin hehehe.

Kalau saya datang ke acara blogger tidak terlalu berharap goodie bag (kecuali di beritahu di awal undangan) karena takut kecewa.  Kalau goodie bagnya bagus, alhamdulillah itu artinya saya dapat bonus, kalau isinya (sangat) alakadarnya, ya nrimo. Ga nerima juga harus nerima kan hehehe.

Begitulah kurang lebih alasan saya datang ke acara blogger, termasuk acara blogger yang saya hadiri tapi tidak di tulis di sini. alasannya bisa berbeda-beda tergantung mood, situasi dan kondisi.

Bagaimana dengan teman-teman, apa alasan ke suatu acara blogger? 

23 komentar:

  1. Wah kalo saya bukan jarang lagi, tapi baru dua kali malah :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. dinikmati aja mba, ke acara blogger ga wajib tapi kalau saya sih seneng heheh sekalian me time

      Hapus
  2. Aku selalu gagal tiap mau ikutan acara blogger. Waktu acara Tokopedia temu Blogger, kemaleman, terus acara dari Sarihusada gak bisa ikut juga karena suami sakit. Padahal pengen banget ikutan supaya kenal blogger Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lain kali bisa ikut mba...seru lho ketemu teman-teman dumay di dunia nyata, punya teman dan pengalaman baru

      Hapus
  3. apapun yang bisa membuat kita happy, lakukan aja ya, mba..karena yang tau situasi dan kondisi hanya kita sendiri.. :))) *komen apalah ini*

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, datang ke acara blogger harus punya alasan realistis biar happy :)

      Hapus
  4. Aku jg pasti akan nitipin anak2 kalo goodiebagnya smartphone 3 jutaan hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti sama donk kita, mama mama matre hahaha

      Hapus
  5. Saya harus menganggarkan sangu besar demi bisa setidaknya setahun sekali ikut acara blogger di Jakarta, jadi ya... itu sesuatu yang sangat istimewa bagi saya. Apalagi perjalanan memang 1 hari sendiri.
    Btw, nice post mbak, serius, menjawab dgn cara kalem tapi lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarang memmang jadi kendala mba, kadang saya pun harus ada biaya sangu klo perginya dianter bapaknya dan anak-anak , karena pasti makan di luar, jakarta walaupun katanya dekat suka macett..

      Hapus
  6. kalau aku lebih ke kangen ngobrol temen"blogger karna kalau mau keluar jarang bisa maklum jadi IRT hihi, jadi diizinin keluar jauh ya kalau ada acara blogger, btw saya lagi seneng nih baca tentang tanggapan blogger"efek postingan heboh beberapa waktu lalu tentang blogger soalnya banyak ilmu nya :D

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pun irt mba, jadi seneng ikut acara blogger sekalian refresing dan me time heheh

      Hapus
  7. Saya awalnya sering banget ngeiyain undangan acara meski paling pol dapat goodie bags produk dan lunch. Alasannya sama Mba, pengen tau acaranya gimana dan dapat ilmunya. Lebih seru lagi kalau ketemu teman2 blogger lainnya, jadi silaturahim. Tapi akhir2 ini saya sudah jarang banget ikut event blogger karena ada kesibukan lain. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya kalau saya punya kesibukan lain yang lebih menghasilkan saya pun agak lebih jarang ke acara blogger mba, maklumlah irt yang butuh banyak piknik hahahha

      Hapus
  8. Mbak Rina udah sering banget ya hadir di event blogger. Kalo saya masih jarang banget. Kopdar KEB baru sekali, trus yg event blogger bersponsor 2 kali. Hihi...
    Sabtu besok ini rencana mau hadir di event blogger juga, smg berjalan lancar sampai selesai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak sering mba...di banding blogger jabodetabek lain saya termasuk jarang hadir

      Hapus
  9. saya apalagi mak... blas sama sekali blom pernah ikut yg namanya acara blogger :)
    blom tega ninggalin duo krucil sama ayahnya, kasihan ayahnya juga krucilnya.
    semoga lain waktu ada acara blogger yg bisa combine dgn acara anak2

    zakia.griyasantun.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi saya mah tega aja nitipin anak sama suami tp lihat sikon juga sih kalau dia pas hari2 kerjanya sibuk saya ngalah, gak ikut event blogger

      Hapus
  10. Saya malah enggak pernah maaak. Lha wong buat ke Surabaya aja butuh waktu 6-7 jam, jadi PP bisa 12-14 jam di jalan. Ha..ha... Tapi saya tetep hepi aja ngeblog. Yang penting seneng :)

    BalasHapus
  11. eh saya mah baru sekali doang ehhee :D

    BalasHapus
  12. Aku mau ke acara blogger kalau kopdaran sama Rina hahaha..ngobrol kita

    BalasHapus
  13. sekali datag ke acara blogger,itupun bawa suami,ibu dan anak...

    BalasHapus
  14. Anakku masih kecil jadi nggak bisa dititip, makanya susah dateng ke acara blogger :X

    http://nur-chaerinia.blogspot.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...