Sabtu, 20 Juni 2015

Tips agar si Kecil tidur nyenyak bebas nyamuk

Dua cara memastikan si kecil tidur nyenyak atau tidak 
Saya punya dua cara  untuk memastikan apakah  anak-anak tidur nyenyak atau tidak.  Pertama dari caranya tidur, jika tak nyenyak biasanya sering bergerak, berguling kesana-kemari diiringi lenguhan atau rengekan.  Dan mereka akan kembali tenang setelah saya membereskan penyebabnya. 

Kedua, saat terbangun, jika  tidurnya tidak nyenyak biasanya rewel. Bangun dengan tangisan atau merengek (jika Kaka) dengan alasan tidak jelas.  Minta di gendong tapi di tidurin lagi menolak. Biasanya saya menghabiskan lebih dari setengah jam untuk meredakan kerewelannya karena tak mudah mengalihkan perhatiannya dengan mainan.

Sebagai orang dewasa saya pun pernah mengalami tidur tak nyenyak, saat bangun biasanya kepala sakit atau pusing, bawaannya lemas tapi tidak bisa tidur lagi. Mungkin rasa itu juga yang dialami si kecil.

kalau tidurnya nyenyak bangun tidurnya pake senyum :)

Pentingnya tidur berkualitas
Tapi bukan sekedar kerewelan dan rasa tak nyaman lho jika si tidur si kecil tidak nyenyak, akibatnya bisa serius, pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kognitifnya bisa terganggu.  Seserius itu? Iya karena  bagi seorang anak tidur bukan sekedar mengistirahatkan tubuh, pada saat bersamaan organ tubuhnya tumbuh dan berkembang termasuk sel dan jaringan saraf di otaknya. Bahkan ada hormon pertumbuhan yang di produksi saat si kecil tidur siang dengan nyenyak.

Agar si kecil tidur nyenyak
Tak heran jika memastikan si kecil tidur nyenyak menjadi hal penting.  Untuk itu biasanya saya melakukan hal-hal berikut.

1.   Buat kondisi tidur nyaman dan bersih.  Mereka dalam keadaan perut terisi (kenyang), badan bersih (setelah cuci tangan, kaki dan gosok gigi), pakaian yang dikenakan harus yang menyerap keringat, tidak berisik dan cahaya lampu tidak terlalu terang. Penerangan yang terlalu terang membuat tidur tak nyenyak karena rasa silau, sedangkan jika gelap anak-anak takut. Suhu udara di tidak panas atau dingin, biasanya saya menyalakan AC.

2.       Tanpa nyamuk
Untuk mengatasi masalah nyamuk percayakan pada Baygon Liquid Elektrik, perlindungan anti nyamuk yang tepat untuk kamar anak karena tanpa asap dan tidak repot, tinggal colok. baygon liquid elektrik juga hemat lho,  satu botol kecil isinya bisa tahan sampai 45 malam dengan pemakaian 8jam/hari. Jika habis tinggal beli isi ulangnya saja.

perlindngan anti nyamuk tanpa tanpa repot

Namun begitu agar kamar anak bebas nyamuk harus di dukung dengan lingkungan rumah yang sehat dan bersih, jadi  nyamuk tidak membuat sarang di sekitar kamar dan rumah. Caranya ;

1. Kamar rapih, tidak ada tumpukan atau gantungan pakaian yang bisa menjadi sarang nyamuk.
Begitu pun dalam rumah, tak ada tumpukan barang dengan celah yang memungkinkan nyamuk bersembunyi di sana.  Mainan dan boneka anak sebaiknya dalam box tertutup selain agar tidak menjadi sarang nyamuk juga tidak terkotori debu.

2.Di taman rumah, tidak ada tumbuhan yang membentuk semak belukar yang memungkinkan nyamuk berkembang biak dengan leluasa di sana. Rumput taman selalu tercukur rapih.

3. Jika memungkinkan menanam pohon anti nyamuk di taman atau dalam pot, seperti bungan lavender.

4. Bak mandi selalu di kuras secara periodik agar air bebas jentik nyamuk. Tidak ada genangan air di sekitar rumah. Jika kolom ikan sudah tidak ada isinya sebaiknya selalu dalam keadaan kering. Selokan depan rumah tertutup rapat.


450 kata

Tulisan ini diikutsertakan dalam The Urban Mama Baygon Blog Competition


9 komentar:

  1. Baygon liquid elektrik emang efektif ya

    BalasHapus
  2. ampuh ya pakau baygon liquid

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba membantu anak-anak tidur nyenyak jadi emaknya bisa ngeblog heuheuheu

      Hapus
  3. iya nih di rumahku suka banyak nyamuk soalnya sebelahnya kebuuun. Wah baygon liquid bisa jadi solusi yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tamannya tanam pohon anti nyamuk mba...bunga lavender

      Hapus
  4. Kasian kalau sampai merah2 digigit nyamuk.

    BalasHapus
  5. Aku juga pake nih, praktis tinggal colok :D

    BalasHapus
  6. Anakku juga sering banget nih kulitnya bentol2 kena gigitan nyamuk :(
    Oh, tanaman bunga lavender bisa ngusir nyamuk ya? Pengeeen :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...