Jumat, 26 Juni 2015

Belajar motret dan nge GRID di Instagram

Walaupun sudah tahu lama ada akun IG dan pak suami pernah menyarankan untuk bikin, katanya biar tahu cara ambil foto yang baik, angel dan fokus yang bagus. Saya tidak tertarik karena  merasa terlalu banyak  akun medsos dan ga kepegang, secara di rumah susah pegang hp kalau anak-anak melek , terus kan ceritanya mau membatasi anak gadgetan masa emaknya gadgetan terus.

Nasehat lebih baik dengan contoh tapi tetap ya kalau kepepet deadline tulisan pesanan bisa buka lapi berjam-jam – anak-anak di minta dengan sangat pengertiannya dan itu ga gampang terutama untuk Khalif yang bisa tiba-tiba mematikan lapi atau nangis. Alah malah curcol, judulnya mau ngomongin IG nih.

Akhirnya buka akun IG beberapa bulan lalu dan teracuni. Teracuni pengen banget bisa motret bagus, bukan  branding ( da aku mah apa atuh, bingung apa yang mau di branding....).  Untunglah  masih under kontrol, artinya bisa nahan diri ga tiap  hari ikut tantangan motret yang beda-beda temanya di beberapa akun upload bareng. Bisa nahan diri ga kalap beli beli property foto seperti alas foto, bunga, perabot dapur, dsb.  

 foto masuk  GRID itu biikin semangat belajar motret :)


Walaupun lebih sering  jadi ‘penonton’ tapi  hasilnya lumayan,  saya jadi bisa tahu seperti apa foto dengan angle dan fokus yang bagus seperti di bilang pak suami, cuma tahu lho ya kalau praktik masih belum bisa hahaha.

Bukan sekedar ikut kekinian tapi memang ingin bisa motret dengan angel dan fokus yang bagus. Minimal, kalau motret anak-anak atau momen special di keluarga dapat ‘touch’ nya gitu heuheu.

But, let’s see...waktu yang akan menjawab apa saya sekedar ikut kekinian (eforia) atau serius tapi yang pasti sebagai blogger punya akun IG ternyata mendukung. Ada beberapa lomba blog yang syaratnya (walaupun ga wajib) share di IG.

Sebagai blogger sebaiknya bisa memotret dengan bagus, menurut saya, walaupun konten tulisan lebih penting tapi untuk kontes blog pasti lebih menarik perhatiaan juri jika di dukung foto eye catching *maaf ya ngebandingin sama kontes blog soale yang nulis suka ngontes walaupun belum sering menang*

Berikut beberapa akun di IG yang mengadakan tantangan foto bertema yang saya ikuti; @uploadkompakan @jepretandshare @snap_ish @setorfotobareng ...

Akun ini akan menentukan tema foto yg di upload setiap harinya. Ada yg mengumumkan tema foto esok harinya setiap pukul 9 mlm, ada yang perseminggu. Foto di beri hastag tertentu. Untuk jelasnya intip aja akunnya.

 
buat belaja rmotret secara otodidak bisa follow akun-akun ini


Foto – foto terpilih ikut upload bareng ini biasanya di GRID di malam hari. Dan ada kebanggaan tersendiri jika foto kita terpilih di GRID. Walaupun begitu untuk soal beneran bagus atau bagus biasa, ga mutlak ini just for fun and learn. Ada kalanya tantangan ini berhadiah, jadi jika masuk GRID dapat hadiah. Dan buat yang suka kuis or kontes, banyak juga di IG ternyata.

Kalau dulu saya tertarik motret dengan thema human interest sekarang jadi suka motret apa aja. Dari dulu emang tertarik motret tapi jarang melakukan dengan alasan gak punya kamera bagus *dlsr maksudnya*. Sempat minta pak suami beliin tapi katanya buat apa kamera bagus kalau motretnya juga belum bisa.

“Iya kan biar bagus.”
“Salah, kamera secanggih apapun kalau motonya ga bisa, hasilnya biasa.”

Dan dari intip – intip IG memang pake kamera hp atau pocket pun hasilnya bisa wow jika bisa motretnya, ini salah satu contoh   fotonya master food fotograpfi mba @sefafirdaus yang pake kamera hp, keren kan....gak kalah sama dlsr,jadi yang belum punya dlsr jgn berkecil hati *menghibur diri sendiri ini mah judulnya hahaha*



Yuk saling follow akun ig, ini aku  sy t_rinasusanti, insyaallah di folback :)

9 komentar:

  1. hihi... saya jadi ikutan follow akun yg mak rina sebutkan diatas :D makasih ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti foto kita ketemu di upload kompakan :)

      Hapus
  2. alo mak Rina senengnya bisa dapat ilmu, aku mbok dicolek n diajarin. Betewei @Uploadkompakan kok pending trus sih mba...bisa colekan adminnya gak..udah lama follow nih,.,cuma gak bisa lihat2 fotonya,.tengkyu ya mak berkat info postinganmu ini aku bisa belajar (sambil nunggu gadget ding) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah aku colekin ya...hayo kita belajar motret bareng ;)

      Hapus
  3. heuheu aku masih jadi penonton setia di IG :'(
    liat potonya bagus-bagus aku jadi termotivasi biar bisa njepret bagus biarpun cuma make kamera hape :D
    aku follow ya mak IGnyaaa :3

    BalasHapus
  4. udah saya folback ya...ayo walaupun pake kamera hape semangat *cari teman*

    BalasHapus
  5. udah saya folback ya...ayo walaupun pake kamera hape semangat *cari teman*

    BalasHapus
  6. setuju, tuh. Yang penting skill dulu. Kamera sebagus apapun kalau skill gak oke, hasilnya tetep aja gak menarik. Tapi IG emang racun hehehe

    BalasHapus
  7. Nah iya, aku juga ikut2an upload2 kompakan itu buat belajar moto, padahal modalnya cuma HP. Hihihi... gak masalah gak kepilih juga ya Mak :)))

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...