Senin, 13 Oktober 2014

Kidzania, Memperkenalkan Masa Depan Melalui Replika Kota

Pertama kali mengajak putri kami Azka Zahra ke Kidzania saat usianya 3 tahun (kini 6 tahun).  Ide awalnya dari suami yang mendapat rekomendasi dari teman kantornya . Katanya, edukatif banget dan si  kecil jadi tahu seperti apa profesi/pekerjaan  orang dewasa yang kelak akan ia jalani.

Saya sendiri ‘kenal’ Kidzania dari iklan di TV, dengan adegan yang paling berkesan adalah beberapa anak-anak mengenakan jas dan topi pemadam kebakaran tengah menyemprotkan air ke sebuah gambar gedung yang sedang terbakar. Wah, tempat main apaan tuh? Pikir saya waktu itu. 

Kemudian dari teman kantor yang mengantar anaknya ke sana (acara dari sekolah) saya jadi tahu keseruan di Kidzania.  Katanya, anak di kenalkan pada dunia profesi dan pekerjaan. Miniatur kota untuk  memperkenalkan anak-anak pada kehidupan di masa depan ketika mereka di tuntut mandiri. Anak-anak jadi tahu dan bisa merasakan seperti apa rasanya jadi petugas pemadam kebakaran (saya langsung teringat iklan TV Kidzania),  jadi tahu bagaimana berita di koran di buat dan seperti apa siaran di stasiun TV hingga akhirnya bisa kita tonton.  Di sana juga anak jadi mengenal bagaimana mendapatkan uang yaitu dengan bekerja atau membuat sesuatu.

Wah sepertinya seru banget ya. Tapi masih belum kebayang, sampai akhirnya kami mengajak Azka ke Kidzania. Benar seperti yang direkomendasikan teman yang sudah pernah mengajak anaknya kesana.

Kidzania seperti miniatur sebuah kota, lengkap dengan fasilitas publik seperti rumah sakit, pemadam kebakaran, laboratorium farmasi, tempat pembuatan mie dan roti dan masih banyak lagi. Tapi sayang karena umurnya baru 3 tahun lebih sedikit, tidak banyak peran profesi/pekerjaan yang bisa diikuti. Walaupun begitu Azka cukup senang dan antusias. Azka bisa melihat anak-anak berlarian mengenakan seragam polisi mengejar penjahat, naik taksi dan bis sendiri, dan belajar masak. Kunjungan pertama Azka ini sempat kami dokumentasikan di blog azkadankhalif.blogspot.com


melihat pak polisi mengejar dan menangkap penjahat
sama mama foto depan bis

naik bis sendiri :)


Kunjungan pertama jadi peer buat kami untuk mengagendakan mengajak Azka ke sana 2 atau 3 tahun mendatang.

Sekitar 7 bulan lalu, sekolah Azka ( TK B) mengadakan  program berkunjung dan bermain ke Kidzania dan saya sebagai orangtuanya ikut serta untuk mendampingi. Saya langsung excited karena usia Azka sudah 5 tahun lebih jadi banyak peran profesi/pekerjaan yang bisa dia ikuti. Dan ternyata ada 100 macam profesi dan pekerjaan lho yang tersedia di sana.

melihat proses pembuatan minuman teh

begini ya caranya menyusun bata untuk bikin rumah

asik boleh nge cat, kotor-kotoran tapi seru!

cara merawat bayi

nyobain jadi dokter gigi :)

Pada setiap peran profesi/pekerjaan yang diikutii Azka mendapat sejumlah uang.  Uangnya Azka simpan di ATM, dgunakan untuk membuat SIM , ke salon dan naik taksi.

di simpan untuk kunjungan berikutnya 
Karena waktu yang terbatas dan banyak pengunjung juga dari sekolah lain, tidak terlalu banyak profesi/pekerjaan yang bisa Azka ikuti. Ada juga profesi/pekerjaan yang baru boleh diikuti diatas 6 atau 7 tahun,  seperti;  meracik obat, membuat kue dan roti, menjadi detektif, wartawan dan pembaca berita TV.

Saya berencana mengajak Azka ke sini 3 atau 4 tahun mendatang. Lama amat? Ya, biar sekalian bisa mengajak adiknya Khalifah. Oh ya maksimal anak bisa di ajak ke Kidzania 16 tahun dan minimalnya 2 tahun.

Sekarang, jika di tanya,"Azka kalau sudah besar mau jadi apa?" Azka tidak bingung lagi walaupun jawabannya bisa berubah-rubah. Kemarin ingin jadi dokter binatang, hari ini ingin jadi orang yang jago menggambar ....tapi setidaknya Azka jadi mempunyai bayangan, seperti apa kelak jika ia dewasa dan apa yang dilakukan orang dewasa ketika bekerja  di kantor, seperti Abi dan mama.

Para orangtua yang tinggal di jabodetabek, khususnya Jakarta pasti sudah tidak asing dengan Kidzania, walaupun mereka belum pernah kesana, biasanya sudah mendengar keseruan Kidzania dari teman sesama orangtua, entah itu di kantor atau sekolah si kecil. Iklan Kidzania di TV memang sudah tidak ada, tapi Kidzania begitu familiar karena marketing word of mouth atau tersebar keseruannya dari mulut ke mulut para orangtua, guru, atau anak-anak yang sudah pernah berkunjung ke sana.

Termasuk saya yang menularkan keseruan di Kidzania ke adik dan sepupu-sepupu di Bandung yang memiliki anak seumuran Azka atau sekolah dasar. Awalnya mereka mengeluh jauh ke Jakarta, untunglah salah satu program sekolah  anak-anak mereka ke Kidzania, karena sudah tahu keseruannya dari cerita dan foto yang saya bawa, mereka tak ragu ikut serta.

Oh ya untuk Papa dan Mama yang ingin mengajak si kecil ke Kidzania, ada potongan harga tiket masuk 30% dengan menunjukkan barcode  di bawah ini ke petugas airport Kidzania dan berlaku hingga 1 Nopember 2014. Jika kesulitan mencopy barcode di bawah ini, kontak saya dengan mengisi form kontak di sidebar atau hubungi via email yang tercantum di profile. Ajak si kecil dan nikmati keseruannya, belajar dan bermain.

Kidzania berada di Pacific Place Shopping Mall lt.6, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Kawasan Niada Sudirman (SCBD) Jakarta 12190. Lebih jah tentang Kidzania bisa dilihat di sini




Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Kidzania 

22 komentar:

  1. hahaha lucu deh itu .. ya ampun sampe ada SIM segala ..wwkwk ..lucu yang jadi polisi kecil2 trs tu arsitek jugaa keren ..wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak seru jadinya...dan anak excited apalagi ortunya hehehe

      Hapus
  2. Ke Kidzania memang asyik ya mbak. Krucilsku aja nagih minta kesana terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin ketagihan ya mba...sayanya juga ketagihan soalnya seru dan lucu liat anak2 berperan

      Hapus
  3. Pengen banget ngajak anak-anak ke Kidzania kalau suatu saat bisa liburan ke Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga mak Ika....mungkin kalau sekalian KEb ada event jadi sekalian kodar juga :)

      Hapus
  4. waaaa Alfi pasti seneng klo kesana mak, di Jakarta yak. buka cabang dong di Bogor hehe biar bisa ngajak Alfi ke Kidzania, sukses ya mak

    BalasHapus
  5. kecil kemungkinan canag bogor akan di buka , sok tahu hahah...soale bogor jakarta dekat, di kawasan sudirman gampang banget di cari gedung pasific palacenya ...

    BalasHapus
  6. Waktu ke sana, Nai sempet nangis ngelihat penjahat yang dikejar-kejar polisi. Tapi, gak bikin dia kapok untuk ke Kidzania. Malah pengen lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kidzania memang bikin anak2 ketagihan mak, sampai gak mau pulang hahaha

      Hapus
  7. pengen banget ngajak jav ke sana... *lapor ayahnya dulu* apalagi ada diskon :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo umurnya 4 thn, permainannya apa aja mak?

      Hapus
  8. Waah.. Faza juga dulu pernah kesana.. sayang saya ga menemani karena orang tua ga boleh masuk :(.. tapi yang jelas Faza senang sekali di sana karena pulangnya ga berhenti cerita tentang Kidzania :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya trid seru soalnya, ayo atuh ajak lagi ke sana

      Hapus
  9. kaka tazkia dan sean jg happy bgt waktu main ke kidzania, tp udh agak lama saat mrk blm sebesar ini. kira2 3 tahun lalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua anak sptnya happy ya main ke kidzania :)

      Hapus
  10. Uni dan aka blm pernah main ke sana, mdh2an ada kesempatan nanti ya, atau klo ga buka jg dong di bandung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. usulin aja nanti ke sekolah mer, biar ada program ke sana, edukatif banget.

      Hapus
  11. wah teteh pas banget neh ulasannya, amira dari sekolahnya mau kesana minggu depan. seru ya, tapi sigana dina ga ikutan, karunya nu kecil ditinggalin pasti pulangna malam

    BalasHapus
  12. wah sayang din, tapi semoga nanti bisa ke sana sekeluarga bisa puas mainnya hehhe

    BalasHapus
  13. pengen banget ngajak anak-anak ke sana..

    BalasHapus
  14. ayo rencanakan mba...rekomen banget tempatnya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...