Nulis Fiksi (lagi)

 Nulis Fiksi (lagi)

Setelah hiatus sekitar 6 tahun tidak nulis fiksi tepatnya setelah majalah Femina tidak lagi rutin terbit, memutuskan edit-edit tulisan fiksi lama dan mempublishnya di aplikasi novel online. Majalah Femina memang selalu jadi patokan saya untuk nulis dan baca cerpen atau cerbung karena selain ceritanya beda aja gitu cerita dan cara penulisan penulis yang karyanya pernah di muat di sini. Misal cerpen-cerpennya Sany B Kuncoro, Ida Ahdiah, Sabrina WS – teman-teman pasti ada yang kenal mba Sabrina WS. Bahasa fiksi di Femina itu diksinya pas nggak nyastra banget, tapi nggak terlalu biasa. Ya pokoknya enak di baca hehehe. Beda sama cerpen Minggunya kompas yang temanya kadang berat.




Tulisan fiksi saya yang ditolak media, nggak menang lomba akhirnya cuma numpuk jadi draft. Lalu kepikiran untuk mencoba mempublishnya di  online tapi karena kebanyakan berupa cerpen dan cerbung, peer besar kalau mau dipublish di yang membutuhkan belasan ribu kata untuk menjadi sebuah novel.akhirnya Cuma wacana dan rencana sampai akhir tahu akhirnya memutuskan  mencoba mempanjang-manjangkan dan berhasil. Satu novel hampir tamat. Serunya juga ternyata nulis di aplikasi online walaupun awalnya desperado, udah belasan bab di upload kok yang baca bisa dihitung dengan jari, sedih. Tadinya mau nggak dilanjut aja, tapi dipikir-pikir lagi, daripada cuma jadi draft di laptop ya mending publish, nggak ada yang baca ya udahlah. Alhamdulillah masuk bab 20 an mulai ada pembaca nggak banyak banget tapi adalah yang nungguin cerita ini hehehe.

Wattpad

Pertama kali saya mencoba menulis di Karya Karsa tapi ternyata sepi, sampai belasan bab masih sepi. Akhirnya coba ke Wattpad, baru keliatan ada pembaca. Sebagai penulis novel online pemula tentu saja  akses baca novel gratis, ya kali siapa yang mau baca bayar wong penulisnya nggak terkenal, belum tentu seru.




Novel yang saya tulis nggak terlalu bikin baper tapi bikin penasaran. Endingnya mungkin nggak bikin pembaca mesem-mesem karena senang, tapi greget. Yap novel bukan selera kebanyakan pembaca WP. Tapi senang ada yang apresiasi.

Bisa baca di sini Run to You 

Oh ya novelnya bergenre Metropop, romance dan criminal. Tapi aman dibaca usia under 18 ya. Aman di baca anak sma. Maklumlah penulis punya anak sma yang suka baca fiksi walaupun nggak mau baca fiksi bikinan emaknya katanya takut alay. Di amah fans berat Tere Liye, jadi standarnya ketinggian kalau dibanding bikinan emaknya hahahah.

Btw, post blog ini memang iklan, siapa tahu teman-teman mau baca hehehe. Gratis lho….

Tidak ada komentar