Ngonten Maksimal tanpa Gejala Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Ngonten Maksimal tanpa Gejala Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Screen time antara pekerjaan, kebutuhan dan hiburan

Berapa lama teman-teman menghabiskan waktu di depan layar elektronik seperti ponsel, laptop, komputer atau layar tv dalam sehari? Dua jam, tiga jam atau empat jam? Menghabiskan waktu di depan layar elektronik di sebut juga dengan istilah screen time.



Menurut data dari Headphones Addict,  rata-rata durasi masyarakat Indonesia screen time melalui ponsel  5 jam  jam 39 menit/hari. 


Dan ini termasuk yang terlama di dunia. Positif atau negative waktu sebanyak itu digunakan untuk screen time di layar ponsel, tergantung apa yang ditonton, bermanfaat atau tidak dan apakah menjadikan hidup baik?

Saya sering mengalami hilang kesadaran saat di depan ponsel. Hilang kesadaran maksudnya, ga sadar aja gitu tahu-tahu sudah 1 jam lebih scrool media sosial.  Niat awalnya buka chat wa atau mencari resep masakan di IG, eh begitu buka instagram nongol reels yang menarik jadilah nonton terus, scrool ke bawah sampai lupa waktu. Terus nyesel karena pekerjaan jadi tertunda. Ada  yang pernah mengalami juga?

Di luar ’ketidaksadaran’ itu interaksi saya dengan gadget seperti ponsel  dan laptop cukup memakan waktu karena saya mencari peluang pekerjaan entah itu untuk tulisan  di blog atau membuat konten seperti memotret, membuat video dan mengeditnya. Dan tentu saja mencari inspirasi yang berhubungan dengan keseharian di rumah seperti resep memasak, berbagai tips dan rekomendasi tempat liburan, makan dll. Pokoknya sekarang cari apapun bisa melalui ponsel.

Untuk mengedit blog pun saya lakukan melalui  ponsel karena kebanyakan foto tersimpan di sana  jadi jika memasukan foto ke tulisan di blog lebih praktis. Tapi kalau untuk menulis draft tulisan di laptop karena kagok kalau menulis  panjang-panjang di ponsel dan mata juga sudah ga bisa diajak kompromi, pengaruh usia sepertinya hehehe.

Tantangan menjadi blogger masa kini 

Mulai ngeblog sekitar 11 tahun lalu, dulu jadi blogger cukup bisa menulis di blog, kini dengan adanya media sosial dan peminat blog semakin banyak, menjadi blogger tidak hanya harus bisa menulis tapi beberapa hal kreatif yang bisa mendukung blog dan membuat konten di media sosial, seperti memotret, membuat dan mengedit video, mendesain canva (walaupun sederhana).  


belajar motret 


belajar membuat dan mengedit video

Pengalaman over screen time yang menyebabkan terkena gejala mata kering 

Saya berusaha agar screen time yang dilakukan efektif,  sesuai kebutuhan karena pernah mengalami efek dari screen time yang berlebihan, mata jadi tidak nyaman, pegel, sepet dan kering.  Seperti butuh sesuatu yang dingin atau segar untuk diletakkan di atas mata. Akhirnya menempelkan kapas basah di atas mata yang tertutup, rasanya agak enakan tapi hanya sementara. Bukan hanya mata yang tidak nyaman punggung dan bahu juga pegal, kepala terasa nyut-nyutan.

Setelah mencari tahu dengan googling di internet ternyata saya mengalami gejala mata kering akibat kelamaan screen time di depan layar elektronik yaitu ponsel.

Saya sudah biasa screen time di ponsel dan merasa baik-baik saja jadi saat mengalami mata kering agak kaget dan khawatir. Setelah diingat-ingat ya ga heran saya kena gejala mata kering karena screen time ponselnya sehari lebih dari 4 jam gara-gara marathon nonton drakor . Yap selain mengonten saat itu saya nonton drakor.

Saya tidak mengikuti film atau drama Korea, bukan tidak tertarik menonton tapi takut ketagihan ga bisa berhenti nonton hahaha. Sampai suatu hari sebuah judul drakor sering diobrolin teman-teman di grup, jadi status, belum lagi cuplikannya yang suka nongol di time line. Komentar-komentar tentang drakor ini yang membuat penasaran dan  ingin nonton.

Akhirnya saya nonton dan  ga bisa berhenti sampai beneran tamat jadilah drakor dengan puluhan episode itu saya hatamkan hanya dalam waktu 3 hari, bela-belain  ga masak. Tapi efeknya ke mata bikin kapok.

Sampai berhari-hari saya merasakan gejala mata kering akibat maraton nonton drakor.

Yap sebagai blogger, penulis lepas dan kini belajar menjadi konten kreator, tidak bisa lepas dari gadget. Tapi tetap harus aware dengan kesehatan mata. Dengan mata sehat ngonten jadi maksimal. Kalau ngonten maksimal peluang pekerjaan yang datang lebih banyak, pendapatan naik hehehe.

Aktivitas apa saja yang menyebabkan gejala mata kering?

Apakah hanya screen time di layar elektronik yang menyebabkan gejala mata kering? Ternyata bukan lho, screen time hanya salah satunya. 

  • Mengutip dari halaman halodoc, screen time atau menatap layar elektronik seperti ponsel, computer, laptop, ipad atau tv berlama-lama membuat mata lama berakomodasi, jarang mengedip, mata menjadi tegang istilah ini disebut computer vision syndrome (CVS). Lalu timbul gejala mata kering yaitu mata pegel, mata sepet, mata kering, jika agak parah akan disertai sakit kepala. Hal ini disebabkan layar  sinar biru yang dipancarkan layar elektronik merusak mata. Efek jangka panjang dari paparan sinar biru yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada retina dan kornea mata. Duh serem ya, terlihat sepele tapi bisa berakibat fatal.
  • Beraktivitas di bawah terik matahari dengan durasi lama dan tanpa memakai pelindung mata, seperti kaca mata atau topi. Misal jalan-jalan ke Pantai atau jalan-jalan saat musim panas.  
  • Beraktivitas di lingkungan berdebu, kering, dan berangin, ini biasanya dialami pengendara motor. Jadi penting sekali pengendara motor mengenakan helm dengan penutup wajah dan atau mengenakan kaca mata.
  • Terkena asap rokok, baik perokok aktif maupun pasif.  Selain merusak paru-paru, asap rokok berbahaya juga untuk kesehatan mata.
  • Beraktivitas lama di ruang ber AC

Bahaya mata kering

Gejala mata kering terasa sepele namun apabila mata kering tidak diatasi   dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius. Mata kering yang tidak tertangani dengan baik dapat menurunkan kualitas  hidup karena penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan optimal dan tergantung pada obat. Jika terus dibiarkan dapat merusak permukaan mata akibat peradangan atau infeksi.  Jika baru mengalami gejala mata kering proses penyembuhan lebih mudah dan cepat namun jika dibiarkan dan mengalami sakit mata kering, berbahaya.  

Mengutip dari halaman jec.co.id (Jakarta Eye Center) mata kering adalah penyakit atau kelainan pada permukaan mata yang ditandai dengan hilangnya keseimbangan komponen air mata, disertai berbagai gejala, adanya ketidakstabilan air mata,  peningkatan kekentalan atau osmolaritas, dan kerusakan atau peradangan pada permukaan mata yang ditandai dengan mata kering, sering merah, mata terasa lengket serta sering mengucek mata.

#Instodryeyes sebagai #solusimatakering

Jika mengalami gejala mata kering, teman-teman bisa menggunakan Instro dry eyes. Caranya teteskan Insto dry eyes pada mata sesuai petunjuk pemakaian yang bisa dibaca pada kemasan. Lakukan secara rutin selama beberapa hari, pada saat proses pengobatan ini, kurangi dulu lamanya screen time sampai mata kembali nyaman. 

Insto Dry Eyes 


Jika dalam waktu lebih dari 3 hari tidak ada perubahan pada mata, sebaiknya hubungi dokter untuk mencari tahu secara pasti penyebab keluhan pada mata.

Atasi gejala mata kering


Yuk jaga  kesehatan mata

Insto Dry Eyes 


Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat vital, masalah pada mata dapat menyebabkan banyak aktifitas terganggu. Menjaga kesehatan mata sangat penting. Berikut tips menjaga kesehatan mata;

  • Konsumsi makan makanan bernutrisi termasuk yang memiliki nutrisi khusus untuk mata seperti makan yang mengandung vitamin A, vitamin C, E, zinc, lutein dan asam lemak omega-3.  Nutrisi ini terapat pada  wortel, alpukat, tomat, jeruk, coklat, gandung, kepiting, tiram, manggis dan paprika merah.
  • Batasi waktu screen time. Gunakan waktu screen time secara efektif, sesuai kebutuhan. Bisa dengan membuat jadwal waktu screen time.
  • Hindari screen time di ruang gelap dan kurangi tingkat pencahayaan pada layar elektronik.
  • Terapkan metode 20 6 20  jika membutuhkan screen time lama, missal bekerja di depan laptop, caranya istirahatkan mata setelah 20 menit bermain gadget dengan mengarahkan pandangan mata untuk focus pada objek yang jauh sekitar 6 meter selama 20 detik.
  • Jika beraktivitas di tempat terik matahari, debu dan angin, gunakan pelindung mata.
  • Jangan merokok dan hindari asap rokok.
  • Tidur cukup, 6-8 jam sehari dan olah raga secara teratur.
  • Minum air putih sesuai anjuran kesehatan yaitu 2L sehari.

 

Referensi  tulisan 

www.jec.co.id

www.halodoc.com

www.gramedia.com

 www.insto.co.id

21 komentar

  1. Waaah kirain hilang kesadaran itu artinya pingsan mbak. hahaa ternyata gak sadar buka laptop dan scroll berjam jam.

    BalasHapus
  2. aku sering alami mba karena kadang kalau lagi sibuk audit harus pantengin leptop mulu seharian makanya suka pedih kering butuh insto

    BalasHapus
  3. Memang ya untuk kita para pekerja kreatif gini, apalagi yang memang sering menatap layar laptop dan smartphone. Aku di rumah tuh selalu sedia Insto juga, karena jadi pertolongan pertama ini.

    BalasHapus
  4. Wah, bener banget nih mbak, masalah screen time bisa bikin mata kering. Jadi blogger juga sering depan ponsel dan laptop ya, apalagi buat edit blog. Kadang mata jadi pegel dan kering. Bisa-bisa kelamaan screen time itu efeknya kayak yang mbak Rina cerita, ya.

    Baru tau juga kalo gejala mata kering bisa dari beraktivitas di bawah sinar matahari, debu, angin, dan asap rokok. Jadi bener-bener harus jaga kesehatan mata nih.

    Oh ya, Insto Dry Eyes keliatannya oke buat atasi mata kering. InshaAllah bakal coba, terutama kalo mata udah mulai nggak nyaman. Thanks buat sharing-nya, jadi lebih aware soal kesehatan mata!

    BalasHapus
  5. Kerjaanku emang banyakan di depan komputer juga nih mba, udah gitu pas di ruangan jg banyakan ruang ber-AC. Nah harus selalu siap sedia insto di dalam pouch karena bakalan butuh anytime

    BalasHapus
  6. Terlalu lama mata menatap layar laptop, hp dll gadget2an, mata bisa lelah, pegal hingga terasa kering. Bisa jadi air mata dari kelenjar mata berkurang. Untung ada Insto Dry Eyes untuk mengatasinya. Produk Insto mah udah lama pisan dikenal masyakarat luas dengan kualitas mumpuni dan harga sangat bersahabat.

    BalasHapus
  7. Kalau ditanya berapa lama ngadepin laptop ama gawai, wahhh bisa berjalm2 hahaha. Tau-tau lupa waktu, apalagi kalao ada deadline, atau lagi nyekrol sosmed. Hmmm. Tapi emang pernah ngerasa mata kering juga. Dan solusinya ya pake Insto Dry Eyes ini lhooo. Bikin mata lebih seger dan nyaman.

    BalasHapus
  8. Luar biasa, maraton nonton drakor. Tapi memang sih kalau ceritanya menarik bikin susah berhenti ya. Saya juga dulu pernah hahaha. Sekarang udah agak insyaf, paling sehari 1 atau 2 episode aja.
    Kapok, karena mata jadi cepat lelah dan perih banget rasanya. Untungnya ketemu insto dry eyes, jadi ngebantu buat menyegarkan mata kembali.

    BalasHapus
  9. Gue banget ini!
    Suka lupa diri kalau sudah scroll reels.
    Ya ampyuun, bisa jadi berjam~jam.

    Btw,
    Baru tahu soal CVS, memang kalau lupa mengedip, mata bisa jadi kering ya.
    Kalau pas membaca postingan ini, ingat tuh mengedipkan mata.
    Hahaha.
    Tapi saat nonton film favorit, lupa lagi deh.
    Deritakoe!

    Bicara Insto, bagiku pribadi, brand ini sudah di level Top fo Mind.
    Ga pakai mikir panjang, kalau ada masalah gangguan mata ringan, langsung ingat Insto.
    Luar biasa memang branding Insto ini!

    BalasHapus
  10. Sama banget mak, saya juga suka hilang kesadaran kalau udah megang hp... Harus nyetok insto dry eyes nih...

    BalasHapus
  11. Saya termasuk orang yang screen timenya lumayan lama tapi kurang memperhatikan kesehatan mata. Huhu...Emang sih sering kayak perih kering gitu dan sepertinya harus stok insto di rumah deh.

    BalasHapus
  12. Semakin sering blogwalking ke postingan branding Insto, semakin menancapkan brand Insto nih sebagai solusi mengatasi mata kering.

    Banyak banget pencerahan yang aku dapatkan, yang bermuara bahwa mata kering bisa kog diatasi. Ada solusi.

    BalasHapus
  13. Bener banget nih mbak, seharian di depan laptop membuat mata kering. Sebelum sedia insto di rumah saya pernah periksa ke dokter dan dapat resep obat tetes mata gitu yang belinya di apotik pakai resep. Tapi kemudian malas ke dokter dan cobain insto kok solusi untuk mata kering saya teratasi. Yaudah sekarang selalu sedia insto di rumah karena ternyata yang butuh bukan cuma aku, hahaha

    BalasHapus
  14. Samaan mba kerjaan kunjugaa tengun laptop smp seharian kdang..dan sudah kena juga gejala mata kering untungnya selalu sedia insto dry eyes buat penolong

    BalasHapus
  15. Screen time, paparan rokok, debu, AC.. salah satu atau salah dua atau malah semua mudah kita temukan dalam keseharian. Jd mata kita mmg rawan terkena gangguan dan butuh pertolongan. Btw Insto itu merk tetes mata yg ada di top mind aku lho mbaa..

    BalasHapus
  16. Mata mpo pakai es batu yang mpo ambil dari freezer . tangan sampai dialasi handuk akibat dinginnya. Alhamdullilah sekarang ada insto buat atasi mata kering

    BalasHapus
  17. Aku pun sempet merasakan mata kering gara-gara screentime yang terlalu tinggi. Rasanya pedih dan kadang pusing di bagian mata kayak kedutan gitu tapi intense. Memang sebaiknya ditetes insto sebagai pencegahan dan istirahat cukup supaya nggak kambuh-kambuhan.

    BalasHapus
  18. Salah satu penyakit orang yang sering kerja dengan layar gadget ya iritasi mata yaa. Penting banget sedia obat tetes mata seperti Insto ini di rumah supaya bisa cepat teratasi pas mata kering. Soalnya mata kering gak bisa dianggap enteng kalau dibiarkan bisa menhyebabkan iritasi atau penyakit mata yang lbh serius lagi ya

    BalasHapus
  19. Aku juga sering kehilangan kesadaran Mbak kalau udah pegang hape atau ngadep laptop. Hahaha. Emang bisa "secandu" itu yaa..
    Ngakak pas baca ngedrakor maraton 3 hari, gak masak pula, ya Allah.. kok kuat sih 😅😆 aku pernah juga maraton gitu, dua malem, dan efeknya kepala nyut-nyutan dan mata kering.
    Untung yaa sedia Insto Dry Eyes :)

    BalasHapus
  20. Menjaga kesehatan mata penting banget, dan Insto selalu menjadi solusi serta andalan saya atasi mata kering.

    BalasHapus
  21. pernah loh mba pengalaman mata kering banget trus kan terasa gatal ya aku kucek-kucek tuh mata eh malah jadi iritasi duh makin bahaya kan ya, dan biasanya aku memang sedia insto dry eyes sih buat mengatasi ini

    BalasHapus