Tempe Jadi Salah Satu Menu Favorit Anak Nikita Willy, Apa Saja Manfaat Tempe?

Tempe Jadi Salah Satu Menu  Favorit Anak Nikita Willy, Apa Saja Manfaat Tempe?

Siapa tak kenal tempe, makanan tradisional khas Indonesia yang kaya protein nabati. Tempe terbuat dari hasil fermentasi kacang kedelai matang adalah tempe. Proses fermentasi tempe membutuhkan jamur atau kapang pembuat tempe yang bernama Rhizopus oligosporus. Jamur ini dapat menghasilkan produk makanan yang kaya protein dan tekstur yang kenyal.


Tempe
(sumber foto pixabay.com)


Umumnya masyarakat Indonesia menjadikan tempe sebagai lauk pendamping nasi. Dalam perkembangannya, tempe adalah makanan serbaguna yang bisa diolah dan disajikan menjadi aneka pangan siap saji yang diproses serta dijual dalam kemasan. Selain bisa diolah menjadi beragam menu makanan lezat, harga tempe juga murah dan bernilai gizi tinggi.

Jadi, tidak heran jika tempe kaya akan manfaat. Bahkan, tempe juga baik dikonsumsi bagi bayi usia 6 bulan ke atas.

Dilansir dari detik.com, dokter spesialis gizi, dr. Johanes Chandrawinata mengungkapkan bahwa tempe bisa menjadi pilihan makanan tambahan bayi berusia enam bulan ke atas karena memiliki kandungan protein yang hampir setara dengan daging hewan. Pasalnya, tempe kaya akan protein, probiotik, vitamin, dan juga mineral yang baik untuk si kecil.

Begitupun dengan Nikita Willy yang mengungkapkan bahwa anaknya, Issa menyukai tempe sebagai pendamping nasi. Bahkan, Issa bisa menghabiskan banyak tempe dalam sekali makan. Inilah yang membuat Nikita yakin jika Issa sangat menyukai tempe.

Tentunya, Nikita Willy menyajikan tempe disertai dengan nasi yang dibuat menggunakan Rice Cooker Miyako Nanoal. Rice Cooker yang dipilih Nikita Willy adalah tipe MCM-586 BH dengan panci Nanoal Berlian Hitam yang anti lengketnya 10x lebih tahan lamaaa, panci lebih tebal dengan ketebalan 1,4 mm, double coating di sisi dalam dan luar serta bebas PFOA. 

Rice Cooker Miyako Nanoal

Nikita Willy pakai Miyako untuk membantu dirinya menyajikan nasi di rumah dan membuat Issa semakin lahap makannya. Keluarga kecilnya juga akan merasakan berbagai manfaat dari mengonsumsi tempe, yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tempe mengandung asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat menjaga kesehatan jantung. Adapun manfaat dari omega-3 yakni dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida dalam darah.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Apakah kamu tahu jika tempe juga dapat menurunkan tekanan darah? Pasalnya, tempe mengandung kalium yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan garam berlebih melalui urin. Kemudian, kalium juga bermanfaat untuk merilekskan pembuluh darah sehingga tekanan darah berangsur-angsur normal.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Tempe adalah salah satu makanan yang diolah dari hasil fermentasi. Oleh karena itu, di dalamnya terdapat kandungan probiotik, yakni bakteri baik yang berguna untuk menjaga saluran pencernaan untuk tetap sehat.

Dengan meningkatnya jumlah bakteri baik di dalam usus, maka kekebalan tubuh pun semakin tinggi. Hal ini karena 70%-80% sistem kekebalan tubuh terdapat pada saluran pencernaan.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Tempe kaya akan kandungan kalsium, fosfor, dan juga magnesium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dapat membangun dan memperkuat tulang. Kemudian, magnesium dan fosfor dapat membantu dalam penyerapan kalsium dan menjaga kepadatan tulang.

Meskipun tempe memiliki ragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, namun bentuk pengolahan yang salah dapat mengurangi kandungan baik pada tempe, lho.

Oleh karena itu, kamu bisa memulai untuk menghindari penambahan baluran tepung saat menggoreng tempe. Walaupun penambahan tepung bisa membuat rasa tempe lebih lezat dan gurih, namun kandungan lemak dan kalori bisa meningkat sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Agar kamu tetap bisa merasakan manfaat dari tempe secara maksimal, kamu bisa membuat tempe yang lezat menggunakan Rice Cooker dari Miyako Indonesia seperti yang biasa dilakukan Nikita Willy. Tidak hanya untuk memasak nasi, Nanoal Pilihan Nikita juga bisa dipakai untuk memasak tempe. Caranya kukus tempe dengan Rice Cooker Nanoal Pilihan Nikita, setelah dikukus bisa diulek tambah bumbu sesuai selera seperti garam, kencur, penyedap dan kemangi lalu sajikan dengan nasi hangat untuk orang dewasa bisa ditambahkan cabe.

Tempe bisa juga diolah dengan  cara ditumis karena lebih sehat, meminimalisir penggunaan minyak, dan hanya membutuhkan waktu singkat. Dengan begitu, penyusutan nutrisi pada tempe tidak terlalu banyak.

19 komentar

  1. wah rice cooker ku sama kayak Nikita :D keren!

    BalasHapus
  2. Jadi mupeng sama Rice Cooker Miyako Nanoal yang luar biasa. Kelebihan Rice cooler ini bnyk ya Rice Cooker yang anti lengketnya 10x lebih tahan lamaaa, panci lebih tebal dengan ketebalan 1,4 mm, double coating di sisi dalam dan luar. Harga berapa ya?

    BalasHapus
  3. Dari dulu pakai miyako dan inovasinya makin punya value untuk kesehatan. Btw, tempe juga bisa nambah massa otot dan bagusnya sih direbus

    BalasHapus
  4. Aku juga suka tempe. Pas tau tempe mentah bagus buat kesehatan aku cobain nyemilin eh enak ternyata. Udah murah manfaatnya melimpah. Thanks banget buat yang dulu pertama kali bikin tempe. Ternyata temep. bisa dikukus pake rice cooker Miyako ya. Keren

    BalasHapus
  5. Nasi dan tempe, aku jg suka banget. Apalagi kalau tempe plus sambel udah deh 😁 enak makannya. Rice cooker Miyako kece ya mba, warnanya gemes

    BalasHapus
  6. Sama dong. Sejak kecil aku juga suka banget tempe. Moga jagoannya tumbuh sehat dan cerdas, ya. Kan, masaknya pakai Miyako

    BalasHapus
  7. cemilan murah meriah dan bergizi yaa tempe solusinya, kalau solusi rice cooker handal yaa miyako , nikita willy aja pake

    BalasHapus
  8. Tempe dikukus, terus di penyet dengan sambal mentah pun sudah bisa ngabisin nasi 2 piring, apalagi kalau nasinya juga pulen karena di masak pakai rice cooker miyako

    BalasHapus
  9. Siapapun pasti suka tempe yaahh. Menu wajib dalam tiap hidangan meja orang2 Indonesia apapun lauknya wkwkwk. Apalagi kalo disajikan dengan nasi hangat dari rice cooker Miyako nanoal yang anti lengket. Makin endullll.

    BalasHapus
  10. Aku termasuk yang doyan banget sama tempe, kayaknya lebih ke olahan kedelai kalau aku sih. Makan sama nasih hangat tambah menggugah selera pasti, apalagi kalau nasinya dimasak menggunakan Miyako.

    BalasHapus
  11. Nikita Willy pakai Miyako, toss lah sama aku, hehe... rice cookernya cakep deh warna baby pink, bisa buat masak dan mengukus, trus pancinya enggak lengket.

    BalasHapus
  12. Pengen segera memiliki Rice Cooker Miyako Nanoal ini deh. Pasti nasinya enak dan pulen banget. Apalagi lauknya tempe, bukan Issa aja yang suka nih. Saya juga suka.

    BalasHapus
  13. Udah pasti menyehatkan, harga terjangkau apalagi dibuat dengan segenap perasaan dan kasih sayang wah keluarga bakalan lahap memakannya ya ... Ditambah nasi putih yang hangat dan pulen dimasak dengan Miyako rice cooker... Mantap

    BalasHapus
  14. Jadi pengen Tempe kukus terus disambal, hehehe

    Tiap hari yang gak boleh ketinggalan itu Tempe sama Tahu. Keponakan juga suka kalau dibuat kering. Manis gurih, bikin tambah nasi

    BalasHapus
  15. Kayaknya hampir tiap hari di rumahku juga ada tempe. Kalau gak digoreng ya dibikin tumisan sama kecap hehe. Soalnya ini bahan yang mudah didapat dan harganya mayan murah. Puas2in siapa tau kalau tinggal di luar negeri nanti kangen makan tempe haha.

    Wah RC Miyako yang nanoal berlian hitam bagus ya anti lengketnya. Jadi pengen deh ganti rice cooker. Soalnya kalau anti lengketnya bagus juga mudah membersihkannya.

    BalasHapus
  16. Salut banget sama Nikita Willy yang konsisten untuk memberikan variasi makanan untuk Issa dengan menggunakan peralatan masak dari Miyako. Kali ini, Miyako rice cooker nanoal yang cantik tapi juga banyak fitur istimewanya.

    BalasHapus
  17. Tempe makanan khas Indonesia yang paling kusuka
    Emang benar, pilih rice cooker ya Miyako andalannya
    Nikita Willy aja pakai Miyako

    BalasHapus
  18. jadi pengen beli rice cooker ini. Kebetulan sudah waktunya ganti penanak nasi di rumah. mana warnanya cakep ya mak. Kalem dan manis untuk di dapur.

    BalasHapus
  19. Banyak sekali manfaatnya tempe
    Bahkan anak anak suka tempe + nasi aja
    Katanya sudah surga haha

    BalasHapus