Dua Resep Olahan Tape yang Harus Dicoba

Dua Olahan  Tape yang Harus Dicoba

Tape atau peuyeum

Tape singkong, kalau di Bandung dan daerah Jawa Barat lain disebut peuyeum adalah nama makanan hasil fermentasi singkong.

Cara membuat peuyem mudah, singkong dikupas dan dicuci bersih lalu ditaburi ragi, tutup dengan daun pisang biarkan 3 hari. Jadi deh. Saya pernah mempraktikannya, tepatnya membantu anak gadis tugas sekolah bikin tape. Tapi ternyata hasilnya tidak  semanis peuyeum yang saya beli di pasar, masih ada rasa sepet dan pahit, kalau soal tekstur sudah pas.

Saya suka banget peuyem, entah dimakan langsung , digoreng dengan tepung atau dipanggang dan nikmati dengan saos gula merah yang dicampur kelapa parut, olahan ini disebut Colenak. Ada yang tahu colenak? Urang bandung pasti tahu ya, jajanan jadul khas Bandung. Kini Colenak termasuk jajanan tradisonal yang langka karena anak anak jaman now lebih suka makanan yang micin-micin hahaha.

Selain diolah dengan resep kearifan lokal seperti di goreng atau dibuat Colenak, peuyeum atau tape bisa diolah dengan resep kekinian yaitu dibuat cake.

Ada dua jenis olahan cake tape yaitu bolu tape dan prol tape.

Perbedaan antara keduanya adalah cara membuat dan takaran bahan. Prol tape  dibuat tanpa mixer, tanpa proses pengembangan jadi teksturnya cake padat dan legit. Bolu tape dibuat dengan cara adonan dibuat mengembang sehingga teksturnya soft.

Bagi saya Bolu tape ataupun prol tape sama enaknya, apalagi dinikmati dengan secangkir kopi atau teh hangat. Dahlah ga ada lawan...

Bolu tape atau prol tape cake kesukaan kami sekeluarga, ga heran jika bikin tidak sampai sehari langsung habis.

Yang mau mencoba, berikut resepnya. Untuk teman-teman yang belum punya mixer atau malas bebikinian pake mixer bisa coba prol tape.

Resep Prol Tape Keju

Prol tape keju

Penambahan keju agar rasanya nendang ya man-teman, lebih enak. Kalau tidak pakai keju bagaimana? Nah saya belum mencoba nih kalau tidak pake keju jadi tidak bisa membandingkan.

Bahan

200g tape singkong/peuyeum

100g gula pasir

100g tepung terigu

2 buah telur

100g mentega leleh

1 sdt baking powder

1 sachet kental manis

30g keju parut untuk campuran

30g keju parut untuk topping (banyaknya bisa disesuaikan selera)

Cara membuat

Remas singkong dan kental manis. Sisihkan.

Campur tepung dan baking powder.

Kocok telur dengan whisk, masukkan gula, terigu dan singkong, aduk rata, terakhir masukkan lelehan mentega dan keju parut. Aduk rata. Beri toping dengan keju parut. Panggang 180 derajat 30-40 menit. Tes kematangan.

Resep Bolu Tape Keju

Bolu tape keju

Sumber resep akun ig anitajoyo

Bahan

4 telur

100g gula pasir

1 sdt sp (emulsifier) bisa dibeli ditoko bahan kue

100g tepung terigu

10g tepung maizena

20g susu bubuk

100g mentega/butter leleh

30g keju parut untuk isian

Keju parut untuk taburan/topping.

Haluskan atau cukup remas hingga halus;

160g tape singkong

santan instan ukuran kecil

1 sachet skm

Cara membuat

Mixer telur,  gula  dan sp setelah mengembang, masukkan terigu dan tape berselang seling, sambil diaduk (mixer putar pelan), terakhir masukkan keju dan mentega leleh. Panggang adonan 180 derajat 40 menit. 

Rekomendasi akun resep dalam dan luar negeri di Instagram

Ngomongin soal makanan dan resep, saya punya 4 akun resep favorit di instagram dari dalam dan luar negeri. Kualitas video masaknya bagus jadi enak ditonton, resep ada yang mudah ada yang susah, tinggal disesuaikan hehe

 Ayudiah Respatih



Akun masak pertama yang saya kenal. Resep yang diposting dominan camilan seperti dessert, kue, cake, dsb.

Anitajoyo

Resep-resep di akun mba Anitajoyo banyaknya masakan sehari-hari, jadi kalau cari inspirasi mau masak apa, bisa lihat ignya. Super komplit resep di sini karena mba Anitajoyo sudah rajin ngonten masak sebelum konten masak seramai sekarang.



Turkuazkitchen

Kalau ini saya suka karena videonya aestetik jadi betah nontonnya hehehe. Resepnya agak asing, lha iyalah banyaknya masakan luar negeri hehehe. Tapi beberapa pernah saya coba seperti  resep pasta, resep paling gampang hahaha.

 


Best.Chefme

Akun masak milik seorang anak yang bikin gemes, lugu, pintar dan lucu. Setiap mencoba masakannya pasti baca bismilah dulu. Resepnya mudah dicoba dan butuh waktu singkat memasaknya. Model resep simple. 




Nah kalau akun masak luar negeri ini kadang suka sedikit pusing dengan takaran yang digunakan karena jarang sekali mereka menggunakan ukuran gram, lebih seringnya cup atau oz (bukan ons ya). 



Tapi kini ga bingung lagi setelah nemu web Culinary School yang bisa mengkonversinya. Tinggal masukkan angka pada kolom yang tertera di sana. Di sini juga terdapat tabel jadi bisa tinggal lihat. 



 

 

 

Tidak ada komentar