ASUS Vivobook 14X (M1403) Laptop Multitasking yang Tangguh dan Powerful

ASUS Vivobook 14X (M1403) Laptop Multitasking yang Tangguh dan Powerful

Kebutuhan akan laptop multitasking 




ASUS Vivobook 14X (M1403) 

Tahun ini genap blog saya berusia 12 tahun. Tidak menyangka perjalanan menjadi blogger akan sepanjang ini, dari tulisan curhat ibu muda galau menghadapi dilema jadi ibu bekerja, kini sudah menjadi ibu dua anak remaja dan menikmati jadi ibu rumah tangga yang suka ngonten heuheu. 

Tidak dipungkiri salah satu penyemangat ngeblog adalah mendapat penghasilan dari blog. Berapa penghasilanb ngeblog? Karena sifatnya freelancer tentu tidak sama untuk setiap orang. Yang pasti jika ditekuni secara profesional bisa lho ngeblog dijadikan penghasilan utama karena beberapa teman ada yang sudah full time menjadi blogger.

Blogger saat ini berbeda dengan blogger 5 atau 10 tahun yang lalu yang hanya fokus pada konten tulisan di blog, kini blogger dituntut dapat membuat konten  di beragam platform media sosial atau istilah sekarang menjadi konten kreator.

Bagaimana blogger dan konten kreator bisa eksis? Menurut laporan Benchmark pemasaran melalui influencer mengalami kenaikan sekitar 9.7 billion dollar AS pada tahun 2022. Hasil survey menunjukkan 91% responden percaya pemasaran melalui influencer lebih efektif dan 87% influencer marketing menggunakan media sosial.

Beberapa waktu lalu saya mengikuti webinar mengenai peluang blog, narasumber pun membagikan tips bagaimana agar blog dilirik sebuah brand, diantaranya;

  1. Blog sudah memiliki domain sehingga lebih profesional
  2. Update blogpost secara berkala, dibutuhkan komitmen dan kreatifitas..
  3. Product/service review,  mereview dengan lengkap dan detail, berdasarkan pengalaman (experience) tulisan tidak bersifat teknis tapi story telling. Ini yang membedakan blog dan media, tulisan  blog memiliki sentuhan personal yang khas.
  4. Aktif, berinteraksi dengan pembaca dan di media sosial,
  5. Dilengkapi video sebagai pendukung.

Yap kemampuan blogger membuat video menjadi poin penting terlebih setelah kehadiran tiktok dan reels pada Instagram. Mau tidak mau blogger yang ingin tetap eksis harus terus meng-upgrade diri menyesuaikan dengan permintaan pasar. Ini jika blog memang mau menghasilkan uang ya, jika blognya sekedar catatan pribadi yang tidak dikomersilkan tentu tidak perlu.

Apa saja sih kemampuan blogger yang harus di upgrade agar tetap eksis dan blog bisa menghasilkan;

Menulis, kemampuan menulis perlu diasah dengan cara sering berlatih menulis, post blog secara rutin tidak hanya saat ada 'tulisan kerjaan atau sponsor' dan banyak membaca.

Memotret. Foto sebagai pendukung tulisan. Foto yang menarik dan tidak blur, Karena foto biasanya menjadi hal pertama yang dilihat calon pembaca.

Membuat video. Menerima pekerjaan dari klien selain dengan menulis di blog  ada kalanya diminta sekalian membuat video produk atau video saat acara berlangsung atau bahkan jika produknya makanan diminta video memasak. Jika kualitas video yang dihasilkan bagus, tentu menjadi nilai tambah dan menjadi porto folio kita.

Memahami SEO, penting memahami SEO dasar. SEO ini diperlukan agar tulisan kita terdeteksi mesin pencari di google saat orang menuliskan kata kunci yang sesuai dengan tulisan kita.

Memiliki attitude baik. Atau dalam istilah sederhana adalah etika. Blogger diibaratkan pekerjaan penyedia jasa, jasa menulis, jasa menginfluence, jasa menyebarkan informasi dan seperti pekerjaan pada umumnya, etika dalam bekerja diperlukan. Untuk blogger misalnya menepati deadline karena deadline merupakan kesepakatan dua pihak. Jika mereview produk A sebaiknya tidak menerima tawaran dari kompetitornya dalam waktu berdekatan. 

Dengan meng-upgrade kemampuan diri kesempatan mendapat tawaran kerjasama pun bertambah dan tidak hanya berhubungan dengan blog tapi konten di media sosial. Beberapa waktu lalu saya mendapat kontrak membuat video masak berbayar dengan sebuah platform media sosial. 

Yap blogger masa kini harus multitasking, bisa ini itu. Tidak heran perangkat pendukungnya pun sebaiknya multitasking. Salah satu perangkat pendukung ngeblog adalah laptop yang multitasking agar bisa mengakomodasi keperluan penggunanya yang multitasking, bagi saya adalah ASUS Vivobook 14X (M1403).

Saya dan beberapa  teman blogger sudah mencoba langsung ASUS Vivobook 14X (M1403) hari sabtu 16 September 2023 lalu di acara ASUS Blogger Gathering Jakarta yang bertempat di Hotel Grand Zuri BSD City. 

Acara ini merupakan kolaborasi antara ASUS Indonesia dengan Mba Katerina pemilik blog https://www.travelerien.com  yang mengajak para blogger untuk merasakan langsung pengalaman menggunakan produk-produk laptop ASUS

Ada 6 jenis laptop yang kami coba secara langsung yaitu;

1. Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) 

2. Zenbook S13 OLED (UX3504)

3. ASUS Vivobook 14X (M1403)

4. ASUS Vivobook GO 14 (E1404F)

5. ASUS Vivobook 14X (K3405VF)

Dari kelima laptop ASUS yang menarik perhatian saya adalah ASUS Vivobook 14X (M1403). 

Laptopnya memang sekeren itu ya Gaess... 

Dari penampakannya saya suka dengan desainnya yang styles selain ringan dan ringkas, body laptopnya eksklusif, keyboardnya ringan, tampilan warna di layarnya tajam. Rasanya jadi pengen bawa pulang. 

Yang penasaran sekeren apa? Yuk simak ulasannya... 

Coba langsung ASUS Vivobook 14X (M1403) 


Powerful dan tangguh


Laptop ringkas dan ringan

Dengan dimensi 31.71 X 22.70 X 1.99 cm dan berat 1.6 kg, membuat laptop ini ringan dibawa-bawa sehingga bisa bekerja di manapun.  Saya termasuk yang suka membawa laptop jika jalan-jalan bersama keluarga terutama jika ada deadline, jadi saya hampir tidak pernah mengerjakan job blog lewat deadline dengan alasan sedang liburan. Saya percaya komitmen pada deadline yang diberikan klien berbanding lurus dengan profesionalitas yang saya tawarkan. Untuk teman-teman blogger traveling dan kuliner tentunya selalu membawa laptop ya saat traveling agar bisa tetap produktif. 

Desain styles

Dilengkapi fort output dan input lengkap untuk mendukung beragam aktivitas USB Type-A untuk koneksi perangkat tambahan, USB 3.2 Type-C untuk menghubungkan ke berbagai perangkat modern. Dan 3.5mm combo audio jack untuk penghubung perangkat audio. Ini sangat memudahkan ketika memindahkan data atau menulis sambil mendengarkan musik. 


Fort output dan input lengkap

ASUS Vivobook 14X (M1403) memiliki engsel yang bisa diputar hingga 180 derajat, ini membantu banget saat pengguna mempresentasikan hasil kerja atau untuk pengguna yang suka menggambar dengan tambahan pen tab. 

Engsel 180 derajat

Ruang penyimpanan besar

Karena blogger jaman now tidak sekedar nuis, data yang disimpan di laptop pun bertambah, yaitu foto dan video, belum termasuk foto keluarga dan tugas anak-anak sekolah. Dibutuhkan laptop dengan kapasitas menyimpanan besar. ASUS Vivobook 14X (M1403)  memiliki  sistem penyimpanan dan memori modern. penyimpanan menggunakan PCle 3.0 SSD dengan kapasitas 512GB yang tidak hanya memiliki durabilitas lebih baik tetapi juga performa yang jauh lebih kencang dari HDD ataupun SSD SATA. Sementara untuk memori, ASUS Vivobook 14X (M1403) mengandalkan memori DDR4-3200 dengan kapasitas yang bisa diupgrade hingga 24 24GB.

Memory dapat di upgrade karena tersedia satu slot memory yang dapat ditambah kapasitasnya jika dibutuhkan. Proses upgrade mudah karena slot memori dapat diakses dengan cara membuka panel penutup bawah bodi laptop. Memori besar performa laptop bertambah baik. 

Dengan memori yang besar tidak khawatir laptop ngelag saat digunakan untuk menonton ya hehehe.

Prosesor terbaik di kelasnya  

Pernah mengalami menggunakan laptop lemot? Saya pernah dan rasanya lelah jiwa raga hahaha. Nah dengan   ASUS      Vivobook 14X (M1403) dijamin tidak akan mengalami drama laptop lemot karena ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 5600H Prosesor yang biasanya digunakan di laptop gaming tersebut memiliki TDP 45W menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread dan mamu dipacu hingga 4.2 Ghz. Prosesor tersebut juga dibangun menggunakan arsitektur Zen3 yang lebih powerful dari generasi sebelumnya.

Prosesor AMD Ryzen


Dilengkapi chip grafis terintegrasi AMD Radeon Graphics yang powerful yang memungkinkan ASUS Vivobook 14X (M1403) menghadirkan performa pemprosesan grafis yang lebih baik dibandingkan dengan laptop sekelasnya. Dapat digunakan untuk beragam aktivitas yang membutuhkan performa komputasi grafis ekstra termasuk bermain games.

Jadi laptop ini cocok buat teman-teman pekerja kreatif seperti desain grafis. 

Sistem pendingin ASUS IceCool

Perangkat elektronik jika digunakan dalam jangka waktu lama biasanya menjadi panas, akibatnya performa menurun. Jika hal ini dialami laptop, laptop jadi ngehang, sistem tidak bekerja beberapa detik dan ini bisa berulang-ulang. 

Tapi tidak usah khawatir jika menggunakan laptop ASUS Vivobook  14X (M1403) karena dibekali sistem pendingin ASUS IceCool yang membuat  seluruh komponen dalam laptop bekerja optimal. Kipas untuk pendingin berbahan Liquid Crystal Polymer dengan 87 bilah (blade) mendinginkan komponen dalam laptop dengan tingkat kebisingan kurang dari 38dBA.

Keunggulan lain ASUS Vivobook 14X (M1403)

Keyboard ASUS ErgoSense yang dirancang secara presisi sehingga menghadirkan pengalaman mengetik seperti menggunakan keyboard desktop premium. Touchpad ASUS Vivobook 14X (M1403) lebih lebar agar nyaman digunakan. Dengan tekanan lembut pada keyboard, setiap huruf yang diketikkan sudah muncul, keypadnya pun tidak keras. 

Keyboard ErgoSense


Dilengkapi fitur AI Noise-Cancelling sehingga mikrofon dari laptop dapat  meredam suara bising yang ada di sekitar pengguna dengan begitu ASUS Vivobook 14X (M1403) dapat digunakan untuk beraktivitas kapan dan dimanapun.

Webcam dilengkapi  penutup fisik terintegrasi untuk menjaga privasi. 

Webcam dengan penutup


Dilengkapi pembaca sidik jari (fingerprint sensor) yang terdapat pada touchpad. Sensor sidik jari terintegrasi dengan fitur windows hello sehingga pengguna dapat masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetik passwords.

ASUS Vivobook 14X (M1403) 99% antibacterial inhibition. 

Dengan semua keunggulan itu  ASUS 14X (M1403) dibadrol mulai harga sekitar 9.5 juta, termasuk murah untuk laptop sekelas ini. 

Tersedia varian dengan layar ASUS OLED


ASUS Vivobook 14X (M1403) tersedia dalam 3 varian salah satunya yang sudah dilengkapi teknologi layar ASUS OLED, laptop dengan layar  terbaik  dengan resolusi 2,8K (16:10) dan dilengkapi beragam fitur teknologi serta inovasi yang menampilkan visual sangat kaya, akurat dan tidak merusak kesehatan mata. Rasio layar dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga pengguna dapat beraktivitas secara lebih produktif.

Dengan color gamut 100% DCI-P3 dengan sertifikasi PANTONE Validated Display HDR True Black. diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan pembuat konten.

ASUS OLED dibekali fitur bernaman Eye Care Fitur tersebut memungkinkan spectrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. dengan sertifikasi TUV Rheinland untuk low blue light dan anti flicker.


Spesifikasi ASUS Vivobook 14X (M1403)


ASUS selalu berinovasi dengan produk-produknya, menjawab kebutuhan penggunanya yang terus bertumbuh seiring perkembangan teknologi. Kira-kira ada produk inovasi apalagi nih di ASUS, yuk pantengin media sosialnya ASUS Indonesia di instagram @asusid

Sebelum pulang tak lupa kami foto bersama. 







20 komentar

  1. MEmang ya blogger saat ini tidak hanya mesti bisa nulis saja tapi juga aktif di sosmed dengan foto dan video yang berkualitas pastinya. Karenanya kebutuhan akan laptop yang multitasking agar bisa mengakomodasi keperluan penggunanya yang multitasking, seperti ASUS Vivobook 14X (M1403) perlu adanya.

    BalasHapus
  2. keren dan canggih ya fitur laptop asus vivobox ini. jadi gemes pengen nabung biar punya sendiri :) salfok sama fitur yang bisa dilurusin dan nutup layar webcam (jadi ga perlu pake plester lagi hahaha)

    BalasHapus
  3. Pendingin pada Asus bikin elemen jadi lebih terjaga dan tidak cepat rusak apalagi kalau kerja suka lupa waktu.

    BalasHapus
  4. Aku suka fitur-fitur laptop ASUS, baru aja dua bulan lalu beli laptop ASUS buat anakku, pilihannya ASUS dan memang selain desain yang premium laptop ASUS memiliki segudang fitur yang bikin nyaman saat menggunakannya, next pingin beli lagi ah buat ganti laptopku yang udah jadul banget.

    BalasHapus
  5. Punya laptop multitasking kayak gini tuh andalan banget apalagi buat kerja online, kerja remote udah bisa Support banget ya. Harus dimiliki nih Mba.

    BalasHapus
  6. Bener ya mbak, blogger sekarang betul harus bisa yang lain juga selain menulis yaa, jadi butuh banget gadget yang juga multitasking kayak ASUS vivobook 14x ini :D

    BalasHapus
  7. Wah saya belum pernah bikin tulisan di blog dan dilengkapi video sebagai pendukung, selama ini foto-foto saja.
    Keren banget speknya ASUS Vivobook 14X (M1403) ini mbak. Cocok nih buat bikin konten yang sekarang juga tuntutannya makin banyak

    BalasHapus
  8. Keren banget Vivobook ini ya, benar-benar tangguh dan powerful untuk mendukung kebutuhan blogger yang sekarang ini kegiatan utamanya bukan cuma menulis...

    BalasHapus
  9. Aduhaaiiii ini dambaan sejuta umat sih yaaa

    spesifikasi nya bikin mupeng maksimal.

    semogaaaa ada rezeki berjodoh dgn laptop ini.

    BalasHapus
  10. Oh ternyata laptop satu ini ada 3 varian ya mbak, bahkan salah satunya sudah dilengkapi dengan layar OLED. Kkirfain satu tipe aja.
    Setuju banget sebagai blogger plus konten kreator butuh banget yang namanya laptop dengan spek mumpuni dan memori berkapasitas besar ya, jadi bisa menunjang banget kerjaan :D

    BalasHapus
  11. Vivobook yg tipe ini tuh beneran bikin mupeng sih teh, trus kebutuhan buat aku kayaknya akan tercover sama dia deh

    BalasHapus
  12. ASUS nih jadi laptop idola kita smeua keknya ya bun, hahahah soalnya ya sesuai dengan yag kita butuh dan bisa eksplore skill yang lainnya dengan nyaman

    BalasHapus
  13. Ini keren banget sih mba y speknya akupun kepingin banget punya, design dan fitur mumpuninya bikin menunjang aktivitas kita jadi mudah

    BalasHapus
  14. Begini asyiknya ikutan gathering bareng ASUS bisa mencoba langsung performa laptopnya. Jadi kalau selanjutnya beli, ga bakal salah pilih.
    Kalau aku masih mengidamkan ASUS Zenbook S 13 OLED yang tipis itu lho.

    BalasHapus
  15. di era kerja bisa di mana saja ini memang penting banget punya laptop yang ringan tapi spesifikasinya oke ya, mbak jadinya kita nggak berat bawa ke mana-mana

    BalasHapus
  16. Aku udah cobain juga laptop ini. Bening banget warnanya. Laptopya juga ringan, bisa dibawa ke mana-mana deh. Cocok buat yang mobile dan harus pake laptop terus saat kerja atau sekolah.

    BalasHapus
  17. Pekerjaan jadi content writer membuatku butuh laptop dengan kapasitas memori yang besar. Laptop yang dipakai sekarang sudah lemot banget. Semoga bisa ke beli laptop Asus ini.

    BalasHapus
  18. Wah, ini laptop terbaru dari ASUS ya mbak
    Keren banget spesifikasi nya ya
    Emang sangat powerful dan mendukung multitasking

    BalasHapus
  19. Keren sekali mbak, sudah 12 tahun ngeblog, luar biasa! Tentu udah paham betul gimana pentingnya laptop untuk dibawa kemana-mana ya mbak.. bisa makin produktif dan tentu makin cuan hihi. Oh ya.. saya salah satu yang fulltime blogger nih :D

    BalasHapus
  20. Asus Vivobook emang terbaik, makin ke sini makin menggoda desain dan performanya! Tapi yang paling aku suka adalah laptopnya benar-benar seringan itu, jadi benar-benar happy bawanya kalau harus kerja di mana aja dari mana aja ~

    BalasHapus