Tujuh kebiasaan mengasah otak agar tidak mudah lupa

Tujuh  kebiasaan  mengasah otak agar tidak mudah lupa  



Ada yang pernah mengalami, lupa meletakkan kaca mata, dicari-cari tidak ketemu, ternyata kacamata nyangkut di atas dahi. Lupa menaruh kunci motor padahal baru beberapa menit lalu diletakkan.

Mudah lupa sering dikaitkan dengan pertambahan usia, ibarat mesin makin tua kinerjanya menurun. Tapi  mesin yang dirawat dengan baik dan tepat, kinerjanya  masih tetap baik walaupun sudah tua, begitupula dengan otak kita.

Namun ada dua hal penyebab lupa yang tidak disebabkan oleh usia, pertama  kurang tidur dan kurang minum air putih karena membuat tidak fokus/konstreasi. Kedua, pola makan yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan berlemak jenuh dan kekurangan viutamnin B12 karena vitamin ini berfungsi menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.

Ada beberapa kebiasaan  yang bisa dilakukan untuk mengasah otak agar tidak mudah lupa

Mengurangi  multitasking

Perempuan terutama ibu-ibu merasa dituntut untuk multitasking, tujuannya agar banyak pekerjaan bisa diselesaikan dalam waktu cepat. Akibatnya pikiran menjadi tidak fokus, sedang mengerjakan pekerjaan A tapi yang diingat pekerjaan B atau sebaliknya. Misal nyetrika sambil menonton (ini kebiasaan saya banget), fokus nonton eh setrikaan gosong. Sekarang memilih nonton jika pekerjaan rumah selesai, biar fokus dan menikmati tontonannya. Pernah juga mengisi air mesin cuci sambil masak, seringnya, air mesin cuci kepenuhan karena lupa mematikan bahkan lupa sedang mengisi air di mesin cuci.

Membiasakan menghapal hal penting

Kebiasaan menghafal membuat otak menjadi aktif dan terus berpikir sehingga melatih fokus dan konsentrasi dalam jangka panjang. Menghafal hal-hal penting seperti nomor telepon anak-anak dan suami. Menghafal flat nomor kendaraan sendiri termasuk hal penting lho. Ini pernah kejadian di sekolah anak-anak, kendaraan penjemput dikunci setir, jadi saat kendaraan di depannya mau keluar tidak bisa, pak satpam sudah teriak-teriak di toa mengumumkan, yang punya kendaraan ga mudeng, alhasil baru 3 jam kemudian mobil bisa keluar setelah yang mobil yang menghalangi keluar karena mau pulang.

Membaca buku

Saat membaca buku, secara otomatis otak akan berpikir, berimajinasi sesuai objek atau kejadian yang dibaca. Hal ini  melatih kinerja otak, otak menjadi terbiasa bekerja. Agar membaca buku menyenangkan, baca buku  dengan subjek yang disukai. Jika kebiasaan membaca buku sudah tertanam, otomatis akan timbul keinginan membaca buku dengan subjek baru/hal baru. Untuk yang beragama islam, bisa dengan membaca al-quran.

Tidur cukup

Manusia membutuhkan waktu tidur sekitar  7-9  jam. Saat tidur otak akan melakukan konsolidasi terhadap informasi yang diteriman saat terjaga dengan cara disimpan dalam bentuk memori.

Pada saat tidur beberapa organ tubuh melakukan detoksifikasi sel-sel diregenerasi  menjaga tubuh secara keseluruhan .

Olahraga

Olahraga bukan hanya membuat fisik sehat juga otak itu karena saat olahraga  peredaran darah dalam tubuh lancar sehingga menjaga sumplai darah ke otak. Olahraga yang dilakukan bisa disesuaikan dengan usia dan kemampuan fisik. Jalan santai, filates, yoga, berenang dsb.

Sosialisasi dengan orang lain

Seiring usia pertemanan mengerucut namun tidak boleh jadi alasan tidak bersosialisasi dengan orang lain. Bersosialisasi tidak selalu berkonotasi ngobrol santai lama hingga jadi bergunjing (ga terasa). Bisa dengan mengikuti acara pengajian di lingkungan masjid rumah untuk teman muslim (biasanya seminggu sekali), arisan atau berinteraksi dengan komunitas sesuai minat dan hobi. Oh ya bersosialisasi termasuk bersosialisasi secara online.

Berinteraksi dengan orang lain membuat terhindar  dari stress dan depresi yang dapat mengganggu kemampuan otak dan fungsi kognitif.

Melakukan senam otak

Mudah lupa disebabkan fungsi kognitif otak berkurang yaitu kemampouan beroikir, mengingat dan mengolah informasi. Hal ini dapat dilatih dengan beberapa kegiatan yang membuat obat berpikir, mengingat dan mengolah informasi seperto bermain catur, alat musk dan games.

Yap bermain games yang sederhana, dilakukan saat waktu senggang. Untuk permainan games bisa coba nih beberapa permaian games yang ada di plays.org di web ini ada puluhan macam  games yang bisa dimainkan secara gratis. Jadi dijamin ga bosan. Games di sini juga banyak yang cocok untuk anak-anak.

Beberapa game yang saya coba

Maze game

Maze Game Z, game labirin. Cara bermainnya menggiring kotak merah melalui labirin sdengan menekan arah panah, makin cepat melewati labirin, point yang didapat akan besar.

 



Cake Master, game dengan tema kue. Pada permainan akan muncul tiga gambar orang sebagai pemesan kue, lalu cari gambar kue yanh dipesan yang berderet 3 atau seret gambar agar didapat 3 gambar kue dalam satu baris. Semakin cepat semakin besar point yang didapat. 

Poetry Puzzle, game tebak nama binatang. Pada permainan akan disebutkan  ciri-ciri binatang yang harus ditebak lalu seret gambar binatang yang dimaksud ke tempat yang disediakan. Permainan ini sangat bagus  untuk anak-anak sekaligus belajar bahasa Inggris.






Masih banyak game lainnya yang bisa dicoba dan tidak akan bosan  karena banyak banget pilihan gamesnya.

Bermain game selain menyenangkan juga mengasah kemampuan otak. 

 

 

 

8 komentar

  1. Senam otak bisa dengan bermain catur ya Mbak. Aku suka bermain catur, tetapi ini lama sekali belum main lagi, gak ada yang bisa diajak main di sini,

    BalasHapus
  2. Bermain game di Plays ini seru dan juga bermanfaat untuk kesehatan otak kita ya mbak
    Nggak gampang pikun

    BalasHapus
  3. Senam otak memang perlu nih. Ngegame yang mengasah otak bikin otak kita gak mudah lemot, gak mudah lupa juga. Perlu banget dicoba nih.

    BalasHapus
  4. Aku jg sesekali suka main game di plays.org. Kalau buat anak2 skrg yg terbiasa dg game online, games di sini mgkin kurang tantangannya ya.. tp buat pemula game atau usia middle up (hehehe), games di sini rasanya cocok dan memang membantu senam otak.

    BalasHapus
  5. Oh jangan-jangan karena kurang tidur yang bikin aku gampang lupa. Boleh deh rekomendasi mba Rina, semua bisa dilakukan dengan hepi. Terutama main game nih, ternyata bisa mengasah otak agar tidak gampang lupa ya

    BalasHapus
  6. Ternyata ada efeknya yaa.. kalau terbiasa multitasking.
    Aku yang sering selain kacamata juga mau ngelakuin apa yaa... abis ini?
    Ya Allaa.. nge-lag parah sii..

    Kudu dilatih dengan happy di plays.org si yaa..

    BalasHapus
  7. Main game itu tidak hanya asah otak tapi juga memberikan ruang ke otak agar lebih rileks

    BalasHapus
  8. TErnyata mengurangi multitasking itu bisa bikin mengasah otak ya. Notes mbak, soalnya aku paling suka multitasking huhu, padahal efeknya ga terlalu oke ya dan kerjaan tidak terlalu maksimal.

    BalasHapus