Solitaire, Game Lawas untuk Bersantai

Solitere, game lawas untuk bersantai

Ada yang suka main game? Hati-hati jangan sampai kebablasan dan lupa waktu ya. Ini sih sebenarnya reminder untuk diri sendiri heuheu.  Biar ga lupa waktu, pasang alarm karena kalau main game dan di rumah seorang diri (suami kerja dan anak-anak sekolah) suka lupa waktu

Solitaire game

Bicara main game jadi inget nih jaman kuliah tingkat akhir dan awal masa kerja dulu tahun 2000-an (ketahuan umurnya), saat handphone masih jadi barang mahal, begitupun laptop, main game hanya bisa dilakukan di pc atau computer dekstop. Pilihan game pun tidak sebanyak sekarang, game yang ada  cenderung mudah, tidak bayar (beli koin atau apalah istilah), tidak berhadiah  tapi kok ya tetap asik. Sekedar bermain untuk santai.

Teman-teman angkatan 2000 an pasti tahu game yang saya maksud, yap game solitarie. Salah satu gamenya yang terkenal adalah permainan kartu.  Seperti ini penampakannya, familiar kana

Game Solitaire.org ini, dulu biasanya  saya memainkan  game ini di komputer kampus/lab, saat istirahat, abis sholat makan siang.

Game

Sebelum lahirnya komputer permainan kartu ini familiar di dunia. Menurut literature yang saya baca permainan kartu sudah dikenal sejak abad ke-17.

Yang saya ingat suka lihat bapak-bapak kalau ngeronda biasanya salah satu cara menahan kantuknya dalah dengan bermain kartu, tentunya tanpa taruhan ya sekedar main. Seiring perkembangan teknologi, permaianan kartu ini dibuat dalam bentuk onlinenya dan ada di komputer dekstop. Mengikuti perkembangan jaman solitaire.org mengembangkan banyak game dengan basis kartu dan bisa dimainkan di handphone dengan mengunduh aplikasinya secara gratis, semua game pun bisa dimainkan secara gratis. Pilihan permainannya pun semakin banyak dan bervariasi.

Salah satu game yang saya coba adalah Ride the Bus 

Memilih game ini karena dari gambarnya sepertinya cocok dan aman  dimainkan anak-anak.

Cara bermain game

Game dengan putaran  unik dan mengumpulkan poin 31 berdasarkan naik bus sekolah.

Setiap pemain diberi 3 kartu dan berkesempatan menarik kartu dari dek, mengambil tumpukan teratas. Posisi kartu yang diambil dalam terbalik, jika kita tidak tahu kartu apa yang akan kita dapat.

Ride the Bus Game



Ride the Bus game

Kita harus mengumpulkan 31 point atau angka yang mendekati itu. Kartu As 11 poin, kartu bergambar bus 10 poin. Kartu yang dikumpulkan harus sama jenisnya, misal heart semua atau diamond semua.

Ambil sebuah kartu dari dek lalu buang kartu (buang kartu yang nilainya rendah). Jika skor yang kita miliki tinggi, stop bus sebelum membuang kartu. Jika skor rendah kita kehilangan token bus. Jika koin hilang, kita harus meninggalkan bus. Jika salah satu pemain memberi isyarat agar bus berhenti, semua pemain akan mendapat satu putaran lagi dan selesai.

Strategi agar mendapatkan banyak poin pada permainan ini

Kenapa orang tua harus melek game

Suka game atau tidak itu pilihan, tapi untuk mama yang anak-anaknya akbrab dengan handphone/gadget, melek dengan beragam game online jadi keharusan. Tidak harus bisa memainkan tapi tahu game apa yang dimainkan anak-anak. Tahu mana game yang sesuai usia anak mana yang tidak sesuai dimainkan anak-anak. Kita bisa mencari tahu melalui google atau media sosial. Saya pernah ga sengaja menemukan game dengan vibes anak-anak tapi isinya kekerasan, pukul-pukulan dsb.

Game di solitaire.org  relatif aman untuk anak-anak, belajar  berstrategi, tidak ada kekerasan atau hal-hal negatif.

Tips bermain game

1.       Saat waktu luang bukan meluangkan waktu

2.       Batasi waktunya

3.       Setelah pekerjaan rumah/kantor selesai

4.       Pilih permainan yang bikin relaks/enjoy

5.       Untuk anak-anak pastikan game tersebut aman-sesuai beruntukan usianya 

17 komentar

  1. Bermain games di kala senggang bisa jadi me time tersendiri dan Solitaire ini sejenis permainan kartu pemain tunggal yg dah cukup lama dikenal serta msh tetep worth it utk sejenak refresh

    BalasHapus
  2. Saya kalo main game itu sukanya yang santai2, Mbak Rina ... sejak duluuu banget, game yang santay itu kayak Solitaire ini. Dulu kan hanya bisa main di komputer, sekarang alhamdulillah bisa online ya memainkannya.

    BalasHapus
  3. wah aku kalau ingat game lawas ini jadi flashback jaman PKL waktu SMK kalau gak ada kerjaan aku suka main game ini

    BalasHapus
  4. Aku termasuk yang gak suka main game, hehehe. Tapi teman kantorku suka main game ini malah mahir banget, udah kepala lima juga

    BalasHapus
  5. Solitaire dan freecell tu beberapa games di komputer yang aku hobi banget mainin dari jaman kuliah dulu, haha.
    Soalnya selain killing time, juga bisa buat asah otak dan pikiran sih. Karena butuh strategi khusus biar bisa menang dalam waktu singkat kan.

    BalasHapus
  6. Jadi ingat jaman kerja dulu, kalo kerjaan udah beres sambil nunggu waktu pulang aku main game Solitaire. Sekarang makin asik ya main game tanpa install juga

    BalasHapus
  7. Game solitaire ini game favoritku nih. Kalau lagi jenuh saya main solitaire. Buat ngilangin stress kerjaan juga untuk hiburan di waktu senggang.

    BalasHapus
  8. Jadi ingat waktu libur ke Singapore kemarin tuh, aku dan pak suami sempat main game ini juga sambil nunggu boarding. Karena dipesawat kita lupa daftar wifi, akhirnya gak bisa main. Eh ternyata si entertainmentnya ada game soltaire, jadi lanjut lagi deh.

    BalasHapus
  9. Sama, Mbak, aku juga tau game Solitaire di era tahun 2000-an, hehe.. sekarang udah banyak banget ya jenisnya. Dan di website solitaire game-nya makin bervariasi lagi. Aku juga suka main di sana :)

    BalasHapus
  10. Saya juga termasuk senang main game solitaire, Mbak. Permainannya santai dan bisa ngilangin stress. Kalau sekarang makin banyak aja jenis permainannya, ya...

    BalasHapus
  11. Sejak dulu game solitaire ini emang paling santai ringan menurut versi saya yg bukan penggemar game. Game yg berat bikin gemes sendiri endingnya tidak refresing tapi malah bikin pikiran tegang.

    BalasHapus
  12. Jadi ingat waktu kecil tuh main game solitaire buat ngilangin suntuk sama tugas-tugas. Apalagi game ini termasuk yang mudah dipahami sama aku

    BalasHapus
  13. Nah iya ..game di solitaire.org relatif aman untuk semua. Terutama bagi anak-anak bisa untuk belajar berstrategi, tidak ada kekerasan atau hal-hal negatif di sana.

    BalasHapus
  14. Ada banyaaak banget pilihan Game Solitaire.org
    Aku kaget dan sempet bingung. Namun dengan rekomendasi dari kak Rina, bisa explore permainan seru mengisi waktu bersantai.

    BalasHapus
  15. Stop bus ini sama kayak permainan 41 yang biasa kumainkan jaman kecil dulu. Mengumpulkan yang warnanya sama hingga jumlah totalnya 41. Klo di sini aturannya mengumpukan sampai berjumlah 31 ya. Seru niiihh... mau coba aaahh...

    BalasHapus
  16. Solitaire game kesukaan aku sejak jaman aku masih ngantor dulu, disela sela kesibukan tugas selalu aku sempatkan mainin game ini.

    BalasHapus
  17. Iya mbak sekarang banyak game kekerasan meski itu untuk anak-anak. Jadi orang tua memang harus tau game apa yg sedang dimainkan anaknya. Di solitaire .org game nya aman untuk anak-anak

    BalasHapus