LAPTOP OLED Paling Tipis dan Ringan di Dunia, ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

LAPTOP OLED Paling Tipis dan Ringan di Dunia, ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Seperti halnya handphone, kebutuhan laptop untuk menunjang pekerjaan saat ini  sangat penting. Generasi muda masa kini dihadapkan pada banyak pilihan pekerjaan yang menuntut kreatifitas, bekerja secara online sehingga bisa dilakukan di  mana saja. Begitupun pelajar dan mahasiswa, masa-masa menulis di buku dan menfotokopi  diganti share materi di Gdrive. Kuis atau pekerjaan rumah dengan Gform. Paperless untuk mengurangi sampah dan emisi karbon dengan memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya. 



Tapi beberapa laptop memiliki berat dan ukuran besar sehingga saat dibawa mobile jadi beban. Ada yang pernah merasakan? Saya iya, maklumlah laptop yang saya gunakan masih laptop jadul, keluaran 6 tahun lalu. Saat itu memang ukuran laptop dengan  layar 14 inci  dan bobot   sekitar 1.5 kg lebih adalah ukuran biasa. Kebayangkan kalau dibawa kemana-mana beratnya. 



Seiring berkembangan teknologi, laptop makin ringkas dan ringan namun memiliki performa maksimal malah lebih canggih. Seperti laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) yang baru saja diluncurkan. Dengan berat 1 kg, ketebalan 1 cm (ini lebih tipis dari handphone lho), dan layar 13.3 inci  dinobatkan sebagai laptop teringan di dunia. Nah walaupun ringan dan tipis, laptop Zenbook S 13 OLED (UX5304) powerfull karena ditenagai Prosesor generasi ke 13 dari Gen Intel® Core™.

Hari Selasa lalu saya berkesempatan hadir di acara launcing   yang tertempat di Park Hyatt . Melihat langsung, memegang dan mencoba  Zenbook S 13 OLED (UX5304).  Asli lebih keren dari yang dilihat digambar dan videonyanya. Warna dan desainnya kece. Auto pengen bawa pulang.  Sholawatin aja dulu ya heuheu biar punya.

Launching dihadiri   Davina Larissa selaku Country Marketing Manager  ASUS Indonesia yang memaparkan 6 inovasi yang dilakukan ASUS yaitu display, design, experience, protection, performance and durability, sesuai campaign yang digusung ASUS #ExperienceTheDifference.

Clemency Devianie dan Daniel Naftali, PC ConsumerNotebook Product Manager, ASUS Indonesia, yang menjelaskan material Zenbook S 13 OLED (UX5304) yang ramah lingkungan karena 100% recycable namun didesign unik dan ini terinspirasi dari alam 'it feels like nothing else'. Duh memang ya kalau udah melihat dan menyentuh  langsung Zenbook S 13 OLED (UX5304) terasa banget kalau laptop ini eksklusif dan berkelas. 

Laptop setipis dan seringan Zenbook S 13 OLED (UX5304) kokoh? Itu juga pasti jadi pertanyaan teman-teman, setipis 1 cm, apakah kokoh/kuat untuk dibawa mobile?

Zenbook S 13 OLED (UX5340)

Tipis dan ringan tapi kokoh

Dengan ketebalan 1 cm, bobot 1 kg dan layar 13.3 inci . Ukuran dan berat ini memudahkan dibawa kemana-mana. Dibuat dari material khusus dengan teknologi canggih sehingga kokoh. 

Material pada keyboard deck adalah magnesium aluminium yang diproses dengan teknik CNC sehingga strukturnya kokoh tanpa penyangga tambahan. Penutup kaca pada touchpad sangat tipis sehingga ketebalan berkurang sebesar 25%.

Kamera pada layar ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah  kamera IR FHD dengan ukuran lebih kecil ditanamkan pada layar dengan teknik CNC. Panel OLED yang digunakan lebih ramping sehingga layar laptop 30%  lebih tipis.

Kombinasi teknik produksi canggih dan material berkualitas tinggi membuat laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan laptop ultraportable yang tipis dan ringan dengan level tinggi.

Konektivitas dan fitur lengkap

Tpis dan ringan tapi memiliki fitur lengkap. Dengan berbagai  port I/O, dua port USB-Type C   Thunderbolt 4, port USB 3.2 Gen 2  Type-A, port HDMI  2.1  dan 3.5 mm combo audio jack untuk mempermudah penggunanya.



USB-Type C® Thunderbolt 4 mendukung pengisian daya yang cepat dengan tampilan eksternal beresolusi 4K.

Dilengkapi kamera IR FHD yang dilengkapi efek visual khusus dan teknologi AI noise-cancelling sehingga dapat melakukan video conference atau zoom meeting di manapun.  Kamera dilengkapi sistem login window Hello yang dapat memindai wajah.

Untuk audionya sudah tersertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster sehingga kualitas audionya sudah tidak perlu diragukan.

“Zenbook S 13 OLED (UX5304) menggabungkan portabilitas luar biasa dan konektivits lengkap dalam desain yang tipis dan ringan, sambil menawarkan perfoma komputasi yang kuta dan pengalaman visual yang tak tertandingi,” ungkap Jimmy Lin ASUS Regional Director, Southeast Asia. “Dengan komitmen kuatnya terhadap keberlanjuitan, laptop ini menetapkan standar baru untuk era laptop ultraportable yang ramah lingkungan.”

Modern dan Powerful

Dengan ketebalan 1 cm, memang cukup kuat dan cepat mengolah data? Eit, jangan salah walaupun tipis dan ringan Zenbook S 13 OLED (UX5304) ditenagai prosesor 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U dengan konfigurasi  10 core dan 12 thread dapat dipacu hingga 5GHz.  Dengan kecepatan transfer data hingga 40 Gbps. Sehingga powerful untuk berbagai aktivitas.

Prosesor 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U adalah prosesor modern yang sudah dilengkapi  chip grafis terintegrasi yaitu Intel® Iris® X®. Chip grafis tersebut memiliki performa cukup kuat untuk mendukung kebutuhan komputasi grafis sehari-hari, bahkan cukup mumpuni untuk memainkan game kasual. Prosesor juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti Intel® Quick Sync yang mempercepat proses encoding dan decoding video. Zenbook S 13 OLED (UX5340) sudah tervalidasi sebagai platform Intel® Evo™. Ini menjamin Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan laptop terbaik untuk bekerja, belajar, menikmati hiburan, berkarya dan menciptakan konten kreatif.

kerangka dan isi Zenbook S 13 OLED (UX5340)


Untuk memaksimalkan performa prosesor Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi memori LPDDRS berkapasitas 16GB dan media penyimpanan data PCle 4.0 SSD. Kombinasi keduanya memastikan bahwa Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat beroperasi dengan cepat dan nyaman saat multitasking.

Seringan ini ya, sampai bisa digantung dengan tali tipis 

Laptop mobile tentunya harus didukung dengan baterai tahan lama karena saat bekerja di luar ruangan, ketersediaan listrik tidak selalu ada. Nah  Zenbook S 13 OLED (UX5304) didukung dengan daya tahan baterai cukup panjang yaitu hingga 14 jam karena kapasitas baterainya 63 WHrs.

Kualitas layar terbaik

Selain untuk bekerja dan atau belajar, laptop masa kini juga sebagai perangkat hiburan, menonton film, mendengarkan musik, menonton konten menarik dsb. Spesifikasi laptop yang dicaripun tidak sekedar cepat dalam mengolah data juga layar yang menampilkan warna yang sesuai asli. 

Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi ASUS Lumina OLED, standar tertinggi layar laptop saat ini, dengan resolusi 2.8K dilengkapi berbagai fitur, teknologi serta inovasi tercanggih sehingga layar menampilkan kualitas visual yang kaya warna,  akurat dan tidak menngganggu kesehatan mata.

Lumina OLED dapat menampilkan color gamut 100% DCI-P3 dan telah tersertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS Lumina OLED mendukung teknologi HDR dan tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black sehingga layar ASUS Lumina OLED dirancang berdasarkan standar kebutuhan industry kreatif dan hasil yang ditampilkan akurat.

ASUS Lumina OLED dilengkapi fitur Eye Care. Fitur yang memungkinkan mengurangi paparan radiasi sinar  biru yang berbahaya bagi kesehatan mata tanpa mengurangi kualitas visual layar laptop.

ASUS Lumina OLED sudah mendapatkan sertifikasi dari TUV Rheinland untuk low-blue dan anti-flicker. Jadi beraktivitas lebih lama dengan Zenbook S 13 OLED (UX5304) tak khawatir kesehatan mata terganggu.

Dengan layar secanggih ini sudah tentu Zenbook S 13 OLED (UX5304) cocok untuk para pekerja kreatif ya, yang lebih menonjolkan visualitas dan bermain dengan warna. 



Ramah lingkungan

Sudah beberapa tahun terakhir ini, upaya  mengurangi emisi karbon makin gencar digaungkan untuk mengurangi laju perubahan iklim yang sudah mulai dirasakan akibatnya.  ASUS berinovasi untuk turut serta mengurangi emisi karbon dalam proses produksi hingga barang jadi. 

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX53400 


ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) dirancang untuk meninimalkan jejak karbon, menjadikan laptop yang ramah lingkungan. Bahan, proses pembuatan, perakitan, penggunaan, hingga proses daur ulang di akhir masa pakai.

Material body   Zenbook S 13 OLED (UX5304) dari plasma-ceramic aluminium. Diproses dengan teknik eksklusif yang hanya memerlukan air murni dan listrik, tanpa senyawa organic, asam kuat atau logam berat. Teknik ini menghasilkan body yang tahan korosi, durabilitas lebih baik, memiliki masa pakai panjang namun meminimalkan dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Dan untuk teman-teman yang ingin mendapatkan laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini maka bisa membelinya secara online melalui ASUS Online Store dan juga Blibli.com. Ayo teman-teman yang mau punya laptop ini buruan beli sekarang juga sebelum nanti kehabisan ya._

Link ASUS Online Store: https://id.store.asus.com/zenbook-s-13-oled-ux5304-zenbook-s-13-oled-ux5304.html



21 komentar

  1. Banyak sekali poin plus dari Zenbook ini ya. Sudah tampilannya kekinian banget, tebelnya cuma 1 cm, kualitas layarnya pun terbaik. Jadi bagi para penggunanya terutama pekerja kreatif, bisa maksimal lah hasilnya.

    BalasHapus
  2. Ngomongin laptop, udah pasti Asus unggul. Dengan berbagai fitur mearik dan canggih di kelasnya, Zenbook S13 OLED ini bisa menjadi pilihan buat orang kantoran, pebisbis hingga mahasiswa. Ringan banget ya jadi ga worry dibawa ke mana2. Mau ah punya, nabung dulu :D

    BalasHapus
  3. Kalau dibawa ke mana-mana berasa kayak gak bawa laptop kali, ya. Saking tipis laptopnya hehehe. Speknya udah pasti unggul, lah. Udah gak diragukan lagi kalau Zenbook

    BalasHapus
  4. adududuh ... itu laptop digantung, ngeri jatuh lihatnya. Kupikir dummy eh beneran dong. Ringan banget yaa Zenbook S 13 ini plus tipisss. Buat kerja mobile enak banget dong, ga keberatan bawa laptop.

    BalasHapus
  5. Laptop keren yang bisa berfungsi jadi kipas kalau sedang kepanasan di halte hahahahhaa. Tipis banget deh, bisa dibawa lari-lari tanpa khawatir pundak dan tangan pegel bawanya. btw ini adalah Zenbook paling fantastis yang diluncurkan ASUS tahun ini.

    BalasHapus
  6. Masya Aallah barusan chek harganya lumayan juga yah, hehehe. Nabung dulu nih Mba supaya bisa beli ini, moga bisa ada jalan buat belinya yah

    BalasHapus
  7. Dari dulu pengen punya ASUS Zenbook, tapi belum kebeli juga karena yang lama masih bisa dipakai. Eh sekarang muncul lagi seri terbarunya dengan teknologi yang lebih mutakhir. Jadi makin mupeng nih, Mbak :)

    BalasHapus
  8. Aduh cakep banget lagi ini bodynya Asus, tapi memang aku melihat perkembangan Asus tuh juara banget. Tipis dan ringan jadi memudahkan para blogger juga membawa kemana-mana.

    BalasHapus
  9. mupeng sih aku mba sama model dan bodynya yang tipis tapi mumpuni buat kerja ya, terlebih untuk bikin konten

    BalasHapus
  10. Asus tuh emang nomor satu kalau kita sudah bicara laptop. Mereka terus berinovasi untuk membuat penggunanya lebih nyaman. Bentuknya tipis-tipis, langsing dan ringan. Tapi kecanggihannya membuat kita manggut-manggut. Makanya gegara teman-teman banyak menuliskan soal Asus Laptop, pas butuh laptop baru, saya dong memilih brand Asus hehehe

    BalasHapus
  11. Asus gak habis2 nih inovasi terbaru nya.m enteng dibawa2 yaa jadi gak riskan berat walaupun dibawa kemana2

    BalasHapus
  12. Cakep juga ya ASUS Zenbook S 13 OLED ini. Aku tuh sekarang pengen punya laptop atau notebook yang ringan-ringan aja. Pertama biar gak berat saat dibawa. Kedua, jadi lebih santai kan kaya barang biasa

    BalasHapus
  13. Tampilannya sleek banget dan storage nya bener2 selooo sampe 1TB! Cocok buat temen2 kreator sih laptop ini

    BalasHapus
  14. Pundak dan punggungku bakal baik-baik saja kalau punya ASUS Zenbook S13 OLED ini. Sudahlah tipisnya 1 cm berat cuma 1 kg..ringan dan nyaman. Apalagi dengan performa juara ASUS yang terus berinovasi untuk turut serta mengurangi emisi karbon dalam proses produksi hingga barang jadi.

    BalasHapus
  15. Laptop impian aku banget nih mba..akhirnya bisa ketemu juga laptop yg tipis dan ringan..speknya juga gak main2 sellau ok inovasi ASUS

    BalasHapus
  16. dah lama mupeng pengen ganti laptop nih, kayaknya cocok deh aku dengan laptop ini karena ringan dan tipis. sholawatin dulu aja dah, moga beneran bisa kebeli laptop cantik ini

    BalasHapus
  17. Kebayang bakal puas memiliki zenbook S13 OLED ini. Spsknya yang mantul dan ringan barangbya pasti bikin nyaman buat kerja online.

    BalasHapus
  18. Impian banget deh ini, udahlah ringan, layarnya OLED pula. Warna yang tampil di layar OLED kan bagus tuh, jadi saat ngedit gambar atau video gitu ya persis seperti itu warnanya.

    BalasHapus
  19. Yesss, aku juga pakai laptop Asus dan untuk urusan baterai memang terbilang tahan lama dan kualitas layarnya emang oke punya dalam menampilkan warna yang sesuai aslinya ~

    BalasHapus
  20. ZenBook selalu terdepan, ya teknologinya, juga penampilannya yang trendi. Mana ringan dan canggih, juga tipis banget...jadi makin produktif ya

    BalasHapus
  21. Suka banget sama desainnya. Futuristik. Udah gitu ringan juga ya jadi pas dibawa bepergian enggak bikin bahu sakit. Penasaran sama produk Asus, ada yang bisa touchscreen gitu ngga ya

    BalasHapus