Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ Kumpulkan 3.783 Botol Plastik

Indonesia darurat sampah plastik 

Tahukan teman-teman jika Indonesia sudah memasuki ‘masa’ darurat sampah plastik, saking banyaknya sampah plastik yang dibuang dan terus meningkat setiap tahun. Berdasarkan dari data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Statistik Nasional (BPS) sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/pertahun dan sebagian terbuang ke laut. Peningkatan sampah plastik ini belum dibarengi upaya pengelolaan yang maksimal, sehingga sampah plastik banyak terbuang ke laut atau mencemari tanah. 

Sumber gambar ; pojokjabar 


Seperti kita ketahui, plastik adalah sampah yang membutuhkan waktu penguraian yang sangat lama, bisa mencapai ratusan tahun, jadi dengan banyaknya sampah plastik tanpa dibarengi pengelolaan yang baik dan maksimal akan mencemari sungai, laut dan tanah, terlebih sebagian  masyarakat Indonesia masih suka buang sampah sembarangan, tak heran di sepanjang jalan kerap kita temui sampah plastik, termasuk di tempat wisata termasuk area pantai. Sedih ya,  salah satunya kurang masifnya edukasi mengenai sampah pada masyarakat. Tidak semua tempat wisata atau area publik dipasangi spanduk ‘jangan buang sampah sembarangan’. Yang buang sampah sembarangan kalau ditegur malah galak heuheu. Padahal masalah sampah ini membawa ancaman serius.

Dampak luas sampah plastik adalah merusak ekosistem laut dan kesehatan manusia. Dari 10 juta metric ton sampah yang terhanyut di laut, 10 persennya berasal dari daratan. Padahal jika diolah dengan baik sampah plastik daur ulang dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp 16.379.472 perbulan dari 40 ton sampah plastik. Tapi untuk bisa mencapai itu dibutuhkan kolaborasi serta komitmen dari semua pihak agar bisa dikelola atau didaur ulang.

Sampah botol plastik lebih mudah dikelola

Beberapa waktu saya mengikuti webinar tentang pengelolaan sampah, salah satu point yang saya tangkap yang dikemukakan narasumbernya adalah sampah botol plastik lebih mudah diolah daripada sampah plastik kemasan. Narasumber memberi contoh, jika misalnya dia lebih memilih membeli kecap dalam botol daripada isi ulang jadi saat memilah sampah sebelum dibuang, sampah botol dikumpulkan dan diberikan pada pengepul yang rutin mengambil ke perumahannya.

Bagaimana dengan sampah botol plastik yang tidak dikelola dan dibuang begitu saja? Sampah botol plastik penyumbang bencana banjir karena jika terbuang ke sungai dapat menyumbat aliran sungai.  Jika mencemari tanah, sampah botol plastik akan membutuhkan waktu urai 450 hingga 1000 tahun.

Blackmores luncurkan program ‘Tukar Botol’

Sumber gambar lifepack


Teman-teman tentu pernah mendengar atau tahu atau malah mengkonsumsi Blackmores. Blackmores adalah merek suplemen multivitamin dari Australia. Kehadiran Blackmores di Indonesia melalui Kalbe Blackmores Nutrition (KBN) merupakan perusahaan joint venture antara PT Kalbe Farma Tbk dan Blackmores Ltd Australia yang berkomitmen menyediakan solusi kesehatan alami kepada masyarakat Indonesia, dengan supplement berbahan dasar alami, berkualitas tinggi, teruji klinis.

Secara global sudah lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan.

Blackmores juga berkomitmen untuk mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ , seperti diungkapkan Country Head Kalbe Blackmores Nutrition, Dickson Susanto mengatakan,’Blackmores percaya bahwa menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan. Untuk itu, sejalan dengan target pemerintah daam menurunkan sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2053, Blackmores Indonesia telag menjalankan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang merupakan langah bersama untuk mempermudah masyarakat mengelola sampah botol plastik untuk kualitas lingkungan dan kehidupan Indonesia yang lebih baik.



Sebagai produk suplemen manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. Maka dari itu, Blackmores terus mendukung berbagai upaya yang dapat mendorong penurunan atau pencemaran sampah plastik di laut.

Melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang berlangsung sejak 1 September hingga akhir tahun 2022, Blackmores Indonesia telah berhasil mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin. Selanjutnya botol plastik yang telah terkumpul dikelola dan didaur ulang oleh eRecyle (organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik), guna mencegah sampah botol plastik mencermari laut. Blackmores mengucapkan terima kasih kepada semua konsumen yang telah ikut berpartisipasi serta para mitra yang sudah mendukung program ini, sebagai upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan.

 

  

29 komentar

  1. iya, botol plastik bertahan sampai ratusan bahkan ribuan tahun. Susah terurai ya sementara sekarang ini di zaman serba praktis dan mobile banyak kemasan plastik digunakan.
    dengan program tukar botol alhamdulillah 3700 lebih botol dapat didaur ulang.

    BalasHapus
  2. Takjub akutu sama brand yang punya program edukasi pelanggan dan masyarakat umum seperti ini.

    Langsung beraksi!

    Semoga perusahaan lain bisa mengadopsi gerakan sejenis Blackmores Peduli Tukar Botol ini.

    Kalau bukan kita yang mulai peduli, siapa lagi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneer, aku juga salut dengan brand yang punya program edukasi dan langsung action kayak gini. Aamiin untuk harapannya, semoga makin banyak brand yang langsung beraksi kayak gini.

      Hapus
  3. gilaak, selama itu ya masa urainya... aku sebagai konsumen, inginnya sih zero waste dan ramah lingkungan, tp memang belum bisa 100% full zero waste. Berharap banyak perusahaan akan berbuat yang sama dengan Blackmores sehingga ada proses berkesinambungan untuk mengurangi dampak lingkungan dari pemakaian produk-produk yang membuat kita menghasilkan sampah plastik

    BalasHapus
  4. Program yang keren banget... Meski sederhana ya insyaallaah tetap akan berdampak positif ke lingkungan.. Semoga produk lainnya juga punya program semacam ini

    BalasHapus
  5. Bagus sekali ini program Blackmores, semoga bisa menginspirasi dan ditiru oleh brand-brand yang lain. Kalao ngomongin soal sampah plastik rasanya ngenes banget ya mbak,hancurnya membutuhkan waktu yang lama:(

    BalasHapus
  6. MasyaAllah sudah terkumpul 3000 botol lebih ya di tahun 2022. Luar biasa, berarti banyak konsumen Blackmores yang juga semakin peduli dengan lingkungan ya. Salut juga dengan Blackmores dan kampanye lingkungan hidupnya.

    BalasHapus
  7. Penting banget perusahaan mulai peduli dengan lingkungan. Apalgi sampah plastik bisa mencemari lingkungan dalam bentuk microplastik yang dimakan hewan laut, atau menyerap ke tanah

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah.. dg program begini setidaknya botol2 plastik bs terorganisir. Suka sebel klo banyak yg gak peduli dg sampah plastik begini. Soalnya terurainya bener2 butuh waktu lama.heu

    BalasHapus
  9. Senang banget saat tahu ada gerakan seperti Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ ini. Di mana brand yang memang concern-nya di kesehatan juga memperhatikan lingkungan. Selain menyehatkan tubuh, juga menyehatkan lingkungan.

    BalasHapus
  10. Adik ipar dan sepupuku nih peminum Blackmores. Kadang bingung botolnya mau dikemanain, alhasil suka buat wadah bumbu aja kayak lada bulat itu. Coba nanti aku kasih tahu program ini ke mereka biar nggak pusing lagi mau dikemanakan sampah2 botolnya.

    BalasHapus
  11. Programnya keren banget deh bisa tukar botol aku pernah lihat konten juga di tik tok mengenai ini dan bisa mengurangi sampah di masyarakat ya

    BalasHapus
  12. Lautan sampah itu nyata adanya ya..
    Dengan pengelolaan yang baik dan terkoordinasi seperti yang dilakukan Blackmores tukar botol, semoga lautan sampah plastik ini bisa semakin berkurang dan bumi kembali lestari.

    BalasHapus
  13. Layak jadi contoh buat yang lainn ini sih, blackmores tukar botol akan menyelamatkan bumi dari hal sederhana. Allhamdulillah pas hamil aku juga konsumsi BM ini. Jadi ada dua botol yang aku punya.

    BalasHapus
  14. seneng banget kalo brand vitamin gak cuma peduli dengan kesehatan aja, tapi juga peduli lingkungan gini. tapi aku pernah minum blackmores, kayanya botolnya kaca ya? apa salah. ternyata plastik ya? lumayan tebel ya kalau gitu plastiknya, oke banget jadinya.

    BalasHapus
  15. Jadi pengen segera kumpulin botol-botol yang ada di rumah juga
    Soalnya aku konsumsi yang buat anak anak dan busui
    Semoga saja di sekitar sini banyak yang demikian

    BalasHapus
  16. Salut, Blackmores nggak cuma memperhatikan pra dan saat produksi saja, namun hingga ke pasca produksinya juga. Mengupayakan agar botol bekas kemasan vitamin yang diproduksinya tak menjadi sampah yang mencemari lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu alasan saya terus konsumsi Blackmores
      Tidak hanya saya tetapi juga anak-anak saya
      Harganya memang mahal tetapi so far bisa bantu saya jaga imun anak

      Hapus
  17. Semoga blackmore mendapatkan penjualan yang terus membaik dan konsumennya juga sadar utk ikut program tukar botol. Memang hanya langkah kecil (kalau sendirian) tapi terbukti jdi langkah besar ketika dilakukan bersamasama.

    BalasHapus
  18. salut deh sama kepedulian Blackmore sama kelestarian lingkungan, memang sampah plastik udah parah banget butuh kontribusi dari kita semua agar tidak mencemari lingkungan yaah

    BalasHapus
  19. Sedih banget karena Indonesia masuk dalam situasi darurat sampah plastik.
    Dan dengan mendorong setiap usaha yang menggunakan plastik wajib mengolahnya juga seperti program Tukar Botol Blackmores ini.

    BalasHapus
  20. Bentuk kepedulian dari blackmores untuk ikut bertanggungjawab thd bumi. Jadi gak cuma diri yg sehat, lingkungannya juga.

    BalasHapus
  21. Ayoooo dukung program kek.giniii
    Beneran save the planet iniiii ya
    Keren bgt programnyaaa 😍🙏

    BalasHapus
  22. Suplemennya bermanfaat, punya program Blackmores Peduli Tukar Botol yang bagus buat ngurangin sampah. Oke banget sih ini. Semoga yang lain bisa ikut serta ya demi menjaga bumi

    BalasHapus
  23. Good job Blackmores! Apalagi botol plastiknya nggak sekadar ditukar aja tapi juga dikelola dan didaur ulang. Semoga ini bisa ditiru brand-brand lain demi mendorong penurunan atau pencemaran sampah plastik di laut ~

    BalasHapus
  24. Keren banget sih program peduli sampah dari Blackmore. Dan sukses ya mba, bisa mengumpulkan sebanyak 3 ribuan lebih botol bekas sejak September sampai Desember tahun lalu

    BalasHapus
  25. masalah sampah plastik ini kayak ga ada habisnya.
    Makin bertambah dan kesadaran masyarakat juga gitu-gitu aja
    Senang banget ketika beberapa brand produk seperti blackmore ikut serta menangani permasalahan ini. semoga makin banyak yang mengikuti dan setidaknya mengurangi sampah plastik

    BalasHapus
  26. Blackmores saya acungin jempol.turut menjaga lingkungan jangka panjang...semoga diikuti perusahaan lain

    BalasHapus
  27. Bagus program Blackmore ya langkah kecil tapi berarti karena sampah plastik di Indonesia sudah menggunung butuh kesadaran kita untuk menanggulangi sampah ini sebelum merusak lingkungan

    BalasHapus