Impian Liburan ke Alam Bebas

Impian Liburan ke 'Alam Liar'

Ujian sekolah anak-anak baru selesai, minggu depan pembagian raport, setelah itu liburr….

Tapi sejujurnya saya belum merencanakan liburan kemana  selain ke Bandung. Iya ke Bandung lagi dan lagi. Sebenarnya kalau ke Bandung bukan sekedar liburan tapi jenguk orang tua hehehe, jadi biar hemat ya sekalian saja mencari tempat wisata di sana. Liburan keluarga kami  memang belum pernah jauh-jauh, masih seputaran Jawa Barat dan Banten. Kalau mencari suasana pantai, kami memilih Banten, pantai Anyer, Carita, dst. Kalau liburan dengan suasana alam pegunungan, pilihan kami ke Lembang Bandung, Subang, Puncak, Sukabumi dan Cianjur. Entah sudah berapa kali mengunjungi kota-kota tersebut tapi menjajaki tempat wisata yang berbeda. Beberapa pernah saya tuliskan di blog ini. Kebanyakan tempat liburan yang kami kunjungi adalah wisata alam seperti pantai, pegunungan, sungai, hutan pinus dan danau. Entah kenapa kami belum bosan mengunjungi tempat-tempat seperti itu, salah satunya mungkin karena  wisata alam membawa kedamaian dan keheningan yang membuat rileks.

Manfaat wisata alam

Berlibur ke alam tidak hanya memanjakan mata, ada banyak manfaat yang tanpa disadari kita peroleh, selain pengalaman baru, berikut manfaat yang saya rasakan ketika wisata alam;

Meningkatkan mindfulness

Kata mindfulness akhir-akhir ini kerap terdengar dan diasosikan untuk banyak hal. Ada mindfulness parenting, mindfulness meditation, mindfulness therapy dsb. Sebenarnya apa sih arti mindfulness? Mindfulness artinya kesadaran penuh akan diri sendiri saat ini, tidak menoleh pada masa lalu atau menerawang masa depan.

Wisata alam dapat melatih mindfulness karena di tengah keheningan alam dengan pemandangan alam yang membuat kita kagum, kita akan fokus pada moment itu dan menumbuhkan kesadaran keberadaan diri di kehidupan ini.

Meningkatkan rasa syukur

Kesibukan kota yang hiruk pikuk, dengan tuntutan kebutuhan hidup yang setiap hari bertambah, kadang membuat lupa bersyukur. Sibuk menjemput rejeki, mengeluh karena lelah, tapi lupa jika kenikmatan terbesar sebenarnya sudah kita miliki seperti kesehatan, mata yang bisa melihat, telinga yang bisa mendengar dst.

Wisata alam akan menyuguhkan keindahan alam yang membuat berdecak kagum lalu menumbuhkan kesadaran betapa kecil keberadaan kita, betapa bersyukurnya memiliki mata untuk melihatnya. Betapa

Mengurangi pola hidup konsumtif dan hedonis

Mata dan perhatian akan tertuju pada alam bukan deretan toko atau jajajan yang membuat kalap. Jika pun membeli oleh-oleh harganya tidak seberapa.

Recharge semangat dan energi

Wisata alam umumnya jauh dari hiruk pikuk kota, dengan suasana tenang dan damai. Kondisi ini mencharge rasa excited, kreativitas dan keaktifan.

Sarana edukasi untuk anak-anak mencintai dan menjaga alam

Kerusakan bumi yang terjadi secara berlahan tapi pasti, salah satunya karena pemanasan global, adalah hal serius dan berdampak besar untuk masa depan anak-anak. Dengan mengajak anak-anak wisata alam, mereka akan mudah paham dengan isu lingkungan dan menumbuhkan rasa kepedulian pada alam.

 

Liburan Impian #

Liburan wisata alam yang kami sekeluarga lakukan memang tidak jauh, bukan tidak ingin liburan jauh melintasi pulau tapi budgetnya belum cukup heuheu. Masih tahap menabung. Jadi kalau diminta menuliskan, liburan impian bareng keluarga kemana, saya punya beberapa wish list, baik di dalam maupun di luar negeri, tapi yang akan saya tulis di sini liburan impian di dalam negeri, menyesuaikan dengan budget. Salah satu liburan impian keluarga adalah ke Nusa Tenggara Timur, pilihan ini jatuh karena kami ingin mengunjungi Pulau Komodo (melihat komodo dari dekat) dan ke Padang Savana.

Keinginan mengajak anak-anak ke tempat itu karena mereka memiliki impian untuk berkunjung ke alam ‘liar’. Impian yang berawal dari kegemaran mereka membaca seri komik science terjamahan korea yang temanya kehidupan di alam liar. Satu seri yang terdiri dari beberapa buku bisa dibaca anak-anak hingga berkali-kali. Anak-anak juga antusias kalau menonton film dokumentar tentang alam liar. Sampai si sulung punya impian ingin bekerja Taman Nasional di Afrika. Ya bukan berkunjung tapi bekerja. Menginjak remaja (duduk di bangku smp) si sulung sempat mengungkapkan keinginan itu lagi tapi dengan satu kegalauan katanya kalau kerja di hutan Afrika, takut ga ada waktu buat menggambar hahahah.

Jadi sebelum jauh-jauh ke Taman Nasional Afrika, mereka harus kenal dulu Taman-taman nasional di Indonesia. Agar mereka juga punya gambaran lebih real, seperti apa sih bekerja di ‘alam liar’.

 

Pulau Komodo

Kalau ngobrolin binatang purba seperti Dinosaurus, anak bujang di rumah yang kini duduk di kelas 5 SD, sudah hatam. Buku bertema Dinosaurus di rumah ada lebih dari 3, hampir setiap ke Bandung mampir ke museum Geologi. Dari buku yang dibacanya dia tahu kalau Komodo adalah salah satu keturunan binatang purba yang tersisa hingga saat ini di bumi. Jadi melihat Komodo dari dekat adalah impiannya.

Komodo hanya ada pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Di namai pulau komodo karena di sinilah hidup Komodo, binatang yang menurut penelitian adalah salah satu binatang jaman purba yang tersisa di muka bumi.  Pulau Komodo adalah habitat Komodo yang tersisa saat ini.

Hal menarik lain di pulau Komodo adalah adanya padang Savana. Ya daya tarik pulau Komodo tidak hanya Komodonya juga pemandangan alamnya yang luar biasa seperti pada Savananya. Savana ini berbatasan dengan Nusa Tenggara barat.

Agar kunjungan ke pulau Komodo muatan edukasinya lebih besar dari sekedar melihat kehidupan Komodo, kami akan mendorong anak-aak  berbincang para pawang Komodo dan masyarakat sekitar mengenai kehidupan Komodo sehari-hari. Sehingga mereka punya gambaran, seperti apa sih ‘bekerja’ di alam liar? Apa benar sebagus yang terekam di film-film dokumentar di NatGeo.

Labuan Bajo

Karena Pulau Komodo ini terletak tak jauh dari Labuan Bajo tentu kami tidak akan melewatkan tempat wisata lain yang ada di Labuan Bajo seperti;

 Pulau Rinca

Pulau ini terletak tidak jauh dari pulau Komodo, dengan kontur yang masih alami, menjelajahnya akan lebih terasa seperti berpetualang.

Pulau Padar

Dari pulau Rinca dipisahkan oleh selat Lintah. Pulau ini terkenal dengan kontur perbukitannya. Dari atas bukit akan terlhat pemandangan pantai 3 warna.

Pink Beach

Dinamai Pink Beach karena pasir pantainya yang berwarna pink.

 

Rencana berlibur ke Pulau Komodo

Berangkat dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta dengan pesawat ke Labuan Bajo NTT

Sampai di Labuan Bajo langsung menuju hotel untuk check ini. Istirahat di hotel sambil menikmati pemadangan sekitar hotel sambil mencari sewa kendaraan untuk esok hari.

Mencari tempat kuliner yang tidak jauh dari hotel.

 

Setelah sarapan langsung bersiap menuju Pulau Komodo dengan kendaraan sewaan.

Menghabiskan satu hari di pulau Komodo. Explore pulau Komodo tidak hanya mengamati kehidupan Komodo juga menikmati pemandangan di pulau ini yang menurut banyak referensi para traveller sangat cantik dan eksotik.

Hari kedua

Sea time. Mengunjungi pantai pink .

 

 

Untuk kemudahan rencana ini, kami akan memesan

 

 

 

 

 

 

 

 

pesawat

 

Penginapan/hotel

Pemesanan tiket tempat wisata

 

 

 

Tidak ada komentar