Memasak bersama keluarga menjadi istimewa dengan Kraft Quick Melt

Memasak bersama keluarga menjadi istimewa dengan Kraft Quick Melt 

Assalamualaikum, apa kabar nih Mama-mama yang kembali sibuk antar jemput anak sekolah atau Mama-mama yang kembali Work from Office. Tetap semangat donk ya.  

Di post blog kali ini saya akan berbagi resep dengan bahan Kraft Quick Melt dan cerita memasaknya bersama anak-anak akhir pekan yang lalu. Resepnya gampang banget jadi teman-teman pun bisa mempraktikkan di rumah bersama si kecil, pasta yang  disukai anak-anak. 

Ini dia fotonya, makaroni dan keju atau Mac and Cheese 

Mac and Cheese

Keju yang saya gunakan keju Kraft Quick Melt, lelehannya ngeju banget,  menggugah selera,  dengan rasa keju yang khas. Kraft Quick Melt ini meleleh dalam waktu 3 menit saja dengan lelehan sempurna, tidak encer. 

Lelehan kejunya menggoda kan? 


Kedua anak saya  tidak termasuk katagori anak-anak yang hobi memasak tapi mau diajak  memasak dengan syarat memasak makanan yang mereka sukai. Pernah beberapa kali si anak gadis yang udah kelas 2 SMP, berinisiatif masak sendiri karena ingin mempraktikkan resep masakan yang dia lihat di instagram, oh ya si anak gadis ini follower selegram resep teh Ayudiahrespatih, jadi yang dia praktikkan resep yang ada di sana.  Beberapa masakannya jadi objek foto Mamanya dan tayang di mikrostock (semoga laku ya, Aamiin ). 

Salah satu makanan yang disukai anak-anak di rumah adalah makanan/camilan  berkeju, seperti aneka pasta, cream keju, cake dengan rasa keju dsb. Jadi kalau diajak masak makanan ini tidak usah ditanya dua kali deh, asal semua bahan siap dengan senang hati mereka mau.

salah satu kesukaan anak-anak di rumah, keju

Mengisi waktu berkualitas dengan memasak bersama

Mengajak anak-anak memasak bukan tanpa alasan, pertama, karena ingin menghabiskan waktu berkualitas dengan mereka. Kebersamaan saya dan anak-anak berkurang seiring bertambahnya usia mereka, terlebih jam sekolah mereka sudah normal, hingga sore hari (full day school). Senin sampai jumat sekolah hingga sore hari, sampai di rumah sudah kecapean jadi biasanya mereka me time dengan selonjoran,  lanjut mengerjakan tugas sekolah atau mengerjakan hal yang mereka suka (hobi).

Akhir pekan jadi pilihan menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga. 

Menciptakan waktu berkualitas dengan
Memasak bersama

Alasan kedua mengajak mereka masak bersama adalah mengajarkan mereka salah satu keterampilan hidup yang harus dimiliki. Saya tidak menuntut mereka harus bisa masak atau harus suka masak tapi minimal tidak bingung nyalain kompor, motong dan rebus sayuran, ga bingung takaran airnya berapa kalau  masak nasi pake rice cooker πŸ˜…. Mungkin suatu saat mereka jadi anak kost (kuliah atau kerja di luar kota atau bahkan luar negeri, masa depan siapa yang tahu ya), jadi mereka tidak shock saat terpaksa harus turun ke dapur.

Alasan ketiga, menuntaskan rasa rindu. Iya saya rindu dengan keriuhan suara mereka, dimintai tolong ini-itu, ditanya ini itu, rindu rasa dibutuhkan. Jadi selama masih bisa bersama mereka, manfaatkan dengan maksimal, suatu saat anak-anak akan punya kehidupan sendiri dan makin jarang bersua.

Pentingnya menciptakan waktu berkualitas bersama keluarga

Saya percaya meluangkan waktu berkualiatas bersama anak-anak/keluarga  penting banget karena akan membentuk kedekatan emosional secara fisik dan mental antar anggota keluarga. Salah satu contoh kedekatan fisik, anak masih mau dipeluk atau  rangkulan saat sudah besar.

Kalau kedekatan emosional sudah terbentuk, anak-anak jadi tidak segan bercerita apapun pada kita sebagai orangtua, tidak segan menjadikan Mama/Papanya tempat curhat. Kita pun sebagai orangtua akan mudah memberi bimbingan, arahan dan nasehat pada mereka. Terlebih di era digital, tanpa bimbingan tepat anak-anak mudah terbawa arus atau sesuatu yang trend yang belum tentu positif.

Menciptakan waktu berkualitas dengan anak-anak akan membuat mereka dekat secara  fisik dan mental dengan kita sebagai orangtua, membuat mereka tak segan berbagi cerita, curhat dan meminta pendapat, kitapun sebagai orang tua akan lebih mudah memahami dan menasehati anak-anak.

Dan menurut artikel parenting yang saya baca di situs parenting, waktu berkualitas yang dimiliki sebuah keluarga akan meningkatkan kesehatan mental anggota keluarga.

Memasak bersama bisa menciptakan waktu berkualitas dan membentuk  bonding karena terjadi interaksi tatap muka, bertanya, mengobrol,  melempar ide, berkomentar tentang hasil masakan dan menikmatinya bersama

Agar kegiatan memasak bersama menyenangkan dan tujuannya tercapai yaitu, menikmati masakan enak dan menjadi waktu berkualitas , saya menyiapkan  hal berikut;



  • Memilih resep yang mudah dan enak.

Karena tujuan memasaknya  adalah menciptakan waktu kebersamaan yang berkualitas, menciptakan bonding dengan anak-anak, jadi acara memasak harus dibuat menyenangkan salah satunya dengan mempraktikan resep masakan yang mudah dan enak.

Jangan sampai acara memasak bersama membuat mereka kapok turun ke dapur karena terbentuk mindset memasak enak itu susah dan ribet. Tingkat kesulitan memasak bisa ditingkatkan jika anak-anak  sudah enjoy dan biasa memasak bersama.

Anak-anak terbiasa diajak seru-seruan di dapur 

  • Resep makanan  disukai seluruh anggota keluarga

Memilih resep masakan yang disukai seluruh anggota keluarga agar anak-anak semangat memasaknya dan dapat dinikmati bersama di meja makan dengan santai sambil mengobrol. Jika memasak menu yang disukai si Kakak tapi si Adik tidak suka, kemungkinan si adik nolak diajak masak, begitupun jika sebaliknya.  

Jadi biasanya kami  mendiskusikan dulu mau mencoba masak makanan apa atau menawarkan resep yang saya temukan di google/media sosial ke anak-anak atau meminta mereka mencari resep di google dan youtube.

Karena anak kedua lagi agak batuk, jadi kita skip dulu resep yang digoreng. Kalau udah gini jadi pengen air fyer hahahah (aamiin) 

  • Waktu yang dibutuhkan untuk memasak tidak terlalu lama

Selain mudah, resep yang dipilih sebaiknya praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Maksimal satu jam terhitung dari persiapan memasak,   hingga beres-beres dan cuci alat masak yang habis dipakai. Memasak yang terlalu lama memungkinkan anak bosan atau tidak konsentrasi karena ada interupsi kegiatan lain seperti main dengan teman atau menonton.

  • Bahan masakan mudah didapat dan bernutrisi

Ini yang tidak kalah penting, bahan masakan harus mudah didapat dan bernutrisi. Minimal bahan masakan yang dibutuhkan ada di pasar atau minimarket dekat rumah. Kandungan makanan bernutrisi sangat penting agar makanan tidak hanya enak di lidah dan kenyang di perut tapi menyehatkan.

Karena anak-anak suka makanan berkeju, untuk keju leleh pilihan kami jatuh ke Kraft Quick Melt, karena rasa  lezat dan  gurih keju yang khas. Kalau istilah anak-anak, rasanya mantap! Kandungan nutrisi keju tak perlu diragukan yaitu sebagai sumber calsium. 

Keju kesukaan anak-anak

  • Memberi kebebasan pada anak-anak untuk terlibat penuh dan berkreasi

Karena anak-anak di rumah memasuki usia praremaja dan remaja, sudah tidak bisa diatur untuk hal remeh temeh. Mereka mulai suka mencoba hal baru dan berani mengeksekusi sebuah ide. Jadi biasanya saya  memberi kebebasan dan bertanya pada anak-anak, siapa bagian motong-motong, siapa bagian goreng dsb. Mau dibantu Mama atau sendiri (Mama hanya memantau),  mau ditambah apalagi bahannya  selain yang ada diresep agar ada variasi dsb.

Saat praktik kemarin, si Adik bagian motong keju, Kaka motong bawang dan smoked beff. Mama masak Kaka jagain kamera, karena kan dibuat video πŸ˜ƒ. Kaka plating, Mama bagian moto hahaha. Terus dimakan bareng-bareng donk. 

  • Hasil masakan dimakan bersama dan diapresiasi

Adakalanya hasil masakan, secara penampilan tidak sesuai ekspektasi. Lihat di reel instagram hasilnya aestetik, pas kita masak, kok penampakannya ga karuan? 

Saya biasanya tetap mengapresiasi dengan mengatakan, kalau pertama kali mencoba wajar hasilnya kurang cantik, karena tangan kita masih kaku, belum bisa mengukur tingkat kematangan, suhu oven yang tepat untuk masakan dsb.  Lalu mendiskusikan apa yang membuat penampilan masakan tidak cantik.

Seperti spaghetti brulee ini, secara penampakannya kurang cakep tapi rasanya enak banget! Setelah kami amati, penampilan kurang menggiurkan ini karena, keju Kraft Quick Melt yang ditambahkan kurang banyak, over heanting (suhu oven terlalu panas) dan waktu memanggangnya terlalu lama. 

Spaghetti brulee

  • Melibatan anak-anak saat beres-beres

Bagian paling mager setelah memasak adalah beres-beresnya, benarkan? Tapi harus dilakukan dengan melibatkan anak-anak ini pembelajaran penting tentang menyelesaikan pekerjaan dari awal sampai akhir, dari yang asik dikerjakan sampai yang tidak asik dikerjakan,  sebagai bentuk tanggung jawab.

Biasanya saya penawarkan, siapa yang mau nyuci piring siapa yang mau bagian lap-lap meja dapur atau dikerjakan semua bareng-bareng.

Pembagian tugas yang disepakati, Mama cuci piring, Kaka beresin meja dapur dan alat bekas masak, adik buang sampah.

Resep Mac and cheese 



Yang mau coba membuat Mac and cheese di rumah, berikut resepnya atau lihat langsung bahan dan cara memasaknya  di videoReel ini 




Bisa lihat video masaknya di
Akun instagram @t_rinasusanti


Atau klik video ini ya 



Bahan

100 gram makaroni

200 ml susu uht 

1 sdm terigu (campurkan dengan 2 sdm air) 

Campuran Kraft Cheddar 40 gram + Kraft Quick Melt 20 gram 

Kraft Quick Melt secukupnya untuk toping

3 bawang putih

1 sdm margarine

2 lembar smoked beef  (bisa diskip atau diganti sosis, kornet) 

1 sdt merica bubuk

Garam secukupnya

Origano bubuk

Cara membuat

Rebus makaroni, sisihkan. 

Tumis bawang putih dengan 1 sdm margarine hingga harum, masukkan smoked beef, terigu, campuran keju Cheddar dan Kraft Quick Melt dan susu uht, aduk, masukkan makaroni. Masak hingga kuah menyusut. 

Masak hingga  kuah menyusut


Masukkan ke dalam pinggan tahan panas, susun potongan keju Quick Melt di atasnya, panggang hingga keju meleleh, karena pada dasarnya sudah matang, jd bisa dipanggang hanya sampai keju meleleh (3 menit pada suhu 180 di oven) . Saya panggang 10 menit karena makaroni dimasukkan ke oven sebelum suhu panas banget. 


Masukkan ke pinggan tahan panas



Toping kraft quick melt



Oven 


Alasan Memilih  Kraft Quick Melt

Alasan memilih keju quick melt karena rasanya lezat dan  gurih keju yang khas,  membuat masakan menjadi sempurna rasanya.

Kraft Quick Melt, 3 menit meleleh
Kraft quick melt cepat meleleh dan melelehannya sempurna. 

Kraft quick Melt cepat meleleh, dalam waktu 3 menit saja. Teksturnya sempurna, lelehannya tidak terlalu cair/encer. 



Kraft  quick melt disukai semua anggota keluarga, memasak  dengan kraft quick melt anti gagal sehingga memasak bersama keluarga menjadikan waktu berkualitas lebih bermakna.

Masakan sederhanapun  menjadi lebih special karena pengalaman seru menikmati lelehan dari kraft quick melt. 


Keunggulan resep Mac and Cheese Kraft Quick Melt

  • Resep mudah dan praktis jadi anak-anak bisa dilibatkan untuk memasaknya. 
  • Waktu yang dibutuhkan untuk memasak sekitar 40 menit
  • Bisa untuk camilan di rumah atau bekal sekolah
  • Bahan yang digunakan mudah peroleh dan bernutrisi. 
  • Menggunakan Kraft Quick Melt, lelehan kejunya membuat makanan creamy, gurih lezat, disukai anak-anak. 
  • Lelehan Kraft Quick Melt sempurna, tidak terlalu kental atau encer, hingga hasil masakan sempurna, menggugah selera. 

Penutup

Memasak bisa jadi kegiatan menciptakan waktu berkualitas dan menyenangkan dengan keluarga. Memilih resep yang mudah, praktis dan bernutrisi adalah kunci memasak bersama menjadi menyenangkan. Resep apapun jadi istimewa dengan kraft quick melt. 

 

Referensi tulisan

www.bundakraft.com

www.ayahbunda.co.id



 

 

 


17 komentar

  1. Hebat si anak gadis sudah coba praktekkin resep dan masak sendiri.
    Sama, Mba..masak bersama pas anak-anak makin besar itu biar rame rumah...seneng rasanya di dapur nyiapin masakan bareng. Apalagi kalau pakai bahan yang mereka suka, keju. Seperti keju Kraft quick melt yang anti gagal sehingga memasak bersama keluarga menjadikan waktu berkualitas lebih bermakna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau anak cewek begini mba ada waktunya tertarik ke dapur hehehe

      Hapus
  2. seru banget sih memasak bersama anak anak, sebagai kegiatan seru sekaligus belajar juga buat bonding atara ibu dan anak. Plus kebanggaan tersendiri kalau mac& cheese nya enak dan dinikmati bersama. Keju KRAFT Quick Melt emang pas buat aneka cemilan

    BalasHapus
  3. Waktu berkualitas bisa dinikmati dengan memasak bersama anak ... menyenangkan sekali ketika anak dan ibu sama2 suka masak. Masakan yang dihasilkan pastinya enak karena dibuat dengan sukacita dan bahagia, apalagi menggunakan Kraft Quick Melt ... wow .. makin lezaaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak-anak suka masak kalau makanan yang mereka sukai aja

      Hapus
  4. Emang seru banget ya kalo bisa masak bareng kayak gini.. Anak-anak biasanya yang paling semangat kalo diajak masak-masak begini. Apalagi kalo yang dimasak itu makanan kesukaan mereka kayak mac and cheese ini..

    BalasHapus
  5. Sayangnya oven belum bisa dipakai karena muatannya kurang banyak. Pasang oven bisa anjret.
    Mau beli oven tangkring aja ini biar bisa bikin seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kadang pake oven tangkring juga mba heuheu biar hemat listrik

      Hapus
  6. Memasak bersama seperti ini menguatkan bonding di rumah ya. Pasti menyenangkan bisa masak bareng sambil ngobrol seru. Apalagi masaknya makanan favorite, makin semangat deh

    Anakku juga gitu, meskipun laki-laki tetap sesekali ku ajak terlibat di dapur. Biar gak canggung nanti di masa depan

    BalasHapus
  7. Ini mah favorit saya dan anak-anak, semuanya penggemar keju, hihihi... Kejunya juga pakai kraft quick melt, yang jelas enaknya...

    BalasHapus
  8. Mac n cheese kesukaanku, dan jadi favorit juga di rumah.. bikinnya simple dan praktis apalagi kalau pake keju kraft quck melt, rasanya makin enak ya

    BalasHapus
  9. Aduwww enak2 sekali. Iya bener mba, rasanya skill memasak itu harus diajarkan. At least goreng telur, bikin sayur sup atau bening bayang, sambal bawang, rasanya kalau bisa sendiri kan enak. Gak bisa selalu mengandalkan, "Kan ada ojol food atau kedai makan". Andai nanti tinggalkan di daerah yg susah makanan halal, gimana πŸ˜€ Kalau udah sampe makanan baking gini mah ya hebat2 dong πŸ˜€

    BalasHapus
  10. Aseliiiii ngiler banget lihat macaroni keju leleh pakai Kraft Quick Melt ini :D AKu punya sih cuma belum dieksekusi, nanti biar ajak anak2 membuatnya. Aku boleh recook resepnya ya, kayaknya mudah nih hehehe :D Smoked beef aku ganti sama sosis atau kornet aja deh yang ready di dapur hihi :)

    BalasHapus
  11. Adududu lihat mac n Cheese aku auto mupeng mbk, apalagi Kejunya meleleh sempurna. Anak anak pasti suka banget ini. Mau nyobain ah, mumpung ada keju Quick Melt KRAFT di rumah

    BalasHapus
  12. Aaaah mac and cheese ini makanan favorit aku. Bisa satu loyang habis sama aku sendiri, apalagi kalau pake keju meleleh seperti Kraft Quickmelt ini. Eh tapi kalau dipanggang gitu keju bagian atasnya nggak gosong ya mbak? Ada tipsnya kah? soalnya aku kadang suka gosong. Apa suhunya terlalu besar ya?

    BalasHapus