Roti Gambang, Roti Legendaris

Roti Gambang, Roti Jadul yang Legendaris 

Roti gambang


Sejujurnya tidak  kepikiran ingin makan roti gampang apalagi membuatnya sendiri, sampai komunitas Indonesia Food Blogger  ngadain challenge blog dengan tema roti gambang. Tema yang bikin flash back ke masa kecil, jajan roti gambang di warung tetangga. Oh kalau di Bandung  roti gambang disebut roti/kue bangket dengan lapisan putih ditengahnya yang katanya keju tapi karena kami biasa membeli roti angket versi warung yang harganya murah pasti isinya cuma keju hanya serupa keju heuheu. Roti gambang/bangket biasanya ditempatkan dalam toples plastik, disusun secara  vertikal karena bentuknya lonjong. Warna coklat dari gula merah, wangi kayu manis dan taburan wijennya, jadi kekhasan roti gambang. Bapak saya biasanya menikmati roti gambang dengan cara dicelupkan ke dalam kopi , bagian yang kecelup ini yang dimakan. Tekstur roti gambang agak padat dibanding roti pada umumnya sehingga sebagian orang menikmatinya dengan cara dimasukan ke dalam minuman, kopi atau teh.

Dinikmati dengan kopi atau teh

Penampakan roti banget Bandung yang semilar dengan roti gambang. 

Roti bangket premium di jual di toko roti legendaris di Bandung, toko roti Sidodadi. 



Ingatan masa kecil itu membuat saya ingin makan  roti gampang, cari-cari di toko roti sekitar gunung sindur-pamulang tidak ketemu. Dapat rekomendasi di grup, kalau merk roti Tan Ek Tjoan ada varian roti gambangnya. Sayangnya tukang roti keliling Tan ek Tjoan  tidak lewat tempat saya tinggal, pernah lihat beberapa kali di pasar reni baru, giliran sengaja ke pasar untuk cari kang roti keliling  Tan Ek Tjoan, eh tukang rotinya tidak ada.  Intip di marketplace banyak, sayangnya ongkir lebih mahal dari harga rotinya.

Coba browsing resepnya di internet, kelihatannya sih ga susah, akhirnya coba bikin setengah resep. Alhamdulillah ga gagal, cukup enak walaupun kurang sempurna. 

Sebelum intip resep roti gampang, boleh baca dulu asal muasal roti gampang si roti jadul dan legendaris.

Roti Gambang,  Roti jadul jaman kolonial

Menurut artikel yang saya baca roti gampang ada sejak jaman Belanda. Pada jamannya, roti gambang menjadi menu sarapan. Kabarnya pabrik roti ini ada di Batavia (sekarang Jakarta), penamaan gambang berasal dari alat musik betawi gambang kromong, karena bentuknya dibuat seperti alat musik gambang.

Roti serupa di Semarang, disebut roti ganjel rel. Kenapa ya disebut roti ganjel rel? Apa karena bentuknya seperti kayu yang jadi ganjel kereta api, atau karena padatnya tekstur roti ini sehingga bisa buat ganjel rel heuheuheu. Yang pasti roti ini cukup untuk mengganjal perut dari rasa lapar. Roti ganjel rel di Semarang berasal dari roti Belanda yang dinamakan ontbijtkoek.

Dari artikel yang saya baca juga, roti gambang merupakan roti yang dibuat dengan penyesuaian bahan dan citarasa  orang Indonesia pada jaman itu, seperti penggunaan gula merah, rempah kayu manis dan wijen. Ketiga bahan ini yang sekaligus jadi kekhasan roti gampang, selain teksturnya yang lebih padat dan mengenyangkan.

3 bahan yang menjadi kekhasan roti gambang
Gula merah, kayu manis dan wijen


Gula merah

Gula merah adalah sebutan umum untuk gula yang berwarna coklat, yaitu gula jawa, gula aren dan brown sugar. Yap warnanya bukan merah tapi coklat  tapi entah kenapa dari jaman nenek moyang gula-gula berwarna coklat itu disebutnya gula merah.

Walaupun berwarna dan berasa sama manisnya, sebenarnya berbeda lho antara gula jawa,  gula aren, dan brown sugar baik dari bahan pembuatnya, aroma dan penampilannya (kalau diperhatikan dengan seksama).

Gula jawa dibuat dari nira pohon kelapa, sagu, kurma atau aren. Disebut gula jawa karena umumnya gula ini diproduksi di pulau jawa. Umumnya dijual dalam  berbentuk potongan bukan serbuk.

Gula aren terbuat dari nira pohon aren. Gula aren dijual dalam beragam bentuk; potongan, serbuk dan cairan hingga praktis jika dijadikan campuran resep kue atau pelengkap hidangan. Dari segi harga gula aren sedikit lebih mahal dari gula jawa. Gula aren biasanya diterjemahkan dengan palm sugar.

Brown sugar adalah gula pasir yang ditambahkan molase sari tebu yang membuatnya berwarna coklat. Serbuknya bening mengkilat seperti kristal.  

Dari segi pembuatan, brown sugar diolah dengan mesin/pabrikan. Gula jawa dan gula aren dari tetesan nira pohon yang ditampung lalu difermentasi. Gula jawa dan gula aren banyak yang masih diproduksi secara tradisional dalam skala rumahan (umkm) tapi ada juga yang sudah diproduksi di pabrik.

Oh ya satu lagi nih kelebihan gula aren, aroma dan citarasa manisnya memberikan sensasi rasa lezat yang khas  jika dicampur pada makanan/masakan dan minuman.

Kebanyakan makanan/minuman tradisional Indonesia menggunakan gula aren seperti cendol, roti gampang, awug atau dongkal dsb.  Kini kopi dengan campuran gula aren banyak digemari di Indonesia dan sangat populer.

Gula Aren Organik

Ada yang pernah dengar istilah gula aren organik? Apa bedanya dengan gula aren biasa? Gula aren organik pada proses pembuatannya tidak ditambahkan pengawet sintesis yang berasal dari bahan kimia tapi menggunakan pengawet dari bahan alami yang berasal dari tumbuhan. Gula aren yang asli organik, biasanya sudah tersertifikasi organik, artinya tidak sekedar mencantumkan nama organik tapi sudah tersertifikasi. Salah satu gula aren organik yang sudah tersertifikasi adalah gula aren organik Arenga.

Gula aren organik tentunya lebih sehat, untuk membuat roti gambang, lebih bagus menggunakan gula aren organik agar manisnya lebih sehat. 

Gula aren Arenga, bisa intip websitenya ya


Kayu manis

Kayu manis atau cinnamon salah satu rempah yang sangat familiar di masyarakat Indonesia. Rempah ini berasal dari kulit kayu manis, pohon dari genus cinnamon. Rempah ini beraroma manis, seperti namanya, tidak hanya dijadikan ingredients pada masakan seperti sop padang, gulai dan rendang,  juga aneka cake, kue basah, kue kering dan minuman tradisional.

Kayu manis memberi rasa dan aroma yang khas pada makanan atau minuman. Selain itu kayu manis juga memiliki banyak khasiat yang sudah dikenal masyarakat Indonesia, tak heran banyak minuman tradisonal dan jamu menggunakan rempah ini. Salah satu khasiat kayu manis menurut dr. Zaidul Akbar menurunkan gula darah dan detox, resepnya bisa teman-teman googling sendiri ya heuheu.

Wijen

Wijen adalah biji kecil yang kaya minyak. Teman-teman yang rajin ke dapur pasti kenal minyak wijen, minyak yang biasa digunakan untuk tumisan dan harganya lumayan. Minyak ini berasal dari biji wijen. Biji wijen sendiri berasal dari tanaman bernama sesamum indicum.

Wijen memiliki banyak khasiat salah satunya untuk kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya.

Resep Roti Gampang 

Resepnya saya ambil dari websiteb EndeusTV dengan takaran 1/2 resep

Video cara pembuatannya bisa intip di reel ini Video resep roti gambang

Bahan

150 gram tepung terigu

60 gram tepung roti

90 gula aren cair atau bubuk

1 butir telur

25 gram gula pasir

½ sdt soda kue

¾ sdt baking powder

25 gram margarine

air untuk olesan

wijen untuk taburan

Cara membuat

Jika menggunakan gula aren halus, larutkan dulu dengan air hingga larut

Larutkan gula

Campur bahan kering; terigu, tepung roti, soda kue, baking soda, gula pasir, aduk rata.

campur bahan kering 

Campur bahan kering


Tambahkan telur dan gula


Masukkan telur, gula aren dan margarine, uleni. diamkan selama 20 menit.


Diamkan 20 menit, tutup dengan lap


Bentuk adonan, basahi dengan air atasnya baru taburi wijen.

Siap dipanggang

Panggang di oven pada suhu 170 derajat selama kurang lebih 15- 20 menit.

Berani mencoba bikin roti gambang?

Beberapa hari sebelum tulisan ini di posting sepulang antar anak sekolah ketemu kang roti keliling Tan Ek Tjoan di pasar reni baru Pamulang, langsung beli roti gambang heuheu. 

Setelah dicoba, bedanya roti gambang buatan sendiri dan Tan Ek Tjoan, roti gambang Tan Ek Tjoan lumer dimulut kalau diemut, enaknya sih sama heheheh. 

Ga penasaran lagi sama roti gambang
Merk Tan Ek Tjoan :) 



Blog post ini diikutsertakan dalam IDFB Blog Challenge


Referensi tulisan

https://www.merdeka.com/gaya/sejarah-roti-gambang-tiruan-sarapan-orang-belanda-hingga-jadi-kuliner-kekinian.html

https://arengaindonesia.com/

13 komentar

  1. Aku inget dulu jaman aku kecil, bapak yang suka beli roti ini. GImana ya, rasanya khas gula merah, dan ada khas apa itu yang bikin rotinya jadi berbeda, kayak aroma apa ya, aku sulit mendeskripsikan wkwkw. Enak dimakan sambil ngopi

    BalasHapus
  2. seriusaan.. baru tahu dan baru lihat ada roti bernama Roti Gambang... cocok banget buat nemani minum teh pagi / sore hari... tapi kalau di surabaya - sidoarjo kayaknya belum ada yang jual ini mba

    BalasHapus
  3. Hmm yummy kebayang deh perpaduan rasa gula aren dan kayu manis apalagi rotinya ditaburi wijen. Enak buat teman ngeteh 😍

    BalasHapus
  4. baru tahu saya roti ini namanya roti gambang. kalau saya tahunya itu roti lidah sapi tapi nggak tahu ya apakah rasa dan cara pembuatannya sama atau tidak dengan roti gambang yang di jakarta

    BalasHapus
  5. Waaah, asiiik ada resep roti gambang. Bisa dipraktikkan nih, ada langkah2nya komplit :) Roti zaman kolonial ini dulu dijajakan pakai gerobak juga trus bungkusannya kertas roti gitu. DI zaman now udah ganti kemasan plastik. Gimanapun, tetap sih rasanya enak, malah berbagai varian udah semakin banyak ada rasa keju, sukade dll.

    BalasHapus
  6. duh malam-malam baca ini jadi laperrrr....
    apalagi ingat harumnya roti gambang yang begitu matang
    empuk dan lumeer di mulut, yummyyyyy

    BalasHapus
  7. Wah jadi pengen ikutan bikin roti gambang sendiri nih soalnya didaerahku susah nyari toko roti yang jual roti gambang ini. Next time bakal coba buat roti gambang juga ah

    BalasHapus
  8. Tan Ek Tjoan ini ternyata salah satu produsen roti gambang yang banyak dikenal oleh penikmat roti gambang ya mbak? Wah keren nih bisa praktikin resepnya sendiri. Nyam2 kebayang enaknya menyantap roti gambang homemadesama minuman yang manis2 apalagi di musim hujan kem skrng.

    BalasHapus
  9. Tan Ek Tjoan terkenal banget yaroti gambangnya Mbak, penasaran dengan yang rasa keju, kejunya melimpah pisan..asyik banget sudah bikin sendiri roti gambangnya...mupeng...

    BalasHapus
  10. Wah ini pasti sama enaknya dengan roti gambang yg dijual di bakery :D Ulasannya pun lengkap ya mba. Kalau pake gula aren organik, jadi tambah sehat deh cemilannya.

    BalasHapus
  11. Wah bisa dicoba nih resepnya. Aku tahunya pas udah di Jakarta roti Gambang ini, ada tukang roti Tan Ek Tjoan lewat depan rumah , nyoba dan sukaa.. Memang kek padat luarnya tapi lumer pas udah dimakan ya
    Aku sama dengan Bapaknya Mbak, kalau makan roti ini dicelupin ke kopi (susu) dulu , wah..enak!

    BalasHapus
  12. Harusnya aku ke rumahmu pas kamu baking ini deh mba hahaha. Kayaknya kok wenak gitu. Apalagi panas-panas baru keluar oven. Duh ga kebayaaaang

    BalasHapus
  13. biasanya, kalo dah bisa bikin sendiri, jadi males beli sih emang :D udah gitu, citarasanya bisa kita sesuaikan dengan selera.. (modif tipis-tipis)

    BalasHapus