Tips Manajemen Keuangan untuk Sandwich Generation

 Tips Manajemen Keuangan untuk Sandwich Generation

Ada yang pernah dengar istilah Sandwich generation? Sandwich generation adalah sebutan untuk orang  yang bertanggung jawab secara finansial bukan hanya untuk  diri sendiri juga anggota keluarga lain seperti adik atau  dan orangtua. Buat teman-teman yang termasuk dalam generasi ini bisa mempertimbangkan untuk buka tabungan online demi manajemen keuangan yang lebih lancar.

Memiliki tabungan online bisa menghindari stress akibat pengaturan bulanan yang salah. Banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan setelah memilikinya, mulai dari mengatur pengeluaran, pemasukan hingga investasi. Lalu bagaimana sebaiknya sandwich generation ini mengatur keuangan dengan baik?

Tips Bagi Sandwich Generation Menerapkan Manajemen Keuangan Pintar

Tekanan akan keuangan kerap kali jadi masalah sandwich generation. Mereka memiliki tanggung jawab untuk merawat orang tua, anak-anak, belum lagi diri sendiri. Jika tidak berhati-hati pengeluaran akan terus meningkat dan tidak terkontrol.

Salah satu manajemen keuangan yang baik bisa dimulai dengan buka tabungan online. Mengapa? Karena Anda bisa hemat waktu membuka rekening baru dan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan. Apa saja tips lain yang bisa dilakukan oleh sandwich generation, mari simak berikut ini.

1.     Memperhatikan dan Evaluasi Cash Flow

Arus kas keuangan bagi sandwich generation setiap bulannya harus positif. Supaya cash flow ini positif artinya Anda harus memiliki pemasukan yang lebih tinggi daripada pengeluaran. Cara untuk mengetahuinya bisa dengan mencatat segala bentuk uang masuk dan keluar.

Jika Anda buka tabungan online pencatatan jadi lebih mudah sebab tersedia daftar transaksi yang bisa langsung dicek. Jika setelah dievaluasi dalam satu bulan awal hasilnya negatif, maka Anda harus berusaha mencari penghasilan tambahan sebagai solusinya.

2.     Memprioritaskan Kebutuhan Pokok

Pada saat proses memperbaiki cash flow, Anda bisa memulainya dengan memilah mana kebutuhan pokok, sekunder dan tersier. Utamakan kebutuhan pokok seperti untuk makan sehari-hari dan transportasi. Cek kembali daftar transaksi dari tabungan online Anda apakah ada kebutuhan yang bisa dikurangi.

3.     Pastikan untuk Memiliki Asuransi

Bagi sandwich generation, asuransi adalah hal yang sangat penting. Seiring bertambahnya usia, orang tua akan rentan terhadap penyakit oleh karena itu perlu memiliki asuransi kesehatan.

Begitu juga untuk anak-anak, selain asuransi kesehatan sejak dini Anda perlu memiliki asuransi pendidikan. Jika ingin anak bisa belajar sampai pendidikan tinggi maka asuransi pendidikan bisa jadi solusi yang meringankan itu semua.

4.     Sudah Melakukan Investasi

Tidak hanya tabungan dan asuransi, demi keamanan keuangan Anda juga harus memiliki investasi. Jika sudah buka tabungan online dari aplikasi, Anda akan dimudahkan soal investasi. Pasalnya beberapa rekening online kini sudah dilengkapi dengan fitur investasi yang bisa Anda manfaatkan.

Investasi tidak harus langsung dengan modal besar. Anda bisa memilih investasi seperti Reksadana yang bisa dilakukan dengan modal minim.

5.     Mempersiapkan Dana Pensiun

Manajemen keuangan yang pintar juga akan membagi pemasukan Anda untuk bersiap dalam dana pensiun. Anda bisa juga menggunakan investasi demi meraih tujuan ini. Tinggal buka tabungan online dan pilih saja jenis investasi jangka panjang apa yang tersedia.

Jadi keuangan tidak hanya aman untuk anggota keluarga lain tetapi juga terhadap diri Anda sendiri.

Buka Tabungan Online Praktis dengan digibank by DBS

Membuka rekening online baru adalah langkah awal yang harus dilakukan sandwich generation jika ingin manajemen keuangan lebih baik. Anda bisa langsung buka rekening baru di Aplikasi digibank by DBS.

Selama buka tabungan online di digibank by DBS ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh sebagai berikut:

1.     Membuka Rekening Langsung dari Aplikasi

Usai menginstal Aplikasi digibank by DBS tanpa menunggu lama Anda sudah bisa mengisi biodata dan membuka rekening baru. Tidak harus pergi ke bank atau ke kantor cabang bank untuk mengisi dokumen yang berlembar-lembar.

Waktu bekerja Anda tidak akan terpotong untuk membuat rekening baru. Prosesnya pun hanya perlu waktu beberapa menit saja dan rekening akan langsung selesai.

2.     Proses Verifikasi 100% Digital

Saat buka tabungan online di digibank by DBS Anda juga dimudahkan dalam tahapan verifikasi. Cukup mempersiapkan e-KTP saja dan juga scan wajah melalui kamera hp maka rekening sudah siap untuk digunakan.

3.     Gratis Biaya Tarik Tunai dan Transfer

Beberapa bank konvensional sudah menerapkan biaya admin untuk transfer dan tarik tunai jika tidak di mesin ATM yang sesuai. Namun digibank by DBS menawarkan layanan berbeda, yaitu bebas biaya admin tersebut. Tentu hal ini menguntungkan bagi sandwich generation yang harus sering mengencangkan ikat pinggang.

Anda tidak akan dikenakan biaya transfer ke rekening manapun serta gratis biaya tarik tunai di mesin ATM bank apa saja. Anda hanya perlu memiliki saldo di rekening rata-rata sebesar 1 juta rupiah perbulannya maka layanan ini bisa digunakan.

Begitu menguntungkannya memiliki tabungan online sejak dini bagi sandwich generation. Manajemen keuangan Anda pun akan lebih rapi dan kebutuhan keluarga serta diri sendiri akan terpenuhi dengan baik.

Awali keuangan yang baik untuk Anda dari sekarang dengan mengandalkan Aplikasi digibank by DBS. Anda bisa menabung, melakukan transaksi apapun sampai dengan investasi juga.

Proses pembuatan rekening yang cukup simpel dan praktis tidak menyita waktu berharga Anda. Aplikasinya sendiri bisa diinstal secara gratis langsung melalui Play Store dan App Store. Tanpa perlu pikir panjang, langsung saja instal aplikasinya sekarang!

 

Tidak ada komentar