KRAFT Crolette, Kreasi Keju Asli Kaya Nutrisi

KRAFT  Crolette, Kreasi Keju Asli Kaya Nutrisi

Assalamualaikum,

Ramadan hari ke 10, Alhamdulillah puasa anak-anak di rumah lancar, ada keluhan lemas, haus, capek dan lapar, tapi keluhannya masih dalam tahap wajar, sekedar mengeluh, tidak sampai menangis minta buka puasa. Saya pun menasehati mereka untuk sabar dan mengurangi mengeluh.

Sekolah PTM memang membuat mereka  lebih capek, selain karena perjalanan pulang pergi ke sekolah juga karena si anak lebih aktif bergerak.

Untuk menyeimbangkan  kegiatan anak-anak yang mulai padat  dengan kesehatannya, asupan nutrisi mereka harus dicukupi. Makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Begitupun asupan air putih harus cukup agar terhindar dari dehidrasi yang membuat tubuh cepat lemas. Asupan nutrisi yang cukup juga akan membuat daya tahan tubuh kuat terhadap serangan penyakit.

KRAFT Crolette sajian cocok di bulan Ramadan

Salah satu cara menjaga puasa lancar sepanjang hari adalah kecukupan makan saat sahur dan buka, cukup porsinya, cukup nutrisinya. Salah satu menu bernutrisi sekaligus  menggugah selera, rasanya lezat dan  tampilannya menarik adalah  KRAFT Crolette.

KRAFT Crolette dengan tampilan uniknya
bikin anak-anak penasaran dan suka 

Menu KRAFT Crolette ini dapat memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium tubuh. Karena kandungan proteinnya yang tinggi, KRAFT Crolette   membuat rasa kenyang lebih lama. 

Hal  ini karena protein merupakan sumber energi cadangan yang  digunakan tubuh ketika  tubuh benar-benar membutuhkannya, seperti saat berpuasa dimana tubuh tidak mendapat asupan makanan hingga kurang lebih 12 jam, maka protein akan digunakan sebagai sumber energi setelah karbohidrat dan lemak  terpakai.

Asupan protein yang cukup saat puasa akan membuat aktivitas sehari-hari berjalan lancar. 

Resep KRAFT Crolette

KRAFT Crolette


Cara membuat KRAFT Crolette mudah dan praktis hanya dengan 2 bahan yang mudah ditemukan di dapur  yaitu keju dan telur.

Nama KRAFT Crolette merupakan singkatan dari Crown Omelette, dengan  keju membentuk crown di atas omelette. Karena  terbuat dari telur dan keju, sudah pasti kandungan protein dan kalsiumnya tinggi, rasanya gurih  dan lezat karena terbuat dari keju asli.

Berikut bahan dan cara membuat KRAFT Crolette;

Bahan

Dua butir telur

KRAFT Cheddar  mini (30 gram)

Minyak secukupnya 

Video cara membuat KRAFT Crolette bisa dilihat  klik di  sini atau instagram @t_rinasusanti



Cara membuat

Kocok telur hingga rata.

Panaskan wajan anti lengket, masak telur di atasnya, lipat, sisihkan.

Step by step membuat Kraft Crolette

Parut KRAFT Cheddar mini di atas wajan anti lengket, kemudian letakkan Omelette telur tadi di atasnya, masak dengan api sedang selama 2 menit.

Step by step membuat Kraft Crolette


Angkat dengan spatula sambil dibentuk Crown hingga kaku. Setelah diangkat jangan langsung dipindahkan ke piring, biarkan crown kaku (kering) lalu letakkan di atas  piring. 

Step by step membuat Kraft Crolette

Sajikan selagi hangat. 

KRAFT Crolette


Resep KRAFT Crolette ini juga bisa dimodifikasi dengan penambahan sayuran pada omelettenya.

Tips mudah membuat KRAFT Crolette

Duh kayaknya susah ya bikin KRAFT Crolette? Itu yang pertama kali terlintas di benak  saya saat menonton video cara membuatnya di akun instagram KRAFT. Kok kejunya bisa kaku seperti itu? Apa kejunya  ga ambyar saat diangkat dari wajan?  Gimana kalau  telurnya  ga nempel ke keju?

Tanpa diduga, sekali coba lansung berhasil 😎. Tapi percobaan kedua gagal, penyebabnya karena saat percobaan kedua sambil divideoin ini, eh malah panik takut gagal jadilah beneran gagal, pas diangkat telurnya jatuh 😔.

Coba bikin lagi, alhamdulillah  berhasil lagi. Rahasia agar crown  terbentuk, terletak pada keju yang digunakan. Berikut tipsnya;

  • Pastikan menggunakan keju dari KRAFT Cheddar karena kandungan protein dan kalsiumnya yang tinggi membuat crown  terbentuk sempurna  dan tidak mudah patah saat dipanaskan. 
  • Untuk mendapat takaran keju yang pas, tidak kebanyakan atau terlalu sedikit, gunakan KRAFT Cheddar Mini .
  • Tips lain agar  KRAFT Crolette sempurna, saat diangkat dari wajan, biarkan beberapa menit diatas sutil  sampai kejunya kaku (kering), dengan posisi seperti ini, baru pindahkan ke atas piring. 

Biarkan beberapa menit 
sampai suhu ruangan


Mudah kok membuat KRAFT Crolette kalau sudah tahu triknya, yuk coba buat di rumah, anak-anak pasti suka. Seru juga lho kalau membuatnya bareng anak-anak, itu juga yang saya lakukan di rumah, anak-anak ikut tegang waktu saya bikin KRAFT Crolette, takut crownnya ga kebentuk 😀. 

KRAFT Cheddar dengan keju ASLI

Seperti yang sudah ditulis di atas, crown akan terbentuk sempurna jika menggunakan keju dari KRAFT Cheddar karena kandungan protein dan kalsiumnya tinggi, keju menjadi tidak mudah patah saat dipanaskan. Itu karena Kraft Cheddar mengandung keju asli. 

KRAFT Cheddar dibuat dengan bahan utama keju asli New Zealand, dilengkapi nutrisi calcimilk yang kaya kalsium, serta sumber protein dan vitamin.

Pada table komposisi KRAFT Cheddar yang tertera dikemasan, nampak keju ditulis pada urutan pertama, ini artinya, komposisi utama KRAFT Cheddar adalah keju bukan air atau tepung.  Ini sesuai dengan Peraturan Badan POM tahun 2018 no 3 yang menyebutkan jika komposisi bahan baku pada tabel produk diurutkan berdasarkan jumlah dari yang kandungan tinggi ke rendah. Artinya jika produk keju cheddar itu asli maka komposisi pertama yang tertulis di tabel kemasan adalah keju cheddar bukan air, tepung atau bahan lainnya.

Karena KRAFT Cheddar mengandung keju asli citarasanya  gurih dan lezat

Tips Memilih #KejuAsliCheck

Berdasarkan survey yang dilakukan KRAFT salah satu brand dari Mondelez Indonesia, lebih dari 61% tidak tahu jika produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar. Dari survey itu juga terungkap jika 77% ibu terbiasa membaca label makanan yang dibeli tapi 48% nya tidak tahu cara membaca susunan komposisi label.

Jadi bagaimana caranya memastikan keju cheddar yang kita beli dan konsumsi keju asli yang mengandung komposisi utama keju cheddar? Menurut Dian Ramadianti, Senior Marketing Manager keju KRAFT, ada dua cara mudah untuk melihat apalah keju cheddar itu asli atau tidak, yaitu;

Pertama, pada table komposisi keju berada pada urutan pertama. Makanan dengan label susu berarti komposisi utamanya susu bukan air, makanan dengan label Keju Cheddar berarti komposisi utamanya  keju cheddar bukan air atau tepung.

Komposisi Kraft Cheddar, keju Cheddar 


Kedua, pada kemasan tercantum klaim nutrisi. Kraft Cheddar dilengkapi nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein dan vitamin D.

Nutrisi pada Kraft Cheddar 


Pentingnya para ibu membaca dan memahami label pada makanan yang dibeli

Sebagai seorang ibu penting banget membaca dan memahami label atau komposisi makanan yang dibeli karena para ibu yang ‘bertugas’ memilih makanan dan menentukan pola makanan untuk keluarga. Dan tentunya pemilihan makanan ini berpengaruh besar pada kesehatan dan imunitas  keluarga. So, jangan lupa cek komposisi di kemasan sebelum membeli makanan. 


28 komentar

  1. so yummy dan memang simple bikinnya ya mbak
    lumayan juga buat cemilan sore ya

    BalasHapus
  2. Aku juga udah bikin KRAFT CROLETTE untuk menu buka puasa nih, Mbak. Keponakanku seneng banget dengan menu KRAFT CROLETTE ini, Mbak.

    BalasHapus
  3. wah kalau keju anak2 suka yang gak suka itu aku, kayaknya lidahku masih aneh kalau ada keju di masakan, kecuali kalau kue atau roti gak apa

    BalasHapus
  4. kraft keju paporit banget emang teh, dibikin apa aja enak, aku paling suka bikin martabak keju kraft buat anak2 di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya beda ya lebih gurih dan tekstur lembut

      Hapus
  5. Kayanya gak susah nih. Aku mau bikin ah, kebetulan lagi ada stok keju kraft dan anakku suka makan olahan telur

    BalasHapus
  6. Haduh, puasa2 baca artikel tentang makanan, bawaannya pengen incipin aja wkwkkkk .... Lihat tampilannya kok enak banget kayaknya ya...

    BalasHapus
  7. Menu sahur andalan banget nih, praktis dan gizinya oke banget. Anak lahap makan ini pas sahur.

    BalasHapus
  8. Mbak Rinaa ... cantik crolette-nya ... anak2 pastinya semangat ya makan crolette cantik enak dengan keju Kraft seperti ini.

    BalasHapus
  9. keju bener-bener jadi salah satu makanan favorit apalagi kalo si kecil lagi males makan nasi. Dibikin jasuke sama taburan roti kental manis udah enak banget sih

    BalasHapus
  10. Penampakan menu Omelette Crown dengan keju KRAFT-nya cantik sekai karena diberi tambahan selada sama tomat. Aih jadi pengen cobain juga deh, karena kelihatan mudah cara membuatnya, dan nampak nikmat juga cepat untuk dijadikan menu berbuka bahkan sahur.

    BalasHapus
  11. keliatan lezat dan kayaknya masaknya engga susah yaa mbak.. cuma butuh telur ama keju.. plus kudu agak telaten kayaknya ya pas waktunya mengangkat kejunya

    BalasHapus
  12. Saya lagi bingung cari ide buat menu sahur besok. Apa bikin Crolette aja, ya? Mumpung semua bahannya juga ada di kulkas. Enak juga nih untuk sahur

    BalasHapus
  13. KRAFT keju diolah apa saja memang enak ya kak.Jangankan anak-anak,akupun suka. Ini diolah menjadi Crolette yang ada rasa telornya lebih enak lagi ya pastinya

    BalasHapus
  14. Cantik sekali mba kraft crollete nya mba. Apalagi ini ada keju kraft yang buat makanan ini jadi makin enak dan juga sehat ya

    BalasHapus
  15. Aku beberapa kali bikinin anakku mbak mereka suka banget, apalagi kalau msh ada lelehan keju yang agak melelehnya hehe
    Ini menu praktis yang bisa kita bikin dan santap kapanpun yaaa

    BalasHapus
  16. Iya nih...yang mau aku tanyain sama kak Rina, gimana caranya bikin telur sama kejunya bisa sampai kering gitu?
    Aku kejunya gak bisa sampai kering uda keburu menghitam.
    hiiks~
    Kok sedih banget...tapi anak-anak tetep suka sama menu KRAFT Crolette.

    BalasHapus
  17. Wah, bisa nih recook Kraft Crolette ini
    Pakai kejua Kraft emang yang terbaik, keju asli kaya nutrisi

    BalasHapus
  18. Sejak dibuatkan Kraft Crolette ini, anak-anak saya malah ketagihan ngemil keju yang dibakar eh apa digoreng ya, kayak gitu.. Beda kali ya rasanya, gak sekadar keju, tapi ada sensasi crunchynya juga.

    BalasHapus
  19. saya udah recook Crolette ini mbak
    Dan enak banget, bahannya juga mudah didapat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mudah asal pelan-pelan bikinnya

      Hapus
  20. Resep ini dari kapan hari berseliweran terus di Instagram tapi aku belum tertarik recook. Sekarang buka artikel Mbak Rina, jadi inget lagi dengan resep crolette ini dan kepikiran untuk bikin buat menu sahur nanti. Pedagang-pedagang makanan dan sayur udah pada tutup, di rumah cuma ada telur, tinggal nanti beli keju Kraft di minimarket.

    BalasHapus
  21. Mudah banget ya bikinnya dan ternyata kaya gizi meski bahannya cuma 2, telur dan keju. Anak anak pasti semangat nih kalo sahur pakai Kraft Crolette, mereka bisa tahan puasa sampai Maghrib:) auto recook nih mba :)

    BalasHapus
  22. jadi pengen buat juga deh, soalnya telur dan keju ini kesukaan anakku di rumah, bisa jadi cemilan sehat nih.

    BalasHapus