Tips mencegah dan mengobati sariawan

Tips mencegah dan mengobati sariawan

Begini pedihnya sariawan



Saat pengen banget mie ayam Bangka tapi mulit sariawan rasanya merana heuheu. Walaupun hanya sariawan nyut-nyutannya sampai kepala.  Malas makan padahal lapar, males ngomong, mau nonton juga ga enak karena nyerinya bikin ga konsen.

Yang pernah merasakan sariawan pasti tahu rasanya ya apalagi kalau lukanya besar dan bernanah, biasanya disebabkan karena kegigit. Itu juga yang saya alami, gara-gara terlalu nafsu makan bakso pedas dan panas, lidah kegigit. Satu hari dua hari hanya sedikit pedih, makin hari kok nyut-nyut sakit sampai kepala. Saat melihat dicermin, baru sadar sariawan sudah besar dan bernanah.

Bibir yang kegigit menyebabkan luka, lalu infeksi karena masuknya kuman dari mulut dan gigi. Saya jadi ingat setelah lidah kegigit tidak langsung sikat gigi atau kumur-kumur dengan moutwash anti septik, baru sikat gigi saat menjelang tidur.

Sariawan ini memang bisa sembuh dengan sendirinya, dengan waktu bervariasi dari beberapa hari sampai dua minggu, tergantung tingkat infeksinya. Oh ya saat sariawan itu saya memutuskan tidak ke dokter karena situasi pandemi saat itu sedang serem-seremnya jadi berusaha menyembuhkan diri dengan melakukan hal-hal berikut;

1. Lebih rajin sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik setiap selesai makan. Untuk obat kumur saya menggunakan Betadine Mouthwash and Gargle.

2. Hindari makan makanan pedas, keras dan panas. Luka sariawan kena gesekan makanan yang kita makan, rasa nyerinya mantap, langsung hilang selera makan. Begitupun saat makan makanan pedas. Godaan makan pedas memang ada tapi ditahan biar sariawan cepat sembuh.

3. Makan makanan bertekstur lembut untuk meminimalisasi gesekan sariawan dengan makanan.

4. Makanan makanan mengandung banyak vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh seperti  buah-buahan dan sayuran berkuah bening.

5. Perbanyak mengkonsumsi air putih agar mulut tidak kering yang bisa menyebabkan luka kaku dan mengeras dan bertambah pedih.

Betadine Mouthwash and Gargle



Betadine Mouthwash and Gargle mengandung zat aktif Povidone iodine. Obat kumur ini digunakan untuk mengatasi masalah mulut seperti sakit tenggorokan, gusi bengkak, sariawan, bau mulut dan nafas tidak segar.  Tersedia dalam kemasan 190 ml dengan harga sekitar 35.000. 

Cara memakai Betadine Mouthwash and Gargle;

Tuang Betadine Mouthwash and Gargle ke dalam gelas yang ada ditutupnya sebanyak 15 ml, kumur-kumur selama 30 detik, lakukan sehari sebanyak 3-5 kali atau tergantung kebutuhan.

Oh ya obat kumur ini tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui. 

Info lengkap produk ini bisa teman-teman baca juga di https://betadine.co.id/




Lebih baik mencegah daripada mengobati

Hanya sariawan tapi tetap ya sakitnya lumayan. Jadi sebelum terkena sariawan lebih baik mencegahnya caranya;

Pastikan selalu kebersihan gigi dan mulut, caranya dengan sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur secara rutin terutama sehabis makan dan mau tidur.

Jaga imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi.

Cegah drama kegigit saat makan dengan cara, makan pelan-pelan (jangan lupa berdoa dulu), kendalikan diri jika makanan menggiurkan dan tak sabar ingin menikmatinya. 

Jika sariawan tidak kunjung sembuh sebaiknya periksakan ke dokter

Sariawan memang seperti masalah mulut yang sepele ya tapi hati-hati karena  sariawan bisa mengindikasikan masalah kesehatan serius. Jika sering sariawan bisa jadi bertanda sistem imunitas tubuh lemas, kurang vitamin dan zat besi.

Jika sariawan tidak kunjung sembuh dalam waktu dua minggu, muncul sariawan di mulut banyak sebaiknya segera ke dokter. Begitupun jika sariawan disertai demam.

 

 

Tidak ada komentar