Film Srimulat : Hil yang Mustahal

Film Srimulat : Hil yang Mustahal 

Srimulat grup lawak legendaris 

Assalamualaikum

Teman-teman satu generasi, generasi 80/90 an pasti udah ga asing dengan grup komedi Srimulat, yang sempat hits di dunia pertelevisian tanah air di era 90 an bahkan hampir semua komedian Srimulat merambah ke dunia layar lebar, menjadi aktor dengan lawakan khasnya yang mengocok perut. Ada Tarzan yang tampilan berwibawa (tapi tetap lucu), Basuk yang lugu, Tessy lelaki kemayu dan Nunung yang genit.



Seiring munculnya komedian baru dan usia dari pemain Srimulat yang bertambah, kepamoran mereka menurun, hanya Nunung yang durasi keeksisannya lebih lama dibanding yang lain. Generasi millennial mungkin familiar dengan sosok Nunung, partner Adre dan Sule di acara Ini Talk Show.

Menengok Sejarah Srimulat



Srimulat bisa dibilang legenda komedi Indonesia dan pelopor seni pertunjukan yang lahir dari kesenian tradisional, seperti keroncong dan ludruk. Srimulat memulai karirnya di daerah dari panggung pertunjukan ke panggung pertunjukan dengan menggunakan bahasa daerah (Jawa),lalu pada tahun 80-an mereka tampil di panggung Nasional, tampil di televisi. Saat manggung secara nasional mereka diharuskan menggunakan bahasa Indonesia.

Transformasi dari bahasa daerah ke bahasa Indonesia bagi Srimulat bukan hal mudah karena mereka terbiasa melawak menggunakan bahasa daerah lalu harus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang mana ga semua sesuatu yang dianggap lucu di daerah tertentu lucu untuk daerah lain, begitu pun kosakata lucu di suatu daerah kadang susah menemukan padanannya dalam bahasa Indonesia. Begitupun dengan bahan komedian yang inspirasinya biasanya diambil dari kehidupan sehari-hari, kebiasaan daerah tertentu bisa jadi bahan guyonan belum tentu lucu untuk daerah lain. Tapi nyata Srimulat mampu beradaptasi, bisa membuat masyarakat Indonesia tersenyum dengan guyonannya dan pada Srimulat ga ada lho guyoan-guyonan yang menyitir agama apapun, jadi guyonannya menjaga persatuan.

Jaman now ada istilah dark jokes, untuk mengkatagorikan guyonan yang menjelekkan agama si pelawak. Mempertanyakan kebenaran aturan  agama dengan narasi lawakan lalu si pelawak merasa dirinya jadi martir. Ya kali jadi martir kalau demi kebenaran dan kemanusian, kalau demi cuan?

Srimulat Reborn

Pada 6 Desember  2021 MNC Pictures dan IDN Pictures, dua perusahaan film Tanah Air, mengadakan press conference untuk film hasil kolaborasi mereka yang berjudul Srimulat: Hil yang Mustahal. Kolaborasi yang bermula ketika Cuk FK, seorang penulis naskah film komedian ternama di Indonesia, mengajak Titan Hermawan, Direktur Utama MNC Pictures, untuk menggarap ulang menjadi sebuah film, dengan Fajar Nugros, Head of IDN Pictures, yang telah banyak menyutradarai film sebagai sutradaranya.

Aktor dan aktris pemain film Srimulat Hil yang Mustahal

Untuk memberi nafas baru pada Srimulat versi milenial ini, MNC Pictures dan IDN Pictures, mengandeng aktor dan aktris muda berbakat;

Bio One sebagai Gepeng Elang El-Gibran sebagai Basuki

Dimas Anggara  sebagai Timbul

Ibnu Jamil sebagai Tarzan

Rifnu Wikana sebagai Asmuni

Erick Estrada sebagai Tessy

Zulfa Maharani sebagai Nunung

Morgan Oey sebagai Paul

Rukman Rosadi sebagai Teguh

Erica Carl sebagai Jujuk

Indah Permatasari sebagai Royani

Naimma Aljufri sebagai Ana dan Rano Karno sebagai Babeh Makmur.

 

Wah kalau melihat deretan aktrisnya udah ga diragukan ya kepiawaian mereka dalam akting. Jujur saya ga sabar nunggu akting Ibnu Jamil di film ini, saya ngefans sama dia sejak dia main di sitcom OK Jek heheheh.



MNC Pictures dan IDN Pictures optimis Film Srimulat: Hil yang Mustahal bisa membawa semangat nasionalisme dengan menjadikannya sebagai hiburan yang cocok untuk semua generasi di seluruh Indonesia. Selain itu MNC Pictures dan IDN Pictures berkomitmen untuk memberi dampak positif, menginspirasi terutama generasi milenial dan gen Z melalui film ini.

“Srimulat adalah kelompok legendaris yang sudah menjadi panutan dan sumber inspirasi untuk semua pelawak lintas generasi bahkan komedi masa kini. Millenial dan Gen Z tahu tipe guyonannya namun tidak tahu secara pasti siapa itu Srimulat. Film ini juga ingin mengenalkan kembali profil para pemain Srimulat melalui film Srimulat; Hil yang Mustahal,” ungkap Titan Hermawan Direktur utama MNC Pictures.

Winston Utomo, CEO IDN Media; “Kami berharap agar wajah-wajah baru di film Srimulat Hil yang Mustahal ini dalat kembali menghidupkan karakter-karakter Srimulat yang legendaris, sekaligus menginspirasi dan menghibur masyarakat Indonesia. Sudah waktunya bagi Indonesia untuk tertawa kembali dengan film bergenre komedi yang dihadirkan oleh MNC Pictures dan IDN Pictures.”

“Srimulat mewariskan tawa pada Indonesia, tawa ini akan kami hidupkan kembali menjadi sebuah film bergenre komedi, yang akan mengingatkan lagi pada bangsa besar ini tentang mengapa dulu kita bersatu menjadi Indonesia tanpa meninggalkan jadi diri yang terdiri dari beragam suku bangsa di negeri ini, ini saatnya Indonesia tertawa.” Fajar Nugros, Head of IDN Pictures and Sutradara Film Srimulat; Hil yang Mustahal.

 

19 komentar

  1. Srimulat reborn, mebghidupkan kembali karakter legend di grup lawak kawakan seperti ini tentu bukan hal mudah.
    Tapi pasti menjadi tantangan sendiri buat aktor aktris yang memerankan karakter-karakter tersebut. Semoga sukses!

    BalasHapus
  2. Srimulat born nih mudah2an bisa mengobati kangen para penggemar nya nech.. zaman ibukku banget nih kak..waktu kecil ikut nonton juga

    BalasHapus
  3. Untuk yang baru mendengar dan menonton Srimulat, semoga bisa mendapatkan aura model-model lawakan dulu ya, karena jujurly, lawakan sekarang sudah jauh beda. Kadangkala kangen nonton yang seperti itu. Jadi penasaran nih fil Hil yang Mustahal-ya

    BalasHapus
  4. Srimulat itu fenomenal banget. Lawakannya khas, menghibur dan para pelawaknya totalitas banget. Dan yang paling diingat sampai sekarang ya istilah plesetan hil yang mustahal itu. Sederhana tapi bikin ketawa :)

    BalasHapus
  5. Dulu tuh semacam menjadi acara wajib tonton yaa..
    Abis nonton Srimulat rasanya happy banget, meski ngomongnya "Tessy lak panceettt aee.."

    Tapi tergelak juga melihat tingkah lucu karakter yang ada di Srimulat.

    Salut karena kini diangkat menjadi Film. Semoga juga ditayangkan khusus di platform nonton film streaming berbayar yaa.. Jadi bisa dinikmati di bioskop rumah.

    BalasHapus
  6. Dulu tertawa bareng keluarga nonton Srimulat, ya zaman kecil belum banyak hiburan dan lawak Srimulat emang lucu

    BalasHapus
  7. Dulu kalau mau lihat penampilan Srimulat itu saya harus ikut nonton ke rumah tetangga. Saking jadulnya dalam arti kehidupanku emang sejauh itu. Alhamdulillah sekarang sudah lebih baik
    Semoga bisa bernostalgia nonton Srimulat meski versinya berbeda

    BalasHapus
  8. seperti warkop, srimulat yang legend dibuat versi reborn pasti seru nih. inget dulu suka nonton srimulat, tentunya yg versi bahasa indonesia :)

    BalasHapus
  9. Aku tuh selalu terhibur dengan srimulat. Apalagi mereka selalu melegenda hingga kini. Aku jadi ingin nonton nuh mba. Kebayang terhibur nya

    BalasHapus
  10. Srimulat ini keren banget bisa bertahan sekian lama di dunia hiburan Indonesia. Meski pertunjukannya sendiri udah nggak ada tapi pemain-pemainnya masih muncul di acara-acara komedi. Dengan film ini semoga generasi muda juga jadi kenal dengan Srimulat.

    BalasHapus
  11. Srimulat memang lucu banget. bahkan sampe sekarang aku sering baca-baca quote lelucon mereka.
    jadi ga sabaran pengen nonton srimulat dengan pemeran artis muda nih

    BalasHapus
  12. Pada masanya terkenal banget Srimulat, sekarnag ada filmnya ya. Ini mah pasti suka deh mama aku kl dikasih tau. Jargonnya aku masih inget juga hil yang mustahal

    BalasHapus
  13. pas tahu siapa saja pemain film Srimulat Hil yang Mustahal ini, alu makin nggak sabar buat nonton film ini mbak
    pastinya ceritanya sangat menghibur ya

    BalasHapus
  14. Srimulat Reborn ini pasti seru banget ya mba. Aku dulu suka nonton Srimulat juga. Pengen nonton filmnya juga nih.

    BalasHapus
  15. Aku dulu sampai terpingkal pingkal kalau nonton srimulat. Kayaknya pengin nonton deh kalau dah tayang.

    BalasHapus
  16. Penasaran deh dengan Srimulat Reborn, pasti pemainnya berusaha keras untuk mampu memerankan tokoh legend seperti Jujuk dan Timbul dkk, penasaran juga transformasi mereka memerankan tokoh Srimulat yang legendaris ini, seperti Bione sebagai Gepeng totalitas banget

    BalasHapus
  17. Wah, aku baru tahu loh ini ada filmnya. Inget dulu masih kecil suka melihat di televisi hitam putih wkkww, asli the legend banget ini Srimulat, kalau gak salah nunung Srimulat kan ya?

    BalasHapus
  18. Semoga anak milenia bisa menikmati lawakan Srimulat Reborn dan emaknya anak milenia dapat melepaskan kerinduannya pada Srimulat yang legendaris itu. Salah satunya saya yang pingin banget ketawa-ketawa tanpa mengernyitkan dahi.

    BalasHapus
  19. Salut banget sama srimulat yang mampu eksis dan tetap memberikan lawakan berkualitas. Walau ada perubahan bahasa dari daerah ke nasional. Film ini menjadi pelepas rindu bangsa Indonesia untuk menikmati lawakan khas Srimulat.

    BalasHapus