Keunggulan Bimbingan Belajar Online Sinotif

 Assalamualaikum

Belajar secara online jadi kebiasaan baru di masa pandemi

Senangnya anak-anak sudah mulai ptm, walaupun tidak full, hanya 2 atau 3 hari dalam seminggu dengan lama belajar hanya 3 jam, selebihnya kembali belajar online.



Setelah hampir 2 tahun pandemi, belajar secara online sudah menjadi kebiasaan baru. Kendala teknis saat belajar online sudah hampir tidak ada, sudah terbiasa dengan zoom, kirim tugas via google class room, tugas membuat video ini itu dsb.  Para orangtua mulai terbiasa dan santuy mendampingin anak-anak belajar online. Lets it flow aja ya Bun hehehe. 

Yang awalnya damping anak-anak belajar online dengan duduk manis di samping mereka, kini bisa disambi masak, nyuci dan beres-beres rumah.  Anak-anak secara tidak langsung dituntut belajar mandiri dengan mengerjakan latihan soal tanpa didampingi bu guru.

Sudah terbiasa belajar online tapi efektifkah? Ehm untuk saya sendiri merasa belum efektif karena jam belajar secara daring lebih pendek dari waktu belajar offline. Di sekolah anak-anak jika sekolah biasa jadwalnya hingga jam 14.30, selama daring hanya sampai jam 11 an, selebihnya belajar di rumah, ada banyak waktu luang.

Mau tidak mau saya  berusaha membuat masa belajar online selama pandemi ini efektif, agar waktu tidak terbuang sia-sia.  

Membuat belajar online efektif

Saya belum konsisten membuat belajar online anak-anak di rumah efektif, adakalanya sehari disiplin dengan jadwal adakalanya lebih santuy.

Jadwal yang saya buat selain jam sekolah online adalah jam main, mengerjakan tugas, mengaji dan mengasah kemampuan anak-anak selain pelajaran sekolah.

Misal si sulung senang menggambar dan lagi semangat main organ, saya tentukan lamanya dan jam berapa boleh melakukan kegiatan tersebut, karena kalau tidak dibatasi, dia kuat seharian depan komputer untuk menggambar. Si adik suka main game, kalau tidak dibatasi, bisa berjam-jam. Jadi waktunya dialihkan dengan membuat jadwal belajar main organ, menggambar, main di luar rumah.

Waktu mengerjakan tugas sekolah dan mengulang pelajaran sekolah biasanya malam hari sehabis sholat isya.

Memanfaatkan waktu luang di rumah aja untuk menyalurkan bakat dan minat anak

Pandemi mau tidak mau, suka tidak suka, membuat anak-anak menghabiskan banyak waktu di rumah, agar tidak tergantung pada handphone saya mengarahkan anak-anak untuk menyalurkan hobi atau mengikuti kegiatan yang disukai, misal setelah setahun off latihan bela diri tapak suci karena pandemi, sudah beberapa bulan ini, si sulung kembali aktif latihan seminggu dua kali. Si Adik berencana kembali les berenang setelah kepotong pandemi.

Karena kedua anak di rumah suka menggambar, difasilitasi peralatannya, ini efektif juga untuk mengurangi ketergantungan pada handphone.

Melibatkan dalam pekerjaan rumah tangga yang disesuaikan dengan kemampuannya, misal menyapu, membantu di kebun Mama dsb.

Kadang mengikutkan si sulung ikut webinar tentang menggambar untuk menambah pengetahuannya.

Bagaimana dengan anak-anak yang belum kelihatan minat dan bakatnya?

Saat usia anak kurang lebih 10 tahun, mereka sudah memperlihatkan bakat dan minatnya, menurut buku parenting yang saya baca dan terbukti pada si sulung di rumah. Jika belum terlihat minat dan bakatnya bisa di stimulasi dengan menawarkan beberapa kegiatan beragam, memberi kesempatan apa yang ingin dilakukan dengan mengajaknya diskusi. Menawarkan mengikuti les atau workshop.  Bisa juga dengan melakukannya di rumah dengan alat yang kita fasilitasi, misal jika tiba-tiba si anak mengajak atau ingin praktik masak/baking, coba saja ditemani, siapa tahu ini memang minatnya.

Jika si anak kadung suka game online mungkin bisa dikenalkan pada coding dengan mengikutkan kursus online.  

Untuk anak-anak yang minatnya pada angka dan hitung menghitung, kenapa tidak kita ikutkan bimbel online tambahan agar makin terasah kemampuannya.

Mengikuti bimbel online

Mengikuti bimbinganbelajar online salah satu solusi memanfaatkan waktu di rumah aja yang lebih panjang karena jam belajar online di sekolah waktunya pendek.  Keterbatasan tatap muka dengan guru untuk bertanya pelajaran yang kurang dipahami dapat diantisipasi dengan mengikuti bimbingan belajar online terlebih jika kita sebagai orang tua tidak bisa membantu karena lupa. Misal untuk saya sendiri,  saat beberapa waktu lalu si sulung yang kelas 8 masuk pelajaran matematika tema aritmatika, beberapa bahasannya saya lupa, jadi ga bisa mengajari anak yang kurang paham materi dari buku dan penjelasan guru. Sebenarnya saya bisa ingat kalau mau mengulang belajar lagi, baca buku si sulung, masalahnya saya sudah mumet dengan urusan pekerjaan rumah dan capek.

Sinotif bimbingan belajar online terbaik

Bicara soal bimbinganbelajar online, yuk kenalan dengan SINOTIF, BimbelOnline Dengan Rasa Tatap Muka.

Sinotif merupakan bimbingan belajar yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun, yang terus melakukan inovasi agar para siswa bisa mengikuti proses bimbingan belajar dengan menyenangkan, efektif dan paham.



Sinotif merupakan bimbel online dengan spesialis Matematika, Fisika, dan Kimia terbaik di Indonesia, bimbel yang disediakan meliputi SD, SMP dan SMA.  Dengan 3 kurikulum yang bisa dipilih disesuaikan dengan kebutuhan sekolah anak-anak;

Kurikulum Nasional, meliputi pemahaman materi harian, PR, latihan, ulangan harian, tengah semester, ulangan umum, kenaikan kelas dan AKM kelulusan.

Kurikulum Internasional Cambridge, IB, HSC dan lainnya, meliputi pemahaman materi, PR hingga ujian kenaikan kelas, serta test khusus internasional chekckpoint, IGCSE, O level, A Level, AS Level, HS/SL Diploma.



Kurikulum Nasional Plus meliputi materi kurikulum nasional dan berbahasa inggris, untuk pemahaman setiap bab, PR, latihan hingga test semester dan kenaikan kelas.

Metode bimbingan belajar online di Sinotif memiliki  4 keunggulan yaitu;

Specialized. Belajar dengan guru-guru yang ahli di bidangnya. Siswa dibimbing oleh 3 guru spesialis matematika, fisika dan kimia yang ahli dan tersertifikasi khusus.

Personalized. Fokus pada kebutuhan, siswa mendapat layanan  personal sesuai kebutuhandan target belajar yang diinginkan. Catatan dan laporan belajar dikirimkan setiap selesai sesi belajar.



Systemized. Belajar jadi mudah dan efektif. Siswa mendapatkan modul soal yang sistematis dengan kombinasi gaya belajar linier dan global untuk memudahkan pemahaman konsep.

Limitless. Layanan 24 jam nonstop. Akses website e-learning untuk belajar mandiri melalui seratusinstitute.com dan tanya soal secara instan dengan aplikasi tanya jawab soal kapanpun dimanapun.

Keunggulan lain dari Sinotif

  1. Spesialis matematika, fisika, kimia untuk nasional dan internasional.
  2. Program belajar sesuai kebutuhan dan target belajar tiap siswa
  3. Modul belajar disusun secara lengkap dan sistematis.
  4. Pendekatan secara personal sesuai karakter dan gaya bahasa siswa.
  5. Laporan perkembangan belajar secara berkala setiap akhir sesi.
  6. Media belajar tambahan dan tanya PR secara onine 24 jam nonstop
  7. Garansi uang kembali, tanpa tes dan syarat yang memberatkan.

 

Untuk teman-teman yang mau mencoba bimbel online di Sinotif untuk anak-anak bisa lho uji coba gratis, caranya buka web Sinotif di   nanti ada pilihan coba gratis. Saya juga mau mencoba nih, sudah isi form tinggal tunggu info selanjutnya dari Sinotif.

19 komentar

  1. Memang selama pandemi harus pandai mengatur waktu supaya tidak terbuai dg ngegame saja, terutama anak2 kita ortu harus bisa mengatur agenda anak supaya tdk ketinggalan pelajaran salah satunya dg les online

    BalasHapus
  2. Bimbingan belajar online ini membantu banget buat anak-anak untuk mempelajari materi pelajaran dengan lebih detail ya mak. Apalagi dengan standar internasional menjadi jaminan kompetensinya

    BalasHapus
  3. Walau sudah mulai belajar tatap muka, tapi sebagian besar masih belajar online ya Mbak. Saya tidak merasakan hal ini, tapi sering membaca blog teman-teman yang terpaksa kerja ekstra karena anak-anak belajar online dari rumah. Saya jadi tahu gimana repotnya mengatur waktu. Untuk untuk belajar mata pelajaran ada yang bisa bantu ya Mbak, seperti Sinotif ini

    BalasHapus
  4. Banyak keunggulan yang dimiliki bimbel Sinotif ya...senangnya jika bimbel fokus pada kebutuhan, siswa mendapat layanan personal sesuai kebutuhandan target belajar yang diinginkan.
    Juga, ada catatan dan laporan belajar dikirimkan setiap selesai sesi belajar. Ortu jadi bisa memantau belajar anak

    BalasHapus
  5. Sinotif, tertarik deh pengen nyobain bimbel ini juga buat anakku nanti, moga-moga dengan Sinotif bisa membantu penyerapan pelajaran jadi lebih maksimal

    BalasHapus
  6. Nah iya...dulu saat anak-anak masih usia pra-sekolah, aku uda niat banget nih...pengen Home Schooling karena melihat standart kurikulum di sekolah belum ada yang sesuai dengan apa yang kami inginkan.
    Namun, kembali lagi..mencari yang ideal, gakkan bener-bener ada. Jadilah sekolah di sekolah yang kami anggap paling mendekati value keluarga kami.

    Alhamdulillah,
    Dengan ditambah dari bimbel online Sinotif, anak-anak semakin mantap melangkah.

    BalasHapus
  7. aah...kalau materi pelajaran sudah mulai bikin pusing, memang solusinya diikutkan bimbingan belajar ya, mbak. anak2 belajar, mamaknya bisa ikut belajar juga. Hahaha.

    Btw, metode bimbingan belajar di Sinotif banyak juga ya, mbak. bisa menyesuaikan, tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan.

    BalasHapus
  8. iya ya, pandemi membuat anak anak belajar online di rumah.
    Saat anak kesulitan memahami pelajaran, ikut bimbel online seperti Sinotif ini jadi solusi terbaik ya mbak

    BalasHapus
  9. Nah iya, bikin sesuatu yang mereka sukai, fasilitasi itu yang bikin keinginan main gadget bisa digantikan. Kalau belajar dirumah ya intinya mainan gadget sampai bisa-bisa anak nyandu. Let it flow ya Bund hehehehe :D

    BalasHapus
  10. Sekolah di masa sekarang memang butuh tambah belajar ya. Ya bimbel ini solusinya. Soalnya kasian anak kalo cuma ngandelin pelajaran dari sekolah. Kurang maksimal. Jadinya ya dalam milih bimbel kudu yang terbaik. Biar anak bisa berprestasi secara maksimal.

    BalasHapus
  11. Era digital sekarang, semua orang, semua pihak memunculkan keunggulan masing-masing. Dan keuntungannya, masyarakat saat ini juga punya kesempatan untuk memilih yang terbaik. Beda dengan jaman dulu yang mungkin masih terhitung jari ya, bimbel-bimbel yang sudah go online.

    BalasHapus
  12. Belajar jadi lebih menyenangkan dan praktis kalau ada bimbel online semacam Sinotif ini. Hemat tenaga & biaya transportasi.

    Tapi buat anak-anak mungkin malah lebih suka tatap muka offline ya biar bisa ketemu dan main sama teman-temannya. Hehe.

    BalasHapus
  13. Sudah jadi kebutuhan banget ya belajar atau bimbel online sejak pandemi ini. Jadi yang biasanya gak bisa jadi terbiasa untuk memperoleh tambahan pelajaran

    BalasHapus
  14. Bimbel online tuh sekarang jadi pilihan, biar aman juga ya. Sinotif ini juga bisa jadi pilihan ya.

    BalasHapus
  15. kepake emang ya mba
    akupun ngelesin ni
    kalau cuma ngandelin dari sekolah daring rasanya kurang pemahaman anak sama pelajarannya :")

    BalasHapus
  16. Meski pandemi jangan sampai anak-anak kita tertinggal pelajaran ya mba, memasukkan anak ke bimbel justru sangat membantu anak agar tak tertinggal pelajaran

    BalasHapus
  17. Oh mantap ya ini pandemi yang diambil manfaatnya. Kebiasaan baru yang nnantinya bisa jadi kebiasaan baik ya itu harapannya

    BalasHapus
  18. saat ini anak-anak memang belum full tatap muka sama ortunya, jadi perlu juga nih bimbel sama ahlinya. keren ya bimbel ini beljarnya dari yang profesional di bidangnya

    BalasHapus
  19. semoga pandemi cepat berakhir.

    BalasHapus