Tips Memulai Usaha dari Rumah dengan TOKKO

Tips Memulai Usaha dari Rumah




Assalamualaikum,

Musim hujan, di tempat saya tinggal sudah lebih dari seminggu hampir setiap hari hujan. Apa kabar cucian? Sebagian di laundry jadi aman 😀.

Minggu lalu saya ngepost blog soal asuransi syariah, banyak teman yang mengira saya jadi agen asuransi hehehe. Saya bukan agen asuransi syariah,  post kemarin hanya berbagi pengalaman setelah ikut webinar asuransi syariah dan pengalaman menjadi generasi sandwich yang membuat saya semagat mencari cuan agar bisa nabung dan punya asuransi.

Saya masih setia mencari cuan dengan jualan online anggrek dan tanaman hias, usaha yang dimulai dari tahun 2017, sempat  pasang surut, ga serius. Namanya usaha ya kadang rame pembeli, kadang biasa, kadang sepi. Kudu sabar, usaha terus (jualan),  biar Allah yang ngatur pembelinya, nasehat ibu saya.

Kadang komentar bikin baper yang membuat semangat usaha turun,”Sayang ya cuma nanam tanaman hias, kan ga bisa dimakan?”

“Sayang uang, beli-beli tanaman mahal.”

“Emang bisa tanaman buat bayar sekolah anak?” Ya bisa bambang kalau laku.

Dari pengalaman itu saya belajar, cari teman/circle yang sehat. Kalau suka tanaman tambah pertemanan dengan orang-orang yang suka tanaman, ikut komunitas dsb.  Tambah pertemanan dengan orang-orang yang semangat wirausaha. Oh satu lagi nih, selama jualan saya tidak pernah nawarin jualan secara personal, japri dsb, karena kalau ditolak atau ga direspon, bikin insecure hehehe. Jadi cukup pajang aja di status medsos atau marketplace.

Jujur saya ga nyangka usaha tanaman hias dan anggrek ini bisa bertahan, eh sebenarnya bisa bertahan karena Pak suami semangat modalin sih hahaha. Secara saya tuh orangnya tipe cari aman, ya udah cari uang jajan tambahan dari ngeblog aja sama nulis, modal udah ada,  yaitu laptop, suka baca dan ikut training-training menulis (7 tahun lalu semangat ikut-ikut training menulis) .

Sementara suami, berani ngeluarin modal untuk usaha selama  terukur. “Ngemodal jualan tanaman kan ga sampai jual rumah atau mobil, apalagi jaman sekarang, ga perlu punya toko, bisa dari rumah, jualan online,” begitu katanya.

Buat teman-teman yang ingin memulai usaha, berikut cara memulai bisnis online ;

Siapkan tekad dan keberanian untuk wirausaha

Tantangan terberat ingin punya usaha tapi maju mundur itu adalah takut rugi, takut ga laku, merasa ga punya bakat, malu.

Ada lho  bu-ibu ada yang enggan memulai usaha karena malu atau gengsi, karena khawatir di komentarin,"Transferan suaminya ga cukup ya?" Atau,"Memang suaminya ga kerja?".

Kalau transferan suaami lancar, punya usaha sendiri walaupun receh, kan lumayan buat tabungan atau untuk  ngasih ortu dan saudara sendiri jadi ga usah minta suami. Kalau saya sih lebih gengsi minta uang ke suami untuk ngasih ke ortu atau saudara sendiri, khawatir jadi omongan bu mer atau saudaranya 😄.

Pilih usaha yang disukai, dipahami dan dekat dengan keseharian

Pengen usaha tapi bingung? Biar gampang dan enjoy menjalaninya pilih yang kita sukai dan dekat dengan keseharian kita. Yang suka baking, bisa buka pre-order makanan/masakan. Yang suka moto-moto, bisa buka jasa foto atau jualan props foto. 

Boleh baca Kenalan dengan Platform Digital yang Mendatangkan Cuan 

Siapkan modal sesuai kemampuan

Belum pernah memulai usaha, tapi pengen mulai sekalian belajar? Sebaiknya cari usaha yang modalnya sesuai kemampuan, jangan sampai pinjam, istilanya pake uang dingin hehehe. Begitu dapat keuntungan, dipakai untu modal lagi. Ini saya praktikkan.

Belajar ilmu marketing

Marketing yang cukup ampuh sekarang ini adalah dengan memanfaatkan media sosial. Agar maksimal ada tips dan triknya tidak sekedar posting. Beberapa waktu lalu saya sempat ikut webinar  dengan narasumber dari Grab. 

Bisa baca di Inovasi dan Digitalisasi untuk UMKM untuk lengkapnya.

Lakukan pembukuan dan  tetapkan target

Walaupun usaha masih kecil, biasakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, agar uang tidak tercampur dengan uang rumah tangga/dapur. Dengan pencatatan keuntungan dapat dilihat, trend penjualan juga terlihat.  Begitu stok/aset yang kita punya.

Menetapkan target untuk usaha penting lho, selain agar semangat juga akan memperbesar usaha walaupun bertahap.

Buka toko online di TOKKO

Ada yang pernah dengar toko online TOKKO? TOKKO adalah sebuah sebuah platform D2C (direct-to-consumer) untuk membantu  membangun digital brand identity dengan memiliki online store sendiri dan berjualan langsung ke konsumen. Tokko memberikan pengalaman belanja online yang mudah, anti ribet, aman dan menyenangkan bagi para pelanggan secara langsung.

Kini TOKKO meluncurkan program baru yaitu TOKKO Plus, adalah layanan premium berlangganan yang membuat UMKM dapat memiliki akses fitur premium di dalam aplikasi TOKKO. Salah satunya adalah integrasi digital ads seperti Facebook, Instagram, dan Google. Serta akan ada banyak lagi fitur yang akan segera hadir dalam waktu 2-3 bulan ke depan. JUALAN ONLINE BENERAN jadi makin gampang dan seru. Untuk saat ini, sedang berlangsung promo diskon berlangganan hingga 50% dengan berbagai keuntungan seperti bonus kupon diskon dan cashback top up digital ads hingga  3.2 juta.

Dengan TOKKO Plus produk jualan kita akan langsung terpromosi di akun-akun media sosial dan google, ini tentunya meningkatkan trafik penjualan. 


TOKKO, memudahkan UMKM mempunyai website jualan online pribadi.  Registrasi yang mudah. sistem komisi hanya berlaku di fitur-fitur tertentu saja. Customer bisa belanja tanpa harus membuat akun TOKKO. Pesanan bisa masuk melalui whatsapp dan juga aplikasi. Pembayaran langsung ke penjual 

TOKKO Plus - Integrasi dengan marketing ads dari Instagram, Facebook, dan juga Google - Diskon layanan hingga 50%, serta gratis kupon hingga 3,2 juta & marketing ads hingga 4,2 juta (promo berlaku sampai tanggal 31 oktober) - Serta banyak lagi fitur lainnya yang akan ditambahkan dalam 2-3 bulan ke depan. 

TOKKO berbeda dengan marketplace, untuk berbelanja di TOKKO tidak perlu akun TOKKO. 


Anggrek hias, usaha anggrek dan tanaman hias saya buka juga di TOKKO, item jualan masih terbatas karena belum semua produk saya upload. Oh ya saya punya voucher belanja nih buat teman-teman yang mau beli tanaman hias atau anggrek di TOKKO sebesar 50 ribu tanpa minimal belanja. Teman-teman tinggal pilih tanaman yang disukai, masukkan keranjang, saat pembayaran klik voucher yang tersedia.   




Aplikasi TOKKO dapat diunduh gratis di Playstore, bisa klik TOKKO untuk mengunduh. Yuk unduh aplikasinya dan mulai berjualan di TOKKO.

 

 


20 komentar

  1. Mbaaa, izin aku share artikel ini ke adikku ya, sekarang sedang merintis usaha juga. Walau masih dibarengi ngantor, tapi kedepannya ingin fokus usaha aja katanya. Tokko sepertinya lebih memudahkan proses jual belinya ya.

    BalasHapus
  2. Seruuu banget cerita wirausaha ala Mak Rinaaaa
    Bener2 bersyukur ya Mbaa, dirimu punya spirit enterpreneurship yg luar biasa!
    Dan seruuu lagi ada TOKKO, ini bener2 mempermudah para pegiat UMKM ya kan? Buat makin go digital!

    BalasHapus
  3. Keren banget TOKKO ini ya. Sampai digital ads pun ada. Soalnya nggak semua orang paham gimana caranya daftar ads di medsos.
    Membantu banget nih TOKKO buat yang punya UMKM dan jualan online.
    Eniwe, aku mau intip tokonya dong, mbaa. Sapa tahu ada anggrek yang nyantol.

    BalasHapus
  4. Pengen banget juga jualan tanaman hias secara dulu pas masih kuliah juga jualannya tanaman hias.

    Pakai TOKKO membantu ya Teh buat jualan jadi lebih mudah

    BalasHapus
  5. menarik banget ini TOKKO. jadi nanti url kita langsung macam web dong ya kalau cuma kita aja. asyik lagi nih kalau jualan dimodalin, hahah.. sukses terus mbaa

    BalasHapus
  6. seruuu sekarang mudah melakukan apa saja dari rumah termasuk buka usaha via TOKKO. aku masih mikir mau jualan apa yaaa... hihi

    BalasHapus
  7. Aaah aku lagi butuuuh banget tips tips ini Rina
    makasih ya, aku jgua menguatkan tekad banting setir mulai usaha biar jatuh bangun ... nikmatin ajalah yaaa

    Ya buat "bambang" di atas,
    kalo gue laku situ pasti minta kecipratan ya kaaan!

    BalasHapus
  8. terima kasih untuk tips dan tricksnya mbaaa.. memabntu sekal untuk mereka yang kan memulai usaha dari rumah ya

    BalasHapus
  9. Menarik nih, buat yang mau dagang tapi belum ada toko. Bisa pakai fasilitas ini yah. Aku naksir deh cara kerja nya si Tokko ini mak, hehehe

    BalasHapus
  10. Setuju si mbak kalo mau usaha ya mulai de apa yg kita suka, atau apa yg kita paham ya jd menjalankannya juga happy. Apalagi suami semangat dukung dan modalin. Moga2 lancar usahanya ya mbak

    BalasHapus
  11. Saya pengen banget memulai wirausaha Mbak, tapi ya gitu bingung mau mulai dari apa dan bagaimana. Tak tahu harus produk apa yang kira-kira bisa saya kembangkan. Butuh pencerahan nih.

    BalasHapus
  12. Wahh boleh nih aplikasinya. kalo bisa saran nih untuk aplikasi Tokko, bisa dong integrasi dengan beberapa marketplace sekaligus. jadi mempermudah umkm pastinya

    BalasHapus
  13. Komentar pedas itu bikin semakin semangat ya, kak Rina..
    Memang pedes, tapi yakin ketika merasakan hasilnya yang berkah, bisa digunakan untuk perputaran uang usaha dan kebutuhan keluarga.

    Seneng banget ada TOKKO yang gak perlu ribet bikinnya. Membantu para pelaku usaha untuk mempromosikan usahanya dengan lebih luas.

    BalasHapus
  14. Aku baru tahu tentang TOKO ini Mak, cuz ah... Aku pernah jualan tas online, tapi ya mandek. Ini masih ada barangnya beberapa, bisa kali ya aku jual di TOKKO

    BalasHapus
  15. Kalo punya usaha gini kudu tepat tempat penjualannya. Kebetulan saya jg punya usaha jual ikan hias di rumah. Masih terus cari dan pilih tempat penjualan yg pas, rasanya jd pengen buka di tokko juga deh. Makasih referensinya, ikutan ah

    BalasHapus
  16. Menarik ya buat toko di Tokko. Lucu pula namanya, mudah diingat. Sekarang udah jamannya online semua ya mbak, jadi kita juga harus bisa menyesuaikan agar bisnis lebih berkembang.

    BalasHapus
  17. Biasanya memang paling nyaman memulai usaha yang berkaitan dengan hobi kita ya mba. Jadi paham apa saja yang terkait dengan pemenuhan hobi itu yang kira-kria juga dibutuhkan oleh orang lain dengan hobi yang sama.

    BalasHapus
  18. Keren mba Rina usaha tanamannya sangat memberikan hasil ya saat pandemi kemarin
    Apalagi sekarang kerjasama dengan TOKKO
    Semoga laris manis

    BalasHapus
  19. Dulu saya punya usaha tetapi bangkrut karena tak terurus dengan baik. Semua tips di artikel justru saya lakukan sebaliknya, hiks.
    Coba dulu saya sudah aktif ngeblog lalu baca tulisan mbak ini, pasti usaha saya masih ada.
    Eh, kok saya malah curhat.

    BalasHapus
  20. Menarik nih TOKKO Plus, sudah ada integrasi dengan marketing ads dari Instagram, Facebook, dan juga Google. Tentunya bakal banyak yang lihat akun toko kita di TOKKO, membuka peluang mendatangkan pembeli

    BalasHapus