Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021

Bulan Inklusi Keuangan 

 Assalamualaikum

Tak terasa  sudah di penghujung Oktober. Tahukah teman-teman jika sejak tahun 2016, setiap bulan Oktober dicanangkan sebagai Bulan Inklusi Keuangan? Apa sih inklusi keuangan?

Menurut World Bank Inklusi keuangan adalah akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan yang bermanfaat dan terjangkau dalam memenuhu kebutuhan masyarakat maupun usahanya seperti pembayaran, tabungan, kredit dan asuransi yang digunakan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Bulan Inklusi Keuangan

Pada Bulan Inklusi Keuangan (BIK) OJK  beserta produk dan layanan jasa keuangan mengadakan beragam kegiatan yang tujuannya memberikan edukasi dan pengetahuan pada  masyarakat luas tentang keuangan dan pentingnya memiliki akses pada produk dan layanan jasa keuangan, seperti bank, pembiayaan, program pensiun, investasi  dan asuransi.

Diharapkan dengan adanya BIK makin banyak masyarakat yang mendapat akses produk dan layanan jasa keuangan karena  memiliki akses keuangan merupakan hak dasar dan berperan dalam meningkatkan tarap hidup. BIK juga menjadi sarana bagi masyarakat luas untuk memanfaatkan produk keuangan sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakat karena pada saat BIK, beberapa produk dan layanan jasa keuangan memberikan promo.

Yang pasti dengan memiliki akses para produk dan layanan jasa keuangan, jadi semakin praktis, itu yang rasakan, teman-teman pasti merasakan hal serupa.  Saya jadi ingat, ibu saya sempat menolak waktu diminta anak-anaknya bikin rekening bank dengan alasan ribet dan ga mau ke bank, setelah memiliki, baru kerasa praktisnya, bisa melakukan pembayaran apapun via atm, dan terima transferan dari anak-anaknya dengan aman.

Inklusi keuangan selain  memiliki manfaat untuk perorangan juga bermanfaat untuk perekonomian sebuah negara secara umum, diantaranya; Meningkatkan efisiensi ekonomi, mendukung stabilitas sistem keuangan, mengurangi shadow banking atau irresponsible finance, mendukung pendalaman pasar keuangan, memberikan potensi pasar baru bagi perbankan, mendukung peningkatan Human Development Index (HDI) Indonesia, berkontribusi positif terhadap  pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional yang sustain dan berkelanjutan, mengurangi kesenjangan (inequality) dan rigiditas low income trap sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat  dan penurunan tingkat kemiskinan. 

Financial Expo BIK 2021



Financial Expo BIK 2021,  tahun ini diadakan secara virtual karena  masih dalam situasi pandemi. Teman-teman bisa mengaksesnya secara gratis di  finexpo-bik2021.id. Login dengan register lalu kunjungi booth produk dan layanan jasa keuangan . Financial Expo BIK 2021 ini berlangsung dari 18 Oktober hingga 2 November 2021.

BIK tahun ini diselenggarakan sekaligus memperingati hari asuransi dengan tema Literasi Asuransi Untuk Negeri, Kenali-Pahami-Miliki.

Bicara soal asuransi pasti teman-teman udah familiar dengan asuransi Prudential. Sebuah perusahaan asuransi  yang didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris yang berpengalaman lebih dari 168 tahun di industri asuransi jiwa. Dengan pengalaman cukup panjang di bidang asuransi tak heran asuransi Prudential terpercaya dan terdepan dalam memberikan layanan, keamanan dan kenyamanan penggunanya. 

Prudential

Prudential hadir di Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021 dengan promo penjualan produk/jasa keuangan berinsentif, webinar edukasi keuangan, pameran jasa keuangan  dan doorprize.



Di booth Prudential  teman-teman bisa mendapatkan informasi dan promo asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan produk asuransi lainnya. Teman-teman bisa klik banner dari asuransi yang ingin diketahui, isi dengan pertanyaan jika ada pertanyaan yang ingin diajukan, tunggu follow up nya dari Prudential.

Prudential juga memberikan promo di Financial Expo BIK 2021 ini berupa promo cashback 2 bulan premi untuk pembelian polis baru yang terbit hingga 30 Oktober 2021.

Edukasi keuangan dari Prudential disajikan dalam bentuk video-video pendek dari Merry  Riana, seperti tips memilih asuransi dan jenis-jenis asuransi. Harus banget tips ini disimak oleh teman-teman yang sedang mempertimbangkan  mau mengambil asuransi dan  masih bingung, asuransi apa yang sebaiknya diambil? Berapa lama preminya? Dan apa saja keuntungannya? Durasi videonya pendek-pendek, jadi sekali duduk langsung bisa selesai disimak. Berikut saya share tips memilih asuransi kesehatan dari Merry Riana, yaitu ; Persiapkan anggaran, pahami kebutuhan dan fasilitasnya, tentukan premi yang akan dibayar dan memilih produk asuransi kesehatan murni tanpa investasi biasa. Pahami masa pertanggungan. Pelajari jenis penyakit yang akan ditanggung.

Penjelasan lengkapnya bisa teman-teman simak langsung di booth Prudential Fin expo BIK 2021.

Video literasi Keuangan lain yang bisa teman-teman simak, Jenis-jenis asuransi kesehatan.

Ada juga penjelasan mengenai Potensi nilai Unit Link-ku ngga sama dengan yang digambarkan di ilustrasi. 


Yuk tingkatkan literasi keuangan dengan mengunjungi Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan. 

 

36 komentar

  1. Semoga dengan bulan inklusi keuangan ini masyarakat semakin banyak yang meningkat literasi keuangannya. Apalagi ada financial expo yang bisa diakses secara online, makin terbuka wawasannya soal keuangan

    BalasHapus
  2. Semoga dengan expo ini kita akan semakin melek tentang jasa keuangan, seperti bank, pembiayaan, program pensiun, investasi dan asuransi ini.

    Mengenai asuransi, banyak sekali jenis yang ditawarkan. Kita sesuaikan kebutuhan dan kemampuan dengan mempelajarinya tentang manfaat dan kewajiban satu persatu ya Mbak. Nah ini lah gunanya mengapa expo seperti ini terus menerus di adakan, even secara virtual karena masih suasana pandemi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba jadi tahu keuangan ga selalu nabung tapi asuransi investasi dll

      Hapus
  3. Memilih asuransi memang gak bisa sembarangan. Jangan sampai ketika dibutuhkan justru prosesnya dipersulit atau gak keluar uangnya. Makanya bagus juga edukasi virtual dari Prudential ini. Semoga bisa membantu para calon nasabah saat memilih asuransi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasus ini masih ada yang bikin orang malas berasuransi .

      Hapus
  4. Menariknya, saat aku berkunjung ke virtual booth-nya Prudential tuh ada video-video pendek Merry Riana. Ya ampun tipsnya pas bener lagi butuh pencerahan soal asuransi akutuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tipsnya pendek jelas dan padat isi

      Hapus
  5. Fin Expo ini bermanfaat banget ya, Mbak, untuk mengenal lebih jauh tentang produk-produk keuangan. Apalagi di booth Prudential. Banyak informasi yang bisa didapat.

    BalasHapus
  6. Masih ada waktu untuk berkunjung ke pameran virtual dan ikut acara webinarnya ya. Sampai tanggal 2 November kan ini finexpo nya ya?

    BalasHapus
  7. Semoga dengan adanya FIN Expo ini semain banyak orang yang tereduksi tentang produk-produk finansial ya mbak, masih ada waktu buat lihat exponya ini yaaa

    BalasHapus
  8. Ramai kemarin kulihat teman-teman sharing di media sosial tentang bulan inklusi keuangan, aku yang tadinya gak tahu jadi tahu deh kalau oktober ini bulan inklusi keuangan dan ada FIN EXPO

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi tahu juga ya ada bulan inklusi keuangan

      Hapus
  9. Aku perlu banget kayaknya ngunjungin both Prudential. Biar melek asuransi dan investasi. Soalnya keuangan sering bocor alus. Jajan terosss.

    BalasHapus
  10. Aku baru tau kalo oktober tu bulan inklusi keuangan. Meskipun ga ikutan acaranya tapi belajar banyak dari postinganmu dan temen2 blogger lainnya

    BalasHapus
  11. Baru tahu juga nih ada kegiatan keren kayak literasi keuangan dari prudential ini, keren ya, emak2 bakal melek literasi keuangan dan merapikan keuangan keluarga deh

    BalasHapus
  12. Bagus sekali ini mbk acaranya. Betul banget, buka rekening bank bisa bikin semuanya mudah. Nggak perlu ribet nyimpan uang di rumah, taruh di bank, bisa ambil lewat atm ya mbak.

    BalasHapus
  13. Boleh nih mba kalau acara berlanjut terus soalnya Bagus sekali untuk Kita bisa lebih belajar tentang literasi keuangan

    Bisa pilih produk asuransi yg sesuai Juga ya

    BalasHapus
  14. Aku juga berkunjung secara virtual di booth Prudential, dan video Merry Riana yang langsung menarik minat untuk dipilih. Sharingnya keren sih dan kita jadi tahu tips memilih produk asuransi yang tepat sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  15. Semoga klaimnya dimudahkan ya soalnya kalau untuk asuransi kecelakaan atau dana pendidikan pas butuh itu kan tidak bisa ditunda lagi

    BalasHapus
  16. Asyik kali ya mbak kalau Bulan Inklusi Keuangan bisa terselenggara dalam beberapa waktu untuk satu tahun ya. Apalagi ada pameran produk Keuangan gitu.

    BalasHapus
  17. wah ternyata bulan Oktober bulan Inklusi Keuangan yaa. Beneran wacana baru ini yaa. Bagus dimeriahkan dengan membuat Finacial Expo ini agar masyarakat aware dengan masalah keuangannya dan mulai merencanakan pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  18. Well noted yang ini " memilih produk asuransi kesehatan murni tanpa investasi biasa" karena ngalami gimana rasanya saat milih asuransi yang gabung sama investasi, rasanya nyesek saat melihat laporan nilai investasinya.

    Jadi memang prefer milih asuransi sesuai peruntukan, gak perlu digabung ini dan itu

    BalasHapus
  19. Bener juga ya, masyarakat kita masih banyak yg belum paham soal produk keuangan ini. Jadinya malah disangka ribet segala macem padahal kan justru jadi memudahkan.
    Aku kepo nih sama asuransi jiwa nya Prudential. Dipikir2 perlu juga buat anak2 nanti.

    BalasHapus
  20. Baca artikel Mbak Rina aku baru tau ada Bulan Inklusi keuangan loh Mbak. Jatuhnya Bulan Oktober juga baru tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bulannya belajar ngatur keuangan hahah

      Hapus
  21. Bener banget, pilihlah asuransi sesuai kondisi keuangan kita. Dan kita bnr2 hrs peka bahwa asuransi itu skemanya tolong menolong dmn ktk kt ikut kt siap untuk ikhlas.

    BalasHapus
  22. Kesempatan yg bagus buat mendapatkan info dan edukasi seputar keuangan. Aku juga udah berkunjung ke Booth Prudential di FinExpo 2021 ini

    BalasHapus
  23. Wah aku baru tahu mba ternyata sejak bulan oktober 2016 dinyatakan bulan inklusi keuangan ya. Aduh keliatan banget minimnya literasi keuangan aku. Ngomong ngomong promo frudential ini bagus ya mba ngasih cashback gitu di Financial Expo BIK 2021

    BalasHapus
  24. Semoga dengan adanya event BIk ini, makin banyak masyarakat yang mendapat akses produk dan layanan jasa keuangan, minimal semakin banyak yang mendapatkan wawasan yang positif.

    BalasHapus
  25. Bulan inklusi keuangan membuat centilan tersendiri bagi kita buat instropeksi diri.

    BalasHapus
  26. Dengan adanya Bulan Inlusi Keuangan ini bisa buat banyak orang belajar dan tahu lebih banyak lagi ya tentang asuransi.
    semoga semakin banyak yang tercerahkan dan aware untuk segera memiliki asuransi juga.

    BalasHapus
  27. Nah, penting banget nih ada bulan Inklusi Keuangan, saatnya kita belajar tentang macam-macam asuransi. Apalagi di zaman sekarang, asuransi jadi salah satu kebutuhan yang penting banget buat keluarga.

    BalasHapus