Membuat Digital Art dengan Laptop ASUS VivoBook 15 A516

Membuat Digital Art dengan Laptop ASUS VivoBook 15 A516 

Assalamualaikum teman-teman,

Ngobrolin tentang impian, seiring waktu impian saya makin mengerucut dan sederhana, ga nyogo dan keukeuh seperti dulu, lebih pada menikmati apa yang disukai, seriusi dan biarkan mengalir. Seperti menikmati ngeblog, moto-moto dan berkebun. Setelah punya anak impian saya sama dengan banyak orangtua lain, ingin kehidupan anak-anak lebih baik dari orangtuanya, sukses dalam masyarakat, ukuran sukses  untuk saya mereka kelak bisa mandiri (setelah kami bekali dengan ilmu), bahagia dan berguna bagi agama, masyarakat dan negara. 

Bicara soal membekali mereka dengan ilmu, selain dengan sekolah formal, saya berusaha  membantu mereka menemukan bakat dan minatnya. Anak-anak di support melakukan hal-hal yang mereka suka dan minati. Dengan harapan bakat dan minat mereka membawa kebaikan dan menularkan hal-hal positif untuk banyak orang.    

Si Kaka (13 yo) mulai menikmati menggambar dengan media digital, setelah sebelumnya mengeluh susah dan kaku. Kami paham waktu dia mengeluh susah dan kaku karena dari kecil terbiasa menggunakan pensil dan kertas. Tapi kami mendorongnya untuk terus mencoba dan membuat target menggambar, satu minggu satu tema gambar bercerita. Finally, dia enjoy menggambar dengan pen tablet dan aplikasi photoshop, mulai merambah belajar aplikasi after effect dan animasi secara otodidak.

Impiannya punya laptop ASUS

Eits, tapi bukan tanpa proses  6 bulan pertama pandemik anak-anak  stres, terlihat dari raut wajah mereka  yang murung dan  cemberut, bahasa tubuh malas lesu, mengeluh tidak bisa main dsb. Seiring waktu mereka akhirnya bisa beradaptasi dengan keadaan, tetap kangen sekolah normal tapi raut wajah mereka sudah ceria dan semangat.

Sebagai orang tua saya senang  si sulung yang beranjak remaja sudah  menemukan minat dan terlihat berbakatnya. Minat dan bakat hasil pengamatan saya tidak jauh beda dengan hasil psikotes yang kami lakukan setahun lalu. Boleh intip coretannya di instagram zahra.yes

Karena memiliki minat, si sulung     enjoy mengisi hari walaupun lebih banyak di rumah, Mamanya tidak  khawatir dia nonton youtube  atau medsos yang kontennya unfaedah karena dia terlalu sibuk gambar dan berpikir next mau ngegambar apa? Di sosmed (instagram) si sulung mengikuti para suhu digital art untuk inspirasi.

Setiap anak unik dan berbeda

Dari pengalaman membesarkan kedua anak dan mengingat pengalaman masa kecil saya dan keempat adik, saya berkesimpulan, setiap anak lahir dengan cetak biru (bakat, kecerdasan dan karakter) berbeda, itu sebabnya walaupun anak-anak distimulasi sama, dibesarkan dalam keluarga dan pola asuh sama, mereka tumbuh berbeda.

Pengalaman yang membuat saya tidak memaksakan kehendak yang berkaitan dengan minat pada anak-anak. Tugas saya hanya menstimulasi dengan beragam hal, membiarkan mereka berexplorasi,  melihat apa yang mereka minati dan mendukungnya.

Stimulasi

Saya menstimulasi kecerdasan dan bakat anak-anak dengan berpedoman pada kecerdasan majemuk, bahwa anak bisa saja cerdas musik, intrapersonal, interpersonal, cerdas alam, matematik, bahasa dsb. Kuncinya stimulasi, memberi anak kesempatan mencoba banyak hal.

Plus menstimulasi kecerdasan spiritual dan emosional. Karena apalah arti kecerdasan kognitif tanpa attitude  yang baik, kemampuan mengelola emosi dan pemahaman agama yang baik.

Mengutip katanya Albert Einsten; Ilmu tanpa agama buta, agama tanpa ilmu lumpuh.

Stimulasi dengan buku, mainan, jalan-jalan, bermain dengan teman sebaya di lingkungan rumah, dsb. Jalan-jalan tidak harus jauh  tapi disesuikan dengan kemampuan finansial, karena inti dari mengajak anak-anak berjalan adalah membuat mereka melihat dan menilai sesuatu diluar kebiasaan mereka sehari-hari.

Dukung dan fasilitasi

Jika minat anak sudah terlihat pada hal tertentu dukung dengan cara memfasilitasi. Bisa jadi minat dan bakat si kecil tidak sesuai harapan orangtua, jangan memaksakan ya hehehe. Sesuatu yang dipaksakan selain membuat anak tidak bahagia hasilnya  tidak akan maksimal.

Memfasilitasi bakat dan minat anak tidak harus berupa fasilitas mewah, sesuaikan dengan kemampuan finasial keluarga.  Saya membelikan si sulung pen tablet baru-baru ini, kepikiran sejak lama karena si sulung suka gambar dari TK tapi kami nabung dulu. Selama belum mampu membeli pen tablet kami menyediakan sketch book dan beragam alat mewarnai.

Dukungan lain kami mengajak si sulung ke pameran dan museum seni.

Mencarikan teman yang memiliki minat sama

Dijaman teknologi seperti sekarang, sangat mudah mencari ‘teman’ yang memiliki minat sama tanpa perlu bertemu tatap muka atau saling kenal yaitu melalui media sosial. Memiliki circle yang sama membuat anak bersemangat dan mendapat inspirasi.

Mengikutsertakan dalam kompetisi untuk menumbuhkan rasa percaya diri

Sesekali mengikutsertakan dalam kompetisi selain untuk menambah rasa percaya diri juga menumbuhkan rasa tidak mudah puas dengan kemampuan diri karena di luar sana banyak yang memiliki kemampuan lebih baik. Kompetisi juga menumbuhkan sikap sportivitas.

Boleh baca Tips Mengamati dan mengarahkan bakat anak

Mengulik Digital Art

Belajar menerapkan warna emosi pada gambar

Selama ini si sulung menggambar di komputer Abinya,  tak heran kini si sulung dan pak Suami  suka rebutan komputer.  Mulai kepikiran membelikan si sulung laptop yang mumpuni. Selain untuk menghindari rebutan karena si sulung juga butuh laptop untuk sekolah PJJ. Ada juga keinginan mengkursuskan si sulung digital art (selama ini belajar otodidak) jadi pasti perlu laptop khusus untuk dipakai sendiri dan bisa dibawa-bawa .

Diskusi sama Pak suami mencari laptop yang cocok untuk kebutuhan si sulung, kami sampai pada kesimpulan spesifikasi laptop seperti ini yang dibutuhkan si sulung;

Layar lebar 15.6 inci tapi bobot ringan. Layar yang cukup lebar dapat memuaskan si sulung menuangkan imajinasinya. Bobot harus ringan agar mudah dibawa dan bisa menggambar dimanapun dan kapanpun. Bisa menggambar di teras rumah, kebun atau saat kami jalan-jalan. Karena ide datang kadang tak terduga, jadi harus selalu siap menuangkan ide.

Memiliki visual yang baik agar hasil gambar (warna dan shading) sesuai imajinasi dan ‘feel’ namun memiliki layar laptop dengan teknologi yang membuat mata tidak mudah lelah.

Cats Family


Kecepatan membaca data/tulis mumpumi, agar proses menggambar berjalan lancar.   Sering terjadi dengan PC yang kami gunakan saat si sulung asik mewarnai, tiba-tiba sistem berhenti, ngehang. Kecepatan yang baik juga dibutuhkan agar saat  menyimpan (eksport file/render)    tidak memakan waktu berjam-jam.  Pernah lho saat tengah merender tiba-tiba mati lampu, alhasil gambar tidak tersimpan dan si sulung sedih karena pasti beda ‘feel’nya jika menggambar ulang.

Ruang menyimpanan besar. Laptop harus bisa  menyimpan data yang cukup besar karena digital art memang butuh ruang penyimpanan besar. Selain itu karena aplikasi photoshop juga di butuhkan Mamanya untuk edit foto sebelum di pajang di shutterstock jadi harus bisa menyimpan juga stok foto Mamanya. Dan yang tidak kalah penting, juga menyimpan data sekolah selama PJJ.

Browsing dan intip-intip macam-macam laptop dengan spesifikasi di atas dan harga terjangkau, kami melirik  ASUS VivoBook 15 A516. Spesifikasi ASUS VivoBook 15 A516 bahkan di atas  standart laptop yang kami butuhkan,   jadi selain dipakai untuk digital art juga bisa membuat animasi  karena tahap berikutnya si sulung didorong untuk mahir  animasi, jadi hasil gambarnya bisa langsung dia buat animasi. Si sulung pengagum film-film animasi Disney dan Pixar dan kelak ingin bisa membuat gambar dan animasi seperti itu.

Memang secanggih dan sekomplit apa sih ASUS VivoBook 15 A516 berikut spesifikasinya yang bikin  saya, Pak suami dan si sulung, ingin memiliki (Aamiin). 

ASUS VivoBook 15 A516Yuk baca ulasannya.

ASUS VivoBook 15 A516 adalah “Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Jadi ASUS VivoBook 15 A516  sudah dilengkapi aplikasi office asli, lengkap, terbaru dan otomatis terupdate. Memudahkan dan praktis, ga perlu ribet instal.

Memandang dunia lebih luas dengan ASUS VivoBook 15 A516



Dengan layar 15.6 inci ASUS VivoBook 15 A516 memiliki visual yang imersif, teknologi yang memungkinkan melihat dari layar laptop seperti melihatnya secara langsung (nyata). Pas dengan kebutuhan, Digital art membutuhkan laptop dengan visual yang baik untuk kepuasan menggambar, mewarnai, mengedit dan membuat animasi. 

Sementara teknologi  NanoEdge-nya menawarkan sudut pandang 178 derajat yang luas. Dilapisi lapisan anti-glare sehingga layar memantulkan cahaya yang minim, membuat mata  nyaman - tidak silau,  walaupun berlama-lama depan laptop.

Yap saat menggambar atau beraktivitas dengan laptop tentunya butuh waktu tidak sebentar, bisa berjam-jam, layar dengan dengan anti-glare membuat fokus pada  apa yang sedang dikerjakan,

Lebih dinamis lebih berdaya dengan ASUS VivoBook 15 A516


Dengan berat 1.8 kg ASUS VivoBook  15 A516 sangat portable, mudah dibawa-bawa, sesuai gaya hidup masa kini yang dinamis dan serba cepat. Lapisan Transparent silver atau slate grey, memberi kesan modern.  Cukup pas ya ditenteng si remaja yang dinamis dan aktif.

Cepat dan efisien dengan ASUS VivoBook 15 A516


ASUS VivoBook 15 A516 didukung oleh professor Intel
® Core™ i5   generasi ke-10 dengan RAM 8GB dan grafis diskrit pilihan NVIDIA® MX330 sehingga memiliki kecepatan baca/tulis data mumpuni alias cepat. Laptop ASUS VivoBook 15 A516 dapat bekerja dengan cepat dan efisien saat digunakan. Tidak ada drama ngehang.


“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

 

Menyimpan lebih banyak, (bisa) bekerja lebih banyak dengan ASUS VivoBook 15 A516


Memiliki desain penyimpanan ganda dengan pilihan
SSD PCIe®hingga 256GB dan HDD hingga 1TB. Instal aplikasi di SSD dengan respons dan waktu load yang lebih cepat, HDD untuk menyimpan file besar seperti film, musik dan album foto.

Cocok untuk keperluan Digital art yang memang menggunakan aplikasi yang butuh kecepatan dan ruang cukup besar. Duh makin tidak sabar hadiahin di sulung laptop ASUS VivoBook 15 A516.  Koleksi foto keluarga, konten youtube  dan hasil jepretan hobi  foto makanan bisa aman ya di simpan di laptop ASUS VivoBook 15 A516.

Spesifikasinya ASUS VivoBook 15 A516 super cocok dengan yang dicari bahkan melebihi ekspetasi. Semoga ada rejekinya punya ASUS VivoBook 15 A516, agar si sulung lebih produktif dan kreatif.

Membuka ASUS VivoBook 15 A516 dengan Sekali sentuh


Dilengkapi sensor sidik jari bawaan di touchpad dan Window Hello, kita tidak perlu mengetik kata sandi (yang kadang suka lupa), saat akan mengakses ASUS VivoBook 15 A516, cukup sekali sentuh.

ASUS VivoBook 15 A516 sesuai untuk kita


Keyboar full-size dengan backlit membuat ASUS VivoBook 15 A516 dapat digunakan dalam ruangan dengan cahaya minim. Desainnya ergonomis, kokoh dan dengan ukuran key travel 1.4 mm memberi kenyamanan saat mengetik.

Selalu terhubung dengan ASUS VivoBook 15 A516


Dilengkapi port USB-C 3.2  dengan desain yang dapat diputar balik memungkinkan menghubungkan dengan perangkat lain dengan mudah. Transfer data 10x lebih cepat dari koneksi USB 2.0. Mencakup port USB 3.2 tipe-A dan USB 2.0, output HDMI dan microSD reader yangmemudahkan menghubungkan semua peripheral, layar dan proyektor dengan mudah.

Perlindungan internal/perlindungan HDD dan peningkatan sasis ASUS VivoBook 15 A516



Laptop HDD umumnya rentan dengan kerusakan fisik dibanding SDD. Namun HDD pada ASUS VovoBook 15 A516dilengkapi fitur peredam guncangan E-A-R® HDD yang melindungi data dari benturan. Sasis yang diperkuat meningkatkan pengetikan dan memungkinkan membuka dan menutup dengan gerakan halus. Perlindungan hard drive efektif secara otomatis mendeteksi getaran dan benturan di 3 sumbunya dan mengurangi kerusakan HDD, jadi kita bisa bekerja dalam kendaraan dan jika terjadi goncangan laptop dan data aman.

Sisi tutupnya diperkuat dan berfungsi melindungin dari benturan. Struktur  pada cover, layar dan engsel menjadi kuat.

ASUS VivoBook 15 A516 PC terbaik



Akses serangkaian aplikasi ASUS dengan MyASUS sehingga laptop maksimal. Multitask dengan iOS atau ponsel Android.

Bagaimana dengan harga ASUS VivoBook 15 A516? Berikut harga dan spesifikasinya, bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.




Siapa yang setelah baca ulasan tentang ASUS VivoBook 15 A516, jadi pengen punya? Samaa...Yuk coba ikutan lombanya hadiahnya 10 laptop ASUS lho. Info lengkap di sini 

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com





29 komentar

  1. kalau laptopnya keren seperti ini enak ya mba.. bisa banyak kreatifitas yang dibuat dan tertuang di sana, termasuk digital art seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba dan bebas dari masalah hang heuheu

      Hapus
  2. wah bagus bagus digital artnya mbak
    memang klo bikin desai desain seperti ini, butuh laptop dgn spek yang optimal ya mbak
    dan sangat setuju klo latop ASUS VIVOBOX 15 A516 ini adalah pilihan terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba harus laptop yang speknya tinggi agar cepet

      Hapus
  3. Bagus-bagus gambarnya si Kaka. Sepakat mbak, jadi orang tua memang cuma mencarikan jalan ke masa depan dengan memberikan dukungan dan meyediakan fasilitas. Semoga si Kaka bisa segera punya laptop sendiri ya, Asus vivobook 15, biar nggak perlu rebutan lagi sama ayahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga dapat hadiah ASUS heheh

      Hapus
  4. Semakin dimudahkan ya untuk membuat digital art, karena memang kadang kita banyak ide atau mentok ide, tapi dengan adanya fasilitas yang mumpuni maka semua bisa tersalurkan dengan baik dan hasilnya itu lho.. luar biasa kece dan bangga ngga sih sama diri sendiri juga hehe

    BalasHapus
  5. Setuju, setiap anak lahir dengan cetak biru (bakat, kecerdasan dan karakter) berbeda. Tugaa kita sebagai orangtua untuk menstimulasi, mendukung dan menfasilitasinya. Termasuk menyediakan perangkat jika anak minat di Digital Art. Apalagi jika itu ASUS Vivobook yang punya performa juara dan pilihan sesuai budget dan kebutuhan. Pas bangets!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buat digital harus laptop yg speknya bagus , ASUS cocok

      Hapus
  6. Sukses ya mba lombanyaa...
    Aku mau ikutan tahu2 udah lewat DL ya wkwkwkw ga niat.
    Btw si sulung keren banget mbaa...
    Harus disupport ini passionnya.. Perlu dipersenjatai dg laptop keren kayak asus vivo ini mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tandai di kalendar mba atau catatan khusus lomba , saya begitu supaya ga lupa heuheu

      Hapus
  7. Keren Kaka...
    Semoga enjoy terus dan makin sukses menggambarnya...
    Apalagi kalau menggambarnya pakai asus vivobook 15...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga dpt laptop ASUS hehehe

      Hapus
  8. lucu banget mba ilustrasi nya, menekuni digital art seperti ini bisa jadi healing saat stress juga ya mba, apalagi bermain dengan warnanya.

    BalasHapus
  9. Digital art is for every one. Aku aja di umur segini pun kepengen bisa. Namanya juga emak banyak maunya @_@

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo gambar mba Ratna, mumpung anak udah gede, mandiri, ga direcoki teriakan mama minta ini itu klo pas gambar hahaha

      Hapus
  10. masyaallah si kakak bagus banget ilustrasinya. dengan laptop asus yang mumpuni insyaallah kakak akan mnejadi ilustrator hebat.

    BalasHapus
  11. Bagus bangeett...digital Art milik kaka...
    Dengan gadget mumpuni seperti ASUS VivoBook 15 A516, kakak bisa semakin cepat mengerjakan gambarnya. MashaAllah~
    Suka banget sama karakter dan "rasa" yang ada di gambar tersebut.

    BalasHapus
  12. wah mbak hasil gambar si sulung bagus banget mbak! itu pakai laptop dan pakai pad yg buat gambar ya mbak? yg sama pencil itu?
    cakep bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pen tab nanti konek ke komputer aplikasi photoshop

      Hapus
  13. Laptop impian nih bisa buat meningkatkan produktifitas kita berkarya

    BalasHapus
  14. Masyaallah keren ya masih 13y sudah bisa bikin animasi dan hasil digital artnya juga dah halus giut. By the way, anak saya yang usia 10y juga mulai suka gambar manga dengan tabnya. Pandemi membuat anak-anak bisa menuangkan ide dan minatnya pada menggambar.
    Semoga sukses si kakak ya dengan digital artnya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba manfatin waktu pandemi dgn hal positif.

      Hapus
  15. Keren banget mbak, ini si sulung ku sekrang baru kelas 2 SD juga sudah sibuk sekali penegn minta laptop. Kalo dia suka bikin game, mungkin karena abi nya programmer kang bikin game, jadi anaknya juga pengen bikin. Sekrang dia lagi sibuk ngulik blender dan roblox studio. Semoga bisa dapet Laptopnya ya mbak

    BalasHapus
  16. Roblox lagi disukai anak2 juga nih...ayo coba bikin game

    BalasHapus