Seaventure, Wisata Virtual Bawah Laut bersama Paddle Pop dan Jakarta Aquarium

Assalamualaikum, bagaimana nih kabar puasa anak-anak di rumah? Masih ada drama membangunkan sahur? Kalau saya sih iya. Belum cukup sekali tepuk, belum cukup 2x panggil, alarm tidak mempan haha. Tapi Alhamdulillah kalau sudah bangun, makan sahur semangat,menjalankan puasa juga semangat – mengeluh lapar haus masih dalam tahap wajar (namanya juga anak-anak ya), subuh dan tarawih di mesjid semangat, dengan menerapkan prokes tentunya.

Karena pandemi, aktivitas di luar rumah dibatasi, sekolah dengan sistem PJJ terasa menyisakan banyak waktu luang buat anak-anak di rumah, pe-er buat para orangtua bagaimana anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah tapi efektif dan membuat mereka tetap aktif dan kreatif, orangtua harus lebih kreatif.

Wisata virtual dunia bawah laut bareng Paddle Pop dan Jakarta Aquarium


Saat cari ide kegiatan anak-anak untuk ngabuburit selama Ramadan ini ternyata ada kegiatan seru yang diadakan Paddle Pop, brand es krim yang disukai anak-anak. Yaitu Seaventure, Wisata Virtual Dunia Bawah Laut dengan Jakarta Aquarium Safari. Bagaimana cara ikutannya? Gampang benget;

Pertama, beli 4 buah eskrim Paddle Pop di mini market; Alfamart/Indomaret, jangan lupa minta struknya. Kirim (foto) struk pembelian ke WA  0858-1223-1223 tunggu balasan untuk mendapatkan kode unik.

Kedua, jika sudah mendapatkan kode unik, q website www.paddlepopmainyuk.com dan masukkan kode uniknya. Teman-teman bisa klik   untuk menonton mengalaman menjelajah bawah laut secara virtual dengan dipandu Kak Sigi.

Info lengkap bisa juga teman-teman lihat di IG  @paddlepop.idn.

Seaventure wisata virtual bawah laut akan dipandu kak Sigi. Kak Sigi akan mengenalkan aneka hewan bawah laut dan keunikannya. Dijamin ga bosan selain karena seru juga dipandu secara interaktif sehingga mengasah kemampuan sosial dan kemampuan kognitif anak.

Beberapa hewan bawah laut yang dikenalkan diantaranya; gurita, ikan pari, dugong dan lain sebagainya. Setiap hewan memiliki keunikan yang membuat anak-anak kagum, seperti gurita yang dapat berubah warna untuk melindungi dirinya, ikan pari yang ternyata tidak memiliki gigi.

Ikan dugong dikenal juga sebagai ikan duyung. KAE protes, katanya bukannya ikan duyung itu cantik, seperti di film marmaid? 

Nah di wisata virtual ini juga diceritakan dongeng asal muasal putri duyung.

KAE senang banget wisata virtual Seaventure ini karena (bukan kebetulan) dia tertarik dengan science, dan anak-anak di rumah punya cukup banyak buku science.

Keseruan lain yang bisa didapatkan di www.paddlepopmainyuk.com selain berwisata virtual bawah laut;


Bermain DIY dan percobaan science

Ada tutorial melakukan percobaan science dan DIY sederhana yang bisa dilakukan anak-anak di rumah dengan bahan yang mudah didapat dan murah (bisa dari bahan bekas). Seperti percobaan air berjalan ke atas. Anak-anak jadi belajar hal baru.

DIY dan percobaan science

Membuat Diving Goggle

Kemarin saya mempraktikkan DIY Diving Goggle, sekaligus untuk merasang imajinasi anak kira-kira seperti apa jika berada di bawah permukaan air laut dengan membawa gas oksigen.

Keseruan Seaventure, wisata virtual bawah laut

Bahan yang dibutuhkan

DIY Diving Goggle ini  bisa menggunakan barang bekas yang ada di rumah, yaitu botol bekas air mineral, dus bekas, dan tali. Jangan lupa siapkan gunting, lem dan solatif.

Bahan yang dibutuhkan 


Cara membuat

Dua botol plastik, bisa gunakan botol bekas air mineral. Warnai dengan cat atau filox, botol, biarkan kering.

bagian yang disukai KAE, main filox

Setelah kering, beri botol solatif hitam seperti ini;




Siapkan kain flannel warna hitam, atau bisa juga dus bekas yang dicat/ hitam dengan ukuran panjang 2x lebar botol, lebar 1/3 panjang botol. Rekatkan seperti ini dengan lem atau doble tip.

quality time 


Tempelkan tali di empat sudut kain flanel/dus. kTutup permukaan dengan kain flanel kedua agar terlihat rapi. Oxigen tank siap digunakan.


Hampir selesai 


dipakai sambil berimajinasi


Yuk ikutan kuisnya

 

Ikutan lomba fotonya 


Lomba foto dan dapatkan hadiah kit





27 komentar

  1. Ngabuburit asik dan seru ya mba selain bisa nikmatin wisata bawah laut juga bisa seru dengan variatif gamesnya :) aku dan anak2 juga udah coba dan ketagihan saja :D

    BalasHapus
  2. Wisata virtual SeaAdventure di Jakarta Aquarium ini sampai kapan ya mbak? Apa memang selalu dibuka buat umum? Liat keseruan dari cerita teman-teman, saya jadi penasaran, rasanya mau ajak anak saya yang bontot buat ikut nonton.

    BalasHapus
  3. Uhuuyy, seru bangett nih mba Rinaaa
    aku pengin buat menikmati assoy geboy-nya wisata virtual seperti ini.
    Mantuulll banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pengetahuan anak2 juga jd nambah

      Hapus
  4. Saya sebagai orangatua termasuk mengapresiasi kerjasama Paddle Pop dengan Jakarta Safari Aquarium ini.. beneran ngebantu banget buat para orangtua yang sedang mencari ide liburan seru dari rumah ya..

    BalasHapus
    Balasan

    1. Jadi di rumah aja tetap bisa jalan jalan ya

      Hapus
  5. Seru banget ya main bersama anak. Masih jadi PR buat saya untuk urusan crafting. Kadang ada kekhawatiran menimbulkan sampah baru (alasan aja ini, hihi). Mungkin saya bisa mulai mencoba Paddle Pop Seaventure ini.

    BalasHapus
  6. Cocok ni buat yg kangen Vitamin Sea

    BalasHapus
  7. Wa'alaikumsalam, wah, asyiik ya plus bikin anak-anak makin kreatif

    BalasHapus
  8. Jakarta aquarium adalah salah satu destinasi dalam bucket list kalau suatu hari bisa ke Jakarta sama anak2 (tahun lalu, sebelum pindah dari Medan ke Makassar sudah berencana untuk mampir liburan ke jakarta dulu, tapi keburu pandemi jadi batal)
    Kudu bermain ini nih, biar jadi affirmasi positif bisa ke Jakarta Aquarium.

    BalasHapus
  9. Kalau anakku paling senang waktu bikin tabung oksigennya itu karena untuk pertama kalinya anakku mainan pilox dan jadi nagih pengen milox macem-macem deh.

    BalasHapus
  10. Menyenangkan sekali bisa bebikinan sesuatu dengan anak sesuai tema tertentu. Apalagi setelah menonton tayangan atau berkelana di dunia laut bersama Paddle Pop gini.
    Saya belum ajak si tengah mencoba petualangan seru ini. Harus segera nih, jangan smapai ketinggalan.

    BalasHapus
  11. Huaaa lengkap banget wisata virtualnya ya Mbak, anak-anak jadi mengenal isi bawah laut yang ada di Jakarta Aquarium meskipun secara virtual aja. Jadi kepengen ikutan juga nih punya frame cakep begitu. Well cuss ke Alfamart/Indomart ya trus minta struk dan kirim kode uniknya. Terimkaasih Mbak. Wahh KAE pinter juga, tahu mana putri duyung dan mermaid seperti yang di Tv xixi

    BalasHapus
  12. Wisata virtual saat ini jadi jawaban banget ya, apalagi kaya aku yang gak bisa nyelam. Dunia bawah laut tuh asyik dan indah juga. Nanti aku ajakin Keponakan ah

    BalasHapus
  13. Wah telaten ya mbak bikin DIY-nya sama anaknya. Seru banget bisa bikin tabung oksigen dan kata mata selam sendiri.
    Selain bikin anak kreatif juga bisa merekatkan bonding antara ortu dan anak yaa

    BalasHapus
  14. Asyiiik gak usah jauh-jauh ke Jakarta Aquarium ya mbak. Bisa menikmati pengalaman bawah laut di sana secara virtual hanya dengan beli es krim paddle pop ya. Cobaaa aah

    BalasHapus
  15. Momennya Paddle Pop Seaventure ini selalu pas banget sama anak-anak sedang liburan.
    Jadi untuk memanfaatkan secara maksimal aktivitas selama di rumah aja dan tetap belajar sambil bermain yang melibatkan kerjasama orangtua.

    BalasHapus
  16. Wisata bawah laut virtualnya menyenangkan sekali ya, Mbak. Selain anak-anak bisa mengenal berbagai biota laut, mereka juga bisa berkreasi bikin-bikin perlengkapan menyelam. Seruuu.. jadi mupeng. Hehe.

    BalasHapus
  17. Seruuuu! Bisa bikin anak kreatif juga nih bikin sesuatu buat main bareng yah. Serasa ikutan beneran tuh menyelam di bawah lautnya. Kalau kegiatan di rumah seasik ini tentu anak jadi betah main sama ibunya.

    BalasHapus
  18. Kemarin tuh sudah buat tetapi belum sempat posting di blog karena adiknya sakit
    Sekarang baru baikan dan masih mengumpulkan tenaga buat bercerita di blog

    BalasHapus
  19. Kreatif, invoatif dan mengedukasi banget ini sih. Dari rumah tetap bisa beraktivitas sembari bermain ya Mba Rina. Seru, di rumah belum ada anak kecil nih jadi nggak ada yang diajak seru-seruan.

    BalasHapus
  20. Seaventure emang seruuuuuwww.. nggak cuma bisa wisata virtual di bawah laut aja, tapi juga karena banyak hadiah dan kompetisi menariknya yaaaa

    BalasHapus